30 Tempat Wisata di Tasikmalaya Jawa Barat 2019 Gunung Galunggung, Singaparna, Pantai Ciawi, Rumah Batu, Air Terjun, Curug Dengdeng DLL

Diposting pada
Tempat wisata di tasikmalaya jawa barat 2019 gunung galunggung singaparna pantai ciawi rumah batu air terjun curug dengdeng jabar kab kabupaten desa wilayah kota foto yang ada religi alam terindah keluarga daftar kumpulan info apa saja objek dan sekitarnya paket biro perjalanan hotel lokasi curug kolam renang malam
Tempat Wisata di Tasikmalaya (foto: anekatempatwisata.com)

Tasikmalaya merupakan salah satu bagian dari Provinsi Jawa Barat. Sebutan untuk kota ini ialah Sang Mutiara dari Priangan Timur. Seiring perkembangannya pariwisata kota Tasikmalaya juga semakin menonjol.

Ada banyak lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini daftar aneka wisata menarik di Tasikmalaya yang tak boleh ketinggalan. Pastinya tak akan kalah menarik dari lokasi lainnya.

1. Danau Situ Gede

Alamat: Cimanganten Tarogong Kaler Kabupaten Garut, Jawa Barat
Tarif: Rp 2.000
Koordinat: KlikDisini

Danau Situ Gede (foto: tempatwisatabogor.net)

Danau Situ Gede menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di kota Tasikmalaya. Danau besar ini telah menawarkan aneka fasilitas menarik seperti wahana rekreasi, jalur jogging, perahu ria, area memancing dan tempat meeting.

Pemandangannya sangat segar, disekitar kawasan ini juga ditumbuhi aneka tanaman sehingga menambah suasana sangat nyaman dan sejuk. Pengunjung dijamin akan sangat betah berada di tempat ini apalagi yang hobi memancing dan berkuliner. Aneka kuliner juga disediakan di lokasi Situ Gede ini.

2. Air Panas Ciawi Gajawong

Lokasi: SDN Cipanas, Pamoyanan, Kadipaten 46157
Jam Operasional: 24 jam
Harga Tiket Masuk: Rp 2.500
Peta: KlikDisini

Air Panas Ciawi Gajawong (foto: tempatwisataunik.com)

Letaknya di kecamatan Ciawi, terdapat sebuah pemandian air panas Gajawong. Fasilitas yang ditawarkan tidak hanya pemandian air panas melainkan ada juga kolam pemancingan, penginapan dan tempat kuliner. Bagi wisatawan yang hendak melakukan perjalanan ke Bandung dari Tasikmalaya tempat ini bisa dijadikan sebagai sarana peristirahatan sebelum melanjutkan perjalanan.

Tak akan sulit menemukan lokasi pemandian ini karena berada di lokasi jalur mudik Ciawi. Pada jalur ini ada beberapa area tempat pemandian air panas sehingga tak perlu khawatir tidak kebagian karena banyaknya pengunjung. Belum lagi biasanya terdapat dua kolam untuk mandi bagi yang berani bisa juga mencoba pemandian air dingin.

3. Kampung Naga

Alamat: Neglasari, Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat 46471
Buka Tutup: Senin-Minggu 08.00 – 18.00
Nomor Telepon: +62 812-2444-3369
Map: KlikDisini

Kampung Naga (Foto: Travelsia.com)

Kampung Naga menjadi salah satu destinasi wisata menarik karena kampung ini masih memegang teguh budaya serta adat istiadat. Berkunjung ke tempat ini maka secara tidak langsung pengunjung akan mengetahui seperti apa kehidupan budaya dan tradisi masyarakat Tasikmalaya. Menariknya di Kampung Naga ini ialah hampir semua bangunannya menghadap arah yang sama tidak hanya itu bentuk dan ukurannya juga serupa.

Lokasi Kampung Naga ini juga terletak di dalam hutan. Hutan tersebut juga disebut-sebut sebagai salah satu pagar alam. Tetapi yang harus diingat oleh para wisatawan yang datang ke tempat ini ialah perlunya menjaga sikap terhadap masyarakat sekitar karena kentalnya tradisi yang masih dijunjung.

4. Taman Mangkubumi Indah

Alamat: Jl. Jendral AH. Nasution KM. 7, Mangkubumi 46181
HTM: +62 265 334645
Koordinat: KlikDisini

Taman Mangkubumi Indah (foto: tripadvisor.co.id)

Tempat wisata bersantai untuk keluarga yang pas kali ini ialah Taman Mangkubumi Indah. Lokasi ini memiliki kolam renang super besar, udaranya sangat segar. Tentunya ada fasilitas lain yang ditawarkan seperti sepeda air.

Bagi yang ingin menghabiskan waktu lebih panjang di kawasan ini ada juga penginapan yang pasti pas dikantong. Selain kolam renang ada kawasan hutan perbukitan yang menambah pesonan keindahan.

5. Masjid Agung Manonjaya

Alamat: Jl. RTA Prawira Adiningrat, Manonjaya, Manonjaya 46197
Koordinat: KlikDisini

Masjid Agung Manonjaya (foto: tekoo.com)

Wisata lain yang perlu dimasukkan list ialah wisata religi, yakni Masjid Agung Manonjaya. Masjid ini berdiri sejak tahun 1832 dibangun sejak kerajaan Sukapura. Lokasi dari pusat kota Tasikmalaya sekitar 12 kilometer.

Kebanyakan wisatawan sangat tertarik untuk mengunjungi masjid ini karena juga salah satu cagar budaya.

6. Jembatan Cirahong

Alamat: Jemb. Cirahong, Pawindan, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis
Koordinat: KlikDisini

Jembatan Cirahong (foto: reonkpost.com)

Bagi yang hobi fotografi maka Jembatan Cirahong merupakan salah satu wisata yang perlu dikunjungi. Jembatan ini menghubungkan kecamatan Manonjaya Tasikmalaya dengan desa Panyingkiran kecamatan Ciamis. Pemandangannya yang terletak di antara dua bukit serta di pinggir sungai sangatlah mempesona.

Lokasinya sangat unik sering dikunjungi untuk olahraga jalan kaki. Sembari menikmati pemandangan pengunjung juga bisa menghabiskan waktu sambil menyantap gorengan dan meminum kopi. Saat bulan ramadhan tiba tempat ini menjadi lokasi ngabuburit yang paling favorit.

7. Waterboom Maarif Garden

Alamat: JL. Sukarindik, Bungursari 46151
Tarif: Rp 5.000
No Telp: +62 265 7080332
Koordinat:
KlikDisini

Waterboom Maarif Garden (foto: tekoo.com)

Wisata taman bermain ini menjadi pilihan pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Aneka wahana lengkap tersedia di sini yang dijamin akan membuat anak-anak semakin betah. Ada juga becak kayuh mini untuk mengelilingi kawasan waterboom.

Bagi orang dewasa juga bisa melakukan terapi ikan. Banyak saung untuk beristirahat serta menikmati kuliner yang ditawarkan.

8. Water Splash Indihiang

Alamat: Jl. Brigjen Wasitakusuma, Sukamajukaler, Indihiang 46181
Tarif: Senin – Jumat Rp 20.000 dan Sabtu-Minggu/Hari Libur Rp 25.000
Koordinat: KlikDisini

Water Splash Indihiang (foto: tempatwisataunik.com)

Waterboom lain yang bisa dikunjungi di Tasikmalaya ialah Water Splash Indihiang yang juga menjadi favorite. Aneka wahana permainan lengkap ditawarkan dijamin akan membuat pengunjung betah. Kolam air yang ditawarkan pun juga lengkap mulai dari balita, kolam arus, permainan balita, whirl pool hingga food court.

9. Teejay Water Park

Alamat: Tuguraja, Cihideung 46125
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-18.00
Tarif: Rp 20.000-Rp 30.000
Telepon: +62 265 2350025
Koordinat: KlikDisini

Tee Jay Waterpark (foto: cekwisata.com)

Salah satu lagi wisata wahana air yang bisa disambangi ialah Teejay Waterpark. Selain lokasi waterpark juga ada tempat belanja dengan konsep mewah. Aneka wahana permainan air seperti slider, ember tumpah, kolam arus, kolam ombak dan kolam untuk anak.

10. Goa Malawang

Alamat: Kampung Wangunwati, Desa Sukawangun, Kecamatan Karangnunggal
Jam Operasional: Senin-Minggu 06.00-16.00
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: KlikDisini

Goa Malawang (foto: azwisata.com)

Goa Malawang terletak diantara area perkebunan serta sekumpulan ceruk dan goa. Menurut penemuan terdapat pecahaan gerabah kuno sebanyak 13 buah. Selain itu ada juga penemuam berupa tulang-tulang binatang zaman dulu, alat-alat batu kapak serta masih banyak lagi.

11. Situ Sahyang

Alamat: Jl. Raya Cibalanarik, Cilolohan, Tanjungjaya 46183
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: KlikDisini

Situ Sahyang (foto: Panoramio.com)

Danau Situ Sahyang merupakan salah satu tempat wisata yang sedang populer. Tempat ini populer karena dikenal merupakan tempat yang romantis, bersih dan asri. Luas danau ini sekitar 37 hektar dan sudah memiliki banyak fasilitas yang terus dikembangkan seperti area memancing, penginapan, tempat makan, outbond, camping ground dan masih banyak lagi.

Letaknya berada di 25 km dari pusat kota Tasikmalaya. Tak akan menyesal jika datang ke tempat ini karena suasananya sangatlah nyaman.

12. Tonjong Canyon

Alamat: Setiawargi, Tamansari 46196
Tarif: Rp 2.000
Koordinat: KlikDisini

Tonjong Canyon (foto: bolehtanya.com)

Tonjong Canyon Tasikmalaya mempunyai akses yang cukup sulit, pas untuk dijadikan lokasi wisata sekaligus berpetualang alam terbuka. Meski begitu, pemandangan air terjun mini di sini dijamin akan memberikan pengalaman memuaskan untuk berwisata. Aliran sungai dari tepian sangat tenang dengan dikelilingi tebing-tebing mirip dengan green canyon.

Daya tarik itulah yang pastinya menarik banyak wisatawan untuk menengok Tonjong Canyon Tasikmalaya.

13. Kebun Teh Taraju

Alamat: JL. Raya Taraju desa Deudeul, kecamatan Singaparna
Koordinat: KlikDisini

Kebun Teh Taraju (foto: ayobandung.com)

Agrowisata yang tak boleh dilupakan di Tasikmalaya ialah kebun Teh Taraju. Eksotika pemandangan perbukitan teh membuat mata sagar dan nyaman. Letaknya 33 km dari pusat kota Tasikmalaya sehingga tak terlalu sulit untuk dijangkau.

Selain pemandangan kebun teh, pengunjung juga akan disuguhi panorama gunung Cikuray di sebelah barat perkebunan. Olahan tehnya juga segar karena dipetik langsung dari kebunnya.

14. Gunung Galunggung

Alamat: Linggawangi Leuwisari
Tarif: Mulai dari Rp 2.000 – Rp 6.500
Koordinat: KlikDisini

Gunung Galunggung (foto: tekoo.com)

Gunung beraapi gunung Galunggung juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit setelah meletus. Suguhan panorama yang eksotis seperti danau yang ada di puncak gunung. Untuk sampai di sana pengunjung bisa menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan.

Meski melelahkan, semua itu akan terbayar setelah melihat pemandangan serta fasilitas yang ada seperti kolam renang serta bak pemandian air panas di lereng gunung berapi.

15. Pantai Karang Tawulan

Alamat: Kalapagenep, Cikalong 46195
Tarif: Rp 2.500
Telepon: +62 817-613-246
Koordinat: KlikDisini

Pantai Karang Tawulan (foto: nativeindonesia.com)

Pantai Karang Tawulan berada diperbatasan kabupaten Ciamis dan kabupaten Tasikmalaya. Jika mecari destinasi wisata pantai yang cukup tenang dan sunyi maka tempat ini sangat sesuai. Destinasi wisata yang belum banyak dikunjungi orang sehingga pantainya masih bersih alami air juga jernih.

Panorama launtnya sangat mempesona, pantainya juga berkarang dan landai. Nuansa warna merah kekuningan dapat dinikmati ketika matahari hampir tenggelam. Suasana itu bisa dinikmati di atas batu karang.

Jangan takut kelaparan saat ke pantai ini, karena di sekitar sudah banyak aneka warung makan yang bisa dicoba.

16. Pantai Pamayangsari

Alamat: Sindangkerta, Cipatujah 46189
Koordinat: KlikDisini

Pantai Pamayangsari (foto: wisatakotabanjar.com)

Pantai Pamayangsari letaknya tidak terlalu jauh dengan konservasi penyu. Hal ini tentu menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari pantai ini. Pengunjung juga bisa ikut melakukan kegiatan penangkaran penyu di sana.

Untuk berkeliling melihat-lihat pemandangan pantai ada perahu nelayan yang bisa disewa. Ombak pantainya landai, pesona pesisirnya sangat mempesona mata.

17. Pantai Cipatujah

Alamat: Cipatujah
Koordinat: KlikDisini

Pantai Cipatujah (foto: beritaseharian.com)

Pantai Cipatujah bagian dari pesisir selatan kota Tasikmalaya. Keungulan dari pantai di Tasikmalaya masih banyak yang asri sehingga panorama yang ditawarkan sangat mempesona. Lebih menarik lagi sekeliling pantai ini penuh dengan tebing-tebing yang curam tetapi itulah yang menarik.

Pantai Cipatujah juga telah memberikan aneka fasilitas lengkap seperti pondok wisata, penginapan, panggung hiburan, gazebo, warung makan dan masih banyak lagi tak perlu dikhawatirkan. Pasti akan sangat betah untuk berlibur di tempat ini.

18. Pantai Sindangkerta

Alamat: Sindangkerta, Cipatujah 46189
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: KlikDisini

Pantai Sindangkerta (foto: bolehtanya.com)

Pantai Sindangkerta terletak tidak jauh dari pantai Cipatujah. Pantai Sindangkerta terkenal dengan kawasan pantai yang memiliki aneka ragam bahari. Pasirnya yang putih, karang-karang serta ombak membuat perpaduan yang sangat menarik.

Tak jauh dari Sindangkerta juga bisa mencapai ke lokasi penangkaran penyu hijau. Lokasi ini juga memberikan taman lengser yakni taman alami dari hamparan terumbu karang. Biota lautnya seperti rumput laut, lumut, batu karang yang memecah parit menjadi daya tarik lainnya.

19. Curug Cimanintin

Alamat: Tanjungsari, Salopa
Telepon: +62 816-4689-3566
Koordinat: KlikDisini

Curug Cimanintin (foto: mytrip123.com)

Pemandangan persawahan serta perbukitan mempesona akan ditemui saat menuju Curuh Cimanintin. Tinggi curug ini kurang lebih 120m, pepohonan serta hamparan bukit menjadi pelengkap ketika berrendam dibawah pancuran air yang turun. Di sekitar lokasi ada saung yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan.

Suasana asri, sejuk dan nyaman akan sangat terasa di tempat ini. Meski aksesnya agak sulit tetapi akan terbayar setelah melihat pemandangan indah dari curug Cimanintin ini.

20. Curug Ciwatin Tasikmalaya

Alamat: Linggalaksana, Cikatomas 46193
Koordinat: KlikDisini

Curug Ciwatin (foto: bisnisbandung.com)

Curug Ciwatin Tasikmalaya tidak terlalu jauh dari alun-alun Cikatomas. Air di curug ini bisa digunakan untuk berenang karena tenang dan bersih. Tipe jatuhannya semacam slide waterfall dengan dinding jatuhan airnya landai serta jenis batuan krikil dan krakal.

21. Curug Dengdeng

Alamat: Tawang, Cikatomas, Pancatengah 46194
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-16.00
Tarif: Rp 3.500
Telepon: +62 817-613-246
Koordinat: KlikDisini

Curug Dengdeng (foto: advjourney.com)

Curug Dengdeng salah satu curug dengan ciri khas area kolam airnya tenang serta kondisi air masih alami dan bersih. Alirannya luas dan bertingkat ditambah pepohonan hijau yang menghiasinya. Pastinya akan membuat wisatawan ingin kembali lagi menikmati pemandangan.

Curug ini sendiri memiliki tiga tingkatan air terjun, yakni 13 meter, 11 meter dan 9 meter untuk yang terakhir. Bisa dipastikan bahwa udaranya sangat sejuk.

22. Curug Putih

Alamat: Sukamukti, Cisayong 46153
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: KlikDisini

Curug Putih (foto: ngadem.net)

Air terjun Curug Putih memiliki aliran yang sama dengan curug Batu Blek. Bagi yang sedang mencari destinasi wisata penuh petualangan maka tempat ini sangat cocok. Agar sampai ke Curug putih perlu trekking menyusuri hutan serta menuruni bukit yang kemiringannya diperkirakan hampir 50० dan menyusuri sungai.

Pesona alamnya yang sangat indah mampu menjadi pelepas dahaga setelah menempuh semua petualangan untuk sampai ke curug putih. Suasana itu pasti akan membuat wisatawan ingin kembali lagi.

23. Curug Cipinaha

Alamat: Malatisuka, Gunungtanjung
Tarif: Rp 2.000
Telepon: +62 816-4689-3566
Koordinat: KlikDisini

Curug Cipinaha (foto: ngadem.com)

Curug Cipinaha salah satu destinasi wisata air terjun yang tak boleh dilewatkan. Lokasinya mudah diakses dan sudah banyak fasilitas ditawarkan seperti warung dan beberapa pedagang. Mulai dari tempat parkir wisatawan sudah akan diberi pemandangan indah berupa persawahan bertingkat.

Untuk sampai ke sini harus melewati jembatan, melewati sungai kecil sampai ke hulu kemudian naik tidak akan jauh untuk melihat pemandangan curug. Area bebatuan yang dialiri air dari curug ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Pada ujungnya barulah pengunjung akan mendapati Curug Cipinaha yang tinggi serta deras dengan dua kolam bertingkat yang bisa digunakan untuk berendam.

24. Curug Sawer

Alamat: Mandalamekar, Jatiwaras 46185
Tarif: Rp 2.000
Koordinat: KlikDisini

Curug Sawer (foto: tempatwisata.id)

Curug Sawer berada di kampung Cibereum dengan rute perjalanan yang tidak mudah untuk mencapainya. Pesona alamnya tak kalah mengaggumkan dengan curug lain yang ada di Tasikmalaya, tingginya sekitar 50 meter dengan aliran air menyerupai tirai. Pemandangan alam dengan tumpukan batuan berukuran besar serta pepohonan rindang menambah suasana yang sangat nyaman.

Rutenya memang cukup jauh dari kota Tasikmalaya melewati jalan rusak. Lalu masih harus melewati jalan setapak yang terjal dan licin ketika hujan sejauh 500 meter. Tetapi semua itu akan terbayarkan saat sampai di lokasi air terjun, belum lagi selama perjalanan wisatawan akan disuguhi panorama area persawaan, kebun pepaya serta bunyi air gemricik.

25. Curug Koja

Alamat: Linggalaksana, Cikatomas 46193
Koordinat: KlikDisini

Curug Koja (foto: bolehtanya.com)

Curug Koja ini berada pada saluran sungai Ciwatin. Curug Koja terletak di lokasi paling atas aliran airnya dibanding Curug Cibakom dan Curug Ciwatin. Untuk sampai ke tempat ini harus menempuh perjalanan panjang dari kota Tasikmalaya menuju jalur Cipatujah dan melewati jalan berkelok naik sampai di Cikatomas belok kanan belum lagi kondisi jalan beraspal tidak rata dan masih harus jalan kaki selama 20 menit untuk sampai di Curug Koja.

26. Curug Ciparay

Alamat: Parentas, Cigalontang 46463
Tarif: Rp 2.500
Telepon: +62 857-2373-1380
Koordinat: KlikDisini

Curug CIparay (foto: bolehtanya.com)

Curug Ciparay letaknya berada di belakang kawah gunung Galungung. Bisa dikatakan sumber airnya berasal dari gunung galungung sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Tetapi untuk sampai ke lokasi ini dibutuhkan kesabaran karena aksesnya yang masih sulit.

Jalan menuju curug Ciparay sudah rusak serta minim rambu petunjuk jalan. Tapi bila sudah menjangkau tempat ini semua akan terbayar dengan pesona indah alam kawasa Curug Ciparay.

27. Curug Cileutak

Alamat: Kampung Cieceng, Desa Sindang Asih, Kecamatan Cikatomas
Koordinat: KlikDisini

Curug Cileutak (foto: wisatakotabanjar.com)

Curug Cileutak berada di kampung Cieceng. Airnya bersih dan jernih mengalir deras serta pemandangan sangat menawan. Aliran airnya mengalir dari sungai Ciharuman dengan tinggi sekitar 15 meter dan lebar 20 meter.

Aliran airnya jernih dan segar, di sekitar kawasan ini ada saung Hidro yang digunakan warga sebagai pembangkit listrik untuk menerangi rumah para warga.

28. Curug Gado Bangkong

Alamat: Santanamekar, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat 46153
Tarif: Rp 2.500
Koordinat: KlikDisini

Curug Gado Bangkong (foto: tujuanwisata.id)

Curug Gado Bangkong terletak di lereng gunung Galungung dengan ketinggian sekitar 70 meter. Pemandangan ladang penduduk serta area persawahan akan menjadi suguhan menarik saat menuju lokasi ini. Meski tempat ini belum terlalu banyak dikenal namun lokasinya sangat fotogenic untuk yang hobi fotografi.

Bagi yang suka petualangan hiking maka tempat ini bisa dijadikan tujuan wisata yang tak boleh ketinggalan. Curug Gado Bangkong tidak terlalu jauh dari Curug Badak dan Curug Batu Blek.

29. Curug Batu Blek

Alamat: Santanamekar, Cisayong 46153
Koordinat: KlikDisini

Curug Batu Blek (foto: mytrip123.com)

Ingin berwisata dengan perjalanan penuh petualangan? Maka Curug Batu Blek bisa menjadi pilihan yang menarik. Untuk sampai ke lokasi air terjun perlu menempuh perjalanan panjang dan jauh.

Perjalanan yang ditempuh harus melewati saluran irigasi, melewati hutan aneka persimpangan. Namun dijamnin semua itu akan terbayar setelah sampai di lokasi air terjun. Airnya jernih dan segar, tingginya tidak terlalu tinggi sehingga sangat menyejukkan.

30. Wisata Alam Manawah Batu Mahpar

Alamat: Sukamulih, Sariwangi 46465
Jam Operasional: Senin-Minggu 06.00-17.30
Telpon: +62 857-9484-8090
Koordinat: KlikDisini

Wisata Alam Batu Mahpar (foto: realnameo.pro)

Wisata alam Manawah Batu Mahpar ialah wisata berupa sungai dengan dasar batu yang sangat besar dan lebar sepanjang sungai. Pada sisinya terdapat bekas aliran lava yang mengeras menjadi batu. Uniknya sungai ini adalah sungai kering yang hanya akan ada aliran sungai saat musim hujan, itu pun dibeberapa titik.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

2 thoughts on “30 Tempat Wisata di Tasikmalaya Jawa Barat 2019 Gunung Galunggung, Singaparna, Pantai Ciawi, Rumah Batu, Air Terjun, Curug Dengdeng DLL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.