Coba Sensasi Berenang dan Berendam di Umbul Sigedang Klaten

Diposting pada
Foto by instagram.com/yulianto_wahyu02/

Alamat: Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah 57474
Map: KlikDisini
Jam Buka: 07.00-17.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 0812 2654 661
WhatsApp: 0812 2654 661

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 3.000,-

Foto by instagram.com/zaky_kpi_/

Saat ini keberadaan Umbul Sigedang sedang banyak dielu-elukan oleh wisatawan tak hanya lokal tetapi luar daerah juga.

Setelah sebelumnya Umbul Ponggok menduduki posisi pertama sebagai umbul paling laris dilirik oleh wisatawan, kini Umbul Sigedang pun mampu menyainginya juga.

Meskipun sudah semakin populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, untuk bisa menikmati keseruan berenang dan berendam di Umbul Sigedang pun kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Sebab, setiap pengunjung hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar 5ribu saja. Dengan harga super murah tersebut kamu bisa melakukan banyak aktivitas disini seperti bermain air, berenang, berendam, menyelam, foto-foto.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/reclass.xmm2/

Secara administratif lokasi Umbul Sigedang ini berada di wilayah yang sama dengan Umbul Ponggok. Sehingga untuk bisa menemukan dan menjangkau objek wisata ini pun sangat mudah.

Jika dari Umbul Ponggok kamu hanya perlu jalan lurus sampai menemukan persimpangan tiga Tugu Ikan dan beloklah ke ke kanan. Dari persimpangan lurus terus sampai menemukan gapura besar di kiri jalan, kemudian beloklah masuk.

Dari Gapura sudah banyak papan petunjuk jalan menuju ke Umbul Sigedang, dimana kamu harus memasuki sebuah gang kecil di sebelah kananmu, lurus terus sampai melewati watergong di sebuah dusun, tak butuh waktu lama kamupun tiba di Umbul Sigedang.

Jarak dari Umbul Ponggok menuju Umbul Sigedang kurang lebih cuman 2 kilometer saja dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 5 menit. Sedangkan jika dari pusat kota Klaten jarak tempuhnya yakni 14,6 kilometer dengan estimasi waktu perjalanan 30 menit.

BacaJuga:  10 Penginapan Murah di Klaten Mulai Rp.40.000, Dekat Stasiun dan Pusat Kota

Fasilitas

Foto by instagram.com/suryomulyo6/

Seolah berbanding lurus dengan kepopulerannya, Umbul Sigedang pun juga berusaha agar membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan krasan berkunjung ke objek wisata ini dengan memberikan beberapa fasilitas penunjang.

Setibanya di kawasan Umbul Sigedang ini, tidak perlu khawatir dan bingung dimana kamu harus memarkirkan kendaraanmu, sebab area parkir disini cukup luas dan keamanannya bisa dijamin karena dijaga oleh petugas.

Fasilitas yang tidak boleh sampai ketinggalan dari sebuah wana wisata air adalah toilet, kamar bilas dan ganti. Ketiganya tentu saja bisa kamu temukan di Umbul Sigedang ini.

Foto by instagram.com/faaaab85/

Meskipun dipakai untuk umum, namun kebersihannya cukup terjaga kok dan jumlahnya juga relatif banyak, sehingga kamu tidak perlu berebut atau antre terlalu panjang ketika hendak mandi atau ganti baju.

Buat kamu yang tetap ingin menjalankan kewajiban beribadah meskipun sedang liburan, nggak usah khawatir, karena di Umbul Sigedang sudah dilengkapi dengan fasilitas mushola. Tempat ibadah disini cukup layak, bersih dan nyaman serta dilengkapi juga oleh peralatan shalat.

Foto by instagram.com/syahrul.s07/

Nah kalau kamu belom atau tidak terlalu bisa berenang, disini ada penyewaan ban serta pelampung yang dapat memudahkanmu nih. Dengan menyewa peralatan ini kamu tetap bisa menikmati sensasi segarnya berendam di Umbul Sigedang tanpa khawatir tenggalam.

Setelah lelah berenang, biasanya kamu pasti merasa haus dan lapar, nah salah satu solusi yang paling tepat ialah dengan menyantap aneka makanan serta minuman di warung sekitar lokasi wisata Umbul Sigedang aja. Variasi makanannya banyak, rasanya enak dan harganya juga murah.

Tak hanya itu saja, buat yang mungkin tidak ingin berenang, kamu bisa manfaatkan gazebo atau saung-saung di sekitar Umbul untuk sekadar bersantai ataupun beristirahat sembari menikmati suasana sejuk dan asri di sekitar lokasi wisata.

Spot Foto Instagramable

Foto by instagram.com/arman890/

Selain dijadikan sebagai tempat untuk melakukan aktivitas air seperti berenang, berendam dan menyelam, Umbul Sigedang juga banyak diserbu oleh wisatawan karena memiliki spot foto yang cukup instagramable.

BacaJuga:  7 Tempat Ngabuburit di Klaten Yang Ramai dan Asyik

Seperti menyelam sambil minum air, sebagai milenials sejati selain menikmati suasana sebuah tempat wisata, mereka pun harus mencari atau menemukan spot foto yang instagramable dan aestethic sehingga cantik ketika di unggah atau di pajang di linimasa sosial media.

Hal tersebut tentu mudah sekali kamu dapatkan karena Umbul Sigedang mempunyai beberapa spot foto favorit yang banyak sekali menghiasi feeds-feeds instagram para pengunjungnya.

Foto by instagram.com/ozils_88/

Dengan latar belakang ranting pohon beringin yang bergelantungan serta jernihnya air umbul, kami rasa keduanya mampu menjadi kombinasi apik untuk membuat sebuah hasil foto terlihat cantik.

Tak hanya itu aja, kamu pun bisa foto underwater dengan ditemani oleh ikan kecil-kecil nan lucu yang menjadi penghuni asli dari sumber mata air Umbul Sigedang ini. Setelah melihat hasil jepretannya pun kamu akan dibuat kagum.

Banyak area yang bisa dijadikan sebagai spot foto, semua kembali ke kreativitas masing-masing personal. Bahkan saking totalitasnya, kadang ada wisatawan yang menggantungkan hammock di pohon beringin disini hanya untuk mendapatkan potret ciamik nan sempurna.

Daya Tarik Umbul Sigedang

Foto by instagram.com/alfianbantaraa_/

Kalau soal kesejukan dan keasrian suasana yang ditawarkan oleh objek wisata ini keduanya sudah menjadi rahasia umum. Tetapi tahukah kamu bahwa Umbul Sigedang ini merupakan salah satu sumber mata air dari air mineral yang namanya sudah cukup besar di Indonesia?

Yap, konon Umbul Sigedang ini adalah salah satu sumber mata air dari air mineral Aqua yang beredar di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tau apa artinya? Itu berarti air yang berada di Umbul Sigedang ini memiliki kandungan mineral alami.

Itulah mengapa jika kamu berendam atau berenang disini sensasinya seperti sedang mandi ribuan botol kemasan Air mineral Aqua. Bukan hanya membuat badan segar dan sehat, menariknya air yang ada di Umbul ini boleh diminum karena kandungannya terbebas dari berbagai bahan kimia.

BacaJuga:  Lihat! Betapa Cantiknya Destinasi Wisata Malam Hari Yang Ada di Klaten Ini

Dari dulu sampai dengan sekarang, Umbul Sigedang ini belom pernah sekalipun tercemar oleh limbah pabrik. Bahkan meskipun sudah digunakan untuk berenang dan berendam oleh ribuan orang, airnya tetap jernih dan tidak keruh sedikit pun.

Hal itu menandakan bahwa air Umbul Sigedang ini memang benar-benar murni dan alami. Sebagai pewisata yang cerdas harus ikut membantu agar air yang ada disini selu terjaga kealamiannya yaitu dengan tidak membuang sampah, meludah ataupun buang air didalam kolam.

Foto by instagram.com/jojomanifesto/Menariknya, Umbul Sigedang ini cocok dikunjungi kapan saja mau pagi, siang atau pun sore, semuanya menawarkan suasana yang segar dan asri.

Buat kamu yang seharian lelah melakukan aktivitas di kampus ataupun kantor, usir saja semua lelah dan penatmu dengan berendam di Umbul Sigedang, dijamin seketika semuanya bakal luntur alias ilang.

Mandi di kamar mandi sudah biasa, mengapa kamu tak coba untuk membasuh tubuhmu dengan sumber mata air murni terbaik yang di Klaten saja? Kapan lagi yakan bisa mandi dengan ribuan liter air Aqua murni dengan budget murah.

Jadi, tunggu apalagi? Segera persiapkan semua perlengkapan berenangmu seperti baju renang & kacamata renang, pelampung, handuk, baju ganti, peralatan mandi dan kebutuhan yang lainnya. Selamat menikmati sensasi berendam air mineral di Umbul Sigedang gengs!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.