Wisata Tuk Gong Adventure Magelang Candimulyo + Harga Tubing Murah

Posted on
Wisata Tuk Gong Adventure Magelang Candimulyo + Harga Tubing Murah
Rate this post

Lokasi: Jalan Bateh, Dusun Karangampel, Desa Tampirwetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56191
Map: Klik Disini
HTM:
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: 0822-2691-3760

foto by viva.co.id

Belakangan ini sedang trend wisata air yang disebut tubing, yaitu meluncur bebas dengan ban dalam mobil mengarungi derasnya arus sungai. Di Magelang sendiri telah banyak yang membuka tempat semacam itu, salah satunya Mangu River Tubing.

Beralamat di Desa Senden, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, destinasi berlibur tersebut menawarkan petualangan menyusuri Kali Mangu yang berhulu di Gunung Merbabu.

Mata airnya masih terjaga, belum dicemari oleh limbah-limbah pabrik karena sumbernya berasal dari aliran sungai kecil yang ada di sepanjang tebing.

foto by mangurivertubing.com

Tempat ini masih tergolong baru dan dikelola secara mandiri oleh pemuda dari Dusun Kempulan-Bangsan. Startnya dimulai dari Dusun Sembangan serta berakhir di bawah jembatan perbatasan antara Desa Jetis dan Senden.

Ada pula Tuk Gong Adventure yang juga baru dibuka pada awal tahun 2017 di daerah Tampir. Arti kata “tuk” disini adalah sumber mata air.

Medan yang dipilih ada dua, yakni Tuk Gong Ngudal dan Gono. Sebelumnya, sungai pertama sudah lebih dulu populer karena banyak foto half underwater yang beredar di sosial media. Seperti apa keseruan river tubing di sana?

Menikmati River Tubing di Tuk Gong Adventure

foto by tubingmagelang.com

Tuk Gong Adventure berlokasi di Dusun Karangampel, Desa Tampirwetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata ini menawarkan sensasi yang mengasyikkan dan menantang adrenalin. Sebab, pengunjung akan diajak mengarungi aliran sungai berikut:

Sungai Gono

Kali ini berhulu di Gunung Merbabu dengan hilir di Sungai Elo. Alirannya sangat stabil, tak terkecuali di musim kemarau. Sumbernya berasal dari beberapa mata air di kaki gunung tersebut. Penduduk sekitar memanfaatkan sungai itu untuk mengairi sawah dan wisata tubing yang termasuk dalam kategori level 2.

BacaJuga:  Kampung Pecinan Semarang, Kuliner Pasar Warung Semawis, Sejarah, Peta Google Map + Hotel

Pada tingkat ini, pengunjung ditantang untuk menyusuri sungai yang jalur pengarungannya masih alami serta berbatu-batu.

foto by tubingmagelang.wordpress.com

Dari start point hingga titik finish, mereka akan dihadapkan dengan beberapa jeram yang memacu adrenalin. Di tengah perjalanan, ada break point untuk beristirahat, yaitu Air Terjun Grenjengan dan kolam mata air Tukgong.

Pengunjung bisa menikmati keindahan serta kejernihan air di area itu sekaligus mengambil foto bersama. Jarak tempuh pengarungan di level dua ini sekitar 2,5 km dengan durasi 2 jam.

Sungai Ngudal

Lain dengan Sungai Gono, Tuk Gong Ngudal ini berasal dari sumber mata air yang jernih dan sering dimanfaatkan oleh PDAM sebagai kebutuhan primer masyarakat Magelang. Aktifitas river tubing di area itu termasuk dalam kategori level 1.

Sebab, debit airnya relatif tetap dan tenang, sehingga cukup aman bagi anak-anak dengan usia minimal 3 tahun. Selain itu, sumber mata air di sini lebih jernih.

foto by achmadmuttohar.web.id

Perjalanan dimulai dari basecamp menuju ke start point yang berupa kolam nan jernih. Kawasan inilah yang kerap digunakan pengunjung untuk melakukan underwater selfie alias berfoto di dalam air.

foto by pictame.com

Selama pengarungan, peserta akan menemui beberapa titik jeram yang dijaga oleh para guide. Jarak tempuhnya lebih pendek, yakni 1,7 km dengan durasi sekitar 1,5 jam.

Peralatan Standar Tubing di Tuk Gong Adventure

Selain pemandu yang berpengalaman, Tuk Gong Adventure juga menyiapkan peralatan-peralatan yang berstandar SNI demi keamanan dan kenyamanan peserta, seperti:

Helm, guna menghindarkan kepala dari cidera ketika terjadi benturan dan semacamnya.
Body protector, meliputi pelindung kaki dan siku untuk mencegah cidera saat menyusuri sungai yang deras serta berbatu.
Life jacket, selain melindungi tubuh dari luka saat terjatuh, juga berguna sebagai antisipasi supaya tidak tenggelam pada aliran yang dalam.
Sepatu, memproteksi kaki dari duri atau benda tajam di sungai yang tidak dapat diprediksi.

BacaJuga:  10 Rental Sepeda Motor di Solo, Harga Murah Mulai Rp.30.000
foto by tubingmagelang.com

Itinenary Tubing di Tuk Gong Adventure

Peserta tiba di basecamp, lalu panitia melakukan pendataan terhadap alat-alat yang hendak dipakai. Setelah itu, sesi briefing selama 5 menit dan mereka akan diantar ke starting point sambil membawa ban tubing dengan berjalan kaki kurang dari 10 menit.

Di tengah pengarungan diadakan sesi game selama 15 menit. Selanjutnya, meneruskan perjalanan ke finish point dan titik penjemputan. Kemudian, peserta akan diantar ke basecamp dengan transportasi lokal untuk mandi dan ganti pakaian.

Harga Paket River Tubing Tuk Gong Adventure

Berikut tarif tiap-tiap paket untuk melakukan river tubing di Tuk Gong Candimulyo:

Paket Hemat
Medan yang dipilih adalah Sungai Ngudal dengan panjang 1,7 km dan durasi 1,5 jam. Harga Rp20.000,- (minimal 5 orang) sudah termasuk guide, asuransi, satu set peralatan tubing, P3K emergency, transportasi lokal, welcome drink dan ruang bilas.

Paket Eksekutif

Mengarungi Sungai Gono sepanjang 2,5 km dengan durasi 2 jam. Harga Rp55.000,- (minimal 5 orang) sudah termasuk pemandu, asuransi, P3K emergency, transportasi lokal, satu set perlengkapan tubing, ruang bilas, makan prasmanan, snack tradisional, kelapa muda dan welcome drink.

Paket Hemat 2

Hampir sama dengan paket yang pertama, tapi Sungai Gono dipilih sebagai medan arungnya. Pengunjung dapat menyusuri kali tersebut dengan jarak tempuh 2,5 km dan durasi 2 jam.

Harganya lebih mahal sedikit, yaitu Rp25.000,- (minimal 5 orang), sudah termasuk guide, satu set peralatan tubing, asuransi, transportasi lokal, P3K emergency, ruang bilas serta welcome drink.

Jadwal dibagi menjadi dua sesi, yakni pagi pada pukul 08.00, 09.00 dan 10.00 serta siang di jam 13.00, 14.00, 15.00 dan 16.00. Harga yang tertera belum termasuk paket dokumentasi.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Klaten Lepas Kunci Harga Murah 2018 Matic

Fasilitas Basecamp Area Tuk Gong Adventure

Mengutamakan kenyamanan pengunjung dan peserta tubing, pihak pengelola objek wisata tersebut selalu berupaya menyediakan fasilitas yang terbaik, mulai dari area parkir, tempat ibadah, kamar bilas, meeting room/ruang tunggu, kolam renang dan hotspot.

Keberadaannya ditunjang oleh basecamp yang terletak di tengah kampung, sehingga suasana pedesaan nan asri dan damai dihadirkan. Karena jauh dari jalan raya serta lalu lintas kendaraan, pengunjung juga akan merasa aman.

Aktifitas ini aman untuk orang dewasa maupun anak-anak. Sebab, hanya melewati rute saluran irigasi yang alirannya cukup ringan. Jika ingin lebih ekstrem, pengunjung dapat mencoba mini rafting di Sungai Gono yang arusnya deras dan berbatu.

Tidak perlu khawatir karena Anda akan ditemani pemandu selama melakukan kegiatan tersebut. Sayangnya, pihak pengelola tidak menyediakan fotografer, sehingga jika ingin mengabadikan momen dalam potret, pengunjung harus membawa kamera sendiri.

foto by ngadem.com
Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.