Ada Taman Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas

Diposting pada

Lokasi: Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253
Map: Klik Disini
HTM: Rp 16.500,-/ orang
Buka/Tutup: Buka Jam 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0263) 512233

foto by kopisenja.com

Cibodas Botanical Garden atau Kebun Raya Cibodas merupakan kekayaan alam wisata Bogor yang memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga, tak heran bila para wisatawan ingin datang dan rindu ingin kesana kembali.

Keadaan alamnya terkesan ramah, pemandangan alam yang menyenangkan serta pelajaran berharga dapat didapatkan jika berkunjung kesana. Setiap hari libur atau akhir pekan lokasi yang tak jauh dari Puncak Bogor ini sangat ramai dipadati pengunjung.

Tidak hanya terkenal di Indonesia saja, tapi Kebun Raya Cibodas juga populer di mancanegara sedari dulu. Apalagi letaknya yang termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tentu kian terkenal dari masa ke masa. Ingin tahu lebih detailnya, simak saja ulasan di bawah ini!

Sejarah Kebun Raya Cibodas

foto by instagram.com/hesti.novitadewi/

Kawasan Kebun Raya Cibodas ini sebenarnya adalah peninggalan penjajahan Belanda pada tahun 1850-an. Lalu, Johannes Ellias Teijsmann seorang kurator asal Belanda membangun Kebun Raya Cibodas yang dulu disebut Bergtuin te Tjibodas 11 April 1852.

Awalnya, pembangunan kebun ini untuk tempat aklimatisasi beragam jenis tumbuhan dari luar negeri yang penting dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Lalu, berkembang yang diberi nama dengan Cabang Balai Kebun Raya Cibodas.

Selanjutnya setiap tanggal 11 April diperingati menjadi hari berdirinya Kebun Raya ini. Pada tanggal tersebut biasanya ada keistimewaan yakni tiket masuk objek wisata ini gratis. Para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk.

Tahun 2003 statusnya lebih mandiri karena sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis) Balai Konservasi Tumbuhan dibawah kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

BacaJuga:  10 Cafe di Puncak Ini Bisa Dijadikan Ide Hangoutmu Bersama Sahabat

Keindahan Kebun Raya Cibodas

Kebun raya cibodas termaduk kategori Botanical Garden karena mempunyai berbagai macam varian koleksi pepohonan. Sampai saat ini sudah tercatat 5831 sample tanaman dari 1206 jenis hidup baik pepohonan tua maupun muda.

Dengan mengunjunginya, kamu akan memperoleh pengetahuan baru seputar tanaman dan pepohonan. Berikut spot-spot keindahan alam Kebun Raya Cibodas :

Rumah Kaca

foto by instagram.com/gunturrudy/

Sebagai tempat konservasi, tentulah kawasan wisata ini mempunyai rumah kaca yang digunakan untuk melindungi beragam jenis tanaman. Mulai dari anggrek, kaktus serta beragam tanaman yang akan punah.

Rumah kaca tersebut menampung lebih dari 4000 koleksi tanaman yakni 350 jenis kaktus, 360 jenis anggrek serta berbagai varian tanaman unik lainnya.

Taman Sakura

foto by konfrontasi.com

Ada pula rumah sakura yang menyajikan pemandangan kebun ala Jepang. Jadi, kamu tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati keindahan taman sakura. Padahal sejatinya, tanaman sakura hanya bisa hidup di tanah 4 musim, tapi di kebun raya cibodas ini sakura dapat hidup tumbuh subur.

Hal itu disebabkan oleh letak kebun di ketinggian lebih dari 1400 m dari permukaan laut. Sehingga, habitatnya cocok untuk pertumbuhan sakura. Kalau di Jepang, sakura hanya dapat berbunga setahun sekali yaitu pada bulan April waktu musim semi disana.

Tapi kalau di kawasan ini yang beriklim tropis justru berbunga dua kali dalam setahun, pertama di bulan Januari – Februari dan Kedua di bulan Juli – Agustus. Datanglah pada bulan-bulan tersebut kalau mau pemandangan terbaik.

Terdapat lebih dari 300 varian tanaman sakura, tapi di cibodas masih 7 varian saja. Itu karena iklim di Indonesia seharusnya bukan habitat bunga sakura yang sebenarnya. Meski 7 varian, sudah termasuk pencapaian yang bagus.

Air Terjun Cibeureum

foto by mandalawangicibodas.com

Spot selanjutnya ada Air terjun Cibereum yang terletak di area taman nasional gunung gede pangrango. Ketinggian air terjun ini sekitar 1675 meter dari permukaan laut dan tinggi airnya kira-kira 50 meter bercurah deras, terlebih di musim hujan.

BacaJuga:  10 Foto Situ Gede Bogor, Lokasi Wisata, Sejarah Legenda Misteri, Alamat Map + Video

Kalau ingin bisa ke air terjun ini, kamu harus mendaki dengan jalur yang sama ke pendakian gunung gede pangrango melalui cibodas. Nantinya, kamu akan dibantu oleh papan petunjuk jalan sampai tiba di lokasi air terjun cibeureum.

Araucaria Aveneu

Kamu juga bisa menikmati sebuah jalan batu yang rapi dari wisma tamu sampai ke kolam besar. Di kebun raya cibodas, jalan batu itu disebut dengan arauvaria aveneu. Termasuk spot berkesan karena sebelah kiri dan kanannya terdapat pohon Araucaria yang kokoh sejak tahun 1866 berarti umurnya sudah 150 tahun.

Taman Lumut

foto by mandalawangicibodascampground.com

Tak hanya taman sakura, kamu pun dapat menyaksikan pemandangan taman lumut yang ditumbuhi sekitar 235 jenis lumut.

Taman Rhododendron

Taman Rhododendro merupakan taman yang mempunyai beragam jenis bunga dari beberapa negara seperti Indonesia, Jepang dan China. Pemandangannya sangat indah, kamu pasti menyenangkan saat berada disana.

Jalan Air

foto by 203.190.241.9

Selain jalan batu, kamu pun akan menemui jalan air merupakan suatu aliran air dari sungai cibogo Gunung Gede. Airnya begitu jernih nan dingin karena itulah pengelola kebun membuat wahana wahana menyenangkan untuk bermain anak-anak.

Koleksi Tumbuhan Paku

Pada spot tumbuhan paku ini, kamu akan menyaksikan berbagai jenis koleksi tumbuhan paku. Setidaknya 34 jenis paku-pakuan dari seluruh Indonesia tumbuh di taman ini. Perlu diketahui bahwa tanaman paku dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan, bahan makanan dan juga bahan media tanam.

Bunga Bangkai Raksasa

foto by tekno.tempo.co

Kamu tahukan bunga bangkai atau raflesia arnoldi? Di kawasan kebun raya cibodas ini juga membudidayakan dan melestarikan tanaman itu. Bunga dengan bau sangat menyengat itu diambil dari Jambi tahun 2000. Bunga bangka berbunga 4 tahun sekali, di tahun 2019 bunga tersebut tumbuh dengan tinggi sampai lebih dari 3 meter.

Kolam Besar

Pesona keindahan kebun raya cibodas berakhir pada sebuah kolam yang didirikan tahun 1901. Kolam besar tersebut merupakan habitat tumbuhan-tumbuhan air.

Fasilitas di Kebun Raya Cibodas

foto by gurugeografi.id

Sebagai objek wisata, pengelola menyediakan beragam fasilitas untuk mendukung kegiatan pengunjung. Kebun raya cibodas mempunyai musholla, gazebo, toilet, shelter, petunjuk arah, bak sampah, stand jajan dan juga peta kawasan.

BacaJuga:  Panghegar Waterboom Bandung Memang Menggoda, Ini 6 Alasan yang Membuat Kita Terkesan

Tempat parkirnya pun sangat luas terdiri dari dua tempat. Parkir bis berada di luar pintu masuk. Sedangkan untuk mobil dan motor area parkir di dalam area kebun raya yang bisa ditempati saat hari kerja. Ketika hari libur atau tanggal merah semua kendaraan parkir di luar kawasan.

Terdapat fasilitas lain yang masih baru yakni Wara Wiri merupakan minibus untuk mengantar para pengunjung menjelajahi area kebun. Jika ingin menggunakannya, kamu harus menambah biaya Rp 10.000/ orang untuk sekali putaran.

Harga Tiket Masuk

Berdasarkan PP Nomor 106 tahun 2012 htm kebun raya cibodas mulai per 1 Maret 2019 sebesar Rp 16.500/ orang, buka Jam 08.00 – 17.00 WIB. Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000 dan biaya parkir roda empat Rp 16.000. Biaya tiket tersebut sudah termasuk asuransi Jasa Raharja Putra.

Agar lebih mudah, nyaman dan praktis kamu bisa mengambil paket tour kebun raya cibodas. Sehingga kepengurusan wisata kamu tidak ribet. Cukup bayar sekali, kamu sudah bisa menikmati pemandangan alam yang memanjakan mata.

Letak dan Cara Menuju Lokasi

foto by ayuditabella.blogspot.co.id

Alamat Kebun Raya Cibodas di sub district Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, West Java. Hanya berjarak beberapa kilometer setelah istana cipanas dari arah Bandung dan kawasan Puncak Bogor kalau dari arah Jakarta.

Untuk menuju kawasan ini kamu memerlukan waktu sekitar 1-2 jam dari Jakarta tergantung kepadatan lalu lintasnya. Jalan rute ke objek wisata ini melalui Bogor/ di Jakarta melalui perkebunan teh dan Puncak Pass, sampai bertemu dengan pertigaan Paragajen pilih yang ke arah Cibodas.

Sementara dari Bandung, Sukabumi, Cianjur dan Istana Cipanas ikuti jalan hingga sampai di Rumah Sakit Cimacan, lalu pertigaan Paragajen, belok ke kiri dan menuju lokasi.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

2 thoughts on “Ada Taman Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.