20 Daftar Tempat Wisata di Ungaran Kabupaten Semarang: Kolam Renang, Air Terjun Semirang dan Sekitarnya

Posted on

Tempat wisata di ungaran kaki gunung watu salatiga barat kabupaten semarang bandungan dan sekitarnya sidomukti bukit cinta air terjun semirang peta lerep jawa tengah apa saja penggaron keluarga anak romantis malam gratis kolam renang daftar ambarawa timur terbaru sekitar alam

Ungaran merupakan salah satu kota kecil nan asri dan sejuk di kaki gunung Ungaran, Semarang. Sebagai salah satu kota dengan banyak tujuan wisata, Ungaran menjadi pilihan yang cocok untuk melarikan diri dari kepenatan di kota besar dan menenangkan diri atau untuk sekedar refreshing di beberapa objek wisata apa saja yang ada disana.

Maka dari itu, berikut ini daftar 20 tempat wisata di Ungaran dan sekitarnya yang beragam, mulai dari wisata alam, wisata keluarga, wisata sejarah, dan lain sebagainya.

1. Wisata Watu Gunung

Alamat: Lerep, Ungaran Barat.
Koordinat:
Klik disini
Buka Tutup:
Setiap hari pukul 08.00 – 16.00
HTM:
Rp 10.000 perorang

Wisata Watu Gunung (foto: wisatalova.com)

Lerep merupakan salah satu desa wisata di sekitar Ungaran bagian barat, Wisata Watu Gunung ini sebenarnya adalah wisata alam buatan namun memiliki nuansa asli pegunungan. Terdapat bangunan adat khas Jawa Tengah yakni rumah Joglo dengan arsitektur artistik dan klasik yang menempel kental pada rumah tersebut.

Selain itu terdapat juga taman asri yang memiliki pepohonan rimbun, di dalamnya tersedia kolam ikan yang bisa digunakan untuk memancing sekaligus refreshing. Di sekitar taman tersaji gazebo dan saung-saung guna sebagai tempat istirahat pengunjung sambil menikmati pemandangan yang memanjakan mata.

2. Waduk Rawa Pening

Lokasi: Ambarawa, Semarang.
Map:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Waduk Rawa Pening (foto: panwis.com)

Waduk Rawa Pening terletak di cekungan terendah antara Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Gunung Telomoyo, tempat wisata ini merupakan sebuah danau alami dengan air yang sangat jernih dan bening. Maka dari itu, danau ini dinamakan Rawa Pening, dalam bahasa Jawa sendiri, Pening dapat berarti Bening, melihat betapa jernihnya air di danau Rawa Pening ini.

Bila dilihat dari peta, Danau Rawa Pening terletak di empat kecamatan yakni Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru, sedangkan lokasinya tetap di Kabupaten Semarang. Objek wisata alam ini akan semakin romantis bila dinikmati di sore hari menjelang malam saat pemandangan matahari terbenam terlihat dengan jelas.

3. New Bandungan Indah Waterpark and Family Resort

Alamat: Jl. Veteran No. 3, Jetis, Bandungan.
Peta:
Klik disini
Telpon:
+62 298 711 078
Tarif:
Rp. 15.000 – Rp. 20.000 perorang

New Bandungan Indah Waterpark and Family Resort (foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com)

New Bandungan Indah Waterpark and Family Resort menyediakan fasilitas waterpark berupa kolam renang, seluncuran, kolam arus, wahana air tumpah, dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, terdapat wahana lainnya seperti taman bermain anak, outbound, flying fox, ATV, dan lain sebagainya.

Bukan hanya menyajikan wahana rekreasi untuk keluarga secara modern, bagi wisatawan yang ingin menginap tersedia penginapan setara resort atau hotel berbintang. Ada juga kolam pemancingan yang dapat digunakan pengunjung dengan hobi memancing, tersedia juga cafe dan tempat makan di dalamnya.

4. Umbul Sidomukti

Alamat: Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Bandungan, Jimbaran.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Nomer telepon:
+62 828 9203 1261
HTM:
Rp. 5.000 (Senin – Jumat), Rp. 10.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Umbul Sidomukti (foto: semarangplus.com)

Wisata Umbul Sidomukti bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang memadukan antara tempat rekreasi buatan dan wisata alam pegunungan. Beberapa wahana yang ditawarkan disini adalah empat kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda sesuai usia, arena berkuda, taman bermain anak-anak, outbound, flying fox, dan lain-lain.

Salah satu wahana flying fox yang menjadi andalan disini karena panjangnya yang mencapai 110 meter, sehingga pengunjung seperti diajak terbang melalui bukit satu ke bukit lainnya. Pemandangan alam yang terdapat di sekitar lembah ini pun sangat teduh, asri, dan memanjakan mata.

5. Bukit Cinta

Lokasi: Kebondowo, Banyubiru.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
Harga tiket masuk:
Gratis

Bukit Cinta (foto: tempatwisata2017.blogspot.com)

Tempat wisata alam yang dinamakan Bukit Cinta ini menyajikan pemandangan Bukit Brawijaya yang rimbun dengan Danau Rawa Pening yang luas dan jernih. Di dalam kawasan ini sendiri banyak pengunjung yang datang berpasangan untuk sekedar menikmati pemandangan alamnya yang indah atau mencoba permainan di taman bermain anak di dalamnya.

Bukit Cinta ini sendiri letaknya tidak terlalu jauh dari Danau Rawa Pening sehingga wisatawan yang berkunjung dapat menikmati dobel pemandangan alam di Bukit Cinta sekaligus di Danau Rawa Pening.

6. Air Terjun Semirang

Alamat: Hutan, Ungaran Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Rp. 3.000 perorang

Air Terjun Semirang (foto: myworldmyride.blogspot.com)

Kaki Gunung Ungaran menjadi tempat wisata alam yang melimpah dan banyak yang belum diketahui oleh orang banyak, salah satunya adalah Air Terjun Semirang yang berada di bagian Ungaran sebelah barat. Curug Semirang ini juga memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan debit air terjun yang cukup deras sehingga wisatawan yang berkunjung kesana diharapkan hati-hati.

Perjalanan menuju lokasi air terjun ini terbilang terjal dan mendaki, namun sebanding dengan apa yang akan dilewati karena pemandangan asri lereng Gunung Ungaran ini sangat memanjakan mata pengunjung.

7. Wana Wisata Penggaron

Alamat: Desa Susukan, Ungaran Timur.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Rp. 5.000 perorang

Wana Wisata Penggaron (foto: bisnis.com)

Wana Wisata Penggaron merupakan sebuah hutan rimbun yang teduh, asri, dan sejuk, banyak dari pengunjung yang datang kesini untuk menikmati pemandangan hutan atau berkemah. Selain itu, di hutan wisata ini juga terdapat berbagai spesies tanaman dan pohon, begitu juga dengan fauna yang ada di dalamnya, kebanyakan dari jenis hewan tersebut adalah unggas.

Wisatawan dapat menuju tempat perkemahan di tengah padang rumput yang terkadang digunakan juga untuk bermain golf. Selain bumi perkemahan, terdapat juga tempat layaknya taman bermain anak seperti outbound, flying fox, dan lain sebagainya.

8. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Lokasi: Jl. Tirto Argo RT. 04 / RW. 08, Nyatnyono, Ungaran Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Kamis – Senin pukul 06.30 – 17.30
No telp:
+62 812 2927 2707
Harga tiket masuk:
Rp. 10.000 perorang

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak (foto: seputarsemarang.com)

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak tidak hanya menjadi tempat tujuan wisata bagi para pengunjung, namun banyak juga warga sekitar bahkan anak sekolahan yang datang untuk latihan renang. Tidak heran karena selain kolam renang dengan wahana bermain, tersedia juga kolam renang khusus untuk latihan berenang di segala kalangan usia.

Wiasatawan pada dasarnya akan merasa betah berlama-lama bermain di kolam renang ini karena suasana sekitarnya yang cukup teduh dipenuhi dengan pepohonan cemara dan pinus yang rimbun.

9. Bumi Perkemahan Efrata

Alamat: Dusun Suruhan, Desa Keji, Ungaran Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Senin – Sabtu pukul 07.00 – 16.00
Telpon:
+62 811 299 768
Tarif:
Sesuai paket yang dipilih (hubungi nomor telepon diatas untuk reservasi dan mengetahui harga)

Bumi Perkemahan Efrata (foto: efratahill.com)

Bumi Perkemahan Efrata berada di Desa Wisata Keji dan merupakan tempat camping yang ideal, didukung dengan pemandangan alam yang asri. Tidak hanya menyediakan arena camping, tempat ini juga terdapat penginapan setara resort dan villa sesuai dengan permintaan pengunjung.

Bagi yang tidak membawa peralatan camping, tempat ini menyediakan fasilitas untuk berkemah seperti tenda, area camping, hingga pelatihan khusus layaknya outbound dan sebagainya.

10. Curug Lawe

Alamat: Langgar, Ungaran Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Curug Lawe (foto: yukpiknik.com)

Curug Lawe adalah salah satu tempat wisata alam air terjun yang cukup unik di kaki Gunung Ungaran, karena tempat air terjun ini sendiri membentuk sebuah cekungan dimana air terjun tersebut berada tepat di tengah-tengah cekungan. Dan yang lebih uniknya lagi, objel wisata air terjun Lawe ini terbatas hanya untuk 200 pengunjung saja, jika lebih akan ditutup sementara.

Untuk menuju Curug Lawe ini memerlukan perjalanan yang cukup menantang karena medannya berupa lereng gunung agak menanjak. Pengunjung juga akan disuguhi pemandangan hutan yang rimbun, persawahan hijau, dan keindahan alam yang memanjakan mata.

11. Curug Benowo

Lokasi: Kalisidi, Ungaran Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 15.00
No telp:
+62 896 9221 0080
Harga tiket masuk:
Gratis

Curug Benowo (foto: kompasiana.com)

Masih berada di kawasan kaki Gunung Ungaran, Curug Benowo terletak tidak terlalu jauh dari Curug Lewu sebelumnya, beralamat di Desa Kalisidi. Sama halnya seperti air terjun Curug Lewu, Curug Benowo ini terbilang masih alami, asri, dan belum terlalu banyak tersentuh tangan manusia.

Curug ini bisa dikatakan masih sangat tersembunyi dan bahkan medan jalanan untuk menempuhnya saja cukup sulit. Hutan yang rimbun disertai dengan areal persawahan dan perkebunan akan menjadi hal yang sering ditemui oleh para pengunjung.

12. Gunung Ungaran

Alamat: Hutan, Ungaran Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Gunung Ungaran (foto: cakrawalatour.com)

Gunung Ungaran sendiri banyak memiliki kawasan desa wisata di daerah lerengnya, namun tidak sedikit juga yang menjelajahi gunung ini sebagai aktifitas pendakian. Gunung Ungaran bukanlah tipe gunung yang memiliki aktifitas vulkanik yang berbahaya sehingga banyak dijadikan kawasan bumi perkemahan atau sekedar kegiatan mendaki.

Namun di dalam Gunung Ungaran ini sendiri memiliki aktifitas panas bumi karena terdapat sumber mata air panas di dalamnya. Wisatawan atau pendaki dapat menemukan banyak air terjun dan juga sumber mata air yang masih terbilang sangat alami.

13. Taman Djamoe Indonesia

Alamat: Jl. Raya Semarang Bawen KM. 28,Bergas Kidul.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 16.00
Nomer telepon:
+62 298 522 377
HTM:
Rp. 7.500 (Senin – Jumat), Rp. 100.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Taman Djamoe Indonesia (foto: pegipegi.com)

Taman Djamoe Indonesia merupakan salah satu alternatif wisata yang sangat unik dan menarik, karena dapat menjadi tempat rekreasi, wisata alam, sekaligus wisata edukasi atau pengetahuan. Terdapat lebih dari 500 jenis spesies tanaman yang dijadikan jamu berkhasiat untuk kesehatan seperti tanaman jahe, temulawak, kunyit, dan lain sebagainya.

Taman Djamoe Indonesia ini merupakan buatan Nyonya Meneer sebagai pelestarian dan dedikasi terhadap tanaman obat-obatan jamu. Selain menyimpan berbagai tanaman obat, terdapat fasilitas wisata seperti Green House, Laboratorium, Spa Srikaton, dan lain sebagainya.

14. Kampoeng Kopi Banaran

Lokasi: Jl. Raya Semarang-Solo KM. 35, Bawen.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 07.00 – 21.00
No telp:
+62 298 710 1770
Harga tiket masuk:
Rp. 5.000 perorang

Kampoeng Kopi Banaran (foto: semarangplus.com)

Bagi para pengunjung yang merupakan pecinta kopi, Kampoeng Kopi Banaran adalah tempat wisata alam yang tepat untuk dijadikan alternatif objek rekreasi. Wisatawan akan diajak berkeliling kebun kopi dan melihat bagaimana proses pemetikan kopi, pemrosesan biji kopi, bahkan mencicipi kopi murni tanpa ada tambahan zat lainnya.

Selain wisata edukasi tentang bagaimana cara penanaman kopi yang benar, disini tersedia wahana permainan lainnya seperti kolam renang, seluncuran, taman bermain anak, outbound, flying fox, mengendarai ATV di sekitar kebun kopi, dan lain sebagainya.

15. Bukit Lerep Indah

Alamat: Lerep, Ungaran Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Tarif:
Rp. 7.000 perorang

Bukit Lerep Indah (foto: travelerdewasa.blogspot.com)

Bukit Lerep Indah adalah sebuah nama tempat wisata air berupa kolam renang yang unik, menariknya adalah sumber air disini bukanlah air tanah atau PAM, melainkan sumber mata air asli dari pegunungan di sekitar lereng Gunung Ungaran. Air kolam yang tersedia disini sangat alami, segar, dan sejuk terutama karena merupakan sumber air gunung asli.

Terdapat tiga kolam renang utama dimana ukuran kedalaman air kolamnya sendiri beragam dan disesuaikan dengan usia beberapa pengunjung. Tidak perlu khawatir kelaparan karena disini juga disediakan tempat makan yang menyajikan berbagai kuliner khas Jawa Tengah.

16. Candi Gedong Songo

Alamat: Candi, Bandungan.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 17.00
HTM:
Rp. 6.000 perorang

Candi Gedong Songo (foto: coretanpetualang.wordpress.com)

Candi Gedong Songo merupakan candi peninggalan umat Hindu pada abad ke 9, kompleks candi ini sendiri mempunyai 9 bagunan utama candi. Tidak hanya menyediakan wisata sejarah berupa kompleks wisata candi, terdapat pula pemandian air panas yang berada dalam area Desa Candi dengan mata air murni dan alami dari sumber air panas di bawah tanah.

Ada juga arena berkemah yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin menginap, pemandangan alam sekitar pun masih asri dan murni. Terdapat arena pacuan kuda yang juga cukup luas, disertai dengan rerumputa hijau yang menambah pemandangan semakin segar.

17. Kampung Seni Lerep

Lokasi: Lerep, Ungaran Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Kampung Seni Lerep (foto: semarangplus.com)

Mengunjungi desa wisata alam memang terbilang sudah cukup sering dan banyak, namun bagaimana dengan Kampung Seni yang berada di Desa Lerep ini? Kampung Seni Lerep merupakan sebuah desa artistik karya dari salah satu seniman dalam negeri, desa wisata berseni ini sendiri memiliki nilai kesenian yang tinggi dari mulai bangunan hingga tanamannya.

Handoko, yang merealisasikan perkampungan seni ini memiliki bakat dalam bidang seni kontemporer dan modern. Banyak hal berseni yang bisa didapatkan di desa wisata Kampung Seni Lerep, wisatawan akan diajak melihat berbagai benda yang dibuat dengan nilai artistik tinggi.

18. The Fountain Waterpark

Alamat: Jl. Bima Sakti Raya No. 16, Mapagan, Lerep, Ungaran Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 18.00
Telpon:
+62 24 7021 5019
Tarif:
Rp. 15.000 (Senin – Jumat), Rp. 25.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

The Fountain Waterpark (foto: semarangcoret.com)

The Fountain Waterpark pada dasarnya menyajikan wisata air yang cukup lengkap seperti kolam renang, kolam air panas, kolam dengan seluncuran, kolam arus, dan lain sebagainya. Layaknya sebuah waterpark, kolam renang utama yang ada disini terbagi menjadi empat jenis dimana ketinggiannya dibedakan untuk beberapa kalangan usia tertentu.

Selain wahana bermain waterpark, terdapat juga tempat makan bertaraf restoran modern yang menyajikan berbagai menu makanan kuliner khas Jawa Tengah. Untuk wahana bermain di luar pun tersedia seperti outbound, flying fox, taman bermain anak-anak dan masih banyak lagi.

19. Vanaprastha Park

Alamat: Jl. Ke Candi Gedong Songo No. 16, Banyukuning, Bandungan.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomer telepon: +62 896 8084 8425
HTM:
Gratis

Vanaprastha Park (foto: cakrawalatour.com)

Vanaprastha Park sebenarnya masih berada di dalam kawasan kompleks Candi Gedong Songo, di dalam tempat wisata alam ini terdapat sebuah rumah terbuat dari kayu jati yang sudah berumur lebih dari satu abad. Rumah ini sudah dibangun sejak jaman penjajahan kolonial Belanda, selain itu wisatawan juga dapat menikmati arsitekturnya yang unik.

Seperti namanya, Vanaprastha Park memiliki sebuah taman yang teduh, alami, dan asri untuk relaksasi dan refreshing. Berbagai jenis tanaman hijau dan pepohonan rimbun membuat lokasi wisata yang murah meriah ini semakin banyak dikunjungi wisatawan.

20. Taman Serasi (Taman Unyil)

Lokasi: Jl. Kisarino Mangunpranoto, Ungaran.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Taman Serasi (Taman Unyil) (foto: jonaucks.blogspot.com)

Taman Serasi, dahulunya bernama Taman Unyil, merupakan salah satu alternatif wisata taman yang murah meriah dan dapat dijadikan tempat rekreasi keluarga. Tersedia fasilitas taman bermain yang bisa digunakan oleh anak-anak seperti tempat bermain pasir, ayunan, patung hewan, dan lain sebagainya.

Yang membuat taman ini semakin menarik adalah adanya pedagang makanan dan camilan khas Jawa Tengah yang diperbolehkan memasuki taman, sehingga bagi wisatawan yang ingin mengisi perut dan berwisata kuliner tidak perlu pergi jauh-jauh.

One thought on “20 Daftar Tempat Wisata di Ungaran Kabupaten Semarang: Kolam Renang, Air Terjun Semirang dan Sekitarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *