40 Tempat Wisata di Tegal Jawa Tengah Terbaru Daerah Guci, Kota, Rita Park Yang Indah Bagus

Diposting pada
40 Tempat Wisata di Tegal Jawa Tengah Terbaru Daerah Guci, Kota, Rita Park Yang Indah Bagus
4.3 (86%) 10 vote[s]

Tempat wisata di tegal jawa tengah terbaru daerah guci kota rita park yang indah bagus pantai alam indah gerbang mas bahari waterpark curug bukit cepu obyek wilayah kab kabupaten margasari buleud kolam renang baru malam tujuan nama foto jateng dan sekitarnya slawi bumijawa alam air terjun kebun teh

Siapa sangka jika ternyata daerah Tegal memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Tegal yang merupakan salah satu bagian dari provinsi Jawa Tengah ini mempunyai letak yang sangat strategis, berada pada jalan Semarang – Tegal – Cirebon dan Semarang – Tegal – Purwokerto – Cilacap. Berikut ini rangkaian destinasi wisata di Tegal yang bisa dijadikan tujuan untuk berlibur.

1. Pemandian Air Panas Guci

Alamat: Jl. Objek Wisata Guci, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466, Indonesia
Tarif: Mulai dari Rp 4.500 – Rp 7.000
Telepon: +62 817-9080-407
Koordinat: Klik disini

Pemandian Air Panas Guci (foto: guciwisata.wordpress.com)

Mencoba sesnasi pemandian air panas Guci sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit. Pemandian air panas Guci ini termasuk yang paling terkenal di Kota Tegal. Sensasi udara segar dan hawa yang dingin tentu membuat badan akan semakin releks sehingga sangat nyaman saat berendam air hangat.

Lokasi pemandian air panas ini tidak mudah, wisatawan harus melewat jalan terjal dan perbukitan. Meski begitu semua akan terbayar dengan suasana sekitar yang asri dan sejuk serta pemandangan alam sangat menawan. Sepanjang jalan wisatawan akan disuguhi dengan pemandagan bukit, sungai serta perkebunan.

Tak hanya pemandian, di tempat ini juga menyediakan jasa sewa berkuda. Tentu akan didampingi oleh ahlinya.

2. Guciku Hot Waterboom

Lokasi: Jalan Lingkar Barat, Desa Guci, Kecamatan Bumijawa 52466
Buka / Tutup: Senin-Minggu 07.00 – 23.00
Harga Tiket Masuk: Mulai dari Rp 10.000 – Rp 75.000
Telp: +62 859-5942-1265
Map: Klik disini

Guciku Hot Waterboom (foto: twitter.com)

Selain pemandian air panas Guci, ada juga waterboom. Bedanya adalah di sini disebut sebagai Guciku Hot Waterboom, yakni dengan air hangat. Tentu hal ini sangat berbeda dengan kebanyakan waterboom lain karena menggunakan sumber air panas Guci.

Untuk wahana permainan kurang lebih hampir sama dengan waterboom lain, hanya saja di sini ada pancuran air panas untuk memijat membuat tubuh lebih rileks. Ada empat kolam yang ditawarkan untuk berbagai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa dengan kedalaman yang berbeda serta wahana disetiap lokasinya. Ditambah kolam khusus berendam untuk kesehatan.

Fasilitas yang ditawarkan juga sudah sangat lengkap, jadi tempat ini akan menjadi tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan atau berlibur bersama keluarga.

3. Curug Jedor Guci

Alamat: Guci, Bumijawa 52466
Tarif: Rp 5.000
Peta: Klik disini

Curug Jedor Guci (foto: guciwisata.blogspot.com)

Curug Jedor Guci berada tidak jauh dari pemandian air panas Guci. Lokasinya yang berdekatan dengan pemandian air panas maka bisa dipastikan jika air di curug ini juga bersih dan segar. Selama di curug ini pengunjung akan sering melihat warga yang melakukan penambangan pasir secara tradisional.

Lokasinya mudah diakses, tetapi akan lebih menarik jika melewati jalur Wana Wisata Guci karena pemandangannya lebih memuaskan udaranya juga sangat sejuk. Memang sedikit tersembunyi namun hal itu justru membuat curug ini lebih menarik.

4. Curug Kembar Guci

Alamat: Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.
Koordinat: Klik disini

Curug Kembar Guci (foto: teluklove.com)

Air terjun Curug Kembar merupakan salah satu yang ada di wilayah Guci. Nama curug kembar diberikan karena ada dua air terjun saling berdekatan. Sama seperti obyek wisata yang ada di Guci maka air yang mengalir dari Curug ini juga hangat.

Airnya juga sangat jernih dan deras, tak perlu merasa kedinginan jika bermain air karena temperatur airnya yang hangat. Tinggi dari Curug Kembar ini sekitar 5 meter, suasana alamnya juga sangat eksotis sehingga akan membuat betah berlama-lama.

5. Pantai Alam Indah

Alamat: Jl. Bali, Martoloyo, Mintaragen, Tegal Tim.
Jam Operasional: Senin – Minggu 06.00 – 18.00
Tarif: Rp 10.000
Koordinat: Klik disini

Pantai Alam Indah (foto: aktualita.co)

Pantai Alam Indah Tegal berletak tidak terlalu jauh dari jalur Pantura, sehingga sangat strategis. Dari Pantai Alam Indah pengunjung akan bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam saat sore hari. Lebih istimewa lagi adanya anjungan yang menjorok ke laut sepanjang 100 meter.

Sensasinya akan sangat berbeda ketika berada di ujung anjungan karena berada ditengah laut. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar. Wisatawan juga mengelilingi sekitar pantai dengan menggunakan perahu sewa yang sudah dilengkapi jaket pelampung sehingga sangat aman.

6. Rumah Wayang

Alamat: Jl. Projosumarto II, Desa Bengle, Kecamatan Talang
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-10.00 & 15.00 – 17.00
Koordinat: Klik disini

Rumah Wayang (foto: koran-sindo.com)

Tegal juga memiliki wisata budya yang juga patut dikunjungi yakni Rumah Wayang. Rumah Wayang ini merupakan sangar milik dalang Ki Enthus Susmono. Dari luar sudah nampak khas sebuah sanggar wayang ada gerbang masuk menyerupai kerajaan lengkap dengan patung penjaga.

Destinasi ini menyuguhkan pengunjung melihat-lihat koleksi wayang secara langsung. Ada berbagai jenis wayang serta aksesoris dan atribut pewayangan. Di tempat ini pula pengunjung juga bisa mendapat informasi pembuatan wayang bahkan bisa juga belajar membuatnya.

7. Waduk Cacaban

Alamat: Penujah, Kedung Banteng, 52472
Tarif: Rp 3.000
Koordinat: Klik disini

Waduk Cacaban (foto: panturapost.com)

Waduk Cacaban ialah sebuah bendungan besar yang juga digunakan untuk mengairi sawah-sawah. Selain pemandangan hijau berlatar gunung Semar, pengunjung juga bisa memancing di tempat ini. Penampakan air di waduk ini terlihat hijau sehingga membuat mata terasa segar.

Waduk Cacaban ini juga memberikan fasilitas perahu jika ingin merasakan menikmati keindahan waduk sambil berkeliling.

BacaJuga:  7 Gudeg Paling Legit dan Murah di Semarang, Yakin Ngga Mau Coba?

8. Rita Park

Alamat: Jl. Kolonel Soegiono No.155, Pesurungan Kidul, Tegal Barat 52117
Jam Operasional: Senin-Jumat dan Minggu 09.30 – 21.00; Sabtu 09.30 – 21.30
Tarif: Rp 25.000
Telepon: +62 283 320681
Koordinat: Klik disini

Rita Park (foto: bobocantik.com)

Wahana permainan seperti di pasar malam maka Rita Park tempat yang harus dikunjungi. Rita Park termasuk sebuah wisata permainan terbesar di Jawa Tengah. Layaknya Dufan, maka Rita Park juga menawarkan berbagai permainan yang bisa memacu adrenalin.

Rita Park seperti Dufan maka tempat ini cocok untuk semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Rita Park ini salah satu ikon kebangaan kota Tegal, jadi belum lengkap rasanya saat berada di Tegal belum mampir ke tempat ini. Rita Park ini juga berdekatan dengan Rita Mall sehingga bisa sekalian berbelanja dan berlibur.

9. Danau Beko

Alamat: Jatilaba, Margasari, 52463
Koordinat: Klik disini

Danau Beko (foto: berbagi321.blogspot.com)

Danau Beko merupakan bekas tambang batu kapur. Wisata ini lebih tepatnya menjual obyek pemandangan bagi yang hobi fotografi karena landskapnya yang sangat bagus. Bentuk cerukan bekas bekas tambang menjadi danau buatan dengan air hujan yang turun.

Jumlah danau yang ada di sini sebanyak lima dengan ukuran yang berbeda-beda. Perkembangan media sosial saat inilah yang membuat tempat ini menjadi semakin dikenal orang sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi.

10. Curug Luhur

Alamat: Tuwel, Bojong, 52466
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00 – 18.00
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik disini

Curug Luhur (foto: orangtegalasli.blogspot.com)

Destinasi wisata air terjun lain ialah Curug Luhur. Curug ini juga berada di bawah pegunungan aliran Kali Gung. Susasana sejuk tentu akan didapatkan saat mengunjungi tempat ini katena letaknya yang berada dibawah pegunngan.

Model curug Luhur ini menyerupai sebah mangkuk. Panorama keindahan bawah air akan terlihat dengan jelas karena hanya menyentuh semata kaki orang dewasa. Jernihnya air membuat pengunjung bisa melihat bebatuan, di sekitar nampak tebing yang ditumbuhi lumut, pohon merambat serta akar pohon dari balik tebing.

11. Curug Penganten

Alamat: Guci, Bumijawa, 52466
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik disini

Curug Penganten (foto: kompasiana.com)

Curug Penganten letkanya berada tidak jauh dari Curug Luhur. Suasana alamanya tenang dan damai cocok untuk tempat merefresh diri. Sama halnya dengan curug Luhur aliran airnya berasal dari sungai Gung dengan ketinggian 10-14 meter.

Destinasi ini termasuk yang masih jarang terjamah karena tempatnya sedikit tersembunyi di balik bukit, namum karena hal itulah suasananya semakin eksotis memanjakan diri.

12. Curug Putri

Alamat: Dukuh Benda, Bumijawa 52466
Koordinat: Klik disini

Curug Putri (foto: tempatwisataseru.com)

Satu lagi wisata alam yang sangat ramai di kabupaten Tegal yaitu Curug Putri. Sebagai obyek wisata air terjun tempat ini tak kalah menarik dibanding yang lainnya. Pepohonan yang ada ditengah curug ini membuat penoramanya semakin menawan.

Suguhan pemandangan alamnya tak perlu diragukan. Letaknya juga mudah dijangkau karena berada di perbatasan Kabupaten Tegal dan Brebes.

13. Taman Poci

Alamat: Jalan Kolonel Sudiarto, Panggung, Tegal Timur, Jawa Tengah 52122, Indonesia
Telepon: +62 818-774-840
Koordinat: Klik disini

Taman Poci (foto: azwisata.com)

Taman Poci berada tidak jauh dari stasiun kereta api Tegal sehingga mudah untuk diakses. Sesuai namanya taman teh poci ini terdapat patung ceret dan teh yang cukup besar sebagai ikonnya. Taman ini juga sebagai salah satu ciri khas budaya minum teh dan karena beberapa pabrik teh besar ada di kota ini.

Sayangnya taman ini memang tidak terlalu besar. Tetapi hal itu tak mengurangi jumlah pengunjung yang datang setiap harinya. Di tempat ini juga ada ruang bersejarah yang memberikan segala informasi mengenai kota tegal.

14. Gunung Tanjung

Alamat: Lebaksiu Kidul
Koordinat: Klik disini

Gunung Tanjung (foto: seputarwisata.com)

Sensasi petualangan alam bebas di Tegal yang boleh dicoba ialah wisata Gunung Tanjung. Gunung Tanjung ini berupa wisata perbukitan sehingga nuansa pemandangannya terasa sangat indah. Melalui kawasan ini pengunjung akan disuguhi pemandangan  sungai Gung, jembatan Sunglon, hamparan bebatuan serta bukit Sitanjung.

Menariknya di tempat ini juga ada warung makan lengkap dengan pemancingan. Sehingga bisa sekaligus berwisata kuliner. Tak perlu diragukan lagi betapa menariknya tempat ini untuk didatangi.

15. Waterboom Yogya

Alamat: Procot, Slawi, 52413
Jam Operasional: Senin-Jumat 09.00-17.30; Sabtu-Minggu/Hari Besar 08.00 – 17.30
Tarif: Senin – Jumat Rp 12.500; Sabtu-Minggu/Hari besar Rp 15.000
Koordinat: Klik disini

Waterboom Yogya (foto: tipsjalan.com)

Bernama Waterboom Yogya karena ada peralihan kepemilikan dari pemilik sebelumnya dan bergabung dengan marketing toserba Yogya Slawi. Posisinya memang berada dibelakang toserba sehingga dari luar nampak sepi, tetapi jika sudah ada di depan pintu masuk waterboom akan melihat keramaian yang ada. Seperti kebanyakan waterboom tempat ini juga menawarkan kolam renang dengan berbagai usia serta tingkat kedalaman yang berbeda.

Fasilitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Ada banyak yang ditawarkan juga banyak papan seluncur dengan ketinggian yang berbeda.

16. Kebun teh

Alamat: Dukuh Aren, Desa Bumijawa
Koordinat: Klik disini

Kebun teh (foto: ngadem.com)

Tegal memang salah satu penghasil teh terbesar di Indonesia. Tetapi Tegal tidak punya lahan kebun teh, teh yang digunakan berasal dari daerah lain. Kebun teh yang di Tegal sendiri berlokasi di dukuh Aren, meski tidak luas tetapi suasananya tak perlu diragukan.

Suasana perbukitan dengan berbagai daun teh tetap bisa dirasakan. Selain pemandangan kebun teh dari jauh kita juga bisa melihat pemandangan barisan perbukitan dan gunung Cermai.

17. Sulaku Bumijawa Park

Alamat: Jl. Raya Wredameta Bumijawa, Desa Bandarsari
Tarif: Mulai Rp 15.000 – Rp 10.000
Koordinat: Klik disini

Sulaku Bumijawa Park (foto: wovgo.com)

Sulaku Bumijaya Park merupakan wisata dengan konsep alam background Gunung Slamet. Bisa terbayangkan betapa dinginnya lingkuang tempat wisata ini karrena berdekatan dengan gunung. Meskipun wisata yang ditawarkan berupa waterboom namun tak ada salahnya tempat ini menjadi tujuan wisata.

Ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba seperti outbond, playground, pemancingan, agrowisata, tempat futsal dan masih banyak lagi. Di Sulaku juga ada pemandian uap dengan menggunakan jamu rebus pasti membuat tubuh rileks dan sehat. Kuliner pun sangat lengkap jadi tak perlu ragu untuk datang ke tempat ini pasti dijamin puas dan ingin kembali lagi.

18. Gerbang Mas Bahari Waterpark

Alamat: Sumurpanggang, Margadana, Sumurpanggang, Margadana 52141
Tarif: Senin – Jumat Rp 15.000; Sabtu-Minggu/hari libur Rp 25.000
Telepon: +62 283 341392
Koordinat: Klik disini

Gerbang Mas Bahari Waterpark (foto: alltempatwisata.com)

Gerbang Mas Bahari Waterpark terletak tidak jauh dari terminal kota Tegal. Tak akan sulit untuk sampai ke lokasi wisata satu ini. Lokasi ini merupakan salah satu waterpark yang memiliki kolam Ombak selain Jakarta, Solo dan Surabaya.

BacaJuga:  Alamat Solo Paragon Mall Hotel & Residences, Sejarah Misteri Angker, Tenant: Informa ibox Guardian Gramedia Passion Payless

Wahana air yang ditawarkan juga sangat lengkap seperti Kiddy Pool, Olimpic, Kolam Arus, Lapangan Futsal, Raft Slide, Racer Slide, dan masih banyak lagi. Tiket masuknya juga sangat murah.

19. Taman Rakyat Slawi Ayu

Alamat: Slawi Wetan, Slawi 52411
Koordinat: Klik disini

Taman Rakyat Slawi Ayu (foto: ezza06.blogspot.com)

Taman Rakyat Slawi Ayu ini menjadi wisata untuk berkumpul atau menikmati kuliner khas Tegal. Lokasinya sangat strategis beraada di depan terminal Bus Slawi sehingga mudah dicari. Tempat ono biasa digunakan untuk berbagai aktivitas mulai dari olahraga, aktivitas sosial, tempat terselengaranya pasar seni dan masih banyak lagi.

Lokasi TRASA (Taman Rakyat Slawi Ayu) terdir dari tiga bagian atau shelter. Pertama digunakan untuk penjualan produk atau oleh-oleh khas Tegal. Selanjutnya digunakan untuk kegiatan masyarakat bahkan ada fasilitas panggung yang bisa digunakan untuk aneka pertunjukan. Shelter terakhir diisi oleh para PKL menjajakan makanan khas Tegal dengan harga terjangkau.

21. Pantai Purahamba Indah

Alamat: Purwahamba, Suradadi 52182
Jam Operasional: Senin – Minggu 09.00 – 17.00
Tarif: Rp 3.000
Koordinat: Klik disini

Pantai Purahamba Indah (foto: cintalaut.com)

Pantai Purahamba Indah salah satu pantai yang memiliki aneka fasilitas lengkap seperti kolam renang, waterboom, sepeda air, kereta mini, gazebo, kafe dan masih banyak lagi. Pantainya berwarna biru sangat jernih dengan ombak tidak berlalu besar. Pantai Purahamba Indah masih bagian dari pantai utara Jawa yang ada di Tegal pemandangannya pun tak perlu diragukan.

Fasilitas lengkap yang disediakan ini menjadi salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung. Tempat yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu liburan.

22. Agrowisata Loco Antik

Alamat: Jalan Raya Slawi – Pangkah, Bogares Kidul 52471
Tarif: Rp 5.000
Telepon: +62 823-2466-1787
Koordinat: Klik disini

Agrowisata Loco Antik (foto: jalanjalantegal.blogspot.com)

Tegal juga memiliki locomotif antik layaknya yang ada di Ambarawa. Destinasi wisata loco antik ini digunakan untuk mengelilingi perkebunan teh dan perkampungan. Letaknya berada di Pangka tempat perusahaan perkebunan teh milik Kolonial Belanda yang kini sudah dialihkan menjadi perusahaan Indonesia.

Gunanya yang untuk mengelilingi perkebunan tebu ini maka pengunjug juga bisa melihat pabrik pembuatan gula pasir. Loko antik di agrowisata ini digerakan dengan mesin generator sehingga membedakan dengan yang lainnya.

23. Curug Cantel Bumijawa

Alamat: Jl. Raya Kalipedes, Sigedong, Bumijawa 52466
Koordinat: Klik disini

Curug Cantel Bumijawa (foto: wisata-tanahair.com)

Ingin mencoba pengalaman treking yang menantang? Datangi Curug Centel Bumijawa maka akan mendapatkan sensasi petualangan yang menatang. Letaknya ada di dukuh Kalipedes, Sigedong dengan ketinggian 60 meter. Meski lokasinya yang sulit akan terbayar dengan pesona indah air terjun yang jatuh dengan deras.

24. Curug Sentul Cawitali

Alamat: Dusun Lemah Abang, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal
Jam Operasional: Senin-Minggu 07.00 – 17.00
Telepon: +62 852-2605-0881
Koordinat: Klik disini

Curug Sentul Cawitali (foto: wisatagucitegal.com)

Curug lain yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi ialah Curug Sentul Cawitali. Tempatnya masih belum ramai dikunjungi orang sehingga keasrianya masih sangat terjaga bahkan oleh warga sekitar sering digunakan untuk memancing. Lokasinya sangat cocok untuk latihan repelling karena memiliki dinding tebing terjal setinggi 20 meter.

Sepanjang perjalanan menuju curug pengunjung akan disuguhi persawahan warga yang asri. Ada baiknya untuk tidak bermain air di bawah curug karena krikil besar sering terbawa arus jatuh ke bawah.

25. Situs Purbakala Semedo

Alamat: Semedo, Kedung Banteng 52472
Koordinat: Klik disini

Situs Purbakala Semedo (foto: wisatategal.com)

Selain wisata alam dan bahari, ada juga situs purbakala Semedo. Situs ini mengoleksi fosil hewan purba dan juga hewan bukan purba seperti badak, kuda nil, rusa, sapi kerbau dan masih banyak lagi. Koleksinya cukup lengkap meski lokasinya tidak terlalu besar.

26. Batu Ancik

Alamat: Pagerwangi Balapulang
Koordinat: Klik disini

Batu Ancik (foto: dolantegal.wordpress.com)

Batu Ancik atau bukit batu Pengancikan Pagerwangi merupakan sebuah berbatu dengan ilalang yang sangat menawan. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk melihat sunrise maupun sunset. Suguhan pemandangan persawahan dan gunung Slamet yang berdiri gagah juga akan terlihat.

27. Goa lawa

Alamat: Harjowinangun, Balapulang 52464
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik disini

Goa lawa (foto: info-kita.com)

Goa Lawa atau Bukit Goa Lawa terletak membentang di desa Harjawinangun dan Batuagung. Jika diperhatikan goa lawa ini lebih berwujud seperti tumpukan bebatuan yang memang sengaja disusun. Pada puncak bukit ini ada sebuah batu besar yang membentuk kepala manusia, orang sekitar memangilnya sebagai “watu semar”.

Melalui penududuk sekitar, diladang gunung lawa masih hidup beberapa ekor hewan langka seperti macan tutul, kancil, lutung dan babi hutan.

28. Jembatan Gantung Danawarih

Alamat: Danawarih, Balapulang 52464
Koordinat: Klik disini

Jembatan Gantung Danawarih (foto: indonesiategalwisatalaka-laka.blogspot.com)

Jembatan gantung Danawarih sebagai salah satu destinasi wisata untuk menikmati pemandangan sekitar bendungan. Bendungannya di sini digunakan sebagai saluran irigasi. Sementara jembatannya berguna untuk penghubung desa Danawarih dan desa Sangkanjaya.

Tak jauh dari lokasi jembatan gantung ada makam Ki Gede Sebayu yang juga sering didatangi untuk wisata religi. Jembatan gantung Danawarih ini sedikit sulit dijangkau karena lokasi yang tidak banyak papan petunjuk serta jalanan yang terjal. Lokasinya sendiri searah dengan Bukit Sitanjung.

29. Pantai Muara Reja

Alamat: Muarareja, Tegal Barat, Muarareja 52117
Koordinat: Klik disini

Pantai Muara Reja (foto: wisatategal.com)

Pantai Muara Reja terletak tidak jauh dari pantai Alam Indah. Pantai ini belum terlalu banyak dijangkau wisatawan sehingga suasana di pantai Muara Reja ini masih sangat asri belum banyak bangunan berdiri. Untuk mencapai tempat ini bisa menggunakan sepeda motor.

Sepanjang perjalanan kita akan menemukan aktifitas warga pesisir pantai yang berprofesi sebagai nelayan. Pantai ini akan memanjakan pengunjung dengan hamparan pantainya yang sangat luas dengan deretan bebatuan menjorok ke lautan.

30. Curug Jejeg

Alamat: No., Jl. Raya Jejeg No.7, Bumijawa 52466
Koordinat: Klik disini

Curug Jejeg (foto: imgrum.net)

Daya tarik yang ditawarkan dari Curug Jejeg ini pemandangan air yang turun dari atas bukit setinggi 22 meter. Lokasinya juga masih asri, pengunjung bisa menikmati gemricik air sambil duduk di bebatuan yang juga memang menjadi salah satu ciri khasnya. Sumber air terjunnya berasal dari Kali Sier.

Tempatnya sangat nyaman untuk bermain air karena kolam air tidak terlalu dalam. Sumber airnya juga sangat jernih. Ada tiga tingkatan pada curug ini sehingga membuat pengunjung semakin betah berlama-lama.

31. Kebun Melati Maribaya

Alamat: Desa Maribaya, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal
Koordinat: Klik disini

BacaJuga:  10 Daftar Mall Yang Bagus di Tegal, Ada Bioskopnya
Kebun Melati Maribaya (foto: bungamelatitegal.blogspot.com)

Tegal juga menjadi salah satu daerah pengeskpor bunga melati hingga mancanegara. Kebun Melati Maribaya Tegal memang tidak menjadi destinasi wisata favorit tetapi tidak ada salahnya memasukkannya ke dalam daftar liburan. Menariknya berwisata ke tempat ini tak ada musim panen setiap saat selalu melakukan panen.

Bagi yang suka mengoleksi hasil foto maka tempat ini boleh dijadikan referensi untuk menjadi latar belakang selfie. Bunga melati ini sering dipesan orang untuk upacara keagamanan,  upacara adat, pernikahan dan sebagainya hingga mancanegara.

32. Pondok Makan Jalan Teri

Alamat: Jl. Teri Kota Tegal
Koordinat: Klik disini

Pondok Makan Jalan Teri (foto: wisatagucitegal.com)

Pokanjari atau Pondok Makan Jalan Teri ini sebuah lokasi kulineran khas Tegal. Saat berwisata ke Tegal tentu kuliner juga menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mencari aneka makanan tradisional yang menggugah selera ada banyak di Pokanjari ini.

Ada juga restoran dengan menu moderen tersedia. Untuk harga tak perlu khawatir karena dijamin murah meriah. Selain berwisata kuliner kita juga bisa melihat bangunan-bangunan tua yang masih berdiri dan bisa menjadi spot untuk berselfie ria.

33. Karang Jeruk

Alamat: Perairan Kabupaten Tegal, tepatnya di Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat
Tarif: Rp 300.000
Koordinat: Klik disini

Karang Jeruk (foto: tommypahlevi-hobi-mancing.blogspot.com)

Konservasi Karang Jeruk menjadi kawasan keanekaragaman hayati laut lepas yang juga bisa dijadikan lokasi diving dan snorkling. Lokasi ini juga dijadikan tempat untuk membudidayakan ekosistem laut. Agar sampai lokasi ini harus menggunakan perahu nelayan yang berangkat dari dermaha Maurareja.

Perlu waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke konservasi Karang Jeruk. Tempat ini terus membudidayakan karang dan habitat ikan yang sangat bervariasi. Lokasi ini juga ditandai adanya menara suar yang diberi lampu.

34. Telaga Air Cempaka

Alamat: Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa
Koordinat: Klik disini

Telaga Air Cempaka (foto: tempatwisataseru.com)

Meski Telaga Air Cempaka digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai saluran irigasi dan keperluan sehari-hari tetapi memiliki daya tarik yang mampu menarik wisatawan. Udara yang sejuk dan keasrian alamnya yang masih terjaga membuat telaga ini tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi.

Pepohonan yang berdiri di tengan dengan rindang ini membuat pemandangan telaga nampak menawan. Airnya juga jernih dan segar sehingga tak akan membuat bosan saat datang ke tempat ini karena bisa membuat pikiran rileks.

35. Monumen Bahari

Alamat: Jl. Sangir No.7, Mintaragen 52121
Jam Operasional: Senin – Minggu 08.00 – 21.00
Tarif: Rp 1.500
Koordinat: Klik disini

Monumen Bahari (foto: wisatbudaya.blogspot.com)

Monumen Bahari Jawa Tengan ini memiliki pesawat yang dipajang di sana. Wisata ini bisa menjadi wisata edukasi bagi anak-anak. Kita akan disuguhi koleksi alat utama sistem persenjataan TNI AL yang menjadi daya tariknya.

Lokasi ini dibangun salah satunya untuk mengenang peristiwa bersejarah agar selalu dikenang dan diketahui perjuangan leluhur terhadap bangsa Indonesia.

36. Curug Longan

Alamat: Jalan Raya Bumijawa, Kabupaten Tegal
Koordinat: Klik disini

Curug Longan (foto: imgrum.net)

Curug Longan berada di bawah jembatan yang melintang di atas aliran sungai Gung. Posisinya diapit oleh dua bukit seperti perahu terbalik, hal inilah yang membuat namanya menjadi curug Longan atau kolong dalam bahasa Indonesia. Destinasi wisata ini mudah diakses karena berada di wilayah Bumijawa.

Tampilan curug Longan ini agak mirip dengan curug Luhur tetapi lebih kecil dari curug Luhur karena tingginya hanya sekitar 5 meter. Sama halnya dengan curug lain yang ada di Tegal, airnya sangat jernih dan dingin. Arusnya juga tidak besar sehingga cukup aman untuk berendam di bawahnya.

37. Batu Agung Balapulang

Alamat: Balapulang Tegal Jawa Tengah Indonesia
Jam Operasional: Senin-Jumat 12.00 -18.00; Sabtu-Minggu / Hari Libur 08.00 – 18.00
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik disini

Batu Agung Balapulang (foto: wisatategal.com)

Bukit batu Agung Balapulang memiliki dua puncak yakni puncak Semar dan Puncak Bendera. Tetapi rute yang memungkinkan untuk dinaiki hana puncak Semar. Jika ingin mencoba puncak Bendera jalur yang ditempuh cukup ekstrim dan terjal. Bukit ini berasal dari nama desa di kecamatan Balapulang.

Batu agung karena bukit ini terdiri dari tumpukan bebatuan yang sengaja disusun.

38. Museum Sekolah Slawi

Alamat: Jl. A. Yani Slawi, Kabupaten Tegal
Jam Operasional: Senin-Sabtu 08.00 – 12.00
Koordinat: Klik disini

Museum Sekolah Slawi (foto: bappeda.tegalkab.go.id)

Museum Sekolah Slawi ini salah satu destinasi wisata yang memberikan gambaran perkembangan kegiatan pembelajaran di Indonesia. Baik gambaran mengenai pendidikan formal maupun informal. Tak ada salahnya memasukan museum Sekolah Slawi menjadi daftar list kunjungi.

Wisatawan tak hanya akan mendapat pengetahuan mengenai perkembangan dunia pendidikan tetapi juga akan mengenal sejarah Tegal. Gedungnya memang tidak besar, hanya satu lantai dengan dua ruangan. Ruangan pertama berisi alat-alat yang dipakai dalam dunia pendidikan baik berupa miniatur, foto sekolah jaman dulu dan sebagainya. Selanjutnya di ruangan kedua berupa arca dan fosil peninggalan jaman dahulu.

39. Alun-alun Kota Tegal

Alamat: Jl. Pancasila, Mangkukusuman 52131
Koordinat: Klik disini

Alun-alun Kota Tegal (foto: elshinta.com)

Alun-alun menjadi salah satu ikon sebuah kota yang tidak boleh ketinggalan untuk disambangi. Alun-alun kota Tegal kini semakin menarik sejak dibuatkan ornamen bertuliskan Alun-Alun Kota Tegal. Hal ini tentu semakin menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk datang.

Saat malam hari alun-alun semakin menarik karena di sini bisa menikmati pemandangan gemerlap lampu kota. Kuliner di sekitar alun-alun juga tak akan pernah sepi sehingga semakin menambah suasana malam yang syahdu dengan aneka kuliner.

40. Balai Kota Lama

Alamat: Jl. Yos Sudarso, Tegalsari 52111
Koordinat: Klik disini

Balai Kota Lama (foto: teluklove.com)

Ingin menikmati suasan seperti kota tua yang ada di Jakarta? Tegal juga punya wisata yang hampir mirip dengan kota tua-nya Jakarta yakni Balai Kota Lama. Nuansa bangunan di balai kota ini seperti bangunan Eropa sebagai salah satu peninggalan penjajahan Belanda.

Balai Kota Lama saat ini semakin menarik sejak adanya pasar kaget yang terselenggara setiap minggu pagi. Pasar kaget atau pasar dadakan ini hanya ada setiap minggu pagi. Aneka pedagang berbagai kebutuhan banyak ditemukan di sini mulai dari alat rumah tangga, makanan, pakaian dengan harga yang lebih terjangkau pastinya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

2 thoughts on “40 Tempat Wisata di Tegal Jawa Tengah Terbaru Daerah Guci, Kota, Rita Park Yang Indah Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.