Usir Lelah Selepas Bekerja Dengan Berendam di Umbul Brintik

Diposting pada
Foto by instagram.com/erna_yamaha_sbr/

 

Alamat: Brintik, Malangjiwan, Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah 57486
Map: KlikDisini
Jam Buka: 05.00-18.30 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp:
WhatsApp:

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 3.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 3.000,-

Foto by instagram.com/adityafebriy/

Umbul Brintik adalah salah satu objek wisata air di Klaten yang bisa dinikmati dengan biaya sangat murah. Per orangnya hanya akan dikenai tarif masuk sebesar 3ribu perak saja.

Selain tiket masuk, pengunjung juga akan ditarik karcis parkir yang mana untuk motor tarifnya 2ribu dan mobil 3ribu. Dengan budget tak sampai dari 10 ribu saja kamu sudah bisa menikmati wisata yang akan memberikanmu banyak manfaat dan khasiat terutama untuk kesehatanmu.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/alrosidaph_/

Lokasi dari Umbul Brintik berada di desa Malangjiwan. Jarak dari pusat Kota Klaten menuju Umbul Brintik ini kira-kira sekitar 7,5 kilometer dengan estimasi waktu 15 menit.

Untuk bisa menempuh jarak dan waktu yang singkat tersebut kamu harus memilih rute tercepat melalui Jalan Pemuda, Jl. Tentara Pelajar, Jl. Wilis dan Jl. Klaten Ngupit. Dari Jalan Klaten Ngupit lanjutkan perjalananmu menuju Jl. Basin-Karangnongko lalu kamu akan tiba di Jl. Umbul Brintik di Sentul.

Posisi Umbul Brintik ini pun tak jauh dari wisata umbul kenamaan yang ada di Klaten yaitu Umbul Pluneng, dimana jaraknya hanya sekitar 3-4 Km saja. Ancer-ancer lain dari Umbul Brintik ini adalah sekitar 5 kilometer dari Pabrik Gula Gondang.

Fasilitas

Foto by instagram.com/krismatriyadi/

Demi menunjang kenyamanan para pengunjung yang datang ke Umbul Brintik, maka pihak pengelola pun memberikan beberapa fasilitas penunjang.

1. Area Parkir

Lahan parkir luas yang mana bisa digunakan untuk memarkirkan kendaraanmu. Karena spacenya yang cukup luas dan dijaga oleh petugas, kamu tidak perlu merasa khawatir akan kehabisan tempat parkir ataupun kehilangan barang-barang didalam kendaraanmu itu.

BacaJuga:  10 Cafe Unik dan Hits di Klaten, Cocok Buat Nongkrong Ataupun Ngedate

2. Warung Makan

Selain lahan parkir yang luas, objek wisata ini juga dilengkapi oleh warung makan. Dimana buat para pengunjung yang merasa lelah dan ingin beristirahat sambil mengisi perut, mereka bisa menyantap panganan di warung makan ini. Soal rasa dan harga, dijamin nggak kalah enak serta murah seperti yang ada di pusat kota deh.

3. Mushola

Tak mau membuat para pengunjungnya melupakan kewajibannya, maka disinipun tersedia juga fasilitas mushola yang bisa digunakan untuk beribadah. Musholanya cukup nyaman, bersih dan terawat serta disini juga peralatan shalatnya juga lengkap.

4. Loker Penyimpanan

Untuk menjamin keamanan barang-barangmu, kamu bisa menyewa loker penyimpanan guna menyimpan semua bawaanmu. Loker ini bisa disewa oleh semua pengunjung secara gratis. Supaya tidak hilang, kamu bisa menggelangkan kunci lokernya di tanganmu.

5. Pelampung

Selain loker, Umbul Brintik juga menyewakan pelampung khusus untuk kamu yang mungkin belom terlalu terbiasa atau bisa berenang. Pelampung yang disediakan juga cukup bervariasi, sehingga bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

6. Kamar Bilas

Fasilitas lain yang tak boleh sampai ketinggalan adalah kamar bilas. Kamu bisa ganti baju dan mandi di kamar bilas yang disediakan. Tidak perlu berebut, karena jumlah kamar bilasnya lumayan banyak dan kondisinya pun cukup bersih serta terawat.

Khasiat

Foto by instagram.com/atmajayosep12/

Umbul Brintik adalah sebuah objek wisata air yang cukup terkenal di Klaten. Namun ternyata bukan hanya berperan sebagai objek wisata saja, tetapi konon air yang ada di Umbul Brintik ini ternyata mempunyai beberapa manfaat dan juga khasiat untuk kesehatan, lho.

Dari dulu Umbul Brintik ini terkenal sebagai salah satu umbul yang bagus untuk terapis kesehatan. Tak sedikit para pengunjung yang datang kesini saat sore menjelang malam hari selepas mereka bekerja guna mengusir lelah dan penat.

BacaJuga:  10 Penginapan Murah di Klaten Mulai Rp.40.000, Dekat Stasiun dan Pusat Kota
Foto by instagram.com/anggraenipriadin/

Konon manfaat atau khasiat dari air Umbul Brintik ini mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti migren, rematik, hipertensi, maag, stroke, saraf kejepit dan beberapa keluan penyakit lainnya.

Air ajaib ini mampu menjadi perantara penyembuhan para penderita penyakit-penyakit tersebut, lantas jikalau hanya untuk mengusir lelah saja, itu perkara yang sangat mudah akan kamu dapatkan.

Selain membantu menyembuhkan beberapa penyakit, air Umbul Brintik ini juga mampu memberikan manfaat lain yaitu seperti menghilangkan stress dan sangat bagus untuk kesehatan tulang.

Dengan adanya manfaat yang diberikan, tak heran jika banyak orang berbondong-bondong datang ke Umbul Brintik dari penjuru wilayah berbeda-beda. Bahkan pengunjungnya bukan hanya orang dewasa saja tetapi anak-anak juga.

Foto by instagram.com/yayasstyas/

Pihak pengelola pun sering menyarankan kepada orang-orang yang memiliki penyakit dan tidak bisa disembuhkan secara medis, maka cobalah untuk datang kesini, barang kali kesembuhanmu telah menanti.

Telah banyak orang yang mengalami penyakit serius, setelah melakukan beberapa kali terapi di Umbul Brintik, segala keluhannnya perlahan-lahan membaik dan akhirnya bisa sembuh.Jika kamu ingin membuktikan dan mencoba sendiri khasiatnya, langsung saja datang ke Desa Malangjiwan deh.

Asal Usul Umbul Brintik

Foto by Instagram.com/ndhi_13/

Kalau soal sektor pariwisata, Klaten termasuk salah satu wilayah yang mempunyai potensi cukup tinggi. Ragam wisata di Klaten cukup banyak, salah satu yang paling banyak akan kamu jumpai adalah umbul.

Klaten merupakan salah satu kawasan yang kaya dengan wisata umbulnya. Setidaknya ada 10 umbul terbaik yang dimiliki Klaten salah satunya yakni Umbul Brintik.

Saking terkenalnya, Umbul Brintik ini bukan hanya dikunjungi oleh masyarakat lokal saja tetapi wisatawan dari luar kota juga, lho. Saat akhir pekan, Umbul Brintik penuh sesak dikunjungi oleh para pewisata.

BacaJuga:  Selain Umbul Ponggok dan Prambanan, Ini 23 Objek Wisata Hits di Klaten

Sebelum mengunjungi objek wisata ini, ada baiknya kamu ketahui sedikit asal muasal dari Umbul Brintik ini untuk menambah pengetahuanmu.

Sejarah tentang asal-usul objek wisata Umbul Brintik ini belum secara pasti bisa diketahui. Namun menurut pengakuan warga sekitar, Umbul Brintik ini mempunyai banyak gelembung udara yang muncul dari dasar umbul.

Foto by Instagram.com/syafiyahazmialnafie/

Gelembung udara tersebut akan terlihat atau nampak ketika air dalam kondisi tenang. Sebutan brintik ini muncul karena bentuk gelembung udara tersebut brintik yang berarti bentol-bentol atau bergelembung.

Salah satu daya tarik utama lain dari Umbul Brintik ini adalah kondisi kolamnya yang dibiarkan berbatu dan berpasir sehingga nuansa alamnya sangat terasa. Meskipun begitu, kondisi airnya tetap bersih dan jernih. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau air kolamnya akan keruh dan kotor.

Hal menarik lain dari objek wisata ini adalah lokasinya berada di pinggir sawah, sehingga udara disini sangat asri. Belum lagi di sekitar Umbul terdapat juga pepohonan rimbun dan tinggi yang siap meneneduhkanmu ketika suasana sedang panas dan terik.

Foto by instagram.com/satria_bagyanto/

FYI, Umbul Brintik ini memiliki dua kolam yang memiliki kedalaman masing-masing. Di sebelah selatan, ada kolam khusus untuk anak-anak yang kedalamannya rendah.

Tetapi meskipun terlihat cetek atau dangkal, tapi jika membawa si kecil kamu harus tetap mengawasi dan memperhatikan setiap gerak-gerik dari buah hatimu ya.

Jadi gimana? Kamu sudah bersiap untuk menjadikan Umbul Brintik ini sebagai destinasi wisata akhir pekanmu nanti, kan?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.