10 Gambar Umbul Bening Banyuwangi, Harga Tiket Masuk Kolam Renang Lokasi Sumbergondo Glenmore

Posted on
Selamat Datang di Umbul Bening | foto: youtube.com
Selamat Datang di Umbul Bening | foto: youtube.com

Lokasi: Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68466
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 5.000
Buka/Tutup: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB
Telepon:

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Keberadaan kabupaten ini semakin mencolok ketika tempat-tempat wisata alam indahnya mulai diperkenalkan ke khalayak umum. Langkah luar biasa dari pemerintah setempat ini membuat Banyuwangi menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia.

Berbicara mengenai tempat wisata alam di Banyuwangi adalah suatu hal yang membutuhkan waktu banyak. Mengingat masih beberapa tempat wisata alam yang sudah terekspos dan masih banyak yang belum. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai tempat wisata alam ini, melainkan tempat wisata lain dari Banyuwangi.

Jernih Sekali | foto: tempat.co.id
Jernih Sekali | foto: tempat.co.id

Tentu tiap orang sangat menyukai air. Tidak mungkin ada orang membenci benda tersebut. Tanpanya kehidupan akan mati. Berenang adalah salah satu kegiatan yang bersinggungan langsung dengan air. Di Banyuwangi terdapat kolam renang cukup terkenal, karena harga tiket masuknya terjangkau, fasilitas lengkap serta air kolamnya jernih. Nama tempat wisata ini adalah Umbul Bening.

Sumber Airnya Langsung dari Mata Air dan Banyak Pilihan Kolam Renang

Kolam Renang di Umbul Bening | foto: topwisatabanyuwangi.blogspot.co.id
Kolam Renang di Umbul Bening | foto: topwisatabanyuwangi.blogspot.co.id

Air dari Umbul Bening bersumber langsung dari mata air umbul. Mata air ini memiliki debit air besar, sehingga sangat bisa menjadi sumber air kolam renang ini. Empat buat kolam renang dengan ukuran dan kedalaman bervariasi semuanya menggunakan air dari mata air tersebut. Keempatnya bebas dipilih para pengunjung sebagai tempat bermain air maupun berenang sesuai keinginan mereka.

Kolam Renang Anak-Anak | foto: umbul1.wordpress.com
Kolam Renang Anak-Anak | foto: umbul1.wordpress.com

Kedalaman kolam renang disini paling dangkal adalah 40 cm dan terdalam adalah 2 meter. Di sini juga tersedia kolam khusus untuk anak-anak. Jadi sangat aman untuk mereka. Di kolam khusus anak ini juga ada wahana permainan yang terletak di sebelah kolam.

Fasilitas Lengkap

Kolam renang Umbul Bening memiliki beragam fasilitas penunjang guna meningkatkan kenyamanan para pengunjung serta sebagai wujud pelayanan terbaik. Berikut ini adalah beberapa fasilitas dari salah satu tempat wisata populer di Banyuwangi ini.

  • Kamar mandi umum
BacaJuga:  Kebun Teh Wonosari Lawang Malang, Harga Tiket Masuk + Jalan Menuju Lokasi Wisata
Kamar Mandinya Nih | foto: banyuwangibagus.com
Kamar Mandinya Nih | foto: banyuwangibagus.com

Fasilitas ini tentu harus ada di kolam renang maupun pemandian umum. Membilas badan maupun sekalian mandi setelah bermain air adalah hal yang wajib dilakukan. Jika ingin berganti pakaian, tidak perlu menggunakan kamar mandi, karena ada tempat untuk kegiatan tersebut yang berupa bilik-bilik. Jumlah kamar ganti atau bilik ini cukup banyak, jadi jangan khawatir mengantri lama.

  • Tempat bermain anak

Ada area khusus untuk anak-anak. Jadi jika ingin membawa anak-anak berwisata ke kolam renang Umbul Bening adalah pilihan yang bijak.

  • Penyewaan ban

Tidak semua orang bisa berenang. Oleh karena itu, alat bantu renang seperti ban dalam bekas adalah hal yang harus digunakan untuk menjaga keselamatan. Di sini juga ada penyewaan ban tersebut dan tersedia secara gratis. Namun karena jumlahnya terbatas, jadi harus segera mengambil ban tersebut.

  • Gazebo
Gazebo Di Sana | foto: youtube.com
Gazebo Di Sana | foto: youtube.com

Tempat ini sangat cocok digunakan untuk bersantai, khususnya para perempuan yang sedang datang bulang. Melihat orang-orang bersenang-senang maupun mengawasi anak-anak dari tempat ini sambil makan makanan ringan merupakan kombinasi yang cocok. Selain itu juga di sini kita aman dari sengatan sinar matahari, jadi tidak perlu takut kulit menjadi hitam.

  • Tempat parkir

Lahan parkir yang memadai membuat tempat wisata ini tak pernah sepi oleh para para pengunjung. Karena seperti yang diketahui, ketika berada di tempat wisata pasti lahan parkir yang luas adalah bahan pertimbangan yang harus ditimbang secara matang. Percuma saja jika sudah sampai di lokasi, tetapi tempat parkir sudah habis. Tentu liburan juga bisa kacau.

  • Kantin dan warung-warung

Lupa membawa bekal? Jangan khawatir, karena di kolam renang Umbul Bening banyak penjual makanan, baik berupa kantin maupun warung-warung.

  • Ada musik reggae

Di sini ada konser musik raggae dan terkadang ada komunitas vespa yang berkumpul. Berikut gambar konsernya.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terjangkau

Umbul Bening Tampak Atas | foto: youtube.com
Umbul Bening Tampak Atas | foto: youtube.com

Lokasi kolam renang Umbul Bening ini berada di desa Sumbergondo, kecamatan Glenmore, kabupaten Banyuwangi. Lokasinya terbilang cukup mudah diakses. Bahkan dengan menggunakan kendaraan umum pun bisa mengakses tempat wisata populer di Banyuwangi ini.

BacaJuga:  Jual Apa Saja Pasar Atom Mall Surabaya: Butik Dress, Wisata Kuliner + Buka Jam Berapa?

Harga tiket masuk kolam renang Umbul Bening sangatlah terjangkau. Cukup Rp. 5.000 saja pengunjung dapat menikmati kesegaran air dari kolam renang ini. Jadwal buka olam renang ini setiap hari, mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00.

Jadi bagi yang ingin berlama-lama bermain air, maka datanglah pagi sekali dan berendamlah hingga sore hari, tapi itu sangat tidak disarankan, karena suatu hal yang berlebihan pasti akan menimbulkan efek tidak baik.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Seluncuran Yuk | foto: banyuwangibagus.com
Seluncuran Yuk | foto: banyuwangibagus.com

Tentu aktivitas utama yang dapat dilakukan di kolam renang Umbul Bening adalah berenang dan bermain air. Namun jika tidak ingin berenang pun juga bisa bersantai di gazebo-gazebo. Selain itu juga bisa mengabadikan momen ceria dengan berfoto-foto.

Cara Menuju ke Umbul Bening

Jika ingin berkunjung ke Umbul Bening ada dua rute utama yang dapat ditempuh. Jika dari arah Barat yaitu Jember, maka rutenya adalah Jember – Kalibaru – Glenmore – Umbul Bening dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Jika dari arah timur yaitu kota Banyuwangi, maka rutenya adalah Banyuwangi – Rogojampi – Genteng – Glenmore – Umbul Bening dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Akses menuju ke kolam renang Umbul Bening juga dapat ditempuh dengan menggunakan busa dan kereta api. Jika menggunakan bus, maka harus turun di pertigaan Glenmore dan perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek untuk langsung menuju ke lokasi. Jika menggunakan kereta api, maka dapat tururn di Stasiun Setail dan dilanjutkan dengan ojek.

Tips Berlibur ke Umbul Bening

Berwisata ke kolam renang tentu harus membawa pakaian ganti. Selain itu, pastikan juga membawa kantong plastik sebagai wadah pakaian yang digunakan ketika bermain air maupun berenang. Untuk menghemat pengeluaran, maka bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah.

Jika membawa anak-anak maka pastikan diawasi dengan seksama. Sebisa mungkin jangan berkunjung ke kolam renang Umbul Bening ketika hari liburan sekolah, karena biasanya akan sangat ramai, sehingg kolam renang akan sesak dengan para pengunjung. Waktu paling tempat mengunjungi kolam renang ini adalah ketika pagi dan sore hari.

BacaJuga:  Hotel Grand Darmo Suite Surabaya - Mulai Rp450.000 + Swimming Pool Kolam Renang Jalan Progo

Dekat dengan Tempat Wisata Renang Lainnya

Lokasi kolam renang Umbul Bening ternyata cukup dekat dengan objek wisata kolam renang lainnya di Banyuwangi, yaitu Umbul Pule dan Ambarawa. Lokasi kolam renang Umbul Pule ini sendiri berada di desa Sumbergondo, kecamatan Glenmore. Memang berada di desa yang sama. Oleh karena itu, jika belum puas dengan Umbul Bening, maka bisa berkunjung ke Umbul Pule.

Kolam Renang di Umbul Pule | foto: tripadvisor.com
Kolam Renang di Umbul Pule | foto: tripadvisor.com

Sama halnya dengan Umbul Bening, kolam renang Umbul Pule juga memiliki air yang sangat jernih. Lokasinya dari keduanya yang berdekatan membuat para pengunjung sering salah masuk tempat wisata. Walaupun memang sudah ada tulisannya, tapi masih saja ada yang terkecoh. Terkadang ada yang ingin berkunjung ke Umbul Bening dan malah menuju ke Umbul Pule dan sebaliknya.

Racing Slide! | foto: wisataairumbulpule.blogspot.co.id
Racing Slide! | foto: wisataairumbulpule.blogspot.co.id

Walaupun demikian, kedua kolam renang di Banyuwangi ini sama-sama memiliki keindahan dan kesegaran air yang luar biasa. Jadi bukan masalah yang berarti jika salah berkunjung di salah satunya. Namun harga tiket masuk di Umbul Pule lebih mahal, yaitu Rp. 10.000. Khusus pengunjung yang berumur kurang dari 2 tahun dan lebih dari 60 tahun tidak dikenakan tarif alias gratis.

Salah satu keunikan dari Umbul Pule ini adalah adanya papan seluncur tertinggi dan terpanjang di Banyuwangi yang bernama Racing Slide. Tentu ini adalah wahana yang dapat memacu adrenalin. Ketinggiannya sendiri 12 meter dengan panjang 45 meter.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *