Jernihnya Air Umbul Cokro, Rasakan Sensasi Berenang di Kolam Sebening Kaca

Diposting pada
Foto by instagram.com/gus_08agus/

Alamat: Cokro, Tulung, Klaten, Jawa Tengah 57482
Map: KlikDisini
Jam Buka: 08.00-18.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp:
WhatsApp:

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 10.500,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Foto by instagram.com/adiesetiawan12/

Umbul Cokro adalah salah satu objek wisata unggulan yang ada di Klaten. Kepopulerannya mampu bersaing dengan umbul-umbul lainnya. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Umbul Cokro tak perlu lah menyiapkan budget banyak-banyak.

Sebab Umbul Cokro ini bisa dinikmati dengan kocek yang cukup murah dan terjangkau yaitu hanya 10ribuan saja. Dengan harga yang terjangkau tersebut menjadi salah satu alasan Umbul Cokro dijadikan sebagai objek wisata favorit oleh masyarakat Klaten dan sekitarnya.

Biaya tambahan lain yang harus kamu keluarkan yakni untuk karcis parkir besarannya adalah 3ribu untuk motor dan 5 ribu mobil. Namun tetaplah untuk mempersiapkan budget lebih, siapa tau setelah berenang kamu merasa lapar dan ingin membeli makanan atau minuman.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/ayuscyn/

Lokasi Umbul Cokro berada di tempat yang cukup strategis dan mudah dijangkau. Jika kamu dari arah Jogja, perjalanan yang akan ditempuh akan memakan waktu selama kurang lebih 1-1,5 jam. Rute yang bisa kamu pilih untuk bisa sampai di Umbul Cokro ialah Jalan Raya Jogja-Solo.

Setelah tiba di Jalan Raya Jogja-Solo, kamu akan menemukan Pasar Delanggu. Dari perempatan Pasar Delanggu beloklah ke kiri menuju Pasar Tulung. Lokasi dari Umbul Cokro berada tepat di belakang Pasar Tulung tersebut.

Kamu tidak akan kesulitan menemukan lokasi Umbul Cokro, sebab dari Pasar Delanggu ada plang petunjuk jalan yang bakal mengantarmu sampai di lokasi objek wisata. Jadi, kamu tidak akan tersesat atau jika ingin lebih mantap gunakan saja map yang sudah kami sematkan diatas.

Fasilitas

Foto by instagram.com/junnyes09/

Sudah menjadi kewajiban pengelola Umbul Cokro untuk memberikan fasilitas penunjang guna mendukung kenyaman para pengunjungnya. Hal itu tentu dibuktikan dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan oleh Umbul Cokro ini.

BacaJuga:  10 Cafe Unik dan Hits di Klaten, Cocok Buat Nongkrong Ataupun Ngedate

Beberapa diantaranya ada gazebo yang biasa digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai sambil menikmati suasana dan pemandangan alam sekitar. Gazebo ini bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyantap makanan ataupun minuman yang kamu bawa sebagai bekal dari rumah.

Buat kamu yang tidak sempat menyiapkan bekal makanan ataupun minuman, disini juga ada fasilitas warung makan. Variasi jualannya cukup lengkap ada gorengan, snack, pop mie, soft drink hingga makanan-makanan berat lainnya.

Jika kamu berasal dari luar kota dan ingin lebih leluasa menikmati keindahan alam di sekitar Umbul Cokro ini pun bisa banget. Caranya ialah dengan memanfaatkan fasilitas hotel atau penginapan yang terdapat di kawasan Umbul Cokro.

Umbul Cokro merupakan salah satu tempat rekreasi yang cukup laris di Klaten. Pengunjungnya berasal dari berbagai penjuru daerah. Oleh sebab itu, pihak pengelola telah menyiapkan lahan parkir yang cukup luas guna menampung kendaraan para pewisata mulai dari motor, mobil dan bus pariwisata.

Wahana

1. Omac Miracle Garden

Foto by instagram.com/ramastaloka_/

Umbul Cokro memiliki banyak wahana permainan air yang sangat asyik untuk dijajal. Pertama ada Omac Miracle Garden, sesuai dengan namanya bahwa tempat ini adalah sebuah taman. Keberadaannya menjadi pelengkap kesempuranaan cantiknya alam Umbul Cokro.

2. Waterboom Cokro Tulung

Foto by instagram.com/fajar_assidik/

Waterboom Cokro Tulung adalah salah satu bagian dari Umbul Cokro yang menjadi tempat favorit anak-anak untuk berenang. Layaknya seperti waterboom pada umumnya, tempat ini juga dilengkapi oleh banyak wahana.

Salah satu pembeda Waterboom Cokro Tulung dari yang lain adalah disini airnya berasal dari sumber mata air alami, sehingga tidak ada campuran bahan kimia didalamnya alias tanpa kaporit.

3. Water Slide

Water Slide identik sekali dengan permainan air dan itulah yang akan kamu temukan juga di Umbul Cokro ini. Waterslide ini merupakan salah satu wahana yang ada di Waterboom Cokro Tulung. Kamu bisa menikmati aneka selucuran yang beraneka ragam dengan ketinggian berbeda-beda.

BacaJuga:  Baby Margaretha dan Irfan Hakim Sudah Pernah Ke Umbul Ponggok Klaten, Kamu Kapan?

4. Snorkeling

Kejernihan air di Umbul  Cokro ini memang tidak ada duanya, itulah mengapa banyak orang senang melakoni aktivitas snorkeling disini. Area bawah kolam Umbul Cokro ini memang sebening kaca. Nggak percaya? Kamu bisa buktikan sendiri nanti!

5. River Tubing

Kalau kamu punya nyali lebih, cobalah untuk menjajal wahana River Tubing ini. Aktivitas ini agaknya mampu memicu adrenalinmu dimana kamu bakalan diajak menyusuri dan menantang arus sungai. Kegiatan ini bisa jadi pengalaman yang seru dan asyik, bukan?

6. Rafting

Foto by instagram.com/erlin_effend/

Ingin mencoba wahana yang lebih menantang? Sepertinya kamu harus mencoba rafting di Wisata Mata Air Cokro Umbul Ingas ini yang mempunyai panjang lintasan sekitar 3,5 kilometer. Rafting kali ini akan lebih seru karena medan yang akan kamu lalui juga tidak mudah.

7. Bungy Jumping

Sulit rasanya menghindari wahana menatang disini, salah satunya yaitu dengan menjajal Bungy Jumping. Kamu pasti tau dong bungy jumping itu apa? Yap, Bungy Jumping adalah aktivitas terjun dari atas jembatan hanya dengan menggunakan seutas tali saja. Wahana ini pastinya bakal lebih membuat jantungmu berdebar hebat.

8. ATV & Mini Trail

Kalau wahana satu ini paling seru untuk anak-anak nih. Kamu bisa mengajak si kecil untuk menunggangi ATV ataupun Mini Trail. Tujuan dari adanya wahana ini adalah untuk melatih sensor motorik anak.

9. Kolam Mandi Bola

Wahana berikutnya yang khusus dibuat untuk anak-anak adalah kolam mandi bola. Dengan menikmati wahana ini akan membuat si buah hati semakin ceria dan sepertinya bakal enggan untuk pulang.

10. Outbond

Wahana berikutnya yang nggak kalah seru untuk dicoba adalah outbond. Kalau wahana ini bisa dinikmati untuk semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa. Permainan outbondnya pun cukup asyik dan seru.

BacaJuga:  7 Tempat Ngabuburit di Klaten Yang Ramai dan Asyik

Pesona Umbul Cokro

Foto by instagram.com/sabri.paulipu/

Bukan rahasia lagi kalau Umbul Cokro merupakan salah satu umbul unggulan yang ada di Klaten. Hal itu disebabkan karena Umbul Cokro adalah satu-satunya objek wisata umbul di Klaten yang memiliki wahana permainan cukup banyak dan airnya sangat alami, jernih dan segar.

Sebelum dikenal luas di sosial media, Umbul Cokro hanyalah sebuah objek wisata yang cuman dinikmati oleh wisatawan lokal. Kini, Umbul Cokro mampu menjelma sebagai objek wisata yang dikenal oleh semua wisatawan dari berbagai penjuru kota khususnya Jogja dan Jawa Tengah.

Foto by instagram.com/ catatanflashpacker/

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata mata air cokro ialah pohon-pohon besar di sekelilingnya mampu menghadirkan kesan teduh dan sejuk. Siapa saja yang plesiran kesini seketika rasanya semua beban serasa runtuh, pas banget pokoknya deh buat refreshing.

Tak hanya menawarkan suasana alam dan kejernihan air saja, wana wisata ini juga menyuguhkan banyak sekali spot foto yang pastinya sangat instagramable banget. Itulah mengapa mayoritas pengunjung disini adalah kaum milenials.

Foto by instagram.com/johanijone/

Salah satu keunikan yang terjadi di objek wisata ini berlangsung ketika menjelang momen bulan ramadhan. Dimana Umbul Cokro ini adalah tempat dimana dilangsungkannya tradisi Padusan. Tradisi Padusan adalah sebuah ritual membersihkan diri sehari sebelum menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Saat itu biasanya banyak warga berbondong-bondong datang ke Umbul Cokro untuk berendam di dalam air jernih. Sebelum tradisi ini dilakukan, biasanya akan ada pertunjukan tradisional yaitu berupa pagelaran tari Tirta Suci dan Wayang.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.