25 Obyek Tempat Wisata di Wonogiri Jawa Tengah Yang Tersembunyi Terindah Bagus Keren

Posted on

Obyek tempat wisata di wonogiri jawa tengah yang tersembunyi terindah bagus keren pantai nampu gantole baturetno purwantoro jatisrono selogiri sidoharjo ngadirojo manyaran sekitar kota foto gambar religi gunung air terjun jateng daftar nama peta bus rumah terbalik goa bukit baru alas kethu sendang sembukan indonesia

Wonogiri kota yang diapit oleh provinsi Yogyakarta dan Jawa Timur. Letak geografisnya mirip dengan gunung kidul jogjakarta. Sehingga bisa dikatakan daerah ini kaya dengan pegunungan karst seperti Pacitan.

Bisa dikatakan Wonogiri memiliki pesona pantai yang tersembunyi belum banyak oarang mengetahuinya. Dan inilah aneka destinasi yang menarik di Wonogiri dan sekitarnya.

1. Pantai Nampu

Alamat: Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57678
Tarif: Rp 2.000
Telepon: 0856-4203-4565
Koordinat: Klik disini

Pantai Nampu (foto: panduanwisata.id)

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat mempesona. Di tambah pemandangan alam serta deburan ombaknya yang menyatu dengan batu karang. Bisa dikatakan pantai ini memiliki ombak yang keras karena bagian deretan pantai selatan yang langsung berhubungan dengan Samudera Hindia.

Letaknya memang cukup jauh dari pusat kota Wonogiri. Memakan waktu kurang lebih dua jam melalui jalur darat namun tak akan kesulitan untuk menemukannya karena kondisi jalan yang sudah bagus.

2. Pantai Sembukan

Lokasi: Paranggupito
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Map: Klik disini

Pantai Sembukan (foto: azwisata.com)

Pantai Sembukan memiliki mitos tersendiri dikalangan masyarakat. Menurut cerita pantai ini merupakan gerbang ke 13 dari kerajaan Ratu Pantai Selatan. Maka dari itu pantai ini sering diadakan upacara Labuhan Ageng pada malam satu suro dan hal ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke sini.

Tak hanya itu di sini juga pengunjung sering memancing atau hanya jalan-jalan.

3. Waduk Gajah Mungkur

Alamat: Sendang, Waduk Gajahmungkur 57661
Biaya HTM: Rp 3.000
Peta: Klik disini

Waduk Gajah Mungkur (foto: wisatanesia.co)

Waduk Gajah Mungkur ialah salah satu ikon wisata di kota Wonogiri. Wisata ini berupa danau buatan yang membendng sungai Bengawan Solo untuk pengairan. Pemandangan disini sangat menakjupkan banyak wisatawan datang ke tempat ini untuk menikmati pemandangan danau buatan yang cukup luas.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Di sini sudah banyak aneka fasilitas liburan yang sangat menarik seperti boat, jetski bahkan gantole.

4. Bukit Gantole

Alamat: Sendang, Kec. Wonogiri 57615
Jam Buka Tutup: Senin-Minggu 07.00-18.00
Nomor Telepon: 0816-612-110
Peta: Klik disini

Bukit Gantole (foto: detik.com)

Bukit Gantole ini menawarkan pemandangan yang luar biasa indah dari atas ketinggian. Di sini juga ada lokasi landasan pacu untuk paralayang. Lewat bukit ini wisatawan juga akan mendapat suguhan pesona Waduk Gajah Mungkur dan juga kota Wonogiri.

Datanglah saat sore hari maka pesona perbukitan akan semakin eksotis dilihat. Bahkan akan terlihat perbukitan bagian dari pegunungan sewu.

5. Gua Putri Kencono

Alamat: Dusun Wonosobo, RT 3/RW 1, Desa Wonodadi, Kec. Pracimantoro, Wonodadi 57664
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-15.30
No Telpon: 0852-2999-6100
Maps: Klik disini

Gua Putri Kencono (foto: travelingyuk.com)

Wonogiri yang memiliki perbukitan kapur tandus menjadi ciri khas tersendiri bagi kota ini. Salah satu buktinya adanya wisata Gua Putri Kencono, di sini wisatawan akan disuguhkan adanya ukiran alam berupa stalagmit dan stalagtit. Pemandangan warna serta kilauan bebatuan ini sangat menarik dan mempesona.

6. Museum Karts Dunia

Alamat: Gebangharjo, Pracimantoro 57664
Jam Operasional: Senin-Kamis, Sabtu-Minggu 08.00-18.00
Tarif: Rp 4.000
Telepon: 0821-3588-2334
Koordinat: Klik disini

Museum Karts Dunia (foto: widocepakawarih.com)

Museum ini selain menjadi tempat wisata juga menjadi pusat penelitian kawasan karst oleh ahli geologi. Datang ke sini akan menambah pengetahuan tentang bebatuan karst serta sejarah goa-goa melalui contoh batuan, diorama bahkan film dokumenter. Meski bertema museum namun di sini wisatawan juga akan melihat langsung beberapa gua yang ada di sekitar museum.

Bisa dikatakan museum ini mencoba memberikan gambaran kehidupan zaman purba. Di sini akan melihat ornamen yang menggambarkan kehidupan jaman dahulu masyarakat sekitar.

7. Air Terjun Girimanik

Alamat: Setren, Slogohimo 57694
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Girimanik (foto: azwisata.com)

Air terjun Girimanik atau Setren Girimanik menawarkan paket lengkap wisata air terjun. Di sini pengunjung tak hanya melihat satu air terjun namun juga melihat ada tiga air terjun di kawasan ini. Air terjun Manik Moyo dengan ketinggian 70 m, air terjun Tinjo Moyo ketinggia 30 m dan air terjun Condromoyo.

Selain itu di sini juga ada lokasi bersejarah bernama batu besi merupakan petilasan Raden Mas Said. Tak hanya itu wisatawan juga bisa menikmati suguhan buah durian. Daerah ini merupakan kecamatan potensial tanaman durian.

8. Objek Wisata Kahyangan

Alamat: Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo
Koordinat: Klik disini

Objek Wisata Kahyangan (foto: pacitanku.com)

Objek wisata kayangan ini berupa wisata spiritual yang cukup terkenal di Wonogiri. Berupa petilasan Raden Mas Said sebagai tempat meditasi pada hari-hari tertentu. Di sini sering dijadikan tempat sedekah bumi serta wayangan semalam suntuk.

Meski begitu lokasi ini juga menawarkan pesona alam air terjun dan juga sendang.

9. Alas Kethu

Alamat: Giriwono, Kecamatan Wonogiri
Koordinat: Klik disini

Alas Kethu (foto: ngomplehkra.blogspot.com)

Obyek wisata hutan Alas Kethu ini berada di tengah kota Wonogiri. Lokasi yang sangat nyaman untuk sejenak melepas penat dan kebisingan perkotaan. Luasnya mencapai 40 ha dengan memiliki penghijauan untuk paru-paru kota.

Di sini juga menjadi daerah resapan air. Pemandangan pepohonan jati, mahoni dan akasia sangat lebat sehingga membuat daerah ini cukup sejuk.

10. Cagar Alam Danalaya

Alamat: Slogohimo
Koordinat: Klik disini

Cagar Alam Danalaya (foto: teluklove.com)

Hampir mirip dengan alas Kethu, wisata ini berupa pepohonan jati yang besar-besar. Permainan yang ditawarkan ialah hammock serta belajar pembibitan Jati. Letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi air terjun Girimanik sehingga tak begitu sulit untuk mencarinya.

11. Pantai Banyutowo

Alamat: Gudangharjo Jateng
Tarif: Rp 2.000
Koordinat: Klik disini

Pantai Banyutowo (foto: tempatwisataid.com)

Pantai ini airnya memiliki campuran antara air tawar dengan air laut. Sumber air tawar ini berasal dari sungai-sungai yang ada di sekitar pantai. Untuk urusan pemandangan tak perlu diragukan dapat dipastikan memiliki pemandangan yang sangat eksotis.
Di sini akan menyuguhkan pemandangan alam bebatuan karang sangat mempesona.

12. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Alamat: Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Binangun Watu Jadah (foto: notobudiyanto.blogspot.com)

Pecinta petualangan maka perlu menyambangi air terjun Binangun Watu Jadah yang bisa dibilang sebagai air terjun tersembunyi. Watu jadah ini bersumber dari bebatuan sekitar air terjun berupa lempengan batu kotak saling bertumpukan layaknya jadah. Untuk sampai ke tempat ini akan mendapat suguhan pemandnagan sawah yang indah, suara burung berkicau, pepohonan rindang serta suara air sungai yang bergemricik.
Ada 3 kubangan air tak dalam di sini sehingga sangat puas jika ingin bermain air.

13. Bukit Cumbri

Alamat: Kepyar, Purwantoro, Pagerukir, Sampung 57695
Tarif: Rp 3.000
Telepon: 0813-2650-5957
Koordinat: Klik disini

Bukit Cumbri (foto: brobali.com)

Bukit Cumbri bisa dibilang sebagai destinasi wisata masih baru di Wonogiri. Tempat ini terkenal akibat banyak yang mengpost foto-foto ke media sosial. Lokasi ini tempat yang tepat untuk menikmati pemandnagan sunrise serta sunset.
Jalan yang harus ditempuh di sini sedikit menguras karena terjal serta licin.

14. Telaga Rowo Batuwarno

Alamat: Jl. Raya Baturetno-Batuwarno, Sumberejo 57674
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-21.00
Telepon: 0853-2780-9796
Koordinat: Klik disini

Telaga Rowo Batuwarno (foto: solopos.com)

Telaga ini terbentuk secara alami, sebelumnya telaga ini merupakan tempat penampungan air hujan yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi kini setelah ada aliran air PDAM telaganya mulai jarang digunakan.
Pada akhirnya telaga ini dialih fungsikan menjadi tempat wisata. Oleh pihak wisata telaga ini sudah diberi benih ikan supaya bisa menjadi tempat pemancingan.

15. Telaga Claket

Alamat: Sendangijo, Selogiri 57652
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik disini

Telaga Claket (foto: gubugkecilsangentung.net)

Telaga Claket atau Claket Riverside memiliki perpaduan telaga dengan bukit hijau yang sangat mempesona. Tempat yang sangat nyaman untuk melepas penat karena suasananya yang hening ditambah nuansa anginya yang sangat sejuk. Di sini juga bisa memancing bagi yang hobi memancing karena memiliki beberapa kolam ikan.

16. Museum Wayang

Alamat: Jl. Raya Wuryantoro 57661
Jam Operasional: Senin-Sabtu 07.00-14.00
Koordinat: Klik disini

Museum Wayang (foto: simalesmandi.wordpress.com)

Letaknya ada di padepokan Pak Bei Tan M Ng. Prawirowihardjo dan diresmikan oleh Megawati Soekarno Putri. Menjadi salah satu yang dibanggakan oleh warga sekitar sebagai salah satu bagian dari wisata seni budaya. Di sini tak hanya koleksi wayang di daerah Jawa Tengah tetapi ada juga wilayah lain di Indonesia seperti Jawa Barat dan Bali.

Tersimpan hampir ratusan koleksi aneka jenis wayang.

17. Sendang Asri

Alamat: Sendang, Waduk Gajahmungkur 57661
Tarif: Hari biasa Rp 1.600,-/orang
Hari Libur/besar/Minggu Rp 3.100,-/orang
Paket Lebaran Rp 6.000,-/orang
Koordinat: Klik disini

Sendang Asri (foto: wngwisata.blogspot.com)

Sendang Asri ini merupakan taman rekreasi keluarga. Menawarkan wisata paket lengkap seperti waterboom, taman satwa, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata alternatif yang cukup menjadi favorit sehingga tak boleh ketinggalan.

Tempat sendang asri berada di tepian Waduk Gajah Mungkur sehingga tak akan sulit untuk menemukan wisata taman rekreasi ini.

18. Watu Plinteng Semar

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Giripurwo 57612
Koordinat: Klik disini

Watu Plinteng Semar (foto: wikimapia.org)

Watu Plinteng Semar berupa obyek wisata batu raksasa yang dikenal dengan Plinteng Semar. Batu ini berada di dekat pohon asam yang diameternya sangatlah besar melebihi rangkulan tiga orang dewasa. Lokasinya ada di pusat kota sehingga tidak terlalu sulit untuk mencarinya.

19. Gua Maria

Alamat: Platarejo, Giriwoyo
Koordinat: Klik disini

Gua Maria (foto: kompasiana.com)

Gua Maria ini berada tidak jauh dari kantor kecamatan Giriwoyo. Gua ini memiliki perpaduan antara nuansa alam serta moderen. Menurut kepercayaan tempat ini ditunjuk khusus oleh Bunda Maria sebagai tempat berdoa atau ziarah bagi umat Katolik Indonesia.

20. Gua Ngantap

Alamat: Bayemharjo, Giritontro 57678
Tarif: Rp 2.000
Koordinat: Klik disini

Gua Ngantap (foto: wisata-alam-murah.blogspot.com)

Gua Ngantap ini memiliki bentuk cerugan atau cekungan ke dalam, di dalamnya terdapat sebuah ruangan yang luas dan juga tinggi. Bebatuan di sini beberapa ada yang masih mengalir air. Tetesan air tersebut sering digunakan untuk keperluan warga.

21. Sendang Siwani

Alamat: Jl. Sendang Siwani, Singodutan, Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57652
Koordinat: Klik disini

Sendang Siwani (foto: notobudiyanto.blogspot.com)

Menurut kepercayaan air di sendang Siwani ini memiliki tuah yang mampu mewujudkan permohonan. Pada jaman dahulu sendang ini menjadi sumber kekuatan untuk Raden Mas Said serta para prajuritnya saat berperang.

22. Alun-Alun Kota

Alamat: Jl. Kab Giripurwo, Kec. Wonogiri, Jawa Tengah 57612
Koordinat: Klik disini

Alun-Alun Kota (foto: jawapos.com)

Alun-alun kota berada di depan pendopo kabupaten atau sebelah timur Masjid At Taqwa. Tempat ini menjadi favorit bagi warga setempat karena banyaknya wisata kuliner berjualan. Selain itu tempat ini cukup nyaman untuk sekedar bersantai.

23. Pantai Klothok

Alamat: Kecamatan Paranggupito
Koordinat: Klik disini

Pantai Klothok (foto: panduanwisata.id)

Lokasi pantai Klothok ini berdekatan dengan pantai Sembukan. Tampilannya juga hampir mirip memiliki perbukitan karst. Di sini memiliki bangunan pemecah ombak yang dibangun kawasan pantai ini.

24. Pantai Pringjono

Alamat: Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito
Koordinat: Klik disini

Pantai Pringjono (foto: homestaynampu.blogspot.com)

Letaknya tidak terlalu jauh dari pantai Nampu. Pantai ini diapit oleh dua tebing tinggi dan memiliki muara sungai bertingkat di sebelah utara. Tetapi hal itu hanya bisa ditemukan pada musim penghujan.

Meski pantai ini tidak terlalu ramai namun lokasinya sering digunakan berkemping para pecinta alam.

25. Pantai Puyangan

Alamat: Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri
Koordinat: Klik disini

Pantai Puyangan (foto: pergi.com)

Letaknya berdekatan dengan pantai Pringjono. Pantai Puyangan memiliki garis pantai yang cukup panjang. Tempat ini menjadi salah satu yang menarik bagi yang suka memancing.

One thought on “25 Obyek Tempat Wisata di Wonogiri Jawa Tengah Yang Tersembunyi Terindah Bagus Keren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *