Tiket Masuk Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta / Lokasi Bukit Pinus Panyawangan

Posted on
Ujung Aspal Purwakarta merupakan sebuah tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan indah serta kesegaran udara. Ini merupakan sebuah hutan pinus yang sangat lebat (foto: jejakexplorer.blogspot.com)

Lokasi: Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia  41174
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
24 Jam
Nomor Telepon: –

Siapa yang tidak ingin berlibur, semua pasti ingin mengunjungi tempat yang dinilai memiliki potensi untuk menghilangkan penat. Semakin hari tentunya banyak sekali orang yang menginginkan untuk berlibur. Maka dari itu tidak heran jika semakin hari juga timbul beberapa objek wisata baru di berbagai daerah.

Di tempat ini juga sering kali digunakan sebagai pengambilan foto prewedding oleh berbagai calon pengantin. (foto: youtube.com)

Salah satunya adalah wisata alam Ujung Aspal Wanayasa. Tempat ini adalah sebuah hutan pinus yang juga terdapat 2 sumber mata air. Sumber mata air tersebut adalah Air Terjun dan Goa. Tentu ini akan menjadi destinasi menarik bagi kamu jika ingin liburan.

Kali ini artikel yang akan kamu baca akan membahas tentang Ujung Aspal Wanayasa di Purwakarta.  Mungkin tempat ini sudah tidak asing bagi warga sekitar di Purwakarta dan yang sudah datang ke sini. Tetapi bagi yang belum ke sini maka wajib untuk membaca artikel ini sampai tuntas ya.

Keindahan dan Potensi yang ada di Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Datang ke tempat ini bersama orang-orang terkasih seperti teman, sahabat (foto: petualangangenta.blogspot.com)

Ujung Aspal Wanayasa atau nama kerennya sekarang adalah Bukit Pinus Panyawangan memiliki profil sebagai berikut yaitu dalam bahasa sunda memiliki arti Menerawang dari kata Panyawangan. Maka dari itu tempat wisata ini dalam arti luas yaitu menerawang jati diri seseorang di dalam solusi kehidupan.

Wisata yang terletak di Kabupaten Purwakarta ini memiliki keindahan yang luar biasa dan terbilang baru. Tempat ini adalah hutan pinus miliki Perhutani yang kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata. Perhutani bekerja sama dengan LMDH, beberapa tokoh masyarakat dan karang taruna setempat.

Pada tanggal 23 Maret 2016 lalu tempat ini resmi dibuka oleh Bupati Purwakarta saat itu yaitu H. Dedi Mulaydi, S.H. Sebelumnya tempat ini memiliki nama Pasir Panyawangan. Entah dengan alas an apa sehingga berubah menjadi Ujung Aspal Wanayasa.

BacaJuga:  45 Tempat Wisata di Majalengka Jabar Terbaru 2018 : Paralayang Menarik, Kebun Teh Cipasung, Taman Bukit Alam Hejo, Curug Tonjong Dll
Hutan pinus yang masih berdiri tegak (foto: kendalljenner.fun)

Panorama yang begitu indah ini dipenuhi dengan pepohonan jangkung berjenis pinus. Pohon-pohon ini berjejer  begitu rapi sehingga membuat pemandangan sedap dilihat. Maka dari itu tempat ini juga menjadi salah satu favorit bagi pecinta foto.

Selain itu di tempat ini juga menciptakan hawa yang sangat sejuk. Ini dissabkan karena di sini dekat sekali dengan unung Burangrang yang berada di belakangnya. Ada juga saung yang digunakan pengunjung untuk beristirahat.

Rute dan Jalan Menuju Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Terdapat spot foto yang sangat disukai oleh berbagai pengunjung saat datang ke tempat ini. Seperti omah kayu foto diats bangunan terbuat dari bambu (foto: asset.kompas.com)

Tempat wisata Ujung Aspal Wanayasa ini tepatnya berada di Kecamatan Wanayasa.. kecamatan berada di Kabupaten Purwakarta dan uniknya adalah bisa menghubungkan tiga kabupaten sekaligus yaitu Purwakarta, Bandun dan Subang.

Untuk sampai ke tempat tujuan wisata ini secara administrative memiliki jarak sekitar 25 km dari pusat kota dan memerlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan darat. Sebelum itu, kamu akan menemui situ Wanayasa.

Di sini juga sering kali digunakan sebagai tempat outbond oleh beberapa komunitas (foto: content.cdninstagram.com)

Dari situ Wanaysa sendiri kamu harus mengambil jalan lurus sekitar 200 meter maka akan menemukan pertigaan jalur yaitu menuju Jalan Cagak. Selain itu jalan ini juga menghubunkan Bojong Sawit. Nah, dari Jalan Cagak kamu ikuti saja jalur ke sekolah dasar yang mungkin memiliki jarak sekitar 1,5 km.

Sekolah tersebut bernama SD Negeri Pusaka Mulya lalu ambil belok ke kanan dan akan terlihat sebuah gang menuju Curug Cijalu. Lalu masuk saja menuju gan tersebut yang lebih tepatnya menuju Bukit Pinus. Jalan ini memang lebih kecil dari sebelumnya maka dari itu harus lebih hati-hati ya.

Berfoto di hamock yang sudah disediakan (foto: cintaihidup.com)

Setelah sekitar 200 meter, kamu akan menemui sebuah pertigaan. Pertigaan ini akan mengarahkan kepada dua tempat wisata. Ambil saja jalan lurus menuju Ujung Aspal Wanayasa. Nah, kamu akan menemui pertigaan lagi nanti.

BacaJuga:  10 Foto Kampung Daun Bandung Lembang, Menu, Alamat + Harga Tiket Masuk Wisata

Tak jauh dari situ kamu akan bertemu dengan pintu gerbang tempat wisata. Setelah itu belilah tiket untuk jumlah orang yang kamu datangi.

Jangan lupa membawa kamera ya (foto: scontent-sea1-1.cdninstagram.com)

Untuk kamu jika datang dari wilayah Jabodetabek  maka akan melewati tol Jatiluhur atau Ciganesa, setelah itu akan masuk ke kota Purwakarta. Lanjutkan saja menuju Pasar Rebo lalu kea rah Pasawahan dan ke Wanayasa. Setelah itu lanjutkan menuju Desa Pusaka Mulya.

Jika kamu menggunakan kendaraan bermotor roda dua maka lebih mudah jika mengambil arah dari Cikampek dan langsung ke Sadang lalu akan masuk ke Kabupaten Purwakarta. Tetapi untuk kamu yang berangkat dari kawasan Pantura maka kami menyarankan melalui jalur Subang – Jalan Cagak.

Jalan disekitar tempat wisata (foto: pikiran-rakyat.com)

Kami juga sudah membekali kamu dengan titik koordinat yang ada diatas. Titik koordinat tersebut langsung terhubung dengan Google Maps. Download saja di hp kamu maka akan dengan mudah mendapat jalur secara otomatis.

Tetapi hp kamu harus terkoneksi dengan internet yang stabil ya agar nantinya tidak tersesat, selamat berlibur untuk kalian yang akan datang ke sini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Berfoto dengan pemandangan bagus (foto: imgrum.org)

Untuk jam buka di tempat wisata Ujung Aspal Wanayasa ini dibuka selama 24 jam. Bahkan banyak juga pengunjung yang bermalam dengan camping di sini. Kamu bisa datang kapan saja di sini tidak perlu khawatir jika tempat ini akan ditutup.

Untuk bisa masuk ke sini kamu tidak perlu memikirkan budget mahal karena saat datang ke Ujung Aspal Wanayasa cukup bersahabat di kantong. Kamu hanya perlu membeli tiket sebesar 5 ribu rupiah setiap orang.

Karena di sini disediakan beberapa fasilitas maka untuk memanfaatkannya kamu juga perlu membayar ya. Seperti saat akan berkemah maka harus membayar 10 ribu rupiah setiap malamnya. Di sini ada juga tempat persewaan sepeda, hanya dengan membayar 15 ribu rupiah maka kamu bisa berkeliling di sekitar tempat wisata ini.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Muara Bendera Bekasi + Alamat Peta Rute Cara Akses Ke Jalur Lokasi

Selain itu, ada lagi fasilitas lain seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa di sini juga sering kali digunakan sebagai tempat foto prewedding. Untuk dapat menggunakan tempat foto prewedding kamu perlu membayar sebesar 250 ribu rupiah.

Cukup murah bukan untuk berlibur ke sini. Selain itu semua kamu juga perlu membayar karcis untuk kendaraan bermotor yang kamu gunakan untuk parkir. Hanya dengan 2 ribu untuk roda dua sedangkan roda empat membayar sebesar 5 ribu rupiah.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.