30 Tempat Wisata Unggulan di Tangerang Banten, Paling Seru Buat Akhir Pekan

Posted on
Tempat wisata di tangerang banten daerah serpong selatan balaraja dekat stasiun terbaru seperti dufan jakarta wow murah meriah bermain cikupa pantai tanjung pasir pulau cangkir wilayah legok curug kabupaten ciledug disekitar kota citra raya malam alam yang ada air terjun kolam renang romantis edukasi cisoka barat tigaraksa bagus
foto by tempatwisataunik.com

Tangerang adalah salah satu wilayah Jawa Barat yang paling dekat dengan Jakarta dan memiliki populasi yang lumayan padat namun tidak terlalu sepadat Ibu Kota.

Maka dari itu, banyak masyarakat Jakarta sendiri yang banyak mengunjungi Tangerang sebagai salah satu alternatif kota tujuan wisata di luar Jakarta.

Banyak tempat wisata di Tangerang, Banten yang tersebar di beberapa wilayah seperti daerah Serpong, Balaraja, Cikupa, Legok, Curug, Ciledug, Cisoka, Tigaraksa, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

Ini dia rangkuman tempat wisata terbaru yang bagus dan murah meriah di wilayah Tangerang dan sekitarnya.

1. Citra Raya World of Wonders

Citra Raya World of Wonders (Foto: abouttng.com)

Alamat: Perum Citra Raya Blok KH 01 / 01, Sektor 3.1, Kawasan Mardigrass Citra Raya, Cikupa, Mekar Bakti, Panongan
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Selasa – Jumat pukul 10.00 – 18.00, Sabtu dan Minggu pukul 09.00 – 18.00, Senin tutup
Nomer telepon: +62 21 2900 3655
HTM: Rp. 40.000 (Senin – Jumat), Rp. 45.000 (Sabtu dan Minggu)

Waterpark yang memiliki program seperti Dufan ini merupakan salah satu objek wisata dengan wahana air cukup lengkap di Tangerang.

Disediakan berbagai macam arena bermain air seru dan menyenangkan seperti kolam renang, seluncuran, air terjun buatan dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

Citra Raya Waterpark bahkan juga menyediakan fasilitas olahraga seperti lapangan futsal, tenis, gym, badminton, kolam renang untuk latihan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga wahan bermain outbound, restoran, dan toko souvenir berada disekitar area dekat dengan waterpark.

2. Pantai Tanjung Pasir

Lokasi: Tanjung Pasir, Teluknaga, Kota Tangerang.
Map: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: Rp. 15.000 (Motor), Rp. 20.000 (Mobil)

Pantai Tanjung Pasir (Foto: ahmadjr.com)

Pantai Tanjung Pasir adalah salah satu objek wisata pantai yang paling terkenal di sekitar wilayah Kabupaten Tangerang.

Wisatawan dapat melihat pemandangan pesawat saat sedang mendarat turun atau melaju naik karena letaknya tidak terlalu jauh dengan Bandara International Soekarno Hatta.

Dari Pantai Tanjung Pasir ini sendiri terdapat banyak kapal kecil yang menawarkan perjalanan ke Pulau Seribu secara lebih dekat.

Walaupun Kepulauan Seribu berada dalam wilayah DKI Jakarta, tetapi dilihat dari segi geografisnya lebih dekat dari Pantai Tanjung Pasir itu sendiri.

3. Pulau Cangkir

Alamat: Desa Kronjo, Kota Tangerang.
Peta: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Rp. 6.000 perorang

Pulau cangkir tangerang,photo by instagram.com/umamjunior35

Pulau Cangkir sebenarnya menyatu dengan daratan di area Tangerang, tetapi sebelum itu, Pulau Cangkir adalah pulau yang terpisah dari Pulau Jawa itu sendiri.

Pandangan alam yang ada di pulau ini sendiri sangat wow, indah, dan menawan, tak heran banyak pengunjung yang datang ke tempat ini.

Banyak juga wisatawan yang datang hanya untuk berziarah ke makam Pangeran Jaga Lautan, dimana dia adalah anak dari sultan pertama Banten, yakni Pangeran Hasanudin.

Bentuk dari pulau ini sendiri sangat kecil karena memiliki luas hanya 4.5 hektar sehingga dinamakan Pulau Cangkir.

4. Situ Cipondoh

Lokasi: Jl. Kh. Hasim Ashari, Cipondoh
Koordinat: KlikDisini
Buka-Tutup: Setiap hari pukul 08.00 – 20.00
No telp: +62 812 1379 7484
HTM: Rp. 2.000 (Senin – Sabtu), Rp. 3.000 (Minggu)

Situ Cipondoh (Foto: jalanjalan.co)

Situ Cipondoh atau Danau Cipondoh ini merupakan salah satu objek wisata air yang menawarkan berbagai wahana air dan pemancingan.

Terdapat fasilitas taman bermain seperti ayunan, perosotan, dan kereta-keretaan untuk anak-anak secara gratis disini, untuk pemancingan pun gratis tidak dipungut biaya sepeser pun.

Wahana air yang disediakan berbentuk seperti sepeda air, perahu kecil, bebek-bebekan, dan lain sebagainya. Ada juga flying fox dan wahana outbound yang dapat dinikmati disini dengan tambahan biaya tertentu.

5. Marcopolo Waterpark

Alamat: Jl. Kampung No. 58, Panunggangan Utara, Pinang
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Senin – Jumat pukul 09.00 – 17.00, Sabtu dan Minggu pukul 08.00 – 18.00
Telpon: +62 21 5570 1473
Harga tiket masuk: Rp. 50.000 – Rp. 75.000 perorang (Tergantung paket yang dipilih)

Marcopolo Waterpark (Foto: pegipegi.com)

Marcopolo Waterpark adalah taman bermain air pertama di Indonesia, terutama di Pulau Jawa yang dibangun diatas gedung tinggi.

Kolam renang di waterpark ini terbagi menjadi beberapa jenis yakni kolam renang khusus untuk anak-anak, balita, dewasa, hingga kolam renang khusus untuk terapi.

Fasilitas seperti seluncuran juga tersedia di kolam renang tertentu, ada juga tempat makan atau restoran dimana disini pengunjung dilarang membawa makanan dari luar ke dalam area waterpark.

6. Taman Potret

Lokasi: Babakan, Kota Tangerang.
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Taman Potret (Foto: blog.carijasa.co.id)

Jika Bandung terkenal dengan Taman Poto disana, maka Tangerang juga memiliki Taman Potret yang tidak kalah populer.

Taman Potret berada tepat di sebelah barat Tang Mall City, bagian pintu masuknya terdapat sebuah patung wanita menari dengan corak keseluruhan warna merah. Sedangkan di belakang patung ada replika perahu kecil yang merupakan perahu tradisional Phinisi.

Saat sore menjelang malam, Taman Potret ini terdapat beberapa pedagang makanan untuk para pengunjung berwisata kuliner menikmati hidangan makanan khas Jawa Barat atau Jakarta.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Putri Tahura Pandeglang Banten, Tiket Masuk + Rute Alamat Wisata

7. Taman Prestasi

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Sukarasa
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari pukul 05.00 – 22.00
HTM: Gratis

Taman Prestasi (Foto: gethashtags.com)

Taman Prestasi merupakan salah satu area ruang hijau di tengah perkotaan Tangerang layaknya taman pada umumnya. Yang menambah keunikan taman ini adalah dengan adanya satu fasilitas gym dan dapat digunakan secara umum kepada seluruh pengunjung taman.

Banyaknya pepohonan rindang hingga tanaman hias di area sekitar taman ini membuat Taman Prestasi menjadi sejuk dan asri walaupun berada di pertengahan kota.

Taman Prestasi hampir tidak pernah sepi pengunjung, ada juga beberapa pedagang makanan yang berjualan di luar taman.

8. Masjid Pintu Seribu

Lokasi: Bayur Periuk Jaya, Periuk
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Sesuai dengan jam ibadah
Nomer telepon: +62 896 7118 9781
Harga tiket masuk: Gratis

Masjid Pintu Seribu (Foto: jalanjalan.co)

Masjid Pintu Seribu bisa dijadikan salah satu alternatif wisata religi bagi para kaum muslim di Tangerang, Banten. Layaknya bangunan Lawang Sewu di Jawa Tengah, pintu yang berada di masjid ini tidak terhitung jumlahnya karena saking banyaknya pintu tersebut.

Bahkan bila wisatawan berkunjung dan menanyakan kepada penjaga Masjid Pintu Seribu ini sendiri, penjaga tidak bisa memastikan berapa banyak pintu di dalamnya.

Selain keunikan dengan berbagai pintu disini, pengunjung juga bisa melihat tasbih raksasa yang dipajang di dalam masjid tersebut.

9. Vihara Nimmala (Boen San Bio)

Alamat: Jl. KS. Tubun No. 43 RT. 01 RW. 03, Koang Jaya, Ps. Baru, Kecamatan Tangerang
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Sesuai dengan jam ibadah
No telp: +62 21 552 2945
Tarif: Gratis

Vihara Nimmala (Boen San Bio) (Foto: abouttng.com)

Wisata religi untuk umat Budha, khususnya masyarakat pecinan juga bisa dilakukan di Tangerang dengan mengunjungi Vihara Nimmala atau yang juga dikenal dengan nama Klenteng Boen San Bio.

Diatas atap pintu gerbang klenteng terdapat replika patung burung Fenghuang atau burung Hong atau burung Phoenix yang unik.

Di halaman depan vihara sendiri terdapat sepasang patung singa penjaga klenteng, sedangkan di dalamnya ada patung Co Su Kong, panggilan yang melambangkan Dewa Pelindung para imigran dari Coan Ciu.

10. Museum Benteng Heritage

Lokasi: Jalan Cilame No. 18 & 20, Pasar Lama, Kelurahan Sukasari
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Selasa – Minggu pukul 10.00 – 17.00, Senin tutup
Telpon: +62 21 5579 1139
HTM: Rp. 20.000 perorang (Termasuk jasa tour guide)

Museum Benteng Heritage (Foto: bentengheritage.com)

Museum Benteng Heritage adalah bangunan yang paling tua yang berada di kota Tangerang, di dalamnya pun tersaji berbagai benda peninggalan sejarah.

Tour di dalam museum ini berdurasi 45 menit, sedangkan wisatawan sendiri tidak diperbolehkan memfoto atau mengambil gambar di dalam museum kecuali ruangan depan dekat pintu masuk.

Untuk kuliner, pengunjung dapat mencicipi makanan khas bernama Cina Benteng yang berkisar Rp. 45.000 – Rp. 125.000. Menunya sendiri ada Hainan Chicken Riceball, lalu nasi ulam, ada juga ketupat sayur, cendol, dan air mineral.

11. Museum Juang TMP Taruna

Alamat: Jl. Tmp. Taruna No. 29, Sukaasih
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Disesuaikan jadwal melayat
Harga tiket masuk: Gratis

Museum Juang TMP Taruna (Foto: tangerangnews.com)

TMP (Taman Makam Pahlawan) Taruna kini sudah dilengkapi museum bersejarah bernama Museum Juang TMP Taruna yang dapat dinikmati untuk umum.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata edukasi bisa sekaligus mendatangi museum tersebut guna mengetahui sejarah kota Tangerang.

Wisata sejarah yang dilakukan di Museum Juang TMP Taruna kini juga difasilitasi dengan perpustakaan supaya lebih lengkap. Terdapat juga beberapa foto lama para pejuang jaman dahulu yang menempuh pendidikan militer di Akademi Militer Tangerang.

12. Tugu Adipura Kota Tangerang

Lokasi: Jl. Veteran Blok B12 No.1, Sukasari
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Tugu Adipura Kota Tangerang (Foto: smagerxsocial2.blogspot.com)

Tugu Adipura yang berada di tengah perkotaan Tangerang ini banyak dijadikan tempat wisata yang murah meriah namun cukup menarik.

Area di sekitar Tugu Adipura ini sendiri sering menjadi lokasi car free day pada setiap hari Minggu dan digunakan oleh warga sekitar untuk olahraga.

Bundaran Tugu Adipura juga banyak ditemui masyarakat untuk bersenam ria atau sekedar hanya bermain bola dan badminton saja. Akan lebih ramai bila dikunjungi di hari Minggu atau hari libur lainnya.

13. Amsterdam Waterpark

Alamat: Villa Tomang Baru Square No. 1, Jl. Raya Boulevard, Gelamjaya, Pasarkemis
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
Nomer telepon: +62 21 592 4434
HTM: Rp. 35.000 (Senin – Jumat), Rp. 45.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Amsterdam Waterpark (Foto: mangacew.com)

Satu lagi wisata air berupa waterpark di pusat perkotaan Tangerang, yakni Amsterdam Waterpark yang menyediakan fasilitas lengkap layaknya Dufan di Jakarta.

Terdapat berbagai pilihan kolam renang yang dibagi menjadi beberapa batasan usia seperti kolam renang anak, dewasa, kolam dengan seluncuran dan lain sebagainya.

Selain menyediakan wahana air berupa taman bermain, ada juga hiburan berupa teater 4 dimensi, outbound, flying fox, dan masih banyak lagi. Tema dari waterpark ini adalah negeri kincir angin Belanda, sehingga hal itu yang membuat waterpark ini lebih unik dari tempat lain.

14. Aladin Aquaplay Karawaci

Lokasi: Komplek Grand View Karawaci, Jl. Raya Binong, Suka Bakti, Curug
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 18.00
No telp: +62 21 598 8199
Harga tiket masuk: Rp. 20.000 (Senin – Jumat), Rp. 30.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur)

Aladin Aquaplay Karawaci (Gambar: lakupon.com)

Aladin Aquaplay Karawaci juga merupakan salah satu penyedia wisata wahana air atau waterpark yang lumayan lengkap di Tangerang.

Fasilitas kolam renang disini juga standar fasilitas waterpark seperti yang lainnya, ada seluncuran, kolam arus, tumpahan air terjun buatan, dan lain sebagainya.

Waterpark disini juga dibedakan menjadi beberapa kolam renang dengan batasan usia, ada kolam renang khusus dewasa dan anak-anak. Untuk tempat makan seperti kantin juga disediakan di dalam area waterpark bagi para wisatawan yang ingin mengisi perut.

BacaJuga:  10 Gambar Tanah Tingal Tangerang, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul + Wahana Kolam Renang Outbound

15. Pulo Saiji Water Adventure

Alamat: Perumahan Serpong Garden, Jl. Raya Serpong Rumpin, Suradita, Cisauk, Cibogo
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Telpon: +62 21 756 4455
Tarif: Rp. 30.000 (Senin – Jumat), Rp. 35.000 (Sabtu dan Minggu), Rp. 17.000 (Pelajar di hari Senin – Jumat), Rp. 40.000 (Holiday peak)

Pulo Saiji Water Adventure (image: evoucher.co.id)

Pulo Saiji Water Adventure adalah wisata air yang dekat dengan danau, paduan wisata alam, kolam renang buatan, dan wisata kuliner menjadikan tempat ini sangat unik.

Berpadu dengan fasilitas outbound, flying fox, bioskop 4 dimensi, sky bridge, bebek-bebekan, dan masih banyak lagi wahana menarik lainnya.

Bagi yang ingin menikmati wisata alam di Danau Pulo Saiji sendiri dapat menyewa perahu, saung atau gazebo di pinggir danau, hingga tempat makan di area sekitar danau.

16. DX Waterpark

Lokasi: Kompleks Ruko Dasana Xenter Kelapa Dua, Gedung DX Water Park, Bojong Nangka, Kelapa Dua
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Nomer telepon: +62 21 5421 1981
HTM: Rp. 30.000 perorang

DX Waterpark (Foto: lakupon.com)

DX Waterpark adalah singkatan dari nama Dasana Xenter Waterpark ini merupakan salah satu arena taman bermain air dan kolam renang di Tangerang. Untuk orang dewasa, terdapat tiga jenis kolam renang yang berbeda, yakni kolam arus, kolam seluncuran, dan kolam semi olympic.

DX Waterpark juga mempunyai fasilitas kolam renang bermain untuk anak-anak, dengan tambahan selucuran dan wahana lainnya. Pengunjung pun juga dapat menikmati restoran atau tempat makan di dalam area waterpark setelah bermain air sepuasnya.

17. Ocean Park BSD City

Alamat: CBD Area, Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Tangerang Selatan.
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Senin – Jumat pukul 11.00 – 19.00, Sabtu dan Minggu pukul 08.00 – 19.00
No telp: +62 21 537 0009
Harga tiket masuk: Rp. 55.000 (Senin – Jumat), Rp. 95.000 (Sabtu dan Minggu)

Ocean Park BSD City (Foto: seputarhargaterkini.com)

BSD Serpong juga memiliki area taman bermain air atau waterpark bernama Ocean Park BSD City untuk berwisata bersama keluarga.

Ocean Park BSD City juga didaulat sebagai Dufannya Tangerang karena menjadi waterpark dengan fasilitas terlengkap dan tema menarik se area Banten.

Arena bermain air disini sendiri memiliki fasilitas kolam arus, kolam seluncuran, air terjun pijat, outbound, flying fox, hingga taman bermain anak.

Ada lifeguard atau penyelamat di dalam area kolam renang ini untuk memastikan keamanan pengunjung yang menggunakan fasilitasnya terjamin.

18. Danau Cikokol

Lokasi: Kelapa Indah, Kota Tangerang.
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Danau Cikokol (Foto: danaucikokol.blogspot.co.id)

Danau Cikokol merupakan salah satu danau di tengah Kota Tangerang yang dapat digunakan untuk wisata dan memancing.

Selain memancing, terdapat beberapa pedagang makanan yang berjualan di luar area danau yang dapat dijadikan salah satu alternatif wisata kuliner khas Jawa Barat dan Jakarta.

Bagi wisatawan yang ingin memancing, disediakan pula saung atau gazebo di pinggir danau sehingga pengunjung juga bisa menikmati area pemandangan sekitar danau.

Memancing di malam hari pun juga dapat dilakukan karena danau pemancingan ini ramai dikunjungi oleh para mancing mania.

19. Situ Bulakan

Alamat: Jl. Mutiara Pluit Utama, Periuk
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Situ Bulakan (Foto: jakarta.panduanwisata.id)

Ada salah satu danau atau situ yang menjadi tempat wisata air romantis di Kota Tangerang adalah Situ Bulakan. Tidak hanya dijadikan tempat rekreasi bagi keluarga, disini tersedia fasilitas pemancingan, kebanyakan ikan yang berada di danau tersebut adalah ikan mujair.

Berbagai macam pedagang makanan dan minuman juga tersedia di area sekitar danau untuk para wisatawan berwisata kuliner sejenak.

Pemandangan matahari terbenam di sore hari menambah kesan romantis dan inilah alasan mengapa Situ Bulakan menjadi kian ramai setiap hari.

20. Serenade Lake Paramount

Lokasi: Serenade Lake, Panunggangan Barat, Cibodas
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: Gratis

Serenade Lake, photo by ljhookergadingbsd.com

Serenade Lake, atau Danau Serenade berada di kawasan area perumahan Paramount dan merupakan danau buatan yang kecil.

Walaupun tidak seterkenal Situ Bulakan atau Danau Cikokol, Danau Serenade tetap ramai dikunjungi oleh warga sekitar kompleks perumahan untuk keperluan memancing.

Di tepi Danau Serenade ini sendiri ada clun house yang menawarkan kolam renang bagi wisatawan yang ingin bermain air. Para mancing mania yang sudah sering memancing di danau ini menuturkan bahwa kebanyakan ikan yang ada di dalamnya adalah ikan gabus.

21. Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Alamat: Jl. Kertamukti Pisangan Raya No. 121 Cirendeu, Ciputat
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 18.00
Telpon: +62 21 749 5341
Tarif: Rp. 30.000 (Senin – Jumat), Rp. 40.000 (Sabtu), Rp. 45.000 (Minggu)

Taman Wisata Pulau Situ Gintung (Foto: infobintaro.com)

Taman Wisata Pulau Situ Gintung merupakan tempat rekreasi objek wisata di area danau atau situ bernama Gintung. Bersebelahan dengan Danau Situ Gintung yang merupakan danau alami, tempat wisata ini menawarkan kesenangan yang berasal dari alam.

Tersedia kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak dengan berbagai fasilitas wahana air modern seperti seluncuran dan sebagainya.

Pengunjung pun boleh membawa makanan dan minuman dari luar dan beristirahat pada saung atau gazebo yang disediakan di pinggiran kolam renang.

22. Danau Biru

Lokasi: Jl. Tiga Raksa, Cisoka
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 18.00
HTM: Gratis

Danau Biru (Foto: backpackerjakarta.com)

Danau Biru atau Telaga Biru merupakan salah satu alternatif tempat wisata alam terbaru di Tangerang.

Telaga Biru sebenarnya adalah sebuah danau buatan dimana cekungan ini awalnya merupakan bekas galian pasir di Kampung Cigaru, dan kini menjadi tempat wisata dadakan yang tidak kalah indah.

BacaJuga:  20 Restoran Tempat Makan di Tangerang Daerah Kota, Selatan, City Mall, Serpong, Pasar Lama, BSD Yang Murah Unik Dengan View Bagus

Dalam waktu tertentu, air danau ini bisa terlihat sangat jernih dan berwarna biru kehijauan alami, terkadang juga berubah warna menjadi bening. Pengunjung dapat menggunakan perahu atau sampan yang disediakan disini untuk menikmati pemandangan di tengah telaga.

23. Danau Cihuni

Alamat: Cihuni, Pagedangan
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: Gratis

Danau Cihuni (Foto: jakarta.panduanwisata.id)

Selain menjadi tempat wisata alam yang menarik, Danau Cihuni juga menjadi salah satu tempat pemancingan yang murah meriah.

Danau atau Situ Cihuni juga menjadi satu jalur dengan rute para penguna sepeda sehingga banyak pengendara sepeda berkunjung untuk menikmati keindahan alam di sekitar danau.

Rangkaian pohon pinus yang menjulang tinggi membuat Situ Cihuni menjadi salah satu danau dengan konsep alam layaknya cerita dongeng. Terdapat pula fasilitas saung bambu atau gazebo di pinggir danau untuk para wisatawan beristirahat dan berteduh.

24. Pantai Tanjung Kait

Lokasi: Jl. Raya Tanjung Kait, Ketapang, Mauk
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Pantai Tanjung Kait (Foto: jakarta.panduanwisata.id)

Pantai Tanjung Kait terkenal sebagai pantai dengan dermaga paling ujung pada wilayah Tangerang, disini terdapat klenteng tua bernama Klenteng Tjo Soe Kong. Pengunjung dapat melihat para kehidupan nelayan di perkampungan dekat Pantai Tanjung Kait tersebut.

Dari Pantai Tanjung Kait ini sendiri, para wisatawan yang ingin menyewa perahu untuk menuju Pulau Untung Jawa juga bisa. Pulau Untung Jawa sendiri sudah masuk kawasan DKI Jakarta, lebih tepatnya Kepulauan Seribu.

25. Bendungan Pintu Air Sepuluh

Alamat: Sungai Cisadane, Koang Jaya, Karawaci
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Bendungan Pintu Air Sepuluh (Foto: jakarta.panduanwisata.id)

Sungai Cisadane yang melintasi perkotaan dan area Tangerang ini ternyata juga dapat memberikan tempat wisata alternatif berupa bendungan. Bendungan Pintu Air Sepuluh merupakan bendungan bersejarah sejak jaman kolonial Belanda.

Sama dengan namanya, pemandangan bendungan ini memiliki jumlah 10 pintu air yang masing-masing berukuran 10 meter. Bendungan yang kini hampir berusia satu abad tersebut menyimpan keindahan tersendiri dari arsitektur dan nuansa bangunan jaman kolonial Belanda.

26. Taman Kota BSD

Lokasi: BSD City, Jl. Letnan Sutopo, Serpong, Lengkong Gudang Timur
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: Gratis

Taman Kota BSD (Foto: riadaya.blogspot.com)

Taman Kota BSD sebenarnya ada dua di daerah BSD, Tangerang itu sendiri, yakni yang pertama adalah Taman Kota BSD dekat sekolah Al Azhar. Di sekitar area taman terdapat kios makanan yang berjejer rapi sehingga menambah kesan bersih dan tertata.

Taman Kota BSD ini juga merupakan salah satu paru-paru kota Tangerang, karena memiliki lebih dari 60 jenis tanaman dan total melebihi 2.000 pohon. Aksesnya yang dapat ditempuh dari jalan raya, mall Serpong, atau stasiun membuat taman ini tidak pernah sepi pengunjung.

27. Hutan Kota BSD (Taman Kota BSD 2)

Alamat: Jl. Letnan Sutopo, Serpong, Ciater, Tangerang Selatan.
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Hutan Kota BSD (Taman Kota BSD 2) (Foto: jakarta.panduanwisata.id)

Taman Kota BSD yang kedua merupakan sebuah hutan kota dimana ukurannya lebih besar dari pada Taman Kota BSD 1.

Hutan Kota BSD menjadi salah satu tempat wisata gratis, murah meriah, dan strategis karena bisa dicapai dari jalan raya, stasiun, ataupun menggunakan kendaraan sendiri.

Tersedia lapangan rumput untuk fasilitas warga berolahraga seperti main bola, rekreasi, dan sebagainya. Kios makanan dan minuman disini juga tertata dengan rapi dan hampir tidak ada sampah yang bertebaran di area Hutan Kota BSD ini.

28. Taman Buaya Tanjung Pasir

Lokasi: Jl. Raya Tanjung Pasir
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
HTM: Rp. 8.000 (Dewasa), Rp. 4.000 (Anak-anak)

Taman Buaya Tanjung Pasir (Foto: yelpindonesia.com)

Sesuai dengan namanya, Taman Buaya Tanjung Pasir merupakan tempat penangkaran buaya dimana wisatawan dapat mengunjunginya. Tidak jauh dari luar penangkaran terdapat patung buaya raksasa yang dipajang diatas sebuah bundaran menjadi sebuah tugu.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Pengunjung akan disuguhkan pemandangan kandang buaya yang dipagari cukup aman sehingga wisatawan dapat melihat dari luar bagaimana proses pemberian makan terhadap buaya-buaya ini.

Di luar penangkaran juga ada warung yang menjual makanan dan souvenir atau oleh-oleh khas penangkaran buaya ini.

29. Alun-alun Tangerang

Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 15, Sukarasa
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: Gratis

Alun-alun Tangerang (Foto: fikrifahmii.blogspot.com)

Selain hutan dan taman kota, Alun-alun Kota Tangerang atau yang akrab disebut sebagai Alun-alun Ahmad Yani menjadi salah satu destinasi wisata yang murah meriah.

Alun-alun ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh warga karena merupakan fasilitas untuk berolahraga, bersantai, hingga rekreasi atau wisata setempat.

Alun-alun Tangerang dimana terdapat Lapangan Ahmad Yani ini banyak dijadikan tempat latihan berolahraga para atlet, entah itu atlet karate, bela diri, tinju, sepak bola, dan juga pelari.

30. Pasar Lama

Lokasi: Jl. Kisamaun, Sukasari
Koordinat: KlikDisini
Jam operasional: Selasa – Minggu pukul 07.00 – 12.00
Tarif: Gratis

Pasar Lama (Foto: hellotangerang.com)

Pasar Lama di area Tangerang ini menjadi salah satu wisata belanja tradisional yang menawarkan souvenir dan oleh-oleh khas. Selain harganya yang terbilang murah dan terjangkau, terdapat pilihan wisata kuliner yang bisa dijajaki di Pasar Lama ini.

Salah satu kuliner yang terkenal di tempat ini adalah Roti Cane ala India, ada juga bubur kepiting yang lumayan populer dimana toppingnya memakai kacang mete, bukan kacang goreng biasa.

Sedangkan untuk minumannya sendiri tersaji es podeng dan es bun tin yang unik dan segar.