10 Waduk Terbesar Dengan Pemandangan Indah di Jawa Barat

Diposting pada

Waduk adalah danau alam atau kolam besar tempat menyimpan persediaan air untuk berbagai kebutuhan yang bisa terbentuk secara alami ataupun memang sengaja dibuat manusia.

Kalau waduk buatan dibangun dengan cara membuat bendungan terlebih dahulu kemudian dialiri air sampai kolam besar tersebut terisi penuh.

Bendungan dibangun untuk menahan laju air di dalam waduk, danau ataupun tempat rekreasi. Bahkan seringkali juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah PLTA.

Tak hanya untuk menyimpan cadangan air, waduk buatan manusia juga mempunyai sederet manfaat seperti mencegah banjir, menyediakan irigasi, menyimpan energi untuk pembangkit listrik, sebagai tempat budidaya ikan serta konservasi hewan.

Bukan hanya itu saja, waduk juga kerap dijadikan arena olahraga air dan  paling menariknya lagi seringkali dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Yup, kolam besar ini memang sangat cocok untuk dijadikan spot wisata sebab pemandangannya tak biasa jadi sangat pas bila dimanfaatkan baik sebagai tempat memancing, piknik, berkemah, atau naik perahu.

Di Indonesia sendiri daftar waduk itu cukup banyak jumlahnya dan bisa ditemui di berbagai daerah, tidak terkecuali dengan provinsi Jawa Barat.

Jawa barat dan sekitarnya punya beberapa waduk dengan pemandangan tak kalah indah bila dibanding danau alami atau pantai.

Sahabat JejakPiknik penasaran apa saja nama waduk dengan pemandangan indah di Jawa Barat? Nah, ini dia jawabannya lengkap beserta alamat wilayahnya.

1. Waduk Jatiluhur

Foto By nativeindonesia.com
  • Alamat: Kecamatan Jatiluhur, Kab.Purwakarta, Jawa Barat
  • Jam Buka: 08.00-17.00
  • Harga Tiket Masuk: Senin-Jumat (Rp.5.000), Sabtu-Minggu (Rp.20.000)

Berkunjung ke objek wisata di Jawa Barat, katanya belum lengkap jika kita tidak bertandang ke waduk bernama Jatiluhur yang berada di daerah Purwakarta.

Bendungan yang sering disebutkan di tts ini adalah waduk terluas di Indonesia dan kawasan sekitarnya memiliki panorama sangat indah.

BacaJuga:  10 Foto Curug Cipurut Purwakarta + Harga Tiket Masuk Lokasi Tempat Wisata

Kolam besar yang disebut sebagai bendungan  raksasa ini dibangun tahun 1957 dan rampung pada 1967. Sebenarnya namanya yaitu waduk Ir.H.Djuanda, namun karena terletak di desa Jatiluhur, akhirnya dikenallah dengan nama demikian.

Untuk membangun bendungan ini, sebanyak 14 desa ditenggelamkan dan penduduk dengan jumlah 5 ribuan dipindahkan ke daerah di sekitarnya termasuk ke kabupaten Karawang.

Selain berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik, danau buatan yang konon katanya punya kisah misteri ini memiliki panorama indah loh, jadi sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata.

2. Waduk Jatigede

Foto By foto.tempo.co
  • Alamat: Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  • Jam Buka: 08.00-17.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp.4.000/orang

Bendungan yang terdapat di Sumedang ini bisa dibilang salah satu contoh danau buatan terbesar kedua di Indonesia karena baru diresmikan pada tahun 2015 lalu.

Daya tampung kolam raksasa ini mencapai 979 meter kubik air. Tidak main-main untuk membangunnnya sebanyak 28 desa dari empat kecamatan di Sumedang praktis direlokasi ke daerah-daerah lainnya.

Pembangunan danau terbesar kedua di Jawa Barat dengan pemandangan mempesona tersebut difungsikan sebagai pembangkit tenaga listrik, penyedia irigasi dan pengendali banjir.

Sayangnya, tak lama ini musim kemarau panjang melanda kawasan tersebut sehingga membuat waduk Jatigede kering. Tapi sisa-sisa rumah penduduk yang direlokasi justru tampak menjadi suatu keindahan tersendiri.

3. Waduk Cirata

Foto By liputan6.com
  • Alamat: Ds.Tegal Waru, Kec.Plered, Kab.Purwakarta, Jawa Barat
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Sepeda motor (Rp.3.000), Mobil (Rp.5.000)

Masih dari daerah Purwakarta, selain bendungan Jatiluhur masih ada satu lagi danau buatan besar lainnya yang bisa kita temui di kabupaten tersebut namanya yaitu waduk cirata.

Kolam besar buatan manusia yang satu ini juga merupakan salah satu kebanggan Purwakarta karena bendungan PLTA ini merupakan waduk terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Danau ini tak hanya  megah tapi juga menyuguhkan panorama alam yang mempesona sebagaimana bendungan raksasa lainnya dan menjadi salah satu spot paling pas untuk menyaksikan keindahan sunset di Jawa Barat.

BacaJuga:  6 Alasan Kenapa Harus Piknik di Kebun Begonia Lembang Bandung

4. Waduk Karian

Foto By finance.detik.com
  • Alamat: Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kab.Lebak, Banten
  • Jam Buka: 24 Jam

Kolam besar buatan manusia ini bisa dibilang salah satu contoh bendungan on progress karena masih dalam tahap pembangunan dan rencananya akan dirampungkan pada tahun 2019.

Meski begitu, walau belum utuh namun kemegahannya sudah terlihat sangat jelas. Panorama di sekitar kawasan tersebut tak akan kalah menakjubkan dari bendungan raksasa lainnya. Jadi jangan lupa berkunjung kesini ya nantinya!

5. Waduk Kuningan

Foto By harnas.co
  • Alamat: Sungai Cikaro, Desa Randusari, Kecamatan Cibereum, Kuningan, Jawa Barat

Sama seperti bendungan Karian, waduk Kuningan ini juga masih dalam tahap pembangunan dan rencananya akan berlokasi di dua kecamatan yakni di daerah Cibeureum serta Karangkancana.

Danau besar yang memiliki luas sekitar 284,45 hektar ini mampu menampung sebanyak 25,995 juta meter kubik air dan bermanfaat sebagai irigasi serta pencegah banjir.

Walaupun belum rampung, tapi sudah bisa dipastikan kalau bendungan tersebut akan terlihat sangat megah dengan panorama yang sangat indah.

6. Waduk Darma

Foto By jejakpiknik.com
  • Alamat: Ds.Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Senin-Jumat (Rp.7.000), Sabtu-Minggu (Rp.8.000)

Berikutnya ada waduk Darma. Bendungan yang terletak di kota Kuningan ini memang tidak terkenal namun begitu danau tersebut seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata oleh masyarakat di sekitarnya.

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air dan budidaya perikanan, keindahan panorama alam perbukitan serta lembah disekelilingnya menjadikan spot ini sebagai salah satu destinasi pas untuk melepas kepenatan.

Maka tak heran jika saat weekend atau musim libur panjang tiba, banyak para wisatawan datang berduyun-duyun memadati kawasan tersebut.

7. Waduk Saguling

Foto By kbknews.id
  • Alamat: Kabupaten Bandung Barat, West Java
  • Jam Buka: 08.00-16.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp.10.000/orang

Bendungan Saguling adalah salah satu danau buatan di kabupaten Bandung Barat yang mana berfungsi untuk membendung aliran sungai citarum.

BacaJuga:  Ada Agenda Nongkrong Bareng Kerabat di Puncak? Mampir Ke 10 Tempat Nongki Ini

Danau ini sebenarnya sudah sangat lama ingin dibangun yakni sejak 1948 tapi karena kebutuhan waduk Jatiluhur lebih mendesak akhirnya pembangunannya pun diundur dan kembali dimulai pada 1980-1986.

Selain berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik, bendungan tersebut juga menyuguhkan pesona yang tak kalah menakjubkan jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata rekreasi.

8. Waduk Ciawi

Foto By metro.sindonews.com
  • Alamat: Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Bendungan yang berada di kabupaten Bogor ini juga nantinya termasuk salah satu bendungan terbesar di provinsi Jawa Barat.

Danau buatan yang memiliki luas 39,3 hektar ini masih dalam tahap pembangunan dan volum airnya dapat menampung sebanyak 5,03 meter kubik.

Nantinya kolam besar tersebut akan difungsikan sebagai daerah wisata, konservasi hewan dan tumbuhan serta pengendali banjir.

9. Waduk Sukamahi

Foto By fokus.tempo.co
  • Alamat: Kecamatan Ciawi, Kab.Bogor, Jawa Barat

Sama seperti Ciawi, bendungan Sukamahi di kota Bogor ini juga masih tengah dibangun. Danau tersebut memiliki luas mencapai 49,6 hektar dengan volume tampungan 1,3 juta meter kubik.

Tak hanya sebagai daerah konservasi dan pengendali banjir, bendungan tersebut nantinya juga akan berfungsi sebagai objek wisata baru di Bogor.

10. Waduk Sadawarna

Foto By bisnis.tempo.co
  • Alamat: Ds.Pegaden Barat, Subang Regency, West Java

Satu lagi bendungan baru di Jawa Barat yang masih dalam tahap pembangunan adalah waduk Sadawarna. Letaknya tepatnya di desa Pegaden Barat, Subang.

Danau besar buatan manusia ini juga akan berfungsi untuk mengendalikan banjir, konservasi air tanah hingga sebagai kawasan wisata baru di Jawa Barat.

Nah, itulah sederet waduk yang ada dan akan hadir di Jawa Barat. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat Sahabat JejakPiknik semuanya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.