Telaga Biru Cisoka Tangerang, Kenapa Warna Air Berubah?

Diposting pada
Telaga Biru Cisoka Tangerang, Kenapa Warna Air Berubah?
2.5 (50%) 4 vote[s]
Indah Sekali | Foto: galatrip.id
Indah Sekali | Foto: galatrip.id

Lokasi: Jalan Cigaru Cisoka, Sukatani, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten 15730
MAP: Klik Disini
HTM: Rp. 2.000 sepeda motor, Rp. 10.000 kendaraan roda empat
Buka/Tutup: 07.00 – 18.00
Telepon:

Air adalah sumber kehidupan. Semua orang tidak bisa memungkiri hal tersebut. Selain sebagai bahan bakar kehidupan, air juga memiliki keindahan luar biasa. Dengan hanya melihat air, kita menjadi tenang.

Air yang jernih, berwarna kebiruan nan cantik membuat mata tak bisa berhenti memandangnya. Hanyut dalam lamunan yang disebabkan karena keindahannya. Inilah kuasa Sang Maha Pencipta, nikmat mana lagi yang bisa didustakan.

Tempat wisata paling banyak dikunjungi pasti bersinggungan langsung dengan air. Pernyataan ini dapat dibuktikan dengan banyaknya orang di daerah pantai untuk berwisata maupun di wisata air lainnya.

Tiada Duanya | Foto: bantenwisata.com
Tiada Duanya | Foto: bantenwisata.com

Air terbukti sangat ampuh dalam meluruhkan gundah dari setiap insan. Obat mujarab untuk meraih ketenangan bagaikan candu yang tak ternilai harganya. Bersyukurlah kita dilahirkan di Indonesia. Wiayah negara ini sebagaian besar berupa perairan.

Di daratan pun juga menyimpan berjuta tempat wisata air yang menawan. Tempat ini bisa jadi sumber mata air, air terjun maupun telaga. Semuanya indah dan menjadi satu dalam Nusantara.

Berbicara mengenai tempat wisata air, sangat jarang membahas mengenai telaga. Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu telaga yang ada di Indonesia.

Telaga ini memiliki keindahan luar biasa. Sangat bisa membuat orang-orang terpaku dibuatnya, karena keindahan warna airnya.

Telaga Biru Cisoka

Sendu | Foto: bantenwisata.com
Sendu | Foto: bantenwisata.com

Tempat wisata perairan ini berada di Tangerang dan termasuk wisata baru di sana. Nama tempat wisata ini adalah Telaga Biru Cisoka atau Telaga Biru Cigaru atau Danau Cisoka.

BacaJuga:  Inilah 9 Alasan Mengapa Pantai Sawarna Wajib Dikunjungi

Tempat wisata dari Tangerang ini sebenarnya bukan termasuk wisata alam, melainkan sebuah ketidaksengajaan.

Bukan Fenomena Alam

Asal muasal Telaga Biru Cisoka sebenarnya area bekas galian pasir pada tahun 1999 hingga 2005. Area ini mulai ditinggalkan dan tidak terurus.

Seiring dengan berjalannya waktu, akibat dari guyuran hujan membuat tempat ini tergenang oleh air. Semakin bertambahnya hari genangan ini semakin dalam dan mengisi kubangan besar ini dan menjadi sebuah danau.

Dari Atas | Foto: instagram.com/telagabirucigaru
Dari Atas | Foto: instagram.com/telagabirucigaru

Di area ini terdapat tiga bekas galian pasir dan masing-masing memiliki kedalaman berbeda. Mulanya air di tempat wisata baru Tangerang ini tidak berwarna biru nan cantik seperti saat ini, melainkan keruh, bahkan sangat keruh.

Seiring dengan berjalannya waktu, partikel yang membuat keruh tersebut mulai tenggelam dan akhirnya air di sini menjadi bersih, jernih dan berwarna biru.

Lokasi

Keindahan dari area ini ternyata langsung dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Keputusan ini dilakukan pada bulan Mei 2015 silam.

Lokasi Telaga Biru Cisoka ini beralamat di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten.

Rutenya Mudah

Jika ingin berkunjung ke Telaga Biru Cisoka terbilang sangat mudah. Jalurnya sudah tersedia di peta online, seperti Google Map dan melalui jalan raya.

Menuju ke sini dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bahkan hingga bisa menggunakan Kereta Api.

Ramai Pengunjung | Foto: instagram.com/telagabirucigaru
Ramai Pengunjung | Foto: instagram.com/telagabirucigaru

Jika dari DKI Jakarta menggunakan KRL adalah pilihan yang tepat. Mulai perjalanan dari Tanah Abang menuju ke Maja. Selanjutnya turun di Stasiun Tigaraksa, Tangerang, Banten.

Sesampainya di stasiun ini, perjalanan dapat dilanjutkan ke Telaga Biru Cisoka dengan ojek maupun dengan angkot.

Jika menggunakan angkot, maka harus berjalan kaki sejauh 300 meter terlebih dahulu dari stasiun untuk sampai ke tempat angkot berhenti.

BacaJuga:  10 Gambar The Flavor Bliss Tangerang, Jam Buka, Lokasi Alamat, Luas Area + Restoran Terbaik?

Setelah sampai, naik angkot jurusan Adiyasa-Balaraja dan pastikan bilang kepada sopir angkot jika ingin turu di pertigaan gang SMAN 08 Cisoka.

Sesampainya di sekolah tersebut, perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki maupun dengan menggunakan ojek.

Perjalanan ini belum berakhir, sesampainya di gerbang masuk wisata Telaga Biru Cisoka masih harus berjalan kurang lebih 200 meter untuk bisa sampai di tempat wisata baru di Tangerang ini.

Tidak Perlu Membeli Tiket Masuk

Memasuki area wisata Telaga Biru Cisoka tidak memerlukan tiket masuk dan tidak perlu membelinya. Namun tidak diketahui secara pasti, apakah masih tetap gratis atau tidak. Pastikan selalu membawa uang lebih agar dapat mengantisipasi hal yang tak terduga.

Jika menggunakan kendaran bermotor, maka cukup membayar biaya parkir saja sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat. Tempat wisata baru di Tangerang ini buka mulai pukul 07.00 dan tutup pukul 18.00.

Keindahan Warna Airnya

Keindahan utama dari Telaga Biru Cisoka terletak dari keindahan serta kecantikan warna airnya. Air di tempat wisata indah Tangerang ini begitu jernih dan berwarna biru menggoda.

Uniknya, warna air di sini tidak selalu berwarna biru, melainkan berubah-ubah, entah itu menjadi kekuningan hingga tak berwarna atau jernih.

Membius | Foto: reservasi.com
Membius | Foto: reservasi.com

Berfoto adalah kegiatan utama jika berada di Telaga Biru Cisoka. Banyak sekali spot atau sudut yang dapat menghasilkan gambar foto sangat bagus dan tentu ini sangat cocok dibagikan di sosial media, terutama Instagram.

Bisa dibilang tempat wisata baru di Tangerang ini instagrammable.

Disambut dengan Ramah

Ketika pertama kali memasuki area Telaga Biru Cisoka, pengunjung akan disambut dengan pemandangan dua telaga. Kedua telaga ini berada di sisi kanan dari arah pintu masuk.

Telaga pertama memiliki warna biru dengan latar belakang tebing pasir, sedangkan telaga satunya berwarna putih.

BacaJuga:  10 Penginapan Murah di Tanjung Lesung Mulai Rp.150.000, Dekat Pantai
Kontras | Foto: sportourism.id
Kontras | Foto: sportourism.id

Kemudian berjalan sedikit akan terlihat telaga yang ketigadengan warna hijau. Telaga dengan warna air hijau ini memiliki luas jauh lebih besar daripada telaga lainnya.

Latar belakang telaga berwarna air hijau ini juga berupa pepohonan, sehingga terkesan menyatu dan tidak terlalu begitu kontras atau dapat dikatakan serasi. Tidak diketahui secara pasti denah tempat wisata ini ada atau tidaknya.

Penyebab Warna Air Berubah

Perubahan warna air di Telaga Biru Cisoka dipengaruhi oleh suatu faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan warna ini adalah tingkat keasaman dari air di telaga tersebut.

Keberadaan alga atau tanaman air juga mempengaruhi warna air di telaga ini. Ketika alga ini terkena sinar matahari secara langsung ternyata dapat mempengaruhi warna di tubuhnya.

Bisa Sewa Perahu

Sangat tidak disarankan untuk berenang di Telaga Biru Cisoka. Ini karena tingkat keasaman air di telaga cantik ini tidak stabil dan bisa jadi berbahaya jika bersentuhan langsung dengan kulit. N

amun jika ingin mengelilinginya, pengunjung bisa menyewa perahu yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Asli Keren | Foto: hipwee.com
Asli Keren | Foto: hipwee.com

Harga sewa perahu ini termasuk sangat terjangkau. Cukup membayar Rp. 20.000 sudah dapat menaiki perahu untuk berkeliling di telaga ini. Dengan perahu, pengunjung sangat bisa menjelajahi tempat-tempat foto yang bagus dan instagrammable.

Bagus Banget | Foto: medium.com
Bagus Banget | Foto: medium.com

Ada Penampakan

Keren Sekali | Foto: instagram.com/heafsynashki
Keren Sekali | Foto: instagram.com/heafsynashki

Kebenaran informasi ini masih diragukan. Namun banyak sekali yang membahas mengenai penampakan di tempat wisata baru Tangerang ini secara lengkap.

Entah dimana tepatnya peristiwa angker dan penuh dengan mitos itu terjadi. Asal usulnya tidak jelas, tapi tidak perlu dipedulikan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.