Umbul Ponggok Ramai? Ke Umbul Kapilaler Saja

Diposting pada

Lokasi: Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten Regency Central Java 57474
Map: Klik Disini
HTM: Rp.6.000 per Orang
Buka Tutup: Senin-Minggu (07.00-17.00 WIB)
Telepon: 0812-2654-661

foto by jalanwisata.id

Klaten merupakan kota di Jawa Tengah yang menyimpan sejuta keindahan alamnya. Kita bisa menemukan berbagai tempat wisata yang bisa dijadikan destinasi ketika liburan. Umbul Kapilaler menjadi bagian dari tempat wisata yang patut untuk dikunjungi.

Informasi Umum

Umbul Kapilaler sudah menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun berasal dari luar kota. Tempat ini memiliki pemandangan begitu indah hingga mampu memberikan sensasi berbeda dari tempat yang lain.

foto by instagram.com/denokdaily/

Pesona keindahannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang berkunjung. Bagi Anda yang tinggal di Klaten, wajib untuk mendatangi tempat wisata mempesona ini. Anda harus menyaksikan keindahan luar biasa dari wisata air ini.

Jadi, ketika hari libur datang, tidak usah bingung untuk mencari destinasi wisata karena umbul Kapilaler dapat menjadi pilihan  tepat. Anda bisa menandai hari libur nasional terlebih dahulu untuk merencanakan waktu liburan lebih menyenangkan.

foto by instagram.com/alexboy_o/

Rute Menuju Lokasi

Umbul Sigedang Kapilaler memiliki letak di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Lokasi umbul cukup strategis jadi kita akan mudah menemukannya.

Anda cukup berjalan ke arah barat dari jalan raya utama Solo – Yogyakarta sekitar 6 km. Jika Anda berjalan dari arah barat, gunakan rute Boyolali – Tulung – Ponggok.

BacaJuga:  Lihat! Betapa Cantiknya Destinasi Wisata Malam Hari Yang Ada di Klaten Ini
foto by youtube.com

Rute dari arah utara juga bisa dipilih, yaitu rute Botolali – Janti – Cokro – Ponggok. Sedangkan dari arah timur, rute Solo – Delanggu – Ponggok dan yang terakhir dari arah selatan, Anda bisa melewati rute Yogyakarta – Klaten – Karanganom – Ponggok.

Apabila Anda masih bingung dengan rute ini, gunakan saja google maps yang akan memberikan petunjuk arah lebih jelas dan detail.

Daya Tarik

Umbul Kapilaler memiliki pemandangan menakjubkan dan air yang jernih. Berenang tidak melulu di kolam renang jadi Anda bisa memilih tempat ini sebagai tempat untuk merenang. Banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini, baik wisatawan lokal maupun dari luar kota.

foto by instagram.com/indoflashlight/

Konon, umbul Kapilaler ini dulunya merupakan tempat pemandian putri dan hingga sekarang masih digunakan oleh masyarakat setempat untuk mandi. Bagian dasar dari kolam adalah batu dan tanah, seperti kebanyakan umbul di Klaten.

Menariknya, umbul Kapilaler berada tidak jauh dari sumber mata air Sigedang yang bisa digunakan sebagai air minum.

foto by instagram.com/kabarklaten/

Meskipun lokasi umbul Kapilaler tidak begitu luas, tapi cukup memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Suasana rindang dan asri bisa Anda dapatkan karena banyaknya pepohonan rimbun beringin dengan batuan di tepinya. Udaranya sangat sejuk dan segar.

Suasana ini akan membuat Anda betah berlama-lama di umbul Kapilaler. Terlebih dengan biaya masuk yang begitu bersahabat, yakni Rp 3.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati kesegaran berenang di umbul Kapilaler.

Aktivitas

Berenang menjadi aktivitas utama yang bisa dilakukan di umbul ini. Kejernihan airnya dapat membuat tubuh kita lebih segar karena air ini berasal dari sumber mata air alami sehingga bebas dari bahan kimia yang berbahaya untuk kulit, bahkan kita bisa meminum air yang masih segar ini.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Klaten Harga Murah 2019

Anda bisa menyiapkan pelampung atau peralatan berenang lainnya, seperti kaca mata renang, shampo, sabun, dan lain sebagainya. Meskipun di sana ada yang jual kebutuhan untuk bilas atau mandi, tapi sebaiknya Anda menyiapkan sendiri agar lebih hemat.

foto by instagram.com/virgiawan_bayu_aji/

Anda bisa memanfaatkan keindahan alam di umbul Kapilaler untuk berswafoto. Pemandangan yang alami akan membuat foto Anda terlihat unik dan berbeda. Bahkan, Anda bisa mengabadikan momen ketika berada di bawah air yang terlihat begitu jernih.

Jika Anda selesai berenang, Anda masih bisa menikmati pemandangan dengan duduk bersantai di bawah pohon rindang. Cemilan dan minuman akan menjadi pendamping yang nikmat. Di pinggir umbul Kapilaler Anda akan menemukan beberapa warung yang menyediakan berbagai jajanan.

Dengan duduk bersantai di bawah pohon saja sudah dapat memberikan suasana yang menyenangkan, terlebih jika Anda menghabiskan waktu liburan di umbul ini bersama orang-orang terkasih.

foto by instagram.com/indonesiantraveler_/

Fasilitas Yang Ada

Fasilitas umum di tempat wisata turut berpengaruh pada kenyamanan para pengunjung. Umbul Kapilaler terhitung cukup dalam menyediakan fasilitas umum yang berguna untuk memperlancar kegiatan di tempat wisata ini.

Sesampainya di area umbul Kapilaler, Anda tidak perlu bingung untuk mencari area parkir karena tersedia area cukup luas. Selain itu, ada tukang parkir yang akan membantu atau mengarahkan Anda dalam mendapatkan tempat parkir untuk motor atau mobil Anda.

Fasilitas lain yang penting dalam wisata air adalah kamar mandi dan ruang ganti. Umbul Kapilaler juga menyediakan fasilitas tersebut dan merawatnya dengan baik sehingga kebersihannya terjaga.

foto by instagram.com/kabarklaten/

Bagi Anda yang ingin berlama-lama di tempat wisata ini, tidak perlu takut ketinggalan waktu sholat karena terdapat mushola sebagai tempat sholat. Anda masih bisa menunaikan ibadah dengan tenang dan nyaman di mushola ini.

BacaJuga:  10 Penginapan Murah di Klaten Mulai Rp.40.000, Dekat Stasiun dan Pusat Kota

Tempat beristirahat juga tersedia bagi Anda yang tidak berenang atau ingin sekedar bersantai setelah berenang. Sambil mencicipi jajanan atau masakan di warung Kapilaler. Banyak menu makanan atau jajanan ringan yanng bisa Anda pilih untuk mengganjal perut.

Meskipun berada di lokasi agak masuk perdesaan, tapi tidak perlu khawatir untuk masalah jaringan ponsel. Area ini sudah tercover jaringan ponsel jadi tidak ada yang namanya tidak ada sinyal di tempat ini. Jadi, Anda bisa langsung memposting foto ketik berlibur di umbul Kapilaler.

foto by instagram.com/wonderfulsoloraya/

Pengalaman berlibur di Umbul Kapilaler akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, terlebih jika kita bersama orang terkasih, seperti keluarga, teman atau pasangan. Keindahan dan fasilitas yang terjaga membuat kita merasa nyaman untuk berlibur dan menghabiskan waktu di tempat ini.

Jadi, ketika Anda bingung mencari tempat wisata ketika liburan, tidak ada salahnya kembali lagi ke tempat wisata ini. Setelah satu kali datang berkunjung, pasti Anda ingin menikmati waktu lebih lama lagi di tempat wisata menakjubkan ini.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Umbul Ponggok Ramai? Ke Umbul Kapilaler Saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.