Tiket Masuk Wisata Songgoriti Batu Malang, Tempat Wisata Jatim + Obyek Kolam Renang

Posted on
Wisata songgoriti malang batu tiket masuk jatim tempat pasar taman kota di dekat air panas hotel obyek 2017 alam alamat pemandian daerah kawasan harga cinta candi outbound objek denah foto fasilitas gambar htm indonesia informasi info lokasi malam tirta nirwana paralayang payung pantai kolam renang rute sekitar sejarah villa wahana jawa timur 65312 tragedi
Gerbang Kawasan Wisata Songgoriti, sumber: maskabib.blogspot.com

Alamat: Jl.Songgoriti Batu-Malang, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Jawa Timur 65312
Map: KlikDisini
HTM: Weekday Rp 10.000,-, Weekend Rp 15.000,-
Buka/Tutup: Senin – Minggu 07.00-17.00
Telepon: –

Kota Batu di Provinsi Jatim mulai terkenal sebagai Kota Wisata pada tahun 2017 ini, karena mempunyai bermacam – macam destinasi dan kawasan wisata yang bisa kalian kunjungi. Selain dari Pantai Bengkung, Museum Angkut, Taman Selecta, Sengkaling, BNS (Batu Night Spectakular), Alun – alun Kota Batu, Air Terjun Coban Rondo, masih ada tempat wisata lain yang kalian bisa datangi atau sekedar singgah yaitu Wisata Alam Songgoriti. Wisata Alam Songgoriti letaknya berada di daerah kelurahan Songgokerta yang mempunyai jarak kurang lebih 2 km menuju arah barat dari pusat kota Batu.

Tirta Nirwana Songgoriti

Tirta Nirwana Songgoriti, sumber: malangtourguide.com

Tempat wisata di Songgoriti yang bisa kalian nikmati adalah berendam pada pemandian air panas Tirta Nirnawa Songgoriti. Pemandian air panas ini sering sekali disebut sebagai surganya air di daerah wisata kota Batu. Di tempat ini, kalian bisa berenang sambal menikmati suasana dan pemandangan hijau pegunungan. Disana terdapat kolam renang khusus anak – anak dan kolam renang untuk dewasa.

Kolam renang, sumber: novavilla.wordpress.com

Obyek wisata Tirta Nirwana Songgoriti tidak hanya berisikan kolam renang. Di tempat ini ada danau buatan dan terdapat tiga pulau kecil yang berada di tengah danau tersebut. Kalau mau menuju pulau – pulau kecil tersebut, kalian dapat melintasi melalui jembatan yang melengkung dengan cantiknya. Kalian juga dapat mengendarai perahu atau sepeda air untuk mengelilingi danau ini supaya bisa menikmati keindahan pemandangan yang disekitarnya.  Di tempat wisata ini juga terdapat fasilitas lain, seperti taman bermain untuk anak yang lumayan luas. Untuk kalian yang mempunyai hobi foto, disini banyak terdapat patung lucu. Seperti patung hewan, patung buah berukuran raksasa dan patung dengan karakter – karakter yang ada di cerita dongeng.

Pemandian air panas, sumber: wisatamurahmalang.com

Lain dari itu, kalian juga bisa berendam di PAPA (Pemandian Air Panas Alami). Air panas tersebut sudah pasti mengandung belerang, kandungan tersebut bisa menyehatkan kulit. Sumber dari air panas tersebut berasal dari bawah Candi Songgoriti.

Obyek wisata Tirta Nirwana Songgoriti ini mempunyai lokasi di Jalan Songgoriti No. 51, Desa Songgokerto, Kota Batu. Wisata ini buka setiap hari, senin hingga minggu tanpa kecuali hari libur. Dan buka mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Tarif tiket untuk masuk ke kawasan ini adalah Rp 10.000,-/orang.

Candi Songgoriti

Tahukah Anda bahwa Malang pun memiliki wisata candi?

Songgoriti terkenal dengan obyek wisata peninggalan dari abad ke 10, yaitu terdapat candi peninggalan kerajaan Singahasari dan telah berkembang menjadi obyek wisata rekreasional sampai saat ini. Obyek wisata Songgoriti terletak di lembah Gunung Banyak, tepatnya di desa Songgokerto, batud. Songgoriti sangat layak untuk di kunjungi karena memiliki nuansa alam yang hijau dan alami dan, tentu saja, sejuk dan nyaman.

Candi Songgoriti, sumber: ayurihana.blogspot.com

Bahkan, Candi Songgoriti adalah candi tertua di Jawa Timur. Candi Songgoriti ini terletak dekat dengan Tirta Nirwana Songgoriti, namun memang tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Sejarah Candi Songgoriti atau yang juga kerap disebut Candi Supo ini pertama kali ditemukan oleh Van I Isseldijk pada tahun 1799. Candi Songgoriti memiliki karakteristik candi-candi Jawa Timur yang tidak terlalu luas. Dimensinya adalah 14.36 m x 10.10 m dengan tinggi 2.44 m. Adapun Candi Songgoriti ini memiliki keunikan di mana di bawah candi terdapat sumber air panas yang di tengah-tengahnya menyembul mata air dingin. Konon, mata air panas tersebut dulunya digunakan untuk mencuci keris Mpu Sindok. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke Candi Songgoriti ini.

Paralayang Songgoriti

Wisata paralayang, sumber: wisatamalangid.blogspot.com

Kalian suka dengan melakukan aktivitas yang memacu adrenalin? Berarti kalian harus mencoba melakukan paralayang di area Wisata Alam Songgoriti ini. Wisata paralayang dilaksanakan dari atas Gunung Banyak. Area Gunung Banyak ini sudah resmi dipakai untuk kawasan paralayang dari tahun 2000. Di area Gunung Banyak seringkali diadakan acara atau kompetisi paralayang dari tingkat regional hingga ke tingkat internasional. Untuk kalian yang tidak menguasai paralayang ini, kalian bisa mencobanya dengan partner tandem yang terlatih dan berkualifikasi. Kalian dapat merasakan sensasinya terbang sambil menikmati suasana alam yang begitu indah.

Downhill Songgoriti

Track downhill, sumber: codesport.id

Tak hanya paralayang yang menyuguhkan wisata adrenaline, kalian juga dapat mencoba wahana downhill di Songgoriti. Letak track downhill ini berada di area Bukti Klemuk. Terdapat dua track downhill yang bisa kalian coba. Untuk track yang pertama yaitu track yang sering digunakan untuk kejuaraan nasional downhill. Dan untuk track yang kedua mempunyai rute yang ekstrim dan jauh lebih menantang.

Pasar Songgoriti

Pasar Wisata Songgoriti, sumber: wikimapia.org

Jika ke Wisata Songgoriti tanpa membeli oleh – oleh atau souvenir, sepertinya masih ada yang tidak lengkap. Sebab oleh-oleh adalah hal yang wajib dibawa ketika berwisata keluar kota. Kebetulan sekali di Songgoriti terdapat pasar yang cukup terkenal. Pasar ini dikenal dengan nama Pasar Wisata Songgoriti. Tak hanya daerah songgoriti, pasar ini cukup terkenal di kota Batu. Jadi untuk mencari informasi mengenai pasar ini mudah didapatkan.

Tak hanya terkenal karena barang yang cukup murah, pasar ini juga mempunyai bermacam – macam produk yang ditawarkan. Pasar ini menjual buah dan sayuran lokal yang merupakan asli oleh – oleh khas kawasan tersebut. Dan di pasar ini juga menyediakan souvenir, baju, perlengkapan dapur, hewan seperti kelinci juga hamster.

Kelinci dan hamster, sumber: touritumenyenangkan.wordpress.com

Pasar tradisional ini jadi rujukan para wisatawan untuk membeli oleh – oleh, beda dengan penampilan pasar – pasar tradisional biasanya yang terkesan kumuh, bau dan jorok. Pada Pasar Wisata Songgoriti ini kalian tak akan melihat hal tersbut. Untuk konsep pasar tradisional masih tetap digunakan sejak berdirinya pasar ini. Kalian bisa melakukan negosiasi untuk menawar harga, tapi ada beberapa barang yang tak dapat ditawar seperti makanan – makanan ringan.

Letak Pasar Wisata Songgoriti ini kira – kira 5 km dari arah barat alun – alun kota Batu. Letak pasar ini berada tepat dibawah kaki bukit Gunung Klemuk yang biasa dipakai untuk event downhill dan dan paralayang dengan standar nasional maupun internasional. Sehingga tak hanya berbelanja, kalian juga dapat melihat langsung pemandangan para wisatawan ataupun atlit yang sedan terbang memakai paralayang.

Transportasi dan Akomodasi Songgoriti

Agar dapat mencapai ke Wisata Songgoriti ini, sangatlah mudah. Dapat dijangkau dengan menggunakan mobil ataupun motor. Jalan yang dilewati pun masih bagus. Jika kalian memakai kendaraan pribadi tinggal mengarah ke barat dari alun – alun kota Batu. Kalian tak perlu khawatir akan tersesat sebab sudah banyak penunjuk jalan menuju lokasi tersebut.

Cuma kalian harus berhati – hati kalau menggunakan kendaraan pribadi ketika dalam perjalanan menuju ke tempat wisata ini ataupun pulang dari tempat wisata tersebut apalagi malam hari. Karena pernah terjadi tragedi kecelakaan yang menyebabkan 9 orang meninggal menabrak pohon. Tragedi tersebut terjadi karena pengemudi dan para penumpangnya habis pesta minuman keras di villa kawasan Songgoriti ini.

Jika kalian menggunakan angkutan umum dari terminal Arjosari kota Malang bisa naik angkutan AL dan ADL menuju terminal Ladungsari. Dari terminal Ladungsari kalian bisa naik mini bus Puspa Indah dengan jurusan Batu – Jombang atau kalian dapat naik angkutan jurusan Batu – Songgoriti jalur BS/A dan BS/B. Lalu kalian turun di jalan Singgoriti sampai dengan gapura. Dari gapura dapat melanjutkan dengan berjalan kaki atau kalian juga bisa naek Ojek. Berikut tadi adalah informasi kendaraan umum yang kalian bisa gunakan untuk mencapai tempat itu.

Villa dikawasan Songgoriti, sumber: villaolly.hol.es

Di sepanjang jalan dari gapura hingga tempat Wisata Songgoriti, kalian akan ditawari oleh warga setempat untuk menyewa villa. Villa – villa tersebut banyak dijumpai di sekitar kawasan wisata ini. Untuk harga sewa villa mulai dari Rp 150.000,- sampai dengan Rp 300.000,- permalam nya, semua tergantung negosiasi kalian.

Daerah wisata ini akan sangat ramai ketika weekend atau hari libur sekolah dan libur hari raya. Untuk para wisatawan tak hanya dari kota Malang saja, tapi juga dari mancanegara seperti dari  Taiwan, Malaysia hingga Korea. Dengan alam yang begitu asri dan mempunyai hawa sejuk dari pegunungan akan dapat membuat siapa saja akan betah juga kerasan tinggal di kawasan wisata ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *