14 – 21 Destinasi Wisata Alam di Solo, Taman dan Air Terjun Tersembunyi

Posted on
Wisata alam solo di salatiga dan sekitarnya tempat air terjun jawa tengah sekitar objek area lokasi tersembunyi pemandangan daerah raya terdekat klaten obyek pantai karanganyar yang indah ada surakarta sukoharjo jogja taman kota solok 2018 selatan menarik jumog tawangmangu terkenal terbaik segoro gunung karang anyar yg bengawan niagara parang ijo jurug nama seribu sewu tawamangu
Air Terjun Jumog, Gambar: PiknikAsik.com

Baca Halaman Sebelumnya, Klik: 8 – 13 Kolam Renang dan Candi di Solo

14. Grojogan Sewu Tawangmangu

Alamat: Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.11.500, Hari Libur Rp.13.000
Buka Tutup: 07.00 – 17.00 WIB

Grojogan Sewu Tawangmangu (foto: yasiryafiat.wordpress.com)

Selain menawarkan pemandangan air terjun berketinggian 81 meter, yang indah dan menakjubkan, Grojogan Sewu juga menyuguhkan pesona alam yang menawan dan tingkah lucu kera-kera liar yang dapat dinikmati saat meniti anak tangga menuju ke lokasi air terjun.

Tidak hanya itu, sejumlah wahana permainan juga siap memanjakan para wisatawan, seperti mini waterboom, flying fox, outbond dan mini rafting.

Tidak jauh dari air terjun, terdapat sebuah jembatan yang dikenal dengan nama “Jembatan Cinta”. Menurut cerita, bagi pasangan yang lewat di atas jembatan tersebut, tidak boleh berhenti di atasnya, dan harus terus berjalan sampai ke seberang.

Sebab jika berhenti di tengahnya, konon akan menyebabkan hubungan mereka tidak harmonis, bahkan bisa putus.

Meski wisata air terjun, Grojogan Sewu tidak seperti wisata air terjun di Indonesia pada umumnya yang lokasinya sulit terjangkau.

Selain akses jalan yang menuju lokasi air terjun cukup mudah meski tetap butuh tenaga ekstra untuk mencapainya, di sini juga banyak ditemui ruko-ruko para pedagang sehingga tidak sulit untuk mendapatkan makanan, minuman atau camilan.

15. Taman Balekambang

Lokasi: JL. Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah
Peta: Klik Disini
Tarif: Gratis
Jam Operasional: 06.00 – 17.00 WIB

Taman Balekambang (foto: travel.detik.com)

Taman yang menempati area seluas 9,8 hektar ini merupakan salah satu saksi bisu sejarah perkembangan kota Solo karena dibangun pada 26 Oktober 1921 oleh Mangkunegara VII yang dipersembahkan bagi kedua putrinya GRAy Partini dan GRAy Paratinah.

Taman yang dihiasi dengan hamparan rumput hijau dan pohon-pohon besar yang usianya sudah puluhan bahkan ratusan tahun tersebut menjadi tempat yang sangat mengasyikkan untuk dipakai bersantai bersama teman atau keluarga, karena di beberapa sudut taman disediakan meja kursi.

Untuk menambah kesan alami dari taman tersebut, pihak pengelola melepaskan beberapa jenis binatang liar yang tidak membahayakan keselamatan pengunjung, seperti rusa, berbagai jenis ayam, angsa, serta yang lain.

BacaJuga:  Acara Malam Tahun Baru di Dieng Wonosobo, Suasana Tempat Perayaan Event Festival + Paket Liburan 2018

16. Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Lokasi: JL. Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Gedung Wayang Orang Rp.3.000, THR Sriwedari Rp.7000
Jam Operasional: THR Sriwedari 10.00 – 22.00 WIB, Gedung Wayang Orang 20.00 – 23.00 (Minggu Tutup)

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari (foto: cpgnews.net)

Taman Sriwesari ini awalnya dibangun oleh Pakubuwono X sebagai tempat peristirahatan dan rekreasi bagi keluarga kerajaan.

Seiring dengan berjalannya waktu, Taman Sriwesari beralih fungsi menjadi fasilitas hiburan bagi masyarakat, yang setiap malam diisi dengan pertunjukan Wayang Orang, serta berbagai macam hiburan, seperti pertunjukan musik dan dance.

Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan wahana permainan anak, water park, arena ketangkasan, restoran-restoran yang menjual berbagai macam makanan, serta stand-stand yang menjajakan berbagai jenis souvenir.

17. Air Terjun Jumog

Lokasi: Berjo, Ngarjoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.3.000
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Air Terjun Jumog (foto: telusurindonesia.com)

Meski jaraknya dengan kota Solo hanya sekitar 40 km, namun untuk menuju ke lokasi air terjun masih harus mengendarai ojek dengan ongkos antara Rp.45.000 – Rp.60.000, tergantung negosiasi dengan tukang ojek.

Setelah sampai lokasi, pengunjung masih harus berjalan lagi sekitar Rp.400 meter, selanjutnya baru bisa menikmati keindahan air terjun yang mengagumkan.

Meski ketinggian air terjun ini hanya sekitar 300 meter, namun pemandangan yang disuguhkan  sangat menawan, didukung dengan panorama sekeliling yang berhias pepohonan serta berbagai satwa liar.

Seperti burung-burung yang terbang kesana-kemari sambil memperdengarkan kicauannya yang bersahut-sahutan. Begitu indahnya pemandangan Air Terjun Jumog sehingga banyak yang memberikan sebutan “The Lost Paradise” atau surgas yang hilang.

Selain keindahan air terjun dan pemandangan sekeliling, wisatawan yang datang ke sini juga dapat menikmati fasilitas kolam renang, panggung hiburan, arena permainan anak, rest area, beristirahat di gazebo, bersantap di rumah makan, serta menyewa cottage dan homestay jika ingin bermalam.

BacaJuga:  Taman Bunga Bandungan Semarang : Tiket Masuk Wisata Kebun Setiya Aji Flower Farm

18. Air Terjun Parang Ijo

Lokasi: Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.2.500
Jam Operasional: 08.00 – 18.00 WIB

Air terjun parang Ijo (foto: tempatwisatamu.com)

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter ini, terletak di lereng Gunung Lawu dengan pesona alam yang eksotis, sehingga kerap dimasukkan ke dalam paket wisata Solo.

Meski tidak setenar Air terjun Tawangmangu, namun keindahan Air Terjun Parang Ijo tidak kalah. Bahkan, untuk dapat mencapai lokasi air tejun, jauh lebih mudah dan lebih ringan, karena anak tangga yang harus dilewati tidak sebanyak Air Terjun Tawangmangu.

Selain menyuguhkan keindahan alam, sejumlah fasilitas juga telah disediakan bagi para wisatawan yang berkunjung, seperti Gardu Pandang untuk melihat keindahan alam dari atas ketinggian, sarana bermain anak, kolam renang berair dangkal untuk anak-anak, flying fox, serta penginapan yang bersih dan nyaman untuk para wisatawan yang ingin bermalam.

19. Taman Cerdas Jebres

Lokasi: JL. Ki Hajar Dewantara RT/RW: 02/25, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Jam Operasional: 07.00 – 22..00 WIB

Taman Cerdas Jebres (foto: tribunnews.com)

Taman Cerdas yang berada di utara kampus UNS (Universitas Sebelas Maret) ini terbagi atas beberapa bagian.

Diantaranya Gedung Perpustakaan yang juga menjadi Kantor Pengelola Taman Cerdas, laboratorium komputer yang berada di lantai bawah gedung, seperangkat gamelan yang ditempatkan di lantai atas, play ground dengan berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak, mini gazebo untuk melatih ketangkasan anak, mini aula, arena teater terbuka, Taman Dinosaurus serta Taman Purba.

Masyarakat utamanya para pelajar dan mahasiswa  hampir setiap hari memenuhi tempat ini, karena selain dilengkapi dengan fasilitas HotSpot Wifi, juga disediakan toilet, serta mushollah kecil sebagai tempat beribadah.

20. Air Terjun Semuncar

Lokasi: Desa Semuncar, Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.3000

Air Terjun Semuncar (foto: sinarharapan.co)

Air terjun yang berada di kaki Gunung Merbabu ini terdiri atas 3 air terjun yakni Air Terjun Semuncar dan dua anakan air terjun yang berada di bawahnya yakni Tempuran dan  Sipongok.

BacaJuga:  10 Foto Benteng Voc Jepara, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul, Jam Buka Tutup, Keindahan Bangunan, Misteri Mitos + Retu Jalan Menuju Wisata

Meski ketiga air terjun tersebut menyuguhkan pemandangan alam yang luas biasa, namun tidak banyak wisatawan yang datang ke tempat ini, karena selain belum dikelola secara profesional, akses untuk menuju lokasi juga sangat sulit.

Untuk dapat mencapai lokasi, wisatawan harus mengendarai ojek dari kota Ampel sejauh 10 km, dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 3 km.

Dalam perjalanan pengunjung dapat menjumpai petilasan Syekh Maulana Ibrahim Maghribi yang hingga kini masih banyak dikunjungi para peziarah, baik warga setempat maupun mereka yang datang dari luar daerah.

21. Taman Hutan Raya (Tahura) K.G.P.A.A. Mangkunegoro I

Lokasi: Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.7000

Taman Hutan Raya (Tahura) K.G.P.A.A. Mangkunegoro I (foto: swetadwipa.blogspot.co.id)

Satu-satunya Taman Hutan Raya yang ada di Jawa Tengah ini, selain dijadikan sebagai tempat rekreasi juga menjadi tempat kegiatan Pramuka dan penelitian. Tidak kurang dari 34 jenis binatang menghuni tempat ini, serta berbagai jenis flora dari berbagai vegetasi endemik.

Selain menyuguhkan keindahan alam dengan udaranya yang segar karena berada di lereng Gunung Lawu yang memiliki ketinggian sekitar 1.200 dpl, di lokasi Taman Hutan Raya ini juga terdapat beberapa buah situs yang menarik untuk dikunjungi, yaitu: Situs Cemoro Bulus, Sendang Raja, Air terjun Parang Ijo, Goa Angin, Goa Jepang, dan tentunya puncak gunung Lawu.

Para pengunjung yang datang ke sini juga akan menjumpai arena bermain anak-anak, gazebo, Bumi Perkemahan dengan lahan parkir yang luas, mushollah, aula pertemuan, toilet, serta villa  yang dilengkapi ruang tamu, 4 kamar tidur, kamar mandi dan dapur dengan ongkos sewa Rp.600.000/24 jam.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Baca Halaman Selanjutnya, Klik: 22 – 30 Tempat Hits di Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *