Wonderia Semarang Apakah Ditutup?

Posted on
Wonderia Semarang Apakah Ditutup?
5 (100%) 1 vote
with @widyalokka at wonderia, foto by @ryanakbaryusuf

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.29, Tegalsari, Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50242
Map: Klik Disini
HTM: Rp.9000/Orang
Buka/Tutup: 09.00-22.00
Telepon: (024) 8318868

Taman wisata Wonderia Semarang pernah ditutup pada bulan November 2007 dikarenakan ada insiden kecelakaan yang disebabkan salah satu wahana permainan memakan korban.

Namun pada tanggal 17 April 2008 Taman Wisata Wonderia secara resmi dibuka kembali untuk umum setelah mendapat sertifikat lolos uji kelayakan dari FT Undip (Fakultas Teknologi).

Sertifikat ini mengindikasikan bahwa wahana-wahana permainan yang tersedia sangat aman sehingga tidak terjadi kesalahan seperti yang terjadi sebelumnya.

Taman wisata ini berlokasi di Jl. Sriwijaya no.29 tepatnya berada di area pusat kota Semarang. Tempat ini diresmikan oleh Presiden kala itu yaitu Bp. Suliso Bambang Yudhoyono pada tahun 2007.

Permainannya Seru, gambar: dolandolen.com

Saat memasuki taman, Anda akan melewati sebuah portal kemudian terdapat berbagai wahana permainan. Loket sengaja disebar di berbagai sudut taman sehingga membuat pengunjung mudah saat ingin menaiki sebuah wahana.

Ada banyak kursi terbuat dari semen dibawah pohon-pohon rindang jadi saat lelah berkeliling dapat istirahat sambil menyantap bekal disini. Semilir angin berhembus dengan daun-daun yang berguguran dari atas pohon menambah kenyamanan saat duduk bersantai.

Ada aneka ragam jenis mainan yang diminati anak-anak seperti Boom Boom Car, Space Gyro, Typhoon Coaster, Super Rally, Merry Go Round, dan Kiddy Boat tersedia disini.

Taman Wisata ini sangat cocok dan menyenangkan sebagai tempat mengisi liburan bagi anak-anak. Luas taman mencapai 3 hektar selain 7 wahana diatas terdapat pula 13 wahana permainan lainnya.

Tidak hanya wahana permainan khusus anak-anak namun adapula wahana yang menguji keberanian seperti Ghost House.

Salah Satu Wahana, Photo: wonderia-semarang.blogspot.com

Disamping itu, pihak pengelola Taman Wisata Wonderia sering sekali menampilkan panggung hiburan dengan artis-artis ibukota maupun penyanyi-penyanyi lokal sebagai pengisi acara.

Tidak hanya panggung-panggung musik, taman ini kerap sekali dijadikan tempat untuk perhelatan acara-acara besar di Semarang seperti jalan sehat, festival, Lomba-lomba dan banyak lainnya.

Dengan segala fasilitas yang ditawarkan baik wahana-wahana permainan menyenangkan hingga panggung musik menjadikan Taman Wisata Wonderia sebagai salah satu destinasi favorit warga Semarang dan sekitarnya untuk berakhir pekan atau menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman-teman dekat.

Tempat ini akan ramai pengunjung khususnya saat liburan sekolah tiba karena memang tempat ini menjadi magnet kuat bagi para anak-anak.

Taman Hiburan Wonderia Semarang merupakan taman wisata terbesar se-jawa Tengah. Lokasinya yang sangat strategis dan dekat dengan beberapa gedung seperti Taman Budaya Raden Saleh dan PusDa (perpustakaan daerah) membuatnya mudah diakses dari berbagai arah.

Jadi saat para pelajar lelah sehabis belajar di Pusda dapat langsung menyegarkan pikiran kembali dengan bermain aneka wahana permainan disini. Tersedia area parkir yang cukup luas sehingga pengunjung yang datang merasa nyaman tidak berdesak-desakan.

BacaJuga:  10 Gambar Air Terjun Songgo Langit Jepara, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Misteri Mitos + Akses Jalan Menuju Wisata

Taman hiburan Wonderia juga sangat teduh karena banyak pohon-pohon rindang. Tidak hanya itu, jalanan yang digunakan para pengunjung untuk berpindah dari satu wahana ke wahana lainnya lumayan rekreatif dan tentunya nyaman.

Jadi Jujugan Wisatawan, Foto: akcayatour.com

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang dibandrol pengelola taman adalah Rp. 9000 pada hari biasa. Sedangkan untuk akhir pekan tiket masuk seharga Rp. 10.000. Taman hiburan ini buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB untuk hari biasa.

Saat weekend taman hiburan buka lebih lama yakni dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Ada banyak penjual berbagai makanan dan juga minuman. Jadi yang tidak mau repot-repot dapat membeli makanan disana saja.

Tersedia juga toko souvenir jika ingin membeli oleh-oleh untuk sanak famili serta terdapat pula klinik. Namun segalanya sekarang tidak dapat lagi dinikmati dikarenakan Taman Hiburan Wonderia Semarang sekarang resmi ditutup sejak awal tahun 2018.

Keaadan Wonderia semarang 2018 kini tak terawat lagi meskipun harga tiket masuk taman wisata yang ditawarkan cukup terjangkau. Sekarang taman hiburan yang mempunyai alamat map di Jalan Sriwijaya No. 29 telah diberi pita kuning garis polisi.

Dahulu taman Wonderia atau Woderia park sering mengadakan event distro clothing namun karena telah lama dinonaktifkan suasana ditempat tersebut menjadi angker karena sudah ditutup.

Apakah sering terjadi kecelakaan atau ada berita mengenai alasan ditutupnya tempat hiburan tersebut akan dijelaskan dibawah ini.

Dari bekas clothingan, rekreasi, tempat hiburan, denah, event, foto, fasilitas, gambar, htm, taman hiburan terbesar se-Jawa Tengah indonesia sampai info jadwal, jalan, kasus, lokasi, luas lapangan, misteri, mitos, peta, permainan, rute, suasana sepi, sejarah, alasan tutup, tragedi, tarif tentang wahana saat ini telah dirangkum semua.

Saat Malam Hari, Foto: tukanginfo.com

Alasan Dibalik Penutupan

Pemkot Semarang terpaksa menonaktifkan Taman Wisata Wonderia. Taman ini selama ini dibawah manajemen PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta (SMART) namun dikarenakan tunggakan pembayaran pajak serta biaya royalti hak milik dengan total hingga Rp. 3,1 Miliar.

Kepala Satuan Polisi Kota Semarang mengatakan bahwa Taman wisata ini ditutup dan disegel agar tidak dipakai keluar masuk orang.

Setelah peristiwa penyegelan oleh satpol PP kota Semarang, Taman Wisata Wonderia Semarang statusnya hingga kini masih belum jelas. Otomatis taman hiburan tersebut kini mangkrak tidak ada sedikitpun aktivitas disana.

Sepi sekali tidak terlihat orang beraktivitas didalam Wonderia. Pada hari minggu yang lalu nampak ada aktivitas senam berada dihalaman depan taman, tapi setelah kegiatan tersebut selesai tidak tampak lagi ada kegiatan apapun di kawasan wisata keluarga tersebut.

BacaJuga:  Mitosnya Dilarang Kesini Bareng Pacar, Benarkah? Bukit Cinta Rawa Pening

Pagar yang ada didepan dikunci dan digembok rapat sekali. Hanya terlihat beberapa anak-anak kecil sedang bermain layang-layang. Di area loket masuk ada segel berwarna kuning atau garis polisi.

Taman Wisata, Foto: semarangarea.com

Warga sekitar Wonderia berpendapat bahwa seharusnya lahan bekas Taman Hiburan Wonderia Semarang dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Pemkot Semarang karena menurut informasi lahan tersebut merupakan aset Pemerintah Kota Semarang.

Kalau hanya dibiarkan saja sangat sayang sekali. Terutama saat malam, area ini nampak sangat gelap tidak ada satu aktivitas apapun sehingga tersebar rumor bahwa tempat ini berhantu.

Sebelum ada penyegelan diketahui disini merupakan venue favorit untuk pagelaran acara musik baik dandung atu lainnya serta pamerang distro.

Menurut informasi yang didapat Pemerintah Kota Semarang sedang merencanakan untuk membuat Taman Wisata Wonderia menjadi pusat aktivitas wisata di kota Atlas ini.

Namun, masih belum dapat dipastikan kapan rencana tersebut terealisasi karena masih dilakukan kajian lokasi oleh Tim Bappeda.

Tempat Tujuan Favorit Keluarga, Foto: panoramio.com

Pernyataan tersebut langsung disampaikan oleh Bp. Hendrar Prihadi, sang Walikota Kota Semarang.

Meski demikian, Bapak Hendi belum bersedia memeberikan informasi terkait rencana pengelolaan Taman Rekreasi Wonderia dengan sistem dan manajemen yang baru karena memang masih dalam tahap evaluasi dan kajian.

Pak Hendi juga menambahkan bahwa akan memanfaatkan sistem polling untuk memperoleh masukan dalam pengelolaan lahan bekas taman hiburan tersebut.

Sebenarnya kerjasama yang terjalin antara Pemkot dan PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta berakhir sampai 2018 namun dikarenakan pihak PT Smart tidak mampu membayar segala tanggungan administrasi sehingga dengan sangat terpaksa kerjasama tersebut diakhiri sejak awal tahun ini.

Bom Bom Car, Foto: lastrisulas.blogspot.com

Bapak Walikota mengatakan jika beliau sangat menghormati adanya kesepakatan antara pihak PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta dengan pemerintahan sebelumnya.

Akan tetapi saat perjanjian tersebut dilanggar oleh investor yakni dalam kasus ini adalah PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta atau SMART maka sebagai tanggung jawab beliau adalah mengingatkan pihak investor.

Sebelum disegel sudah dilakukan upaya peringatan untuk melunasi tunggakan hingga tiga kali namun karena tidak segera dibayar-bayar terpaksa langsung diputus kontraknya saja.

Pasca pemutusan kontrak sejak awal tahun 2018, Pemerintah Kota Semarang memberi masa tenggat hingga 6 bulan kedepan kepada PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta untuk segera mengeluarkan seluruh aset mereka dari Taman Rekreasi Wonderia.

Monorel, Foto: tribunnews.com

Menurut Bapak Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pengelolaan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang bahwa sebenarnya manajemen Taman Rekreasi Wonderia selama ini kurang optimal. PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta sudah setuju mengenai pemutusan kontrak tersebut.

Saat ini Pemerintah Kota Semarang sedang menunggu pihak PT Smart memberesi segala aset-aset yang masih tertinggal agar dapat dilanjutkan manajemen berikutnya.

BacaJuga:  10 Gambar Karimunjawa Jepara, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Penginapan Hotel Villa, Keindahan di Sekitar Area + Rute Jalan Menuju Wisata

Sedangkan Bapak M. Farhan selaku Kepala Bappeda (Bidang Perencanaan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah) Semarang mengatakan tidak mampu berbuat banyak pasca penyegelan Taman Wonderia.

Dalam masalah rencana kerja Bappeda belum bisa memberi keterangan apa-apa. Kemungkinan jika status laporan telah beres dan pihak Bappeda diminta memberikan pendapat dan segera bergerak.

Jika untuk saat ini belum bisa memberi penjelasan banyak karena masih diproses oleh hukum belum menjadi ranah Bidang Perencanaan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah.

Lokasi Taman Rekreasi, Foto: kotawisataindonesia.com

Alternatif Taman Wisata di Semarang

Selain Wonderia ada Taman Rekreasi lainnya yang cocok untuk keluarga menghabiskan liburan akhir pekan salah satunya adalah Taman Wisata Puri Maerokoco Semarang.

Berbeda dengan Wonderia yang menawarkan aneka ragam wahana permainan dan panggung musik, Taman Wisata Puri Mareokoco juga memiliki beberapa wahana permainan namun tidak sebanyak di Wonderia.

Wahana permainan yang ada di Puri Mareokoco diantaranya Becak Air, Bomcar, Bianglala, Marry Go Around atau Komidi Putar, Kid’s Park seperti perosotan, ayunan dll, Istana Anak-anak Indonesia, Kereta gantung, Desa Wisata, Kolam Renang dan Waterboom, Pasar Apung, Museum Iptek, Outbond (Flying Fox, Perang Paintball, dll), dan Gedung Opera.

Pilihan wahananya cukup beragam dan menarik terutama wahana naik perahu mengelilingi rawa di puri Mareokoco. Sembari duduk diatas perahu dan menikmati pemandangan tambak disini, jika beruntung pengunjung akan disapa ikan bandeng terbang.

Ikan bandeng yang mendarat ke perahu boleh dibawa pulang dan gratis, menarik sekali bukan.

Lokasi Taman Wisata Puri Mareokoco juga dekat dengan pusat kota Semarang. Akses jalan kesini pun sangat mudah bisa diraih dari arah manapun. Lokasinya sangat strategis dekat dengan terminal terboyo, tugumuda dan juga Bandara Ahmad Yani.

Tidak hanya wahana permainan saja, namun pengunjung dapat menikmati miniatur rumah adat atau anjungan dari total hingga 35 Kabupaten dan kota madya di Jawa Tengah. Terdapat pula kerajinan-kerajinan dan hasil olahan industri didalam rumah adat tersebut.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

3 thoughts on “Wonderia Semarang Apakah Ditutup?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.