Explore Klaten, Berenang Santuy di Umbul Pelem Bisa Mengusir Lelah dan Penat

Diposting pada
Foto by instagram.com/alfian_nbx25/

Alamat: Jalan Tegalgondo-Janti, Dukuh, Wunut, Tulung, Klaten, Jawa Tengah 57474
Map: KlikDisini
Jam Buka: 05.00-17.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp:
WhatsApp:

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Foto by instagram.com/putra_oktavianto/

Umbul Pelem adalah objek wisata air di Klaten yang baru dibuka sejak tahun 2018. Meskipun tergolong baru, tetapi pengunjungnya cukup banyak bahkan bukan berasal dari dalam daerah saja tetapi luar Kota Klaten juga.

Sebelumnya kamu pasti sudah mengenal atau sering wara-wiri mendengar kalau Klaten memiliki banyak umbul atau mata air yang dijadikan sebagai objek wisata beberapa diantaranya seperti Umbul Ponggok, Umbul Manten, Umbul Brintik dan lainya.

Semua umbul yang ada di Klaten bisa dibilang tiket masuknya murah dan terjangkau, begitu pula dengan Umbul Pelem. Pengunjung bisa menikmati segarnya air Umbul Pelem ini hanya dengan membayar uang sebesar 5ribu saja.

Jika datang menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu akan dikenai karcis parkir yang mana untuk motor biayanya 3ribu dan mobil 5ribu. Jadi, modal untuk bertamasya ke Umbul Pelem tidaklah mahal, bukan?

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/muhagustianto/

Jalan menuju lokasi objek wisata Umbul Pelem ini pun cukup mudah, kamu bisa menjangkaunya menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Jika kamu berasal dari Solo ataupun Yogyakarta dan tertarik untuk plesiran ke Umbul Pelem menggunakan kendaraan pribadi maka arahkanlah kendaraanmu menuju persimpangan tiga Pasar Tegalgondo.

Jika kamu dari arah Solo maka lokasi persimpangannya ada di sebelah kananmu setelah kurang lebih 550 meter melewati tugu selamat datang Kabupaten Klaten.

Namun bila kamu datang dari Yogyakarta maka letak persimpangan tiga Pasar Tegalgondo ada di sebelah kirimu, jaraknya sekitar 900 meter sesudah perempatan Pakis.

BacaJuga:  Selain Umbul Ponggok dan Prambanan, Ini 23 Objek Wisata Hits di Klaten

Dari arah pertigaan tersebut, beloklah ke arah barat dan ikutilah Jl. Tegalgondo-Jati sejauh 6,5 kilometer menuju objek wisata Umbul Pelem. Setelah itu kamu akan tiba di persimpangan tiga Janti, tidak jauh dari pertigaan ada gapura selamat datang Desa Wunut.

Setelah memasuki Desa Wunut kamu akan menemukan Umbul Pelem di sebelah kiri jalan yang mana lokasinya berada setelah Umbul Manten.

Fasilitas

Foto by instagram.com/hasonsuseno/

Sama halnya seperti umbul-umbul pada umumnya, Umbul Pelem juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang mampu membuat para pengunjung tetap merasa nyaman.

Sederet fasilitas yang dimiliki oleh Umbul Pelem salah satu diantaranya ada area parkir luas. Dengan adanya area parkir yang luas kamu tidak perlu khawatir dimana akan memarkirkan kendaraanmu.

Saat akhir pekan tempat ini selalu dipenuhi oleh pengunjung, sehingga pewisata yang datang pun akan membludak. Tapi tidak perlu risau, meskipun ramai kamu nggak akan kehabisan tempat parkir deh.

Foto by instagram.com/putra_oktavianto/

Di sisi lain, untuk menunjang kenyamanan para pengunjung pihak pengelola umbul juga meyediakan area untuk bersantai dan menunggu berupa gazebo. Fasilitas ini mungkin sangat berguna untuk dijadikan sebagai tempat berteduh sambil beristirahat.

Mau mandi, bilas dan ganti baju sebelum/seusai berenang? Tenang, wisata ini sudah dilengkapi dengan kamar mandi & bilas yang cukup memadai. Setidaknya jumlahnya cukup banyak sehingga tidak akan menimbulkan antrean panjang.

Foto by instagram.com/ridwanonelis/

Pengen isi tenaga sebelum/setelah berenang? Mugkin kamu bisa manfaatkan fasilitas warung makan yang ada di sekitar area Umbul Pelem. Disana ada banyak makanan dan minuman yang dijajakan dengan harga murah, contohnya seperti gorengan, ketupat, pecel, soto dan lainnya.

Tak hanya itu saja, untuk lebih memudahkan para pengunjung untuk menjalankan kewajiban ibadah shalat lima waktu, pengelola Umbul Pelem pun menyediakan mushola. Meskipun spacenya tidak terlalu besar, tapi ruangannya cukup nyaman, bersih dan terawat.

BacaJuga:  6 Hal Menarik yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Menikmati Umbul Ponggok Klaten

Nah buat kamu yang nggak bisa berenang, disini ada penyewaan ban dan pelampung juga, lho. Jadi, kamu bisa tetap enjoy menikmati sensasi berenang di tengah persawahan tanpa harus takut tenggelam.

Tentang Umbul Pelem

Foto by instagram.com/_bennyy7/

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya mengapa objek wisata ini dinamai Umbul Pelem, bukan? Salah satu alasan mengapa objek wisata ini diberikan nama Umbul Pelem yakni karena mata airnya keluar melalui area bawah pohon mangga yang berada di sekitar umbul.

Perlu kamu ketahui, sebelum menjadi umbul yang indah dan tertata seperti sekarang ini, dulunya kawasan ini hanyalah sebuah kolam kecil yang di sekelilingnya persawahan sayur selada.

Karena melihat ada potensi pariwisata disini, kemudian pihak pemerintah setempat memberikan dana kepada Desa Wunut ini untuk membangun objek wisata yang sekarang dinamai Umbul Pelem.

Foto by instagram.com/heriawan86/

Umbul Pelem sendiri memiliki 4 kolam, 3 diantaranya bernuansa tradisional dimana lantai dasarnya masih dibiarkan berpasir dan berbatu. Sedangkan 1 kolam lainnya  dibuat lebih modern yaitu menggunakan keramik.

Masing-maisng kolam memiliki tingkat kedalaman yang bervariasi. Untuk kolam anak kedalamannya sekitar 50 centimeter. Sedangkan untuk kolam orang dewasanya memiliki kedalaman mencapai 170-200 centimeter.

Sampai dengan saat ini pihak desa masih tersu akan mengelola wana wisata Umbul Pelem ini agar menjadi lebih baik lagi. Hal itu tentu bergantung juga dengan anggaran yang dimiliki oleh desa.

Rencananya masih ada pembangunan wahana lain yang akan segera dirampungkan beberapa diantaranya yaitu taman berpasir, flying fox, serta rafting buatan untuk mengelilingi kebun cenil nantinya.

Pesona Umbul Pelem

Foto by instagram.com/pemuda_klaten/

Dari sebelum memasuki kawasan Umbul Pelem ini pasti kamu sudah bisa merasakan kalau objek wisata ini memiliki keistimewaan yang mungkin tidak bisa ditemukan ditempat lain.

Umbul Pelem adalah salah satu objek wisata yang bukan hanya menawarkan tempat untuk berenang saja, namun disini kamu pun bisa menikmati suasana persawahan hijau sejuk yang ditanduri dengan tanaman cenil atau selada air.

BacaJuga:  Coba Sensasi Berenang dan Berendam di Umbul Sigedang Klaten

Dengan adanya tanaman cenil ini membuat suasana di sekitar Umbul Pelem menjadi lebih teduh dan asri. Inilah salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh Umbul Pelem, dimana mampu membuat para pengunjung menjadi lebih betah dan tak ingin cepat-cepat pulang.

Selain tanaman cenil, disini kamu pun akan disuguhkan juga oleh biota air ikan-ikan kecil mendiami kolam batu alam yang bisa ditemukan di sisi lain Umbul Pelem. Kolam batu alam ini cukup dangkal sehingga aman untuk bermain anak-anak.

Salah satu rahasia yang membuat air kolam di Umbul Pelem ini selalu jernih dan bersih ialah karena aliran sumber airnya dipagari oleh kayu-kayu. Dengan begitu tidak ada pengunjung yang bisa berenang di sumber mata air Umbul Pelem ini.

Foto by instagram.com/angga_purenda/

Beberapa kolam yang ada di Umbul Pelem ini kondisinya masih dibiarkan alam dimana bagian dasar kolamnya bukanlah ubin melainkan masih batu dan pasir.

Hal menarik tersebut ternyata bisa dimanfaatkan oleh para milenials sebagai salah satu spot foto underwater yang hasilnya akan terlihat sangat cantik dan epic. Tapi tidak perlu khawatir, meskipun dasarnya dibiarkan alami, tapi airnya akan selalu terjaga kebersihan dan kejernihannya lho.

Jadi gimana? Sederetan potret yang kami berikan diatas cukup mampu membuatmu ingin buru-buru berkunjung ke Klaten guna berenang dan berendam di Kolam Umbul Pelem ini kan? Kalau gitu, boyong juga semua orang-orang terdekatmu mulai dari keluarga, sahabat dan pasanganmu.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.