10 Foto Umbul Songo Kopeng + Jalan Menuju Air Terjun Salatiga Semarang

Posted on
Umbul songo kopeng semarang jawa tengah 50774 indonesia salatiga villa lokasi bumi perkemahan air terjun wisata
Umbul Songo Kopeng, Foto: allesgroen.wordpress.com

Lokasi: Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah 50774
Map: Klik Disini
HTM: 5.000/Orang
Buka/Tutup: Senin – Minggu
Telepon: 0812-1573-086 

Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan, dan bermukim di Jawa Tengah, cobalah datang ke daerah Semarang. Kota Semarang  terkenal memiliki berjuta objek wisata yang sangat menakjubkan. Kali ini kota Semarang menyajikan kembali tempat wisata yang sangat cocok bagi anda para pecinta alam dan para petualang yang tentunya memiliki fisik kuat. Tempat wisata tersebut adalah Air Terjun Umbul Songo Kopeng.

Pesona Air Terjun Umbul Songo Kopeng, Foto: kompasiana.com

Air Terjun Umbul Songo Kopeng memang belum memiliki jalan track yang bagus,. Hal ini tentunya merupakan suatu sehingga tantangan bagi anda para petualang yang ingin mengeksplor keindahan air terjun inii. Perjalanan yang melelahkan dan menguras energi saat menuju tempat wisata ini berlangsung selama 30 menit. Semua itu akan terbayar ketika melihat air terjun Umbul Songo Kopeng, karena tempat ini memilki keindahan alam yang sangat luar biasa dan tiada tandingannya.

Air terjun Umbul Songo Kopeng diapit oleh Gunung Telomoyo, Gunung Andong dan Gunung Merbabu, yang berjarak sekisar 54 kilometer dari kota Semarang dan 23 kilometer dari Kota Magelang.

Keindahan Air Terjun Umbul Songo, Foto: lihat.co.id

Umbul Songo Kopeng merupakan air terjun musiman, dimana hanya mengalir dimusim hujan saja. Dan ketika musim kemarau, air terjun Umbul Songo akan kering. Jadi bagi anda para pengunjung yang tak ingin kecewa karena aliran airnya kering, anda harus berusaha datang pada musim hujan.

Air terjun Umbul Songo berada diketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut, yang mana memiliki keindahan alam yang tak ternilai indahnya. Air terjun ini meiliki ketinggian kurang lebih sekitar 15 meter dari permukaan tanah. Bukan hanya air terjunnya saja yang menarik, Umbul Songo Kopeng juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Seperti halnya Kolam untuk berendam, lahan perkemahan, dan taman bermain.

Harus Melewati Jembatan Bambu Dulu, Foto: kompasiana.com

Objek Wisata Air Terjun Umbul Songo di  Kopeng Salatiga Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan dari berbagai tempat pada setiap hari biasa maupun hari libur.

Air Terjun Umbul Songo Kopeng  adalah tempat wisata alam yang sangat cocok untuk mengisi hari libur anda, seperti saat hari libur panjang ataupun hari libur lainnya. Karena Air Terjun Umbul Songo Kopeng memiliki keindahan yang tiada duanya, jadi sangat disayangkan apabila anda yang sedang berada disekitaran kota Salatiga tidak mengunjungi wisata alam air terjun Kopeng.

Serta juga apabila anda yang berada jauh dari kota Salatiga, anda wajib ikut merapat mengunjungi wisata alam air terjun Umbul songo Kopeng yang berada di daerah Jawa Tengah.

Jalan Setapak Menuju Lokasi, Foto: kompasiana.com

Lokasi Umbul Songo

Letak objek wisata Air Terjun Umbul Songo bertempat di desa Kopeng, kecamatan Getasan, Kabupaten Salatiga, yang tepatnya di Provinsi Jawa Tengah. Dengan jarak sekitar 15 km dari kota Salatiga, 23 km dari kota Magelang, 34 km dari arah kota Ungaran, dan 54 km dari arah kota Semarang.

Taman Wisata Kopeng berada di ketinggian kurang lebih sekitar 1500 m DPL. Lokasinya berada di kaki Gunung Merbabu, secara administratif, Desa Kopeng termasuk kedalam wilayah Kota Semarang, namun tempat wisata Umbul Songo Kopeng lebih dekat dari kota Salatiga.

Air Terjun Penuh Doa Dari Walisongo, Foto: panduanwisata.id

Daya Tarik Air Terjun Umbul Songo

Air terjun ini merupkan objek wisata yang wajib anda kunjungi, karena keindahan alam yang tiada duanya. Penduduk yang berada disekitar juga ramah-ramah terhadap wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Adapun dinding air terjun dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan hijau yang rindang, yang menambah kesan alami. Serta dengan hawa sejuk khas pegunungan, apalagi anda akan ditemani dengan berbagai kicauan burung yang akan menambahkan suasana dengan kesan menarik.

Menurut dari berbagai cerita sekitar, wisata alam ini merupakan salah satu kekuasaan Allah dimana ketika para wali songo sedang kesulitan mencari air untuk bersuci dan mereka berdoa, maka Allah mengabulkan doa merekan dengan cara mengeluarkan mata air yang sampai sekarang dikenal dengan Air Terjun Umbul Songo. Sumber mata air ini berasal dari sekitar Tekelen, Contre, Tayengan, Kopeng dan Selodhuwur. Supaya lengkap menjadi sembilan maka ditambahkan mata air yang berasal dari sekitar Kali Sati dan Peng Jero. Selain itu air terjun Umbul Songo belum terjamah oleh masyaraka banyak.

Taman Wisata Umbul Songo, Foto: akcayatour.com

Fasilitas di Air Terjun Umbul Songo

Selain dari air terjunnya yang menawan, Air terjun Umbul Songo Kopeng dapat dibilang salah satu wisata alam yang menyediakan beberapa fasilitas dan pelayanan. seperti, tempat parkir kendaraan, kamar mandi, penginapan, lahan untuk berkemah.

Dan pengujung juga dapat memilih berbagai wahana permainan yang tentunya sangat menyenangkan, seperti waterpark atau kolam renang, kolam untuk berendam, flying fox, outbond, spider jumper,  taman bermain serta masih banyak lagi berbagai fasilitas yang berada di Umbul Songo Kopeng.

Dan juga bagi anda para pengunjung yang hobi berkuda, anda bisa menyewa kuda yang disewakan oleh oleh penduduk sekitar dengan tarif biaya sebesar 20.000 rupiah per Orang. Atau juga bisa dengan harga yang sudah dinegosiasikan oleh anda dan penyewa.

Kecantikan Yang Tersembunyi, Foto: wisatajawa.co.id

Transportasi

Untuk menuju tempat wisata air terjun ini bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Apabila anda menggunakan transportasi umum dari arah Semarang, anda bisa naik bus dengan jurusan Solo dengan  biaya sekisar 6 ribu rupiah perOrang dan turun di Pasar Sapi (Salatiga). Kemudian dilanjutkan dengan menaiki bus kecil dan turun ditikungan pintu masuk Umbul Songo Kopeng dengan harga 2 ribu rupiah per Orang. Dari tikungan anda bisa melanjutkan dengan berjalan kaki dengan waktu 30 menit hingga pintu gerbang air terjun Umbul Songo.

Kondisi jalan menuju Air terjun Umbul Songo sebagian berupa jalan setapak yang menanjak dan licin setelah hujan. Sebenarnya para penduduk sekitar menyewakan kuda dengan tarif 20 ribu per Kuda, namun kuda tidak bisa masuk lebih dalam kepelosok hutan jadi bisa dilanjutkan dengan berjalan  kaki hingga pintu masuk.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, dari arah Magelang anda bisa mengambil arah kanan kemudian melewati terminal bus induk Magelang (terminal Canguk). Setelah itu lurus terus kearah utara, setelah sampai dipertigaan lampu merah ambil jalur kanan, kemudiaan anda harus melewati jembatan sungai Elo. Dan jalan terus hingga berada didepan pintu gerbang wisata air terjun Kopeng kurang lebih sekisar 45 menit.

Papan Petunjuk Tempat Wisata, Foto: hariansemarangbanget.blogspot.com

Tarif Masuk Kawasan Wisata

Untuk biaya masuk wisata alam Umbul Songo Kopeng dikenakan dengan harga 10 ribu rupiah untuk 1 orang. Tetapi apabila anda ingin mencoba memainkan beberapa fasilitas wahana yang tersedia, anda kan dikenakan biaya tambahan. Dan jika anda mengambil penginapan di rumah warga, maka anda akan dikenakan biaya sebesar kurang lebih 20 ribu sampai dengan 30 ribu rupiah permalam.

Namun bila pengunjung ingin merasakan sensasi menginap disekitaran air terjun, maka anda dapat bermalam dibeberapa villa yang tentunya memiliki fasilitas yang memadai. Seperti Villa Cemara 2 Kopeng serta Penginapan Angsa Dua. Dan tentunya harga penginapan lebih mahal dibanding penginapan di rumah warga sekitar, yang fasilitasnya tidak seperti di villa.

Setelah perkembangan yang cukup lama, sekarang terdapat beberapa hotel yang berada disekitar air terjun Umbul Songo Kopeng yang jaraknya tidak terlalu jauh. Diantaranya adalah Hotel Fortuna Kopeng, Hotel Catalina, Hotel Garuda Kopeng, Hotel Putra Giri Mas Kopeng, Hotel Kartika Wisata Kopeng, Hotel Dewanata Kopeng, Hotel ALASKA, Kenanga Indah Hotel dan Kopeng Indah serta Hotel Mulia Sari. Dan ada juga

Jumlah seluruh biaya tersebut termasuk murah dan terjangkau untuk berbagai wisatawan yang ingin berkunjung untuk menikmati keindahan suasana air terjun sambil menghilangkan lelah dari berbagai kegiatan sehari-hari yang ada.

Suasananya Masih Alami, Foto: roroayuku.blogspot.com

Saran dan Tips

Apabila ingin berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Umbul Songo Kopeng anda, jangan lupa untuk menyediakan berbagai perlengkapan kebutuhan. Seperti sabun, tissue, antiseptik, shampo, dan juga fisik serta kendaraan agar liburan anda berjalan dengan lancar sesuai rencana. Dan juga membawa kebutuhan tambahan seperti kamera, karena pasti anda tak inngin melewati moment bersama kerabat maupun teman-teman anda.

Serta anda juga harus membawa kotak P3K untuk berjaga-jaga bila ada hal yang tak diinginkan. Selalu jaga kondisi diri anda dan disarankan selalu berhati-hati. Anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk kebersihan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *