Mau Makan, Bermain Atau Berenang Dalam Satu Lokasi? Kunjungi Umbul Sidomukti Semarang

Posted on
Mau Makan, Bermain Atau Berenang Dalam Satu Lokasi? Kunjungi Umbul Sidomukti Semarang
Rate this post
Waah ada yang baru lagi nih di Umbul Sidomukti, lokasinya di area Taman kelinci Pondok Panorama. Disini kalian bisa foto-foto bareng kelinci dan bisa juga memberi makan Kelincinya. Dijamin seru banget. Yukkk yang penasaran bisa langsung cuss, foto by @umbul.sidomukti

Lokasi: Desa Sidomukti – Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661
Map: Klik Disini
Jam Buka-Tutup:
08.00-24.00 WIB
HTM: Rp.5.000/Orang
Telepon:
(0298) 7137009-10 (Call Only)

Ternyata ada sebuah wisata alam yang sangat menarik di daerah Semarang yang menyajikan berbagai wahana hiburan bagi para wisatawan.

Wisata alam tersebut bernama Umbul Sidomukti yang berada di kaki gunung Ungaran, tepatnya di daerah Bandungan Jawa Tengah. Lokasi tempat wisata Umbul Sidomukti berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut sehingga udaranya sangat dingin dan menyejukkan.

Tempat wisata Umbul Sidomukti diresmikan pada tanggal 2 Agustus 2007 oleh wakil Bupati Semarang yang menjabat pada waktu itu Ibu Hj Siti Ambar Fathonah.

Selanjutnya tempat wisata ini mulai berkembang dengan ramainya kawasan Bandungan. Umbul Sidomukti semakin dikenal hingga populer seperti sekarang dan bisa dilihat melalui peta yang ada di Google map sebagai denah petunjuk.

Alamat tempat wisata ini berada di Desa Sidomukti – Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jarak ke tempat wisata Umbul Sidomukti dari kota Semarang sekitar 23 kilometer dan bisa ditempuh selama 1 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Pada tahun kemarin, perjalanan sudah lancar karena jalan menuju Bandungan sudah ditinggikan dengan beton cor sehingga jalan sudah halus dan tidak berlubang.

Perjalanan akan terasa lancar hingga mencapai Pasar Jimbaran karena akses jalan sudah diperbaiki. Setelah melewati pasar tersebut, jalanan akan semakin menyempit hingga sampai ke lokasi tempat wisata.

Lokasi wisata Umbul Sidomukti juga dekat dengan wisata Curug Tujuh Bidadari yang terkenal dengan cerita angker dan penuh dengan sejarah masa lalu.

Memasuki kawasan wisata Umbul Sidomukti, para wisatawan akan disambut dengan tempat parkir yang ada di kanan jalan bagi para tamu yang ingin menginap di Pondok Wisata.

Para pengunjung bisa meneruskan perjalanan untuk menuju tempat parkir umum ke arah barat laut. Selanjutnya meneruskan perjalanan dengan jalan kaki menuju wahana wisata Taman Renang Alam dan wisata Out Bound ke arah timur.

Kolam Renang, Foto: piknikasik.com

Untuk masuk ke Taman Renang Alam, para pengunjung perlu membeli tiket seharga Rp.10.000 dan mencoba mandi di air jernih yang bersumber dari mata air langsung.

Selain itu, air kolam sangat dingin karena berada di pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1000 meter.

Wahana wisata ini menyediakan 3 kolam yang bertingkat, kolam dewasa memiliki kedalaman 1,5 meter, sedangkan untuk kolam anak-anak memiliki kedalaman sekitar 30 cm.

Bentuk kolam memang unik karena pinggir kolam menggunakan batu-batuan yang tertata sehingga menyerupai mangkok dan tidak berbentuk kotak.

Dari kolam tersebut, para pengunjung sembari mandi bisa melihat pemandangan pegunungan yang dipenuhi dengan pepohonan hijau serta terdapat awan yang menutupi sebagian area hutan.

Dari kolam paling atas, ada air mancur yang menyembur dari dasar kolam setinggi 1,5 meter sehingga menambah keindahan.

Terbang melayang, hilangkan semua penat, refresh kembali pikiran di Taman Renang Alam, gambar by @jawanessee

Pemandian di Umbul Sidomukti terhitung sebagai kolam renang yang tertinggi di Indonesia dan bahkan di Asia.

Inilah salah satu sensasi di Umbul Sidomukti dengan merasakan mandi di kolam yang paling tinggi dan tentu saja area kolam sangat indah dan bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar dengan kamera.

Semua pemandangan yang ada di kawasan kolam renang ini sangat Instagramable.

Fasilitas yang terdapat dalam kolam antara lain gazebo-gazebo yang ada di samping kanan kolam renang. Para pengunjung bisa duduk santai di gazebo dan menikmati alam pegunungan kawasan Bandungan.

Fasilitas lainnya adalah rumah makan yang memiliki dua lantai dan para pengunjung bisa menikmati hidangan sesuai selera. Rumah makan ini menyediakan menu makanan biasa, seperti soto, bakso, mie ayam, sosis, kwietau goreng, nasi pecel dan lainnya.

Sedangkan menu makanan ringannya seperti, kentang, singkong, sosis goreng, nugget, tahu serasi dan lainnya. Sedangkan menu minumannya banyak sekali, ada teh panas, es teh, kopi, jeruk, lemon, susu, coklat dan lainnya.

Wisata Outbound

Dari kolam renang, para pengunjung bisa menuruni tebing menuju Taman Berani sebagai wahana wisata outbound untuk melatih keberanian anak-anak.

Taman berani memiliki permainan gardu tinggi yang bisa dipanjat anak-anak melalui alat panjat yang terbuat dari bambu dan tali.

Untuk mencoba Taman Berani, para pengunjung harus membeli tiket dengan harga Rp.10 ribu saja dan bisa membuat anak-anak menjadi senang dan bisa bermain sepuasnya.

Ketika berada di atas gardu, anak-anak bisa melihat pemandangan alam di sekitar tempat wisata dengan pepohonan hijau serta meningkatkan rasa cinta anak-anak kepada keindahan alam.

Anak-anak juga bisa bertemu dan bermain dengan anak lainnya yang sama-sama berada di sana.

Setelah puas, para pengunjung bisa naik lagi untuk mencoba wahana wisata Adrenalin Games sebagai wahana wisata outbound yang ekstrem.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, para pengunjung bisa mencoba permainan Flying Fox, Jembatan Tali serta Flying Fox Segitiga. Harga tiket setiap permainan berbeda-beda, dan tentunya semakin ekstrem juga akan semakin mahal.

Selain bisa berenang, kalian juga bisa bermain wahana pacu adrenalin lho. Nah ini salah satunya Triangel. Triangel ini wahana pacu yang paling menantang banget, karena kalian akan melewati 3 jembatan yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan berbeda. Nah yang penasaran bisa langsung coba ya, photo by @umbul.sidomukti

Permainan yang paling diminati para pengunjung adalah Flying Fox Lembah yang akan mengantarkan pengunjung meluncur dari ketinggian 70 meter.

Para pengunjung akan merasakan sensasi meluncur dari atas pegunungan sepanjang 110 meter sampai gardu akhir. Untuk bisa menikmati permainan Flying Fox Lembah ini, para pengunjung perlu membeli tiket seharga Rp.18.000 saja.

BacaJuga:  10 Gambar Eling Bening Ambarawa, Harga Tiket Masuk, Rute Jalur Menuju Lokasi + Jam Buka

Yang paling mengasyikkan dari permainan ini adalah meluncur sambil berteriak sekencang-kencangnya dari atas pegunungan yang tinggi.

Setiap pengunjung akan diberikan alat pengaman berupa helm, tali yang mengikat pinggang dan betis serta guide yang akan memandu dari tempat peluncuran serta guide yang akan melakukan pengereman di gardu akhir.

Jika ingin lebih puas, bisa mencoba Flying Fox Terusan, untuk meluncur dari gardu yang lebih menantang lagi dari ketinggian 110 meter.

Para pengunjung bisa merasakan peluncuran selama 2 kali dari gardu ketinggian 110 meter dan ketinggian 70 meter. Banyak para pengunjung yang mencoba Flying Fox ini bersama temannya atau didampingi seorang guide.

Peluncuran pertama dengan jarak sejauh 160 meter dan peluncuran kedua dengan jarak 110 meter. Bagi pengujung yang menyukai tantangan pasti akan mencoba Flying Fox terusan ini sehingga lebih puas dan tentunya lebih memacu adrenalin.

Untuk bisa merasakan wahana wisata ini, para pengunjung perlu membayar tiket sebesar Rp.35.000.

Wahana outbound lainnya yang perlu dicoba adalah Marine Bridge yaitu jembatan yang terbuat dari tali seperti yang bisa dilakukan latihan tentara Indonesia. Para pengunjung akan meniti jembatan tali dari atas ketinggian 30 meter dengan jarak 50 meter sampai gardu akhir.

Rute perjalanan adalah menyeberangi dua bukit dan tentunya bisa membuat bulu kuduk jadi merinding. Agar bisa merasakan jembatan tali ini, para pengunjung bisa membayar tiket sebesar Rp.15.000.

Marine Bridge, Foto: trivindo.com

Ada juga wahana outbound lainnya yaitu Highest Triangle yang berupa jembatan yang terbuat dari tali dan ada pula jembatan kayu kecil seukuran telapak kaki.

Pada jembatan ini terdapat tiga gardu sehingga bentuk jembatan menjadi segitiga dan setiap jembatan memiliki tingkat kesulitan masing-masing untuk dilewati. Pihak pengelola memberikan tarif harga sebesar Rp.40.000.

Masih ada satu lagi permainan menantang yang perlu dicoba yaitu mengendarai motor ATV dengan jalur naik turun serta lumpur dan berbatu.

Motor dengan roda empat ini salah satu jenis kendaraan ekstrem untuk melewati trek yang sulit. Sendasi mengendarai motor ATV adalah sulitnya mengendalikan motor ini ketika melewati jalan yang terjal serta melewati tanjakan.

picture by @aditya1905

Selain itu, jalur yang dilewati berada di tengah pegunungan sehingga kadang kala harus bertahan untuk menghindari agar tidak sampai jatuh ke jurang. Rute yang harus dilewati berupa jalur yang memutari area bukit wisata Umbul Sidomukti.

Pihak pengelola memberikan tarif harga sewa sebesar Rp.25.000 pada hari-hari biasa dan tarif Rp.30.000 pada saat akhir pekan dengan mengendarai selama tiga kali putaran.

Pada area outbound ini, pihak pengelola juga menyediakan Camping Ground bagi pengunjung yang ingin menginap di ruang terbuka.

Para pengunjung bisa merasakan bermalam dibawah tenda yang rada diatas bukit dengan latar belakang hutan dan pegunungan. Tarif sewa yang perlu dibayar sebesar Rp.18.000 per orang.

Pengelola juga menyewakan tenda dome kapasitas 3 orang dengan harga sebesar Rp.45.000. Sedangkan harga sewa untuk matras sebesar Rp.5000 dan harga sewa sleeping bag sebesar Rp.8000 per orang.

Camping Ground, foto by ragentar.com

Para pengunjung yang akan melakukan camping secara rombongan harus memiliki surat izin dari sebuah organisasi dan akan menolak jika tidak memiliki surat izin yang resmi.

Denah Area Camp Wisata Taman Renang Alam Umbul Sidomukti, foto by @ragentar_outbound

Ada satu lagi permainan yang mengasyikkan, yaitu menunggang kuda berkeliling di area outbound ini dengan dipandu seorang guide.

Para pengunjung bisa merasakan bagaimana menunggang kuda dengan membayar harga sewa sebesar Rp.50.000 dan berkendara selama 30 menit.

Naik Kuda, photo by hellosemarang.com

Wahana yang tidak kalah ekstrem adalah Paralayang yang mengajak para pengunjung untuk terbang di udara dan menikmati pemandangan kawasan wisata Sidomukti dari angkasa.

Para pengunjung yang ingin mencoba wahana Paralayang harus mendaftar di Pondok Lesehan Ikan Bakar dan membayar tarif harga sebesar Rp.350 ribu dengan durasi terbang selama 15 menit.

Setelah mendaftar, pengunjung akan diantarkan menggunakan motor ke tempat untuk memulai penerbangan, yaitu di kaki gunung Ungaran.

Pihak pengelola juga menyewakan kamera GoPro dengan tarif sewa sebesar Rp.50ribu dan pengunjung hanya perlu menyiapkan flash disk saja sebagai alat penyimpanan video.

Paralayang, gambar by youtu.be/5XTZLFAMacI

Bagi para pengunjung yang memiliki hobi bersepeda ekstrem juga bisa mencoba menguji kemampuan di kawasan wisata Umbul Sakti.

Pihak pengelola juga menyediakan jalur downhill yang bisa digunakan para bikers sebagai tantangan baru dengan jalur terjal dan naik turun di sekitar jurang dan masuk hutan. Lokasi jalur downhill dimulai dari lereng gunung Ungaran melintasi kawasan Homestay Pinus.

Kejurnas Downhill, image by youtu.be/TznDtPAt31Q

Wisata Kuliner

Sedangkan urusan kuliner untuk mengisi perut yang lapar, bisa menuju ke Pondok Lesehan Ikan Bakar yang letaknya berada di atas Taman Renang Alam.

Karena berada di daerah pegunungan, rumah makan ini lebih banyak menyediakan menu ikan air tawar dan hanya ada tiga menu ikan laut yaitu udang dan cumi serta kepiting. Sedangkan menu ikan air tawar ada ikan gurame, bawal, nila, lele, belut dan bandeng.

Semua menu makanan ikan, diracik dengan bumbu khas Bandungan menggunakan rempah-rempah yang masih segar agar makanan menjadi lebih lezat.

Menu Makanan di Pondok Lesehan Ikan Bakar, gambar by anjarsundari.com

Bagi para pengunjung yang tidak menyukai makanan jenis ikan, rumah makan ini juga menyediakan menu daging sapi, iga, ayam, jamur, tempe dan tahu. Selain itu ada juga menu cap cay serta tahu serasi sebagai makanan asli dari Bandungan.

Untuk sayurannya, ada berbagai jenis sambal, lalap, sayur asem, terancam, karedok, tumis kangkung, ca brokoli, serta kangkung tauco dan lainnya.

BacaJuga:  10 Gambar Cemoro Kandang, Jalur Wisata Tawangmangu Karanganyar Kabupaten Jawa Tengah

Sedangkan nasi putih, bisa memesan untuk satu keluarga atau rombongan dengan bakul kecil, tanggung, dan besar. Minuman yang disediakan diantaranya berbagai jenis jus buah, kopi, susu dan jeruk panas.

Karena rumah makan ini mengambil konsep lesehan, sehingga tempat makan berada di atas lantai yang agak tinggi dan tidak ada kursinya.

foto by aidasucha.blogspot.com

Pondok Lesehan Ikan Bakar memiliki tempat yang luas dan bisa menampung ratusan pengunjung seta menerima pesanan untuk acara rapat, reuni, arisan dan lainnya. Tempat makan berada di area terbuka sehingga bisa menyantap makanan sambil menikmati pemandangan alam.

Tempat yang disediakan ada yang menggunakan bangunan panjang sehingga bisa dipakai untuk puluhan orang dan ada pula yang berbentuk gazebo untuk keluarga atau bersama teman-teman.

Ada juga padang rumput yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bermain bagi anak-anak serta ada kolam ikan yang terbuka bagi para pengunjung. Dari rumah makan, ada tangga menurun yang bisa digunakan sebagai jalan tembus untuk menuju Taman Renang Alam.

Selain Pondok Lesehan Ikan Bakar, ada juga wisata kuliner yang sangat terkenal yaitu Pondok Kopi yang lokasinya berada di ujung barat tempat wisata Umbul Sidomukti. Cafe yang bernama Pondok Kopi ini menyajikan dari berbagai jenis kopi berkualitas.

Para pengunjung bisa mencoba menu yang ditawarkan di pondok kopi ini agar tidak kecewa nantinya. Tentu saja akan sangat nikmat ketika menyeruput nikmatnya kopi alami berada di daerah pegunungan dan mencoba hidangan makanan kecil dari daerah Bandungan.

Ngopi ditemani sahabat, berbagi cerita pengalaman kisah susah dan senang terasa nyaman dan menenangkan, gambar by @fahmifahimm

Ada kopi hijau dan kopi hitam yang diolah secara langsung sebelum disajikan kepada costumer. Para pengunjung bisa mencoba berbagai jenis kopi sesuai pilihan selera, ada olahan kopi giling dan ada pula olahan kopi roaster atau panggang.

Selain menyajikan berbagai jenis kopi, café ini juga menyediakan hidangan ringan untuk mengisi perut seperti pisang goreng tepung terigu, pisang goreng keju dan coklat, umbi goreng coklat, tape goreng bulat dan lainnya.

Pondok kopi ini sangat terkenal dan banyak wisatawan yang mengunggah videonya melalui Youtube untuk merekomendasikan Pondok Kopi ini karena tempatnya sangat indah.

Banyak sekali video tentang Pondok Kopi yang bisa ditonton melalui Youtube. Para pengunjung tidak akan kecewa karena seluruh lokasinya sangat Instagramable dan bisa menjadi pilihan utama untuk kegiatan selfi.

Konsep Pondok Kopi menggunakan bangunan minimalis yang bernuansa klasik namun bergaya modern. Para pengunjung juga diizinkan untuk melihat berbagai jenis kopi yang ada dalam café ini.

Selain itu juga bisa menyaksikan proses pembuatan kopi karena alat penggiling dan alat panggang kopi berada dalam ruangan kaca agar pengunjung bisa melihat tanpa masuk ke dalam ruangan penggilingan.

Karena berada di tempat yang paling tinggi di kawasan wisata Umbul Sidomukti, maka semua pemandangan alam daerah pegunungan Bandungan bisa terlihat dengan jelas dari café ini.

Tentunya ini adalah kenikmatan yang tidak ada duanya ketika mencicipi kopi hangat yang lezat dengan suguhan pemandangan alam yang menakjubkan.

Jika pegunungan sedang tidak berkabut, sebagian kota Semarang juga bisa terlihat. Sedangkan suasana malam hari di Pondok kopi sangat menakjubkan karena bisa melihat gemerlapnya keindahan lampu di kota Semarang.

Café ini melayani para pengunjung dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam sehingga banyak tamu yang menginap menghabiskan malam di Pondok Kopi ini.

Tempat Penginapan dan Hotel

a. Villa Pondok Kopi

Villa Pondok Kopi, foto by trivindo.com

Pondok Kopi juga menyediakan beberapa villa bagi para pengunjung yang ingin menginap dan merasakan suasana malam di kawasan wisata Umbul Sidomukti.

Ada 5 macam nama villa yang ada di kawasan Pondok Kopi, yaitu Villa Bougenville, Alamanda, Cempaka, Dahlia dan Edelweis.

Untuk villa Bougenville dan Alamanda, bangunannya mengambil konsep minimalis yang bisa digunakan untuk 4 orang dengan bentuk bangunan dilengkapi teras pribadi. Kamar yang ada pada villa menggunakan pintu geser.

Fasilitas yang disediakan berupa sambungan Wifi gratis, welcome drink, mandi air hangat dan dingin dengan 2 toilet lengkap dan 2 kamar mandi. Selain itu, disediakan TV Flat, katel listrik, breakfast dan gratis masuk tempat wisata.

Pihak pengelola memberikan tarif sewa villa sebesar Rp.725.000 untuk hari-hari biasa. Sedangkan pada saat weekend atau hari libur, harga sewa sebesar Rp.900.000.

Di halaman villa terdapat jalan setapak yang terbuat dari batu-batu yang tertata rapi dan menghubungkan jalan menuju villa lainnya serta ke Pondok Kopi.

Sedangkan untuk villa Cempaka, Dahlia dan Edelweis, bentuk bangunnya lebih besar serta memiliki ruang tamu dan teras pribadi. Villa ini bisa digunakan untuk 4 orang dengan 1 tempat tidur double pada kamar utama dan hanya 1 tempat tidur single pada kamar lainnya.

Fasilitas yang disediakan berupa sambungan Wifi gratis, welcome drink, mandi air hangat dan dingin serta 2 toilet lengkap dan 2 kamar mandi.

Disediakan pula katel elektrik, TV Flat, breakfast, serta gratis masuk tempat wisata. Harga sewa yang ditawarkan sebesar Rp.800.000 pada hari-hari biasa dan Rp. 1.250.000 pada saat weekend atau hari libur.

Bentuk bangunan memang sangat klasik dengan menggunakan batu-batuan yang ditata rapi pada dinding dan tiang yang ada di teras. Lantai villa juga menggunakan batu-batuan sehingga suasana ruangan dalam villa sangat asri dan nyaman.

Teras villa sangat luas dan memiliki halaman dengan berbagai tumbuhan seperti pohon cemara besar dan kecil. Dikawasan Villa Pondok Kopi ini juga menyediakan fasilitas gedung meeting room yang bisa digunakan para pengusaha ataupun staff kantor.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Taman Ria Balekambang Tawangmangu, New Lokasi Wisata + Alamat Outbound Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah

b. Homestay Pinus

Homestay Pinus, foto by gabohong.blogspot.com

Ada lagi sebuah penginapan yang memiliki konsep rumah pribadi yaitu Homestay Pinus yang berada di sebelah barat Pondok Lesehan Ikan Bakar. Lokasi homestay ini berada di tengah perkebunan sayur sehingga suasana terasa sangat asri.

Homestay ini memiliki bentuk bangunan seperti rumah pribadi khas daerah Bandungan dengan dinding kayu dan pintu serta jendela seperti kebanyakan rumah penduduk setempat.

Homestay Pinus mempunyai 2 kamar tidur, kamar pertama bisa digunakan 6 orang dan kamar kedua bisa digunakan 2 orang.

Fasilitas yang disediakan diantaranya Televisi, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi serta teras pribadi. Tarif harga yang diberikan pengelola sebesar Rp.1.000.000 pada hari-hari biasa, sedangkan untuk weekend sebesar Rp.1.600.000.

c. Pondok Wisata

Pondok Wisata “Family Fun Resort”, Untuk Reservasi Silahkan Hubungi : 0298 7137009-10, pict by @umbul.sidomukti

Lokasi Pondok Wisata berada di kanan jalan pintu masuk tempat wisata Umbul Sidomukti. Rumah penginapan Pondok wisata ini dinamakan Family Fun Resort yang bisa digunakan untuk satu keluarga.

Tempat penginapan ini menyediakan 4 type sehingga pengunjung bisa menentukan pilihannya untuk mengambil type yang sesuai, karena ada type standart, superior, deluxe, dan family.

Untuk type Standart bisa digunakan untuk 4 orang dengan fasilitas 2 tempat tidur, 2 bed double atau 4 bed single.

Fasilitas tambahan diantaranya welcome drink, LED TV, Wifi gratis, sarapan pagi, katel elektrik, mandi air hangat dan dingin serta gratis masuk tempat wisata Umbul Sidomukti serta Pondok Kopi.

Harga yang ditawarkan sebesar Rp.575.000 untuk hari-hari biasa, sedangkan akhir pekan sekitar Rp.700.000.

Sedangkan type Superior juga bisa digunakan untuk 4 orang dengan tempat tidur 2 double bed.

Fasilitas lainnya meliputi welcome drink, TV Flat, Wifi gratis, sarapan pagi, katel elektrik, mandi air hangat dan dingin serta gratis masuk tempat wisata Umbul Sidomukti.

Harga yang ditawarkan sebesar Rp.675.000 untuk hari-hari biasa, sedangkan akhir pekan sekitar Rp.800.000.

Untuk type Deluxe berada di lokasi yang paling dekat Kolam Renang Alam dan jarak se sana cukup dengan berjalan kaki serta bisa melihat pemandangan pegunungan Ungaran.

Dilengkapi dengan fasilitas taman yang ada di pinggir tebing sehingga bisa menikmati pemandangan alam sekitarnya. Ruangan type Deluxe bisa ditempati 4 orang dan memiliki 2 lantai dengan 2 tempat tidur, 1 tempat tidur di lantai bawah dan 1 tempat tidur di lantai atas.

Fasilitas lainnya berupa welcome drink, TV Flat, Wifi gratis, sarapan pagi, katel elektrik, mandi air hangat dan dingin serta gratis masuk tempat wisata Umbul Sidomukti serta Pondok Kopi.

Harga menginap yang ditawarkan sebesar Rp.725.000 untuk hari-hari biasa, sedangkan akhir pekan sekitar Rp.900.000.

Dan yang keempat adalah type Family dengan ruangan yang besar dan bisa digunakan untuk 8 orang sehingga sangat cocok bagi pengunjung skala rombongan.

Type Deluxe dilengkapi dengan taman yang luas di pinggir tebing dan bisa melihat pemandangan alam pegunungan dengan jelas serta cocok sebagai lokasi untuk mengambil foto.

Fasilitas yang diberikan antara lain, welcome drink, TV Flat, Wifi gratis, sarapan pagi, katel elektrik, mandi air panas dan dingin dengan 2 kamar mandi dan 2 toilet, serta gratis masuk tempat wisata Umbul Sidomukti serta Pondok Kopi.

Harga menginap type Family Rp.1.250.000 untuk hari-hari biasa dan Rp.1.600.000 untuk akhir pekan.

Jalan Menuju Wisata

1. Dari Semarang

Bagi pengunjung yang berasal dari Semarang bisa mengambil jalur menuju Ungaran sampai tiba di pom bensin Lemah Abang sebagai tanda akan segera mengubah arah.

Setelah melewati pom bensih Lemah Abang, akan menemui sebuah gapura dengan tulisan Kawasan wisata Candi Gedong Songo di seberang jalan.

Selanjutnya memasuki gerbang tersebut dan melaju untuk mengikuti jalan sampai tiba di Pasar Jimbaran dan memasuki gang yang ada di depan pasar dengan tulisan Wisata Umbul Sidomukti. Kemudian ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di tempat wisata Umbul Sidomukti.

2. Dari Solo dan Klaten

Mengikuti jalan Semarang-Surakarta hingga sampai pada Rumah Sakit Ken Saras sebagai pedoman agar segera memperlambat laju kendaraan.

Selanjutnya akan menemui sebuah gapura dengan tulisan Wisata Candi Gedong Songo dan di sebelah gapura tersebut terdapat sebuah motor yang sudah rusak.

Kemudian bisa memasuki gapura tersebut dan melaju kencang sampai tiba di Pasar Jimbaran dan memasuki gang depan pasar sebagai jalur ke tempat wisata Umbul Sidomukti.

3. Dari Yogyakarta

Pengunjung yang berasal dari Yogyakarta bisa mengambil jalur Jl. Jogja-Ambarawa hingga sampai ke Kota Semarang. Selanjutnya untuk mengikuti papan arah yang menuju Bandungan dan Jimbaran dan akan sampai di gerbang Candi Gedong Songo.

Kemudian memasuki gerbang tersebut hingga sampai di Pasar Jimbaran dan memasuki gang depan pasar sebagai jalur ke tempat wisata Umbul Sidomukti.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.