30 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Wajib Dikunjungi Terbaru Indah Bagus Dekat Dengan Stasiun Pelabuhan Ratu

Posted on
30 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Wajib Dikunjungi Terbaru Indah Bagus Dekat Dengan Stasiun Pelabuhan Ratu
Rate this post
Tempat wisata di sukabumi yang wajib dikunjungi terbaru baru indah bagus dekat dengan stasiun pelabuhan ratu ujung genteng selabintana pondok halimun situ gunung pantai cibangban terindah jawa barat jabar murah daerah kabupaten cicurug cisaat cimelati parung kuda lido air terjun camping terbaik outbound keluarga alam objek citarik daftar domestik kota selatan kereta terdapat
Tempat Wisata di Sukabumi (foto: ciletuh.com)

Menjadi tempat objek wisata populer di Jawa Barat adalah salah satu kebanggaan tersendiri bagi Sukabumi. Karena jarak yang begitu dekat dengan beberapa Ibu Kota seperti Jakarta dan Bandung, maka Sukabumi sering dikunjungi oleh wisatawan domestik bahkan mancanegara.

Tentu saja wisatawan sering datang pada hari libur dan akhir pekan. Apalagi akses yang sangat mudah, seperti dekat dengan terminal apabila kamu naik bus dan stasiun jika kamu naik kereta.

Banyak sekali tempat wisata yang memiliki pemandangan indah dan bagus untuk bisa kamu datangi di Sukabumi, apalagi wisata alam. Mulai dari wisata pantai hingga puncak bukit, dan lagi ada perjalanan yang cukup menantang di beberapa tempat.

Kami memiliki beberapa daftar tempat wisata yang recommended untuk kamu wajib datangi. Apa saja? Mari kita simak.

1. Pantai Ujung Genteng

Alamat: Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi
Koordinat: Lihat Disini

Pantai Ujung Genteng (foto: ranselkecil.com)

Sukabumi berada di bagian Selatan Jawa Barat, tentu saja memiliki banyak sekali tempat wisata pantai. Salah satunya adalah Ujung Genteng. Pantai ini menjadi salah satu pantai terfavorit di Jabar, karena kamu dapat menyaksikan begitu indahnya Sunset dan Sunrise.

Pantai ini tidak memiliki ombak yang besar jadi kamu cukup aman jika ingin berendam dan berenang sambil menikmati udara pantai. Selain itu pantai Ujung Genteng juga terkenal dengan air lautnya yang sangat jernih dan bersih.

Fasilitas yang bisa kamu dapatkan disini yaitu sebuah penginapan jika kamu ingin menginap di Pantai Ujung Gentenga.

2. Pantai Amanda Ratu

Alamat: Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Ciracap
Koordinat: Lihat Disini

Pantai Amanda Ratu (foto: pinterest.com)

Amanda Ratu adalah pantai diantara banyaknya pilihan wisata alam di selatan Kabupaten Sukabumi. Sebenarnya Amanda Ratu sendiri adalah sebuah nama dari resort.

Banyak yang menjuluki Amanda Ratu adalah Tanah Lot-nya Jawa Barat, hanya saja ukurannya yang berbeda lebih kecil dengan Tanah Lot di Bali.

Agar kamu bisa melihat pulau kecil yang mirip seperti di Tanah Lot, kamu harus masuk ke kawasan resort yang cukup mewah. Sunset terindah akan muncul dari tepian pulau dan tentu saja akan membawa kamu seolah berada di Bali.

3. Taman Rekreasi Selabintana

Alamat: Jl. Selabintana Km 7
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Telepon:
0266 221501 – 223383

Taman Rekreasi Selabintana (foto: tekooo.com)

Taman Rekreasi Selabintana adalah tempat wisata keluarga yang menawarkan suasana pegunungan. Lokasi yang berada di daerah kaki Gunung Pangrango ini tentu saja membuat udara begitu sejuk dan segar.

Terdapat beberapa fasilitas membuat Taman Rekreasi Selabintana selalu ramai pengunjung. Cukup murah dengan membayar 5ribu rupiah per orang saja kamu dan keluarga kamu bisa menikmati indahnya pemandangan yang ada.

Beberapa fasilitas yang ada seperti kolam renang, mushola, kawasan bermain, perkebunan teh serta fasilitas outbond bisa kamu jumpai disini.

4. Pondok Halimun

Alamat: Tipar, Citamiang, Sukabumi
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 3.000 – Rp 135.000

Pondok Halimun (foto: bandung.panduanwisata.id)

Kalau kamu menginginkan suasana yang sejuk dan segar khas pegunungan Sukabumi maka Pondok Halimun adalah tempat yang pas. Ada banyak yang dapat kamu temui di tempat ini. Suasana perkebunan dan perkemahan juga bisa kamu rasakan.

Hasil perkebunan ditempat ini bisa dibilang terbaik dari tempat lain, seperti Tomat, Cabai, Sawi dll. Jika kamu datang kesini tepat disaat para petani panen maka kamu akan beruntung mendapatkan harga yang lebih murah dari harga pasar.

Area Pondok Halimun juga sangat didominasi oleh hasil teh. Ketika kamu melewati perkebunan teh disini maka kamu akan menemukan warung-warung yang menyediakan beberapa menu makanan khas seperti jagung bakar.

Untuk menuju Pondok Halimun pun sangat mudah dijangkau, apabila kamu menggunakan kendaraan umum maka harus mematok arah dari terminal Parung Kuda.

5. Pantai Cibangbang

Alamat: Jl. Raya Cisolok, Pasir Baru, Pelabuhan Ratu
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 3.000 – Rp 22.000
Jam Operasional:
24 jam
Telepon:
0816-4685-0919

Pantai Cibangbang (foto: alimuakhir.com)

Pantai Cibangbang adalah pantai yang tergolong bersih dan memiliki ombak yang sangat tenang dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Sukabumi. Tentu saja kamu bisa berenang dan berendam di dalam pantai.

Disekitar pantai juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan seperti penginapan. Karena kamu akan rugi jika melewatkan terbitnya matahari dari Pantai Cibangbang.

Untuk sampai di Pantai Cibangbang, kamu bisa mengambil arah jalan menuju Cisolok. Tenang saja banyak rambu yang akan menuntun kamu hingga sampai ke tempat lokasi.

6. Situ Gunung

Alamat: Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 8.000 – Rp 13.500
Jam Operasional:
24 jam
Telepon:
0821-1370-0701 / 0877-8062-2836

Situ Gunung (foto: liburmulu.com)

Situ Gunung adalah tempat wisata berupa danau yang sangat hijau dan bersih. Jika kamu punya hobi fotografi maka disini adalah tempat yang pas untuk pengambilan objek foto.

Selain itu, banyak fasilitas yang juga bisa kamu dapatkan disini, seperti bermain perahu, memancing, dan berkemah. Ketika kamu berada disini memang sinyal handphone tidak akan kamu dapati, tapi dengan seperti itu bukannya kita bisa bebas untuk menikmati indahnya alam bukan.

BacaJuga:  10 Gambar Lembah Cilengkrang Kuningan, Harga Tiket Masuk, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup Wisata + Misteri Mitos

7. Danau Lido

Alamat: Sukabumi Km 21 Cigombong,, Jl. Raya Bogor, Watesjaya
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang

Danau Lido (foto: katadia.com)

Danau Lido merupakan tempat wisata yang waib kamu kamu kunjungi ketika ke Sukabumi, diapit oleh Gunung Salak dan Gunung Pangrango adalah salah satu keunikan tersendiri. Pemandangan yang sangat indah dengan hamparan dari banyaknya pohon bisa kamu dapati disini.

Terletak di pinggir jalan raya tentu saja Danau Lido sangat mudah ditemui. Selain disuguhkan dengan pemandangan yang indah, kamu akan difasilitasi dengan beberapa permainan yang cukup seru.

8. Taman Rekreasi Cimelati

Alamat: Jl. Raya Cimelati, Pasawahan, Cicurug
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 5.000 – Rp 7.000
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB
Telepon:
0266 731355

Taman Rekreasi Cimelati (foto: youtube.com)

Taman yang cukup terkenal di Kabupaten Sukabumi ini salah satunya adalah Taman Cimelati. Dari waktu ke waktu Taman Cimelati ini memiliki peningkatan yang sangat baik. Lahan parkirnya saja bisa menampung 40 unit bus yang berukuran besar.

Selain itu, Cimelati juga menyuguhkan wisata air karena di dalam kawasan ini terdapat sumber mata air. Air yang sangat jernih serta debit airnya bisa mencapai 30 liter per detik.

Taman Rekreasi Cimelati juga memiliki kolam renang yang saat ini sudah dilengkapi dengan arena permainan seperti water boom.

9. Griya Benda Asri Waterland

Alamat: Jalur Bocimi, Kec. Cicurug
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Senin – Jumat Rp 15.000 dan Sabtu – Minggu Rp 25.000
Jam Operasional:
07.00 – 18.00 WIB
Telepon:  
0813-1782-0699

Griya Benda Asri Waterland (foto: metropolitanland.com)

Tempat wisata air di Sukabumi kini makin menjamur, salah satunya adalah Wahana Wisata Griya Benda Asri Waterland. Lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau baik dari arah Bogor atau pun arah Sukabumi.

Tempat wisata ini cukup luas, yaitu memiliki luas kurang lebih 2 hektar. Selain wahana air, tentunya disini dilengkapi dengan beberapa fasilitas lainnya yang nyaman untuk kamu bersantai bersama keluarga dan teman.

Soal tarif masuknya cukup terjangkau, untuk di hari biasa yaitu Senin sampai Jumat kamu hanya perlu membayar 15ribu rupiah sedangkan di hari libur Sabtu dan Minggu 25ribu rupiah.

10. Tanakita Camping Ground

Alamat: Jl. Kadudampit KM. 09, Kadudampit, Gede Pangrango
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 550.000 / paket
Jam Operasional:
check in pukul 14.00 WIB
Telepon:
021 7200469

Tanakita Camping Ground (foto: wisatajabar.com)

Ingin memanjakan diri dengan menghirup udara segar yang ada di alam terbuka? Nah disinilah tempat yang cocok untuk kamu. Mungkin jika setiap harinya kamu hanya menggeluti macetnya jalan dan hirup asap kendaraan tak heran jika akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk berlibur.

Tarif yang ditawarkan relatif murah, dengan harga 550ribu rupiah kamu bisa mendapatkan fasilitas yang sangat bagus.

Mulai dari tenda untuk berkemah, sarapan pagi, makan siang, makan malam, snack, wifi hingga peminjaman alat outdoor akan membuat kamu merasakan alam yang sesungguhnya.

11. Gunung Sunda

Alamat: Jl. Siliwangi, KM 03, Desa Jambelaer, Padaasih, Cisaat
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang

Gunung Sunda (foto: antarasenja.wordpress.com)

Lokasi Gunung Sunda berada di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat dan hanya berjarak 3 km dari alun-alun Cisaat. Dalam beberapa waktu dekat Sukabumi memang sering dibicarakan tentang objek wisatanya yang semakin maju. Salah satunya adalah Gunung Sunda.

Terbukti menurut warga setempat bahwa Gunung Sunda mempunyai peningkatan jumlah pengunjung.

Suasana yang cocok adalah sore hari, sorotan sinar matahari yang mulai terbenam membuat suasana puncak Gunung Sunda semakin ramai. Tak lama beberapa tenda mulai terpasang hanya untuk menikmati senja di puncak Gunung Sunda.

12. Tebing Panenjoan

Alamat: Desa Taman Jaya, Kec. Ciemas
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 2.000 / motor

Tebing Panenjoan (foto: madewahyuni.net)

Menikmati alam segar yang ada di Tebing Panenjoan adalah salah satu ide yang cukup menarik. Panenjoan adalah sebuah wisata alam yang memiliki ketinggian lebih kurang 250 mdpl. Terletak di kawasan Taman Bumi Ciletuh atau Ciletuh Geopark  di Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas.

Diatas Tebing Panenjoan sudah dibangun khusus untuk para wisatawan berupa bangunan – bangunan permanen. Tentu aja ada pagar pembatas bagi para pengunung untuk menjaga keselamatannya.

Dari atas kamu juga bisa melihat hamparan sawah dan perkampungan warga. Selain itu ada berupa deretan bukit-bukit yang berjejer membentuk mangkuk yang memiliki ukuran sangat besar bisa kamu lihat.

13. Taman Strawberry

Alamat: JL. Kadudampit, No. 10, Situgunung, Kadudampit
Koordinat: Lihat Disini
Jam Operasional:
08.00 – 20.00
Telepon:
0266 6251775

Taman Strawberry (foto: pegipegi.com)

Berada tepat di samping polsek Cisaat, Taman Strawberry ini sangat mudah ditemui. Taman yang memiliki luas kurang lebih 2 hektar ini ditanami oleh buah yang menjadi favorit disemua kalangan yaitu Strawberry.

Para pengunjung diberi fasilitas memetik buah strawberry sepuasnya dengan tarif 40 ribu rupiah per kilogram. Ternyata ada buah lain yang ditanam di kebun ini yaitu Blackberry yang tentu saja rasanya tak kalah manis.

14. Sungai Citarik

Alamat: Taman Nasional Gunung Halimun, Cikidang
Koordinat: Lihat Disini
Jam Operasional:
06.00 – 17.00 WIB

Sungai Citarik (foto: indooutbond.com)

Bagi para pecinta arum jeram, sungai citarik adalah salah satu tempat favorit untuk melakukan uji adrenalin. Tempat ini sudah banyak dikenal oleh beberapa kalangan wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi.

Jangan cemas, disini sudah banyak sekali yang menawarkan jasa Rafting, tinggal kamu pilih salah satu dari mereka yang cocok untuk kamu. Debit air yang sangat banyak dan kondisi air yang bersih membuat Sungai Citarik tidak pernah sepi wisatawan.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Taman Lembah Gurame Depok, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Keindahan di Sekitar

15. Goa Buniayu

Alamat: Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 50.000
Jam Operasional:
08.00 – 22.00 WIB
Telepon:
0266 6254881

Goa Buniayu (foto: travel-kompas.com)

Goa Buniayu ini terletak di Kabupaten Sukabumi, tidak terlalu jauh dari Jakarta dan Bandung, hanya 3 sampai 4 jam perjalanan. Sangat cocok bagi kamu yang ingin berwisata menikmati keindahan alam bawah tanah.

Ditempat ini jiwa petualang kamu akan serasa ditantang. Goa ini masih dibilang goa yang alami, didalamnya kamu akan menemukan beberapa ornamen goa seperti coloumn, stalaktif, flow stone, canopy dan masih banyak yang lain.

Selama didalam Goa, kamu tidak akan bisa mengenal waktu, karena akan terasa gelap dan tidak dapat membedakan apakah diluar sedang siang atau malam. Maka kamu harus membawa beberapa alat penerangan seperti senter.

16. Danau Batu Bacan

Alamat: Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 2.000 – Rp 5.000

Danau Batu Bacan (foto: beritakawasan.com)

Danau Batu Bacan ini sebenarnya bukanlah berasal dari cekungan yang alami, melainkan lubang bekas galian tambang yang dilakukan warga yang akhirnya terisi air hujan.

Cekungan atau ceruk yang dibawah berwarna hijau maka air yang ada di cekungan itu dengan bantuan sinar matahari soalah olah berwarna hijau.

Karena semakin populer, Danau Batu Bacan kini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengasi rezeki seperti dikelolanya parkir, cukup membayar 2ribu untuk motor dan 5ribu untuk mobil kamu bisa masuk ke tempat wisata ini.

17. Sungai Cicatih

Alamat: Desa Warung Kiara, Pelabuhan Ratu, Sukabumi
Koordinat: Lihat Disini
Jam Operasional:
06.00 – 17.00 WIB

Sungai Cicatih (foto: anekatempatwisata.com)

Sungai Cicatih adalah salah satu sungai yang populer untuk berpetualang arum jeram di Jawa Barat. Memiliki grade 3+ maka kamu tidak perlu kawatir tidak mendapatkan keseruan ketika bermain rafting.

Selain menikmati suasana menantang, kamu akan disuguhi pemandangan yang indah, menembus padi di sawah serta hutan hujan.

Yang tak kalah seru adalah kamu akan disambut hangat oleh masyarakat lokal dengan budaya sundanya yang cukup kental akan membuat petualangan kamu semakin menyenangkan.

18. Pantai Cimaja

Alamat: Desa Cimaja, Kec. Cikakak, Sukabumi
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 5.000

Pantai Cimaja (foto: initempatwisata.com)

Berbeda dengan pantai yang ada di Sukabumi lainnya. Pantai Cimaja memiliki ombak yang sangat cocok untuk bermain surfing. Jika kamu ingin menikmati suasana surfing, maka kamu harus datang di akhir pekan.

Pantai Cimaja selalu dipadati oleh wisatawan dan peselancar nasional dan luar negeri. Maka dari itu Pantai Cimaja mendapat julukan Bali-nya Sukabumi dari para pengunjung. Selain itu ketika sore hari tiba, kamu akan dimanjakan dengan indahnya sunset di laut.

19. Kampung Ciptagelar

Alamat: Kampung Sukamulya, Desa Simaresmi, Kecamatan Cisolok
Koordinat: Lihat Disini

Kampung Ciptagelar (foto: pariwisata-sukabumi.blogspot.com)

Ingin melakukan Traveling, Hiking dan Backpaking? Rasanya Kampung Cipatgelar adalah solusinya. Jalan yang menantang menuju Kampung ini adalah salah satu keunikan tersendiri. Sesampai disana kamu akan disuguhkan dengan pemandangan perkampungan yang sangat indah.

Kampung yang masih menggunakan adat Sunda yang begitu kental. Tampak dengan bangunan rumah yang masih digunakan warga setempat. Bagi kamu pecinta fotografi, disini juga tempat yang sangat pas. Dijamin kamu akan takjub dengan keindahan alam Sukabumi.

20. Kawah Ratu

Alamat: Gunung Sari, Pamijahan
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 7.500
Jam Operasional:
08.00 – 02.00 WIB
Telepon:
0857-8000-2200

Kawah Ratu (foto: indonesia-tourism.com)

Salah satu kawasan wisata yang menantang disini adalah Kawah Ratu. Karena untuk mencapai Kawah Ratu sendiri kamu memerlukan tracking menelusuri hutan dan sungai yang panjang. Tentu saja meski tracking yang sangat menantang ini membuat perjalanan semakin asik.

Beraneka ragam jenis pepohonan serta sungai menjadi tantangan yang cukup mengasikkan. Terdapat banyak mata air dan aliran sungai membuat kekhawatiran kehabisan air menjadi hilang, kamu perlu mengambilnya dan langsung di minum.

21. Bukit Karang Numpang

Alamat: Kampung Legoknyenang, desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 3.000 / orang

Bukit Karang Numpang (foto: kompasiana.com)

Membahas tentang keindahan alam di Sukabumi memang tidak ada habisnya. Begitu banyaknya bukit serta gunung yang berjejer disana. Salah satu bukit yang tidak boleh kalian lewatkan ketika hendak berkunjung ke Sukabumi adalah Bukit Karang Numpang.

Bukit Karang Numpang ini dikenal dengan batuan karangnya yang seperti bergantungan. Nama Karang Numpang sendiri diberi nama hanya baru-baru ini, ketika bukit tersebut terkenal di Media Sosial.

Baruan Karang yang terletaj di atas bukit itu menjadi viral ketika foto-foto selfinya bertebaran di berbagai macam Media Sosial, sehingga begitu banyak anak-anak muda yang menghabiskan waktu akhir pekannya di sana walaupun hanya untuk berselfie ria.

22. Puncak Darma

Alamat: Jl. Puncak Darma, Girimukti, Ciemas
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
06.00 – 18.00 WIB

Puncak Darma (foto: pikiran-rakyat.com)

Bagi kamu yang tuka camping ataupun trecking, tempat ini sangat cocok untuk kamu. Puncak Darma sendiri terkenal dengan keindahan pemandanan sunrise yang mempesonan. Di atas Puncak ini kalian bisa melihat pulau-pulau kecil yang mengarah ke Utara.

Dulunya puncak Darma ini hanya di tumpuhi ilalang yang banyak, tapi sekarang puncak ilalang menjadi destinasi alternative bagi berbagai kalangan yang ingin menikmati pemandangan di bibir pantai.

23. Pantai Cipetus

Alamat: Cipetus, Palabbuhanratu
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 2.000 / orang
Jam Operasional:
06.00 – 18.00 WIB

Pantai Cipetus (foto: indonesiakaya.com)

Salah satu tempat wisata keluarga favorit di Sukabumi adalah Pantai Citepus. Di pinggiran pantai ini terdapat hamparan pasir yang landing sejauh mata kita memandangnya.

Tepian pantai yang terkenal dengan kebersihannya ini, juga terdapat beberapa walga lokal yang mencari ikan-ikan kecil sebagai mata pencahariannya.

Dipantai ini juga kalian dapat menghabiskan waktu bersama keluarga untuk berlibur. Hal ini menjadi pencarian tambahan bagi warga lokal dengan menjuang berbagai macam makanan di pinggiran pantai tersebut.

BacaJuga:  20 Penginapan Murah di Puncak Dibawah 100 Ribu dan 200 Ribu, Cocok Untuk Keluarga

24. Curug Sawer

Alamat: Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 3.000 / orang
Jam Operasional:
06.00 – 18.00 WIB
Telepon:
0895-1643-4633

Curug Sawer (foto: tanpakendali.com)

Curug Sawer terletak di kaki gunung gede pangrango dan masuk dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Untuk kesana kita harus berjalan kaki setidaknya kurang lebih 1 jam lamanya.

Tapi tenang saja, disaat perjalanan tersebut kalian akan disuguhi berbagai macam pemandangan yang indah, selain itu kalian akan bertemu banyak pendaki yang ingin mendaki gunung gede maupun pangrango.

Setelah lelahnya berjalan selama kurang lebih 1 jam, kalian bisa memanjakan diri dengan berenang di curug Sawer ini. Sehingga membuat perjalananmu akan menjadi menyegarkan dan berselfie bersama teman-teman maupun bersama keluarga.

25. Curug Cibereum

Alamat: Perbawati, Sukabumi
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 2.000 / orang
Jam Operasional:
06.00 – 18.00 WIB
Telepon:  
0822-1477-7894

Curug Cibereum (foto: brobali.com)

Curug Cibereum salah satu wisata alam yang ada di bawah kaki Gunung Pangrongo jadi sudah termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Selama perjalanan kamu akan disuguhi dengan telaga biru dan rawa yang sangat indah.

Ada berbagai jenis burung dan kera yang bergelantungan di setiap perjalanan. Tracking yang menanjak juga menjadi salah satu tantangan tersendiri. Jarak yang ditempuh sekitar 2,7 km dari pos tiket atau kir-kira 1 jam dengan perjalanan santai.

26. Curug Cikaso

Alamat: Dusun Ciniti, Cibitung, Kec. Surade
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 3.000 / orang
Jam Operasional:
06.00 – 08.00 WIB

Curug Cikaso (foto: wisatajabar.com)

Curug Cikaso memiliki ketinggian antara 80 meter dan lebar sekitar 100 meter. Cukup melimpah air yang dimiliki Curug Cikaso ini. Para pengunjung akan disajikan pertunjukan indahnya alam dengan limpahan tiga air terjun di tengah rimbunnya pohon-pohon yang berwarna hijau.

Curug Cikaso lebih dikenal dengan sebutan Niagara-nya Indonesia jadi kamu tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat indahnya pemandangan arit terjun.

Agar bisa mencapai Curug Cikaso kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan waktu tempuh lebih kurang 30 menit dari Surade.

27. Curug Awang Sukabumi

Alamat: Desa Taman Jaya, Cibenda, Ciemas
Koordinat: Lihat Disini
Jam Operasional:
06.00 – 18.00 WIB

Curug Awang Sukabumi (foto: ciletuh.com)

Dengan menikmati indahnya dinding batu alam kamu akan merasakan karakteristik yang berbeda dari Curug Awang ini. Tentu saja tak dapat kamu temui di tempat lainnya.

Memiliki ketinggian antara 40 meter sampai dengan 60 meter cukup mengagumkan dengan debit air yang tinggi. Apalagi jika kamu datang pada musim hujan akan lebih indah karena bagian curug ini akan dipenuhi oleh derasnya air mengalir.

28. Curug Cigangsa

Alamat: Pasiripis, Surade
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 3.000 / orang
Jam Operasional:
06.00 – 18.00 WIB

Curug Cigangsa (foto: wisatajabar.com)

Curug Cigangsa merupakan tempat wisata air terjun yang tersembunyi. Memang agak sulit untuk menemukannya karena minimnya papan petunjuk, tetapi jangan kawatir karena banyak warga sekitar yang akan membantu memberi petunjuk arah.

Curug Cigangsa berbeda dengan yang lain karena memiliki debit air yang cukup kecil. Memiliki dinding yang batunya berwana hitam adalah salah satu keunikan yang dimilikinya. Curug Cigangsa juga memiliki nama lain yaitu Curug Luhur.

Akibat gempa yang cukup kuat mengakibatkan curug ini memiliki tiga tingkatan. Kamu dapat menikmati indahnya curug cigangsa dari dua arah sehingga bisa mengambil semua keindahan dari arah atas atau bawah.

29. Curug Sentral Kebangunga

Alamat: Kabandungan, Sukabumi
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 5.000
Jam Operasional:
06.00 – 18.00 WIB

Curug Sentral Kebangunga (foto: twitter.com)

Asal muasal nama Sentral adalah sewaktu penjajahan pemerintahan Belanda dulu sempat mendirikan PLTU, dan PLTU ini yang sering disebut dengan Sentral. Sebenarnya Curug Sentral ini ada tujuh air terjun, namun semuanya disebut Curug Sentral.

Letaknya pun berdekatan jadi kamu bisa langsung datang ke semua air terjun yang ada disana. Tiket masuk ke tempat wisata ini cukup murah, hanya dengan 5ribu rupiah per orang kamu dan teman-teman atau keluarga bisa langsung menikmati indahnya air terjun yang ada di Sukabumi.

30. Curug Sodong

Alamat: Ciemas, Sukabumi
Koordinat: Lihat Disini
Tarif:
Rp 3.000 / orang
Jam Operasional:
06.00 – 18.00 WIB

Curug Sodong (foto: jpnn.com)

Curug Sodong adalah salah satu air terjun yang begitu banyaknya di Kabupaten Sukabumi. Disebut Sodong karena dibalik air terjun ini ada sebuah Goa. Nah, Sodong sendiri adalah bahasa sunda yang berarti cekungan.

Selain kamu bisa menikmati air terjun, kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah. Disekitar air terjun ditumbuhi pohoh-pohon yang rindang dan hijau.

Keunikan lain yang dimiliki oleh air terjun ini adalah terdapat aliran air memliki kemiripan layaknya sepasang pengantin . Maka dari itu air terun ini memiliki nama lain Curug Kembar atau Curug Penganten.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

2 thoughts on “30 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Wajib Dikunjungi Terbaru Indah Bagus Dekat Dengan Stasiun Pelabuhan Ratu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.