45 Tempat Wisata di Surabaya 2018 Yang Baru Dekat Bandara Pasar Turi Siang Hari Selatan Timur Utara

Posted on
45 Tempat Wisata di Surabaya 2018 Yang Baru Dekat Bandara Pasar Turi Siang Hari Selatan Timur Utara
5 (100%) 1 vote

Tempat wisata di surabaya 2018 yang baru dekat bandara juanda stasiun gubeng pasar turi siang hari selatan timur utara barat pusat kota terbaru dan sidoarjo alam malam daftar pantai taman bungkul house of sampoerna wajib dikunjungi terkenal gratis romantis sekitarnya alamatnya harga tiket masuknya penjelasannya gambarnya malang madura gresik objek obyek jawa timur jatim apa saja kenjeran carnival night market daerah bukit mas regency trans7 kaskus travel paket 3 hari 2 malam

Siapa yang tidak mengenal Kota Surabaya yang menjadi ikon kota modern di Jawa Timur, melihat dari sisi kehidupan masyarakatnya sendiri. Namun walaupun didaulat sebagai kota modern yang bersih, sejuk, dan asri, tempat-tempat wisata di kota ini juga patut diacungi jempol.

Tak hanya objek wisata modern, terdapat juga wisata alam, edukasi, dan sejarah yang dapat ditemukan di Surabaya. Berikut daftar 45 destinasi wisata dan rekreasi di Surabaya yang akan menbuat pengunjung merasa menyesal karena tidak mengunjunginya.

1. Pasar Wisata Juanda

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, Betro, Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Surabaya.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pasar Wisata Juanda (foto: pasarwisatabandarajuanda.blogspot.com)

Ingin menemukan tempat wisata kuliner di Surabaya yang buka 24 jam dan murah meriah? Pasar Wisata Juanda bisa menjadi alternatif tujuan wisata karena mengikuti jam kerja Bandara Juanda yang juga 24 jam. Pasar ini bisa dibilang dekat dengan lokasi bandara karena hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk mencapainya.

Selain menawarkan makanan khas Jawa Timur yang tentunya jauh lebih murah dari pada makanan bandara, pasar wisata ini juga menjual berbagai macam souvenir dan oleh-oleh. Harga yang ditawarkan pun lebih murah dan harga merakyat dibandingkan souvenir dan makanan yang dijual di dalam bandara itu sendiri.

2. Monumen Kapal Selam

Lokasi: Jl. Pemuda No. 39, Embong Kaliasin, Genteng
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Senin – Jumat pukul 08.00 – 20.00, Sabtu dan Minggu pukul 08.00 – 21.00
Harga tiket masuk:
Rp. 5.000 perorang

Monumen Kapal Selam (foto: hardrockfm.com)

Tak jauh dari Stasiun Gubeng, para pelancong akan disuguhkan dengan pemandangan Monumen Kapal Selam yang letaknya juga berdekatan. Monumen ini berada di pusat kota dan merupakan sebuah kapal selam sungguhan yang dapat dimasuki oleh para wisatawan.

Di dalam Monumen Kapal Selam ini terdapat beberapa ruangan kapal, wisatawan dapat memasuki beberapa ruangan kapal selam tersebut, diantaranya adalah ruang peluncur torpedo lengkap dengan 4 peluru torpedo, ruang periskop, ruang anak buah kapal, ruang pengamatan, hingga ruang mesin beserta komponen-komponen mesinnya, dan ruangan lain.

3. Pasar Turi

Alamat: Jl. Pasar Turi No.1 – 19, Bubutan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 16.00
Telpon:
+62 31 9900 0565
Tarif:
Gratis

Pasar Turi (foto: eastjava.com)

Untuk pelancong yang baru menginjakan kakinya ke Surabaya dan ingin mencari oleh-oleh dengan harga murah bisa mengunjungi Pasar Turi. Di siang hari, pasar ini dipenuhi pedagang makanan, minuman, baju, sepatu, dan barang grosiran lainnya dengan model-model terbaru.

Pasar Turi juga sangat strategis karena lokasinya dekat dengan Stasiun Pasar Turi, selain itu letaknya juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata lainnya seperti Tugu Pahlawan dan Jembatan Merah. Bagi pelancong yang ingin mendapatkan souvenir atau oleh-oleh dengan harga miring dapat mengunjungi Pasar Turi ini yang buka sejak pagi hingga malam hari.

4. Tugu Pahlawan

Alamat: Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 07.00 – 15.00
Nomer telepon:
+62 31 357 1100
HTM:
Rp. 5.000 perorang

Tugu Pahlawan (foto: wikimedia.org)

Terletak di sebelah timur dari Pasar Turi membuat Tugu Pahlawan juga terkenal dan banyak dikunjungi oleh beberapa wisatawan maupun warga sekitarnya. Monumen ini berdiri setinggi 41 meter, di dalamnya terdapat koleksi senjata, patung, diorama pertarungan jaman dahulu dan masih banyak lagi.

Tempat wisata bersejarah ini juga wajib dikunjungi karena pada malam hari akan banyak warga sekitar berkumpul untuk sekedar menikmati pemandangan tugu. Tak hanya pemandangan dari monumen ini sendiri, tetapi pepohonan rimbun yang berada di area ini akan menambah kesan asri dan sejuk, selain itu ditumbuhi juga tanaman dan bunga yang disusun sedemikian rupa.

5. Museum Sepuluh Nopember

Lokasi: Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Minggu – Jumat pukul 08.00 – 15.00, Sabtu tutup
Harga tiket masuk:
Rp. 2.000 perorang

Museum Sepuluh Nopember (foto: nationalgeographic.co.id)

Jika mengunjungi Tugu Pahlawan, di sebelah utara akan terlihat Museum Sepuluh Nopember yang juga bersejarah. Harga tiket masuknya pun semurah tarif Tugu Pahlawan dan disini wisatawan akan mendapatkan informasi bermanfaat mengenai sejarah Surabaya dan penjelasannya.

Pengunjung dapat melihat benda-benda peninggalan dari salah satu pahlawan Bung Tomo serta dokumentasi pidatonya yang membangkitkan semangat. Beberapa barang peninggalan sejarah dari para pejuang dahulu pun masih tersimpan rapi disini, seperti senjata hingga kertas dokumen dan videp dokumentasi lainnya.

6. Taman Bungkul

Alamat: Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Taman Bungkul (foto: wikimedia.org)

Salah satu dari berbagai daftar taman kota di Surabaya adalah Taman Bungkul, objek wisata murah meriah ini menawarkan keindahan air mancurnya terutama saat malam hari. Tersedia juga jalur papan seluncur skate board, jalur bersepeda, hingga jalur jogging untuk olahraga.

Serta yang paling membuat taman ini dikunjungi oleh banyak kawula-kawula muda adalah fasilitas wifi gratis, serta pedagang makanan dan minuman tertata dengan rapi. Wisatawan dapat mencoba mencicipi berbagai macam aneka masakan kuliner khas Surabaya, Jawa Timur, atau Indonesia, camilan ringan pun dijual disini dengan harga murah.

7. Ciputra Waterpark

Alamat: Kawasan Waterpark Boulevard Citraland, Sambikerep, Made
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Senin – Jumat pukul 13.00 – 19.00, Sabtu dan Minggu pukul 10.00 – 19.00
Nomer telepon:
+62 31 744 1155
HTM:
Rp. 110.000 (Senin – Jumat), Rp. 130.000 (Sabtu dan Minggu)

Ciputra Waterpark (foto: lihat.co.id)

Ciputra Waterpark adalah tempat objek wisata bermain air terbesar di daerah Surabaya, bahkan mungkin di Jatim. Terdapat kolam renang yang sangat luas disini dengan beberapa wahana air yang cukup lengkap, seperti perosotan, air tumpah, kolam arus, dan yang lainnya.

Tidak perlu khawatir bagi yang tidak bisa berenang karena disini air kolamnya sangat dangkal, berkisar 1 hingga 2 meter yang memang ditujukan untuk pengunjung bermain air. Kolam dengan ketinggian paling dalam hanya seukuran 2 meter saja yakni kolam arus, kolam ini pun masih dapat dinikmati oleh beberapa anak-anak dengan menyewa ban atau pelampung buatan.

8. Klenteng Sanggar Agung

Lokasi: JL. Sukolilo, No. 100, Kenpark (Pantai Ria) Kenjeran
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Disesuaikan jadwal ibadah
No telp:
+62 31 381 6133
Harga tiket masuk:
Gratis

Klenteng Sanggar Agung (foto: agentwisatabromo.com)

Klenteng Sanggar Agung juga dikenal dengan nama Klenteng Hong San Tang, obyek tempat wisata religi ini terletak di tepi laut sehingga menambah keindahan pemandangan di sekitar klenteng. Di sebelah kanan pintu gerbang terdapat patung singa betina membawa anaknya, sedangkan di bagian kiri adalah patung singa jantan membawa bola.

Klenteng ini juga dipenuhi dengan pepohonan bakau dan bentuknya yang menyerupai teluk menjorok ke daratan. Melihat keindahan laut Tanjung Perak dari klenteng ini akan lebih bagus gambarnya dibandingkan dari pelabuhan sendiri, maka dari itu tempat ini juga banyak dijadikan spot untuk berfoto-foto dan selfie.

9. Kenjeran Waterpark

Alamat: Jl. Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Rp. 20.000 (Senin – Jumat), Rp. 25.000 (Sabtu dan Minggu)

BacaJuga:  Intip Harga Sewa Kost Harian Murah di Kediri Mulai Rp.35.000
Kenjeran Waterpark (foto: panoramio.com)

Kenjeran Waterpark atau yang juga dikenal dengan nama Atlantis Land Kenjeran adalah tempat wisata air yang menawarkan wahana seperti kolam renang, seluncuran, kolam arus, air tumpah, dan sebagainya. Sedangkan bagian taman bermain anak dengan beberapa wahana layaknya di Universal Studio Singapore.

Tersedia juga kolam pemancingan air tawar, beberapa tempat makan dan minum, toko souvenir, saung dan gazebo untuk beristirahat. Pengunjung yang sedang berwisata keluarga dapat mencoba satu persatu wahana yang disediakan disini dengan tarif masing-masing wahana berbeda satu sama lain.

10. Pantai Ria Kenjeran

Alamat: Jl. Sukolilo No.100, Bulak
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 17.00
HTM:
Rp. 15.000 perorang, Rp. 8.000 (Parkir Motor), Rp. 10.000 (Parkir mobil)

Pantai Ria Kenjeran (foto: reresepan.com)

Wisata Pantai Ria Lenjeran ini tidak terlalu jauh letaknya dari Kenjeran Waterpark, namun ada apa saja di pantai ini? Ada banyak bangunan berarsitektur Cina di sekitar daerah pantai karena wilayahnya yang juga merupakan daerah pecinan di Surabaya, contohnya Klenteng Sanggar Agung, Pagoda Tian Ti, Dewi Kwan In, dan lain sebagainya.

Terdapat juga tempat taman bermain anak, penjual makanan dan minuman, toko souvenir dan oleh-oleh, saung atau gazebo untuk duduk-duduk, dan lain sebagainya. Bagi wisatawan yang ingin menyewa perahu juga dapat langsung menemukan penyewaan kapal atau perahu tanpa perlu mengunjungi Pelabuhan Tanjung Perak terlebih dahulu.

11. Patung Buddha 4 Rupa

Lokasi: Jl. Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Harga tiket masuk:
Gratis

Patung Buddha 4 Rupa (foto: detik.com)

Travel ke daerah pantai di Surabaya tidak lengkap bila tidak melihat Patung Budha 4 Rupa ini yang unik karena memiliki 4 wajah dan 8 tangan. Patung ini serupa dengan patung-patung Budha di Thailand atau India, lokasi tempat patung ini berada dekat dengan Pantai Ria dan Kenjeran dan Klenteng Sanggar Agung.

Patung Budha ini sangat tinggi, sekitar 36 meter dan berlapis warna keemasan, tempat yang bisa dijadikan sebagai spot berfoto atau berselfie ria. Wisatawan yang sudah melihat-lihat dan mengunjungi Pantai Ria, Kenjeran Waterpark, maupun Klenteng Sanggar Agung dapat menyempatkan diri sesudahnya untuk melihat Patung Budha 4 Rupa ini.

12. Gunung Bromo

Alamat: Podokoyo, Tosari, Pasuruan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Gunung Bromo (foto: twisata.com)

Menuju Jawa Timur melalui jalur selatan pastinya akan mendapati Gunung Bromo yang merupakan gunung berapi aktif yang paling terkenal di Jawa Timur. Alamatnya memang bukan di Surabaya, namun dapat ditempuh dari kota tersebut dalam waktu singkat, termasuk dari kota Malang atau bahkan Gresik sendiri.

Di sekitar gunung ini juga banyak tempat penginapan bagus maupun area camping yang menyediakan paket menginap 3 hari 2 malam termasuk pendakian. Untuk akomodasi yang disediakan tergantung jenis penginapan, seperti villa, guest house, homestay, atau bahkan hotel berbintang dapat ditemukan dengan lengkap di area tersebut.

13. Kebun Binatang Surabaya

Alamat: Jl. Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Nomer telepon:
+62 31 567 4708
HTM:
Rp. 15.000 (Senin – Jumat), Rp. 20.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Kebun Binatang Surabaya (foto: my-journey89.blogspot.com)

Kebun Binatang Surabaya mengusung konsep wisata pendidikan, konservasi, dan juga penelitian, tak hanya untuk beberapa satwa, tanaman dan tumbuhan pun diteliti juga disini. Pengunjung dapat melihat total 315 spesies hewan dengan jumlah 2.000 ekor binatang yang ada di kebun binatang ini.

Fasilitas yang kini sudah ditambahkan adalah taman bermain anak dengan wahana menarik, tempat makan, toko souvenir dan oleh-oleh, serta masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung yang membawa anak-anak dapat mengikuti wisata edukasi dengan memberikan makanan kepada para binatang di dalam kandang kebun binatang.

14. Taman Remaja Surabaya

Lokasi: Jl. Kusuma Bangsa No. 112 – 114, Tambaksari
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional: Jumat – Rabu pukul 15.00 – 22.00
No telp:
+62 31 532 2748
Harga tiket masuk:
Rp. 5.000 – Rp. 10.000 perorang

Taman Remaja Surabaya (foto: tribunnews.com)

Taman Remaja Surabaya merupakan tempat wisata taman bermain yang menyediakan fasilitas seperti kolam mandi bola, ayunan yang menantang adrenalin, kiddy boat, komedi putar, monorail, dan lain sebagainya. Terdapat juga rumah hantu, boom boom car, kiddy ride, mini roller coaster, hingga tempat arena outbound dan flying fox.

Taman bermain ini juga dilengkapi dengan restoran, cafe yang memiliki live music, panggung dengan acara dan event tertentu, serta yang lainnya. Toko souvenir pun dapat ditemukan di dalam area taman bermain dengan menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas kebun binatang atau kota Surabaya itu sendiri.

15. Surabaya Carnival Park

Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 333, Dukuh Menanggal, Gayungan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 16.00 – 23.00
Telpon:
+62 31 848 3131
Tarif:
Rp. 60.000 (Senin – Kamis), Rp. 80.000 (Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Surabaya Carnival Park (foto: jagoanweb.com)

Surabaya Carnival Park juga dikenal sebagai Surabaya Carnival Night Market yang buka hingga malam hari dengan fasilitas pasar malam menarik. Wahana yang berada di Surabaya Carnival Night Market ini terbagi menjadi wahana indoor dan wahana outdoor, sedangkan untuk fasilitas tempat makan juga tersedia disini.

Wahana indoor memuat patung lilin, museum 3D art, bioskop 4D, dan lainnya, sedangkan wahana outdoor adalah roller coaster, komedi putar, bianglala, dan sebagainya. Seperti namanya, Night Market Carnival disini menyediakan festival berupa pasar malam yang menjajakan berbagai benda souvenir, oleh-oleh, barang grosiran, maupun makanan dan minuman.

16. Museum House of Sampoerna

Alamat: Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
Nomer telepon:
+62 31 353 9000
HTM:
Gratis

Museum House of Sampoerna (foto: jalansanasini.com)

Museum House of Sampoerna sebenarnya adalah sebuah rumah tua bekas tempat memproduksi rokok Sampoerna pada jaman dahulu. Tempat ini menjadi kombinasi unik yang memuat kegiatan produksi rokok, wisata sejarah, dan museum.

Bangunan ini memiliki 4 gedung utama dimana di sebelah barat adalah tempat tinggal keluarga, sebelah timur menjadi tempat makan, kios-kios, dan galeri seni, auditorium pusat menjadi museum, dan bangunan terakhir di belakang adalah tempat produksi rokok. Di dalam auditorium, wisatawan dapay menemukan dokumentasi dan benda peninggalan jaman dulu dalam pembuatan rokol Sampoerna.

17. Kebun Bibit Wonorejo (Taman Flora)

Lokasi: Jl. Raya Manyar No. 80A, Baratajaya, Gubeng
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00
No telp:
+62 858 5158 0880
Harga tiket masuk:
Gratis

Kebun Bibit Wonorejo (Taman Flora) (foto: sisidunia.com)

Kebun Bibit Wonorejo adalah tempat pengembangbiakan seluruh tanaman di Surabaya sebelum disebarkan ke seantero kota tersebut. Tempat wisata yang murah meriah ini memiliki beberapa spot menarik seperti danau, kandang rusa, kandang unggas, taman bermain anak, taman bunga, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

Setelah puas berjalan-jalan di Kebun Bibit Wonorejo, pengunjung bisa mengisi perut dengan kuliner khas Jawa Timur di sentra kuliner. Selain itu, tersedia juga pembelajaran tentang cara pengembangbiakan bibit tanaman di kebun ini, wisatawan dapat belajar cara menanam tanaman hingga memanen tanaman buah dan sayur yang juga tersedia lengkap.

18. Monumen Bambu Runcing

Alamat: Jl. Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Telpon:
+62 815 5400 0223
Tarif:
Gratis

Monumen Bambu Runcing (foto: indonesiakaya.com)

Monumen Bambu Runcing merupakan tempat wisata sejarah kota Surabaya yang menjadi bentuk apresiasi terhadap perjuangan arek-arek Surabaya pada jaman penjajahan dulu. Pengunjung dapat menikmati taman di sekitar monumen ini sekaligus melihat bambu runcing raksasa yang menjadi ikon di daerah tersebut.

Sesekali akan ada pancuran air yang muncul dari tengah bulatan Monumen Bambu Runcing tersebut layaknya sebuah air mancur. Pemandangan di malam hari pun tidak kalah indah di tempat ini, bahkan ada beberapa lampu taman yang sengaja dipasang warna-warni untuk menambah keindahan panorama taman.

19. Hutan Bambu dan Taman Sakura

Alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Hutan Bambu dan Taman Sakura (foto: hafizarifwiratama.blogspot.com)

Hutan Bambu dan Taman Sakura menjadi salah satu tempat wisata alam di Surabaya yang romantis layaknya hutan dan taman di Jepang. Mampir ke Hutan Bambu dan Taman Sakura ini, pengunjung dapat mengambil fotonya atau gambarnya sekaligus selfie untuk diabadikan.

Perlu diketahui bahwa Taman Sakura ini hanya mekar di bulan tertentu saja, pastikan berkunjung saat peralihan musim hujan ke musim panas.

BacaJuga:  6 Villa di Tretes Beserta Fasilitas dan Harga Sewa Termurah Rp.550.000

20. Tanjung Perak

Lokasi: Perak Barat, Krembangan, Surabaya
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Tanjung Perak (foto: jitunews.com)

Pelabuhan Tanjung Perak merupakan sebuah pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia setelah Tanjung Priok, namun kesempatan wisata bisa didapatkan disini. Bagi pengunjung yang ingin berwisata bahari, wisata kuliner, bahkan ingin menaiki kapal menuju Madura dapat melakukannya disini langsung.

Wisatawan dapat menaiki kapal pesiar yang disediakan di area sekitar pelabuhan, kapal-kapal ini umumnya sudah disediakan untuk kapasitas kurang lebih 1.400 penumpang

21. Jembatan Merah

Alamat: Jl. Kembang Jepun No. 192, Nyamplungan, Pabean Cantian, Krembangan Selatan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Jembatan Merah (foto: panduanwisata.id)

Satu lagi tempat wisata sejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajahan, jembatan ini juga menghubungkan Kalimas dengan Gedung Residensi Surabaya pada jamanya. Pengunjung dapat menemukan banyak bangunan berarsitektur jaman kolonial Belanda yang juga merupakan peninggalan sejarah.

Di area sekitar Jembatan Merah sendiri ada mall yang dapat dikunjungi bagi para wisatawan seperti Jembatan Merah Plaza.

22. Surabaya North Quay

Alamat: Perak Selatan, Pabean Cantian
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 21.00
HTM:
Gratis

Surabaya North Quay (foto: zetizen.com)

Kembali lagi ke Pelabuhan Tanjung Perak, ada salah satu alternatif objek wisata yang banyak dikunjungi anak-anak muda Surabaya untuk nongkrong dan berkumpul. Suasana di Surabaya North Quay layaknya sebuah kapal pesiar dilengkapi ruang tunggu, wifi gratis, live music, ornamen berbau budaya Jawa Timur yang membuat suasana menjadi romantis.

Semua fasilitas tersebut dapat digunakan dengan gratis, selain itu ada juga tempat makan dengan harga terjangkau dan banyak variasi seafood.

23. Taman Pelangi

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No. 138, Gayungan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 05.00 – 23.00
Harga tiket masuk:
Gratis

Taman Pelangi (foto: lihat.co.id)

Taman Pelangi merupakan salah satu obyek wisata alternatif yang murah meriah dengan konsep taman kota yang asri, sejuk, dan indah. Pintu masuk menuju taman terdapat 31 batang tiang berbentuk ruas daun menjulang tinggi dan akan nyala jika dikunjungi di malam hari.

Di setiap sudut dan jalan di Taman Pelangi ini akan memancarkan cahaya lampu warna warni layaknya pelangi, terdapat juga fasilitas taman bermain anak-anak, pemandangan air mancur, dan lain sebagainya.

24. Taman Prestasi

Alamat: Jl. Ketabang Kali No. 6, Ketabang, Genteng
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 16.00
Tarif:
Gratis

Taman Prestasi (foto: wikimapia.org)

Taman Prestasi Surabaya tidak hanya memberikan wisata alam yang murah meriah dan gratis, karena di taman kota ini terdapat wisata sungai yang cukup unik. Wahana permainan anak disini seperti taman bermain pun cukup lengkap dengan adanya perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dan lainnya.

Di taman ini terpajang monumen pesawat tempur yang merupakan pesawat asli, selain itu ada juga wahana wisata sungai untuk menyusuri sungai menggunakan kapal motor.

25. Monumen Jalesveva Jayamahe

Alamat: Ujung, Semampir, Surabaya
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Monumen Jalesveva Jayamahe (foto: flickr.com)

Monumen Jalesveva Jayamahe adalah salah satu tempat wisata sejarah yang dibangun untuk mengenang para pejuang TNI Angkatan Laut yang gugur melawan penjajah. Terdapat patung perwira TNI Angkatan Laut yang berdiri lengkap dengan memakai seragam perang, lokasi monumen patung ini dapat ditemui di dermaga paling barat Madura.

Tinggi dari monumen ini sendiri adalah 60,6 meter, di area sekitar monumen sering dijadikan lokasi open house sehingga wisatawan pun dapat berkunjung dengan bebas.

26. Museum Surabaya

Lokasi: Jl. Tunjungan, Genteng
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Selasa – Minggu pukul 09.00 – 21.00
No telp:
+62 31 9900 1779
Harga tiket masuk:
Gratis

Museum Surabaya (foto: tripadvisor.com)

Museum Surabaya dapat dijadikan aalah satu alternatif destinasi wisata sejarah dan edukasi sekaligus, terpajang benda peninggalan sejarah perkembangan kota Surabaya disini. Di luar museum terdapat kepala kereta lokomotif jaman dulu yang terpajang, lalu terdapat pula air mancur dengan aksen khas tradisional Jawa.

Memasuki ke dalam museum ada banyak arsip dan dokumen peninggalan sejarah kota Surabaya, foto-foto, trophy penghargaan, dan sebagainya.

27. Taman Apsari

Alamat: Jl. Taman Apsari No. 63, Embong Kaliasin, Genteng
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Taman Apsari (foto: ugikmadyo.com)

Taman Apsari berada di pusat kota Surabaya namun memiliki suasana yang sejuk dan asri, taman ini juga bisa menjadi alternatif wisata yang gratis dan murah meriah. Di taman ini pun terdapat 20 jenis spesies bunga yang menambah keelokan area taman, dilengkapi dengan trek untuk olahraga jogging.

Di tengah taman terdapat patung gubernur pertama Surabaya yakni Gubernur Suryo, dibawah monumen tersebut ada prasasti bertuliskan pidato sang Gubernur yang membangkitkan semangat.

28. Taman Mundu

Alamat: Jl. Juwet, Tambaksari, Surabaya
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Taman Mundu (foto: wartametropolis.com)

Surabaya memang kaya akan taman kota, bahkan banyak netizen di kaskus yang membuat daftar taman-taman kota di Surabaya guna wajib dikunjungi oleh wisatawan. Berbagai fasilitas yang disediakan di taman ini diantaranya ada taman bermain anak-anak, area jogging, air mancur dengan lampu-lampu indah, dan yang lainnya.

Taman Mundu identik dengan dua pohon mundu yang tumbuh di tengah taman tersebut, ada pula fasilitas wastafel dimana airnya dapat diminum dengan aman.

29. Taman Persahabatan

Lokasi: Jl. Sulawesi No. 67, Tegalsari, Ngagel, Wonokromo, Surabaya
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
No telp:
+62 815 5400 0223
Harga tiket masuk:
Gratis

Taman Persahabatan (foto: indoturs.com)

Beralih ke Taman Persahabatan, taman ini juga menjadi alternatif tempat wisata murah meriah yang sering dikunjungi oleh warga sekitar bersama keluarga dan anak-anak. Di area taman terdapat total 50 jenis tanaman dan bunga yang menambah keasrian dan kesejukan tata ruang hijau kota Surabaya.

Para kawula muda di Surabaya juga sering bermain skate board di area yang sudah disediakan disini, tidak hanya itu, tersedia arena jogging, taman bermain anak, dan lain sebagainya.

30. Kya Kya Kembang Jepun

Alamat: Jl. Kembang Jepun, Surabaya.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Kya Kya Kembang Jepun (foto: travelboogie.wordpress.com)

Kya Kya Kembang Jepun adalah daerah pecinan Surabaya yang terkenal dengan pasar malamnya, berbagai macam wisata kuliner makanan Tionghoa maupun Indonesia ada disini. Selain itu, tempat ini juga menjadi salah satu pusat perdagangan grosir di Surabaya dimana menjual berbagai souvenir dan oleh-oleh yang khas.

Kya Kya Kembang Jepun terletak denkat dengan Jembatan Merah dan Jembatan Merah Plaza, kawasan jalanan ini memang terkenal dipenuhi dengan masyarakat Tionghoa.

31. Taman Jayengrono

Alamat: Jl. Rajawali, Krembangan Selatan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomer telepon:
+62 812 9462 0620
HTM:
Gratis

Taman Jayengrono (foto: surabaya.go.id)

Masih berada di kawasan Jembatan Merah, Taman Jayengrono yang merupakan taman kota tertua di Surabaya terletak tidak jauh dari tempat ini. Taman Jayengrono juga terkenal akan atraksi air mancur menari, nama dari Taman Jayengrono ini sendiri diambil dari Bupati pertama di Surabaya.

Monumen Mallaby disini menjadi spot utama dan andalan, karena menjadi memorial place untuk tempat tewasnya Bridgen Mallaby dengan ledakan bom yang dahsyat.

32. Museum Kesehatan Dr. Adhyatama, MPH

Lokasi: Jl. Indrapura No. 17, Kemayoran, Krembangan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Senin – Jumat pukul 09.00 – 15.15
No telp:
+62 31 352 8748
Harga tiket masuk:
Rp. 2.000 perorang

Museum Kesehatan Dr. Adhyatama, MPH (foto: indoturs.com)

Surabaya juga terkenal akan museumnya yang unik, salah satunya adalah Museum Kesehatan Dr. Adhyatama, MPH yang pernah masuk dalam variety show Kick Andy di salah satu stasiun televisi terkenal di Indonesia. Seperti namanya, Museum Kesehatan ini memajang benda-benda medis yang berkembang dalam dunia kesehatan di tanah air.

Terdapat tiga ruangan utama di dalam museum ini, yakni ruang sejarah kesehatan, ruang IPTEK, dan ruang sasana kesehatan budaya.

33. Cagar Budaya Surabaya

Alamat: Jl. Raya Darmo No. 6, Darmo, Wonokromo
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Senin – Sabtu pukul 08.00 – 16.00
Telpon:
+62 31 567 7034
Tarif:
Gratis

Cagar Budaya Surabaya (foto: suarasurabaya.net)

Sebenarnya daftar bangunan yang menjadi cagar budaya di Surabaya ada banyak sekali yang dapat dikunjungi sebagai wisata pengetahuan dan budaya. Beberapa contohnya adalah rumah kelahiran Bung Karno di Blitar, kantor pengurus cabang Nahdatul Ulama yang juga terletak di Kampung Bubutan Surabaya, dan masih banyak lagi.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Jember Lepas Kunci Harga Murah 2018 Matic Dengan / Tanpa Supir

Bangunan-bangunan ini tidak terletak dalam satu daerah saja tetapi tersebar di beberapa titik wilayah Surabaya dan sampai saat ini bangunan tersebut pun masih ada.

34. Monumen Patung Gubernur Suryo

Alamat: Jl. Gubernur Suryo, Embong Kaliasin, Genteng
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Monumen Patung Gubernur Suryo (foto: panduanwisata.id)

Monumen ini pada dasarnya terletak di dalam kawasan komplek Taman Apsari, dimana tujuannya dibangun adalah untuk menghormati Gubernur pertama Surabaya. Tempat ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata sejarah karena di bawah patung Gubernur Suryo ini sendiri ada prasasti pidato Gubernur Suryo sebelum tewas dalam pemberontakan PKI.

Di sekitar monumen bahkan dibangun beberapa taman bunga dan tanaman untuk menarik beberapa pengunjung dan warga sekitar untuk berkumpul dan berwisata rekreasi.

35. Arca Joko Dolog

Lokasi: Jl. Taman Apsari, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Arca Joko Dolog (foto: nasionalisrakyatmerdeka.wordpress.com)

Tak jauh dari Monumen Patung Gubernur Suryo terdapat Arca Joko Dolog, lokasinya menghadap ruang terbuka hijau Taman Apsari. Arca Joko Dolog merupakan peninggalan sejarah satu-satunya di Surabaya, pintu masuknya sendiri berbentuk layaknya candi dengan naungan pohon beringin besar dan tua diatasnya.

Yang membuatnya lebih unik, di luar bagian area Arca Joko Dolog terdapat prasasti yang terbuat dari kuningan dan bertuliskan bahasa Sansekerta.

36. Monumen Suroboyo

Alamat: Jl. Setail, Darmo
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 10.00 – 20.00
Tarif:
Gratis

Monumen Suroboyo (foto: tripadvisor.com)

Siapa yang tidak mengenal Monumen Suroboyo dimana terdapat patung Sura dan Buaya yang menjadi lambang dan ikon kota Surabaya ini. Patung ini berada di depan Kebun Binatang Surabaya dan membentuk patung sebuah ikan Sura dan Buaya yang melingkar menjadi satu antara patung lainnya.

Monumen Suroboyo yang terletak di pusat kota ini juga sangat strategis karena di sekitarnya pengunjung akan menemukan tempat wisata dan rekreasi lainnya yang cukup ramai.

37. Museum WR. Soepratman

Alamat: Jl. Mangga 21, Tambaksari
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Selasa – Minggu pukul 09.00 – 17.00
Nomer telepon:
+62 31 501 3518
HTM:
Gratis

Museum WR. Soepratman (foto: ayogitabisa.com)

Museum WR. Soepratman adalah salah satu tempat wisata sejarah yang menarik dikunjungi untuk mengenang sang pencipta lagu Indonesia Raya tersebut. Di dalam museum ini terdapat tulisan tangan asli dari WR. Soepratman itu sendiri saat menciptakan lagu Indonesia Raya.

Terdapat juga biola legendaris dimana biola tersebut selalu menemani WR. Soepratman dalam menciptakan lagu-lagu kebangsaan lainnya.

38. Museum Mpu Tantular

Lokasi: Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Prasung
Koordinat:
Klik disini
No telp:
+62 623 1805 6688
Harga tiket masuk:
Rp. 4.000 (Dewasa), Rp. 3.000 (Anak-anak)

Museum Mpu Tantular (foto: pegipegi.com)

Museum Mpu Tantular tidak terlalu jauh dari kota Surabaya, terletak di Sidoarjo dengan berbagai jenis koleksi emas, koleksi biologi, koleksi geologi, koleksi arkeologi, dan lain sebagainya. Museum ini dapat dijadikan sebagai salah satu cagar budaya sekaligus wisata budaya dan sejarah.

Di pintu masuk Museum Mpu Tantular, pengunjung akan disambut oleh bangunan khas rumah Joglo, di dalamnya juga ada gedung perpustakaan yang bisa dimasuki.

39. Jembatan Suramadu

Alamat: Jl. Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Jembatan Suramadu (foto: wisatajatim.info)

Jembatan Suramadu tidak lagi asing di kalangan masyarakat Surabaya dan Jawa Timur lainnya, jembatan ini menghubungkan antara pulau Jawa dan pulau Madura. Jembatan ini merupakan surga wisata bagi para pelancong, baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, dan wisata religi.

Menikmati pemandangan laut lepas yang juga dilengkapi dengan beberapa lampu jalanan yang menghiasi jembatan akan jadi hal menarik dilihat di malam hari.

40. Kolam Renang Wisata Bukit Mas

Alamat: Komplek Perumahan Wisata Bukit Mas, Jalan Raya Menganti Lidah Wetan, Wiyung, Lakarsantri
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Nomer telepon:
+62 31 753 4000
HTM:
Rp. 30.000 (Senin – Jumat), Rp. 35.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Kolam Renang Wisata Bukit Mas (foto: imgrum.net)

Kolam renang ini terletak di Bukit Mas Regency dimana terdapat perumahan elit, disinilah letak keunikan kolam renangnya yang mengusung tema colloseum ala Italia. Selain kolam renang, terdapat wahana taman bermain anak-anak yang cukup lengkap, kolam renangnya pun terbagi menjadi beberapa ketinggian disesuaikan dengan usia.

Di sekitar kolam renang tersedia meja dan kursi yang dilindungi payung dari panas terik matahari untuk pengunjung beristirahat atau memesan makanan.

41. Trans Studio Mini

Lokasi: Lenmarc Mall, Jl. Mayjen Yono Suwoyo, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 10.00 – 22.00
No telp:
+62 31 5116 3000
Harga tiket masuk:
Rp. 50.000 – Rp. 200.000 tergantung wahana yang diinginkan

Trans Studio Mini (foto: detik.com)

Trans Studio Mini yang merupakan afiliasi Trans7 dan Trans TV baru dibuka di Februari 2018, dan sudah menjadi obyek wisata rekreasi dan keluarga yang cukup terkenal. Tentunya, Trans Studio Mini berada di lantai teratas Transmart yang juga ada di dalam Lenmarc Mall, sebuah pusat perbelanjaan modern terbesar di Surabaya.

Para wisatawan atau warga Surabaya yang ingin berkunjung ke Trans Studio Mini dapat berbelanja juga di Transmart.

42. Wisata Citra Raya

Alamat: Jl. Citra Raya, Surabaya.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Wisata Citra Raya (foto: travelspromo.com)

Kota Citra Raya yang berada di Surabaya ini merupakan sebuah kota wisata yang menyerupai replika negara Singapura, daerah ini juga dijadikan tempat rekreasi dan wisata keluarga. Kota Citra Raya sendiri memang memiliki konsep ‘Singapura-nya Surabaya’ karena memiliki moto kota yang nyaman, bersih, rapi, dan hijau.

Wisata di Kota Citra Raya sendiri dapat berkunjung ke tempat golf, wisata air waterpark, danau pemancingan modern, dan lain sebagainya.

43. Klenteng Hong Tiek Hian

Alamat: Jl. Dukuh, Nyamplungan, Pabean Cantian
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Disesuaikan jadwal ibadah
HTM:
Gratis

Klenteng Hong Tiek Hian (foto: panduanwisata.id)

Klenteng Hong Tiek Hian merupakan salah satu tempat tujuan wisata religi sekaligus wisata sejarah, di sebelah kiri terdapat menara berisi tempat pembakaran kertas sembahyang. Klenteng ini memiliki ornamen dan arsitektur yang cukup unik dimana terdapat ukiran sepasang naga yang berebut bola mustika.

Wisata budaya pun bisa dilakukan disini karena pada hari tertentu diadakan wayang Pho Tee Hi yang menyerupai wayang boneka.

44. Rumah Batik

Lokasi: Jl. Dukuh Bulak Banteng Tim. No. 94, Surabaya.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 20.00
No telp:
+62 877 7471 2376
Harga tiket masuk:
Gratis

Rumah Batik (foto: ncc.co.id)

Rumah Batik menjadi salah satu wisata budaya dan edukasi dimana pengunjung bahkan dapat melihat proses pembuatan batik secara gratis dan cuma-cuma. Batik yang diproduksi disini juga merupakan gabungan dari motif-motif dari Bojonegoro, Sidoarjo, Tuban, Ponorogo, Jombang, Sumenep, Surabaya, dan lain sebagainya.

Beberapa motif batik Jawa Tengah pun juga dapat ditemukan disini, metode pembuatannya pun beragam seperti batik cap dan batik tulis.

45. Hutan Mangrove Wonorejo

Alamat: Jl. Wonorejo Timur No. 1, Rungkut, Surabaya.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 16.00
Telpon:
+62 31 879 6880
Tarif:
Rp. 25.000 (Dewasa), Rp. 15.000 (Anak-anak) termasuk tiket kapal pp

Hutan Mangrove Wonorejo (foto: airyrooms.com)

Untuk menuju kawasan Hutan Mangrove Wonorejo diperlukan transportasi kapal untuk menyebrangi perairan yang terdapat dalam wilayah tersebut. Pengunjung dapat menikmati suasana sejuk dan asri melalui jembatan kayu yang tersebar dalam area kawasa hutan bakau.

Selain perahu atau kapal yang digunakan untuk menuju hutan bakau tersebut, dapat juga menyewa speed boat dengan tarif Rp. 300.000 untuk pemakaian.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.