30 Wisata Kuliner + Rumah Makan di Solo Untuk Rombongan, Malam dan Siang Hari Murah Yang Terkenal Khas

Posted on
30 Wisata Kuliner + Rumah Makan di Solo Untuk Rombongan, Malam dan Siang Hari Murah Yang Terkenal Khas
Rate this post
Tempat wisata kuliner rumah makan di solo untuk rombongan bondan winarno siang hari murah 2018 malam baru jawa tengah surakarta solok galabo yang terkenal khas dan sekitarnya dekat stasiun balapan alamat aneka berita info jalansutra lokasi objek obyek paket peta rekomendasi kota tujuan area bakso hotel ibis slamet riyadi terbaru enak wajib dikunjungi favorit gladak halal jogja makanan daerah manahan pak pasar gede klewer pedas populer salad seafood selat serabi gudeg ceker jateng karanganyar kaskus kekinian meriah nasi liwet pagi raya soto sukoharjo taman unik youtube
Sate kere buatan Mbak Tugiyem di Solo Jawa Tengah kegemaran Presiden, Gambar: travel.kompas.com

Halaman Sebelumnya, Klik: 30 Tempat Makan Hits di Solo

15. Diamond Cafe

Diamond Cafe (foto: feronicanickha.blogspot.co.id)

Berada disebelah Hotel Diamond tentu saja cafe ini sangat mudah untuk dicari. Dulu di restoran ini hanya menjual makanan Chinesse food dan dimsum saja tetapi kali ini Diamond kafe menambah daftar nama menu seperti Europan dan Western food.

Tetapi meski ada menu baru tetap saja menu favorit di tempat ini Dimsumnya seperti Hakkau. Diamond café buka setiap hari dan 24 jam jadi tempat ini juga cocok bagi kamu yang ingin merayakan Ulang Tahun dengan konsep Internasional.

Harga yang ditawarkan juga masih terbilang murah, Dimsumnya mulai dari harga 16 ribu sampai 19 ribu.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi no. 392 Kota Solo
Harga: Mulai Rp 16.000
Jam Buka: 24 jam

16. Seafood Pak Petruk

Seafood Pak Petruk (foto: kisikisihati.blogspot.com)

Nah bagi kamu pecinta makan laut maka disinilah tempat yang pas. Menu andalan di tempat ini seperti cumi goreng mentega, bakmi godog seafood, serta kepiting dan kerang yang diolah dengan bumbu dan saos padang yang tentu saja akan menciptakan kenikmatan tersendiri.

Harga yang ditawarkan ditempat ini dihitung dengan berat ikan yang kita pesan, seperti kepiting mulai dengan harga 17.500 per ons.

Alamat: JL. Gajah Mada, No. 48, Banjarsari, Kota Surakarta
Harga: Mulai dari Rp 10.000 per ons
Jam Buka:  4.30 – 23.00 WIB

17. Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi (foto: detikfood.com)

Mungkin bagi kamu yang penasaran dengan variasi dari sate, disinilah tempatnya. Sate kere, sate kere berbahan dari ampas tahu, yaitu sate gembus dilengkapi dengan bumbu kacang.

Nama yang cukup unik ini memiliki filosofi tersendiri yaitu pada zaman dulu sate jenis ini hanya dijual untuk kalangan menengah ke bawah.

Sate Kere Yu Rebi cukup popular di Kota Solo. Harga yang ditawarkanpun cukup bersahabat. Jangan salah, sate ditempat ini juga salah satu tempat makan favorit orang nomer satu di Indonesia saat ini yaitu Presiden Joko Widodo.

Alamat: Jalan Kebangkitan Nasional Kios 1-2 Sriwedari, Laweyan, Solo
Harga: Rp 10.000 – Rp 22.000
Jam Buka: 09.00 – 20.00 WIB

18. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Bu Edi (foto: minumkopi.com)

Tengkleng adalah makanan asli dari Kota Solo. Tengkleng ini sejenis masakan sup dengan bahan utama daging jeroan dan juga tulang kambing. Kuah tengkleng cenderung lebih encer yang berbeda dengan gulai kambing pada umumnya.

Soal rasa, tengkleng Bu Edi sudah tidak bisa diragukan lagi. Kuah Tengkleng Bu Edi berwarna kuning agak kecokelatan dan tidak terlalu pekat. Orang-orang mengenal tengkleng Bu Edi sudah sebagai tengkleng legendaris karena sudah menjadi langganan abdi dalem keraton.

BacaJuga:  10 Gambar Pemancingan Janti Klaten, Harga Perkilo Ikan, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Kolam Renang Umbul, Nomer Telepon + Rute Menuju Wisata

Alamat: Pasar Klewer Solo Lantai Dasar, Jalan Doktor Radjiman, Gajahan, Solo
Harga: Rp 25.000
Jam Buka: 12.30 – 16.00 WIB

19. Sate Buntel Tambak Segaran

Sate Buntel Tambak Segaran (foto: kabarkuliner.com)

Sate buntel, sate yang unik dengan tampilannya ini menjadi salah satu tempat destinasi yang cocok untuk kamu jika berkunjung ke Kota Solo.

Kalau pada umumnya sate yang biasanya dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk maka berbeda dengan yang satu ini, daging kambing yang kemudian dibuntel atau dibalut dengan lemak tipis yang melumer saat dibakar.

Tidak sulit untuk menemukan tempat makan ini karena letaknya di jalan besar dan tempat pembakarannya ada didepan sehingga aroma sate dengan mudah menyeruak.

Alamat: Jl. Sutan Syahrir No.149, Banjarsari, Kota Surakarta
Harga: Rp 35.000
Jam Buka: 12.00 – 22.00 WIB

20. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro (tentangsolo.web.id)

Setiap hari Sabtu Malam Minggu sejak kepemimpinan Walikota Joko Widodo pada tahun 2009 silam, pasar malam Ngarsopuro merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan.

Disini selain kamu bisa menemukan aneka ragam makanan khas Solo, kamu juga bisa menemui jenis oleh-oleh khas Solo seperti barang kerajinan, batik, souvenir dan produk UKM lainnya.

Tempatnya tepat di kawasan pusat kota Solo didepan Pura Mangkunegaran sepanjang city walk kawasan pasar Windujenar, Ngarsopuro.

Alamat: Jl. Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta
Harga: Mulai dari Rp 5.000
Jam Buka: Sabtu – Minggu 19.00 – 21.00 WIB

21. Selat Viens Solo

Selat Viens Solo (foto: mainmakan.com)

Hidangan selat yang menyegarkan bisa kamu temui di tempat ini. Warung selat Vien’s ini memiliki banyak keunggulan. Selain rasa selat yang sangat enak, harga yang ditawarkan di warung ini ramah di kantong.

Apabila dibandingkan harga selat di tempat lain, Warung Vien’s ini tergolong yang paling murah. Jika kamu datang pada siang hari, maka harus rela berdesak-desakan dengan pembeli lainnya.

Alamat: Jl. Hasanudin No.99, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta
Harga: Rp 10.000
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB

22. Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu (foto: newswantara.com)

Nasi Liwet ini adalah nasi yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan beberapa lauk seperti ayam, sayuran bersantan dan areh yang dibuat dari kelapa yang sangat kental.

Nasi Liwet salah satu makanan khas Kota Solo yang makanannya dapat dinikmati sepanjang hari, bisa untuk sarapan, makan siang atau makan malam.

Jika berjalan-jalan di seputaran Kota Solo, kamu akan menemukan banyak warung tenda Nasi Liwet Bu Wongso. Tetapi Nasi Liwet Wongso Lemu yang asli dan enak ini terletak di daerah Jalan Teuku Umar.

Alamat: Jl. Teuku Umar, Banjarsari, Kota Surakarta
Harga: Rp 10.000 – Rp 19.000
Jam Buka: 16.00 – 01.00 WIB

23. Timlo Sastro

Timlo Sastro (foto: bp.blogspot.com)

Timlo Sastro ini sudah berdiri sejak tahun 1952-an dan lebih dikenal dengan sebutan Timlo Sastro Balong karena berada di wilayah atau kawasan balong.

BacaJuga:  25 Daftar Tempat Wisata di Wonosobo Jawa Tengah Selain Dieng : Obyek Air Terjun, Kebun Teh, Pantai Terkenal Terindah

Timlo Sastro hanya menyediakan menu timlo saja, tapi pembeli bisa memilih salah satu aneka timlo yang harganya sangat bervariasi tergantung isi didalamnya. Aneka timlo itu seperti telur rempelo, ati, sosis rempelo ati, telur sosis, rempelo ati kuah, sosis kuah, telur kuah dan nasi timlo.

Alamat: Jl. Ir. Juanda, Jebres, Kota Surakarta
Harga: Rp 12.000
Jam Buka: 06.00 – 15.30 WIB

24. Soto Gading

Soto Gading (foto: panduanwisata.com)

Warung Soto khas Solo ini sudah berdiri sejak tahun 1974. Nama soto gading tentu saja tidak ada hubungannya dengan gajah, tetapi karena nama daerah di selatan Keraton Kasunanan Surakarta.

Warung ini seringkali didatangi oleh para pejabat, sebut saja Presiden Joko Widodo, Megawati Soekarnoputri, Abdurrahman Wahid serta Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain suasana yang nyaman, rasa nikmat akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya. Kuah soto yang disajikan agak kental dengan warna bening. Rasa yang gurih dan sedikit berlemak karena hasil dari kaldu ayam ini cukup memanjakan lidah kamu.

Alamat: Jl. Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75, Ps. Kliwon, Kota Surakarta
Harga: Rp 7.000 – Rp 11.000
Jam Buka: 06.00 – 21.00 WIB

25. Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih (foto: bp.blogspot.com)

Salah satu kuliner yang wajib dicoba di Kota Solo lainnya adalah Es Dawet Telasih. Kamu dengan mudah bisa menemukan jajanan legendaris ini.

Es Dawet yang disajikan dengan mangkok dan kuah santan ini tak pernah sepi pengunjung. Para pembelipun datang dari beberapa kalangan mulai dari masyarakat biasa hingga presiden.

Disini kamu akan menemukan ramuan es dawet tradisional dari tiga generasi. Semangkuk es dawet ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula dan santan ditambah es batu akan menyegarkan tenggorokan. Jadi kamu wajib mampir dan merasakan es dawet telasih ini.

Alamat: Kios Pasar Gede, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta
Harga: Rp 8.000
Jam Buka: 08.00 – 15.00 WIB

26. Warung Pecel Solo

Warung Pecel Solo (foto: indohoy.com)

Warung pecel solo yang dikenal dengan nama “Omah Ndeso” ini tetap berusaha menampilkan berbagai jenis masakan khas Solo. Selain pecel tentu saja ada menu lain yang ditawarkan di warung ini seperti garang asem, nasi liwet dan menu lainnya.

Penyajiannya juga cukup unik dengan ala kampung tempo dulu yaitu dengan piring yang terbuat dari anyaman bambu yang beralaskan daun pisang. Rasa dan suasana khas Jawa ini tentu saja akan membuat kamu benar-benar makan ala keraton.

Alamat: Jalan Dokter Soepomo No.55, Banjarsari, Solo
Harga: Rp 12.000
Jam Buka: 07.30 – 22.00 WIB

27. Sambel Tumpang Bu Kis

Sambel Tumpang Bu Kis (foto: panduanwisata.id)

Sambel tumpeng memiliki cita rasa dengan perpaduan antara gurih dan sedikit pedas. Bahannya cukup beragam seperti tempe busuk, krecek, tahu putih, pete, ikan teri goring, serta rempah yang kemudian diolah sedemikian rupa hingga menjadi sambel tumpeng yang sangat lezat.

Di Solo banyak sekali tempat makan yang menyajikan menu sambel tumpeng. Salah satu warung yang menyediakan sambel tumpeng yang paling enak di Solo adalah Warung Sambel Tumpang Bu Kis. Disajikan dengan nasi putih hangat lalu dituang diatasnya adalah cara penyajiannya.

BacaJuga:  20 Rekomendasi Hotel di Solo, Harga Paling Murah Rp.185.000

Alamat: Belakang Pengadilan Negeri Solo (dekat RS PKU Muhammadiyah)
Harga: Rp 25.000
Jam Buka: 07.00 – 14.00 WIB

28. Gudeg Ceker Margoyudan

Gudeg Ceker Margoyudan (foto: adiwahyu.wordpress.com)

Sahur? Atau kelaparan dini hari? Tenang saja, Gudeg Ceker Margoyudan akan menyembuhkan kelaparan perut kamu. Warung ini buka pukul 01.30, mungkin memang terlalu dini tapi tidak di Kota Solo. Margoyudan sendiri berasal dari nama jalan kecil disekitar warung ini berdiri.

Meski buka dini hari, warung makan ini tidak pernah sepi pengunjung. Kamu akan merasakan sedikit berdesakan. Rasa gudegnya sangat gurih cenderung asin, dan ceker atau kaki ayamnya terasa sangat empuk.

Alamat: Jl. Wolter Monginsidi no. 41-43 Margoyudan, Kota Surakarta
Harga: Rp 8.000 – Rp 25.000
Jam Buka: 01.30 – 07.00 WIB

29. Tahu Kupat Solihin

Tahu Kupat Solihin (foto: surakarta.go.id)

Di warung legendaris ini terkenal dengan kupat tahunya yang lezat. Disajikan bersama tahu goreng, bakwan, kol, mie kuning, kacang dan disiram dengan kuah kecap. Tahu kupat ini akan lebih lengkap jika ditambah dengan kerupuk gendar yang terbuat dari nasi.

Lokasi yang berdekatan dengan Masjid Solihin adalah salah satu alasan kenapa warung ini dipanggil Tahu Kupat Solihin meski nama sebenarnya adalah Warung Sido Mampir.

Alamat: Jl. Gajah Mada 95, Solo (sebelah Masjid Solihin)
Harga: Rp 8.000 – Rp 10.000
Jam Buka: 07.00 – 18.00 WIB

30. Bakso Kadipolo

Bakso Kadipolo (foto: solopos.com)

Bakso, tentu saja sangat digemari oleh semua orang, mulai dari anak kecil, remaja, orang tua bahkan sampai yang sudah manula. Bakso yang sudah terkenal enak adalah adalah Bakso Solo. Berada di kotanya, tentu saja kuliner ini wajib didatangi ketika kamu berkunjung ke Kota Solo.

Bakso Kadipolo namanya, bakso ini sudah terkenal sejak tahun 1967. Jika kamu berdomisili di Jakarta kamu juga akan menemui makanan ini disekitar Jalan Cempaka putih yaitu Bakso Taman Solo.

Baksonya cukup komplit, ada bakso balungan atau tulang sapi yang dipotong kecil dan dimasak hingga lunak. Tak hanya menawarkan Bakso, disana menyajikan makanan masakan khas Jawa.

Alamat: Jl. Ronggowarsito No.163, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta
Harga: Rp 5.000 – Rp 15.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.