10 Gambar Air Terjun Coban Sewu Lumajang, Harga Tiket Masuk, Rute Jalur Menuju Lokasi + Penginapan di Sekitar Wisata

Posted on
10 Gambar Air Terjun Coban Sewu Lumajang, Harga Tiket Masuk, Rute Jalur Menuju Lokasi + Penginapan di Sekitar Wisata
Rate this post

Lokasi: Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Bendosari , Malang , Jawa Timur.
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 5, 000 /orang
Buka /Tutup: Setiap hari
Telepon:

foto by instagram.com/raff_agustiono/

Ada banyak pilihan rekreasi di daerah Malang, wisata alam merupakan salah satu unggulan. Sudah bukan perihal yang aneh lagi bila banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Jawa Timur, terutama ke Malang demi untuk mengunjungi sederet lokasi wisata alam.

Di Malang sendiri , terdapat pilihan lokasi wisata alam yang cukup lengkap. Mulai dari gunung dan perbukitan Tretes, pantai, hutan , hingga air terjun. Tak salah jika akhirnya dengan kekayaan alam tersebut, kawasan ini menjadi pusat hiburan dan lokasi wisata di Jawa Timur.

Wisata Air Terjun Coban Sewu

foto by instagram.com/m_faisol85/

Air terjun Coban Sewu adalah salah satu tempat yang cantik untuk dikunjungi. Indonesia yang kaya ini menyimpan banyak air terjun yang mengagumkan.

air terjun coban sewu adalah salah satu objek yang mempunyai daya tarik tinggi untuk para wisatawan. sangat istimewa sehingga patut untuk dijadikan pilihan wisata terbaik.

Sesuai namanya, air terjun tersebut memiliki jumlah yang banyak dan tergabung dalam satu tempat. Tetapi memang, tidak ada satupun air terjun yang dominan karena semuanya berhasil menarik pengunjung dalam jumlah sangat banyak.

foto by instagram.com/ariframdhann/

Air terjun ini dihiasi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau yang menempel di dinding tebing yang berwarna kecokelatan. Suara deru air terjun yang memecah kesunyian seolah mengundang para wisatawan untuk turun tebing dan merasakan percikannya.

Sumber air seperti ada di mana-mana. Itulah mengapa air ini disebut Coban Sewu. Coban berarti air terjun, sedangkan sewu berarti seribu, sebagai kiasan karena sangat banyaknya sumber air yang ada. Airnya pun jernih dan dingin.

BacaJuga:  Indahnya Menikmati Sore Hari di Waduk Dawuhan Madiun
foto by instagram.com/alifian_aryananda/

Kisah Coban Sewu

Berbeda dari Kisah wisata lain , yang bermula dari ketidaksengajaaan, kisah Coban Sewu lebih menarik. Dikisahkan beberapa tahun lalu, sekumpulan pemuda di daerah perbatasan Malang dan Lumajang kesulitan mencari pekerjaan.

Kurang lebih ada 20 orang pemuda yang lantas memutuskan untuk mencari air terjun baru yang nantinya bisa mereka buka menjadi lokasi wisata. Dikisahkan mereka mencari di sekitar daerah Ampel gading dan desa Lebakharjo.

foto by instagram.com/uzbong/

 

Hingga pada akhirnya mereka menemukan air terjun diujung aliran sungai Glindih yang ada di Pronojiwo .
Setelah ditelusuri , ditemukanlah grojogan Coban Sewu , yang letaknya tepat di perbatasan Malang dan

Lumajang.Tepatnya di kecamatan Ampel Gading, Malang dan desa Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo , Lumajang.
Kemudian Setelah itu mereka pun mulai bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menjadi pengelola dari objek wisata Coban Sewu tersebut.

Fasilitas yang mulai disediakan dan perlahan namun pasti, adalah jalan akses menuju ke arah daerah ini dibuka dengan bantuan dari pemerintah juga.

foto by instagram.com/heru_new86/

Sejak sekitar 5 tahun lalu, objek wisata ini pun mulai dibuka dan menjadi pekerjaan utama pemuda daerah tersebut yang menjadi pengelola .

Rute Jalan Menuju Lokasi

Ada beberapa rute berbeda yang bisa diakses untuk menuju ke Coban Sewu ini. Namun bila Anda berasal dari luar daerah , sebaiknya memilih antara mencari jalan ke Lumajang atau Malang lebih dulu .

Misalkan saja, bila Anda berada di daerah Jember akan lebih mudah untuk mencari jalan ke Lumajang lebih dulu baru dari sini, akan ada banyak sekali petunjuk arah menuju ke air terjun Coban Sewu.

foto by instagram.com/akueko57/

Sedangkan bila Anda berada di daerah Surabaya, menuju ke arah Malang tentu saja menjadi jauh lebih mudah dan lebih dekat.

BacaJuga:  10 Gambar Gunung Bromo Terletak di Alamat, Sejarah Meletus + Misteri Mitos Wisata

Arah jalan yang bisa ditempuh dari dua daerah tersebut ke arah selatan, mulai dari Tirtoyudo, Dampit, Turen, baru ke arah Ampel Gading atau ke arah Pronojiwo.

Sepanjang perjalanan nanti, Anda juga bisa berpadu pada letak Gunung Semeru yang seharusnya ada persis di depan. Selain itu nantinya Anda akan melewati wilayah Petungsewu, yang merupakan arah menuju air terjun Parangtejo.

foto by instagram.com/inijawatimur/

Selain itu di sepanjang perjalanan , Anda juga akan melewati sederet coban lain. Seperti Coban Sumber Telu, Air Terjun Kapas Biru, serta Grojogan Kabut Pelangi atau Parangtejo.

Anda juga bisa mencari lokasi Goa Tetes yang letaknya sekitar 1 KM dari Air terjun Parangtejo dan sekitar 2 Km dari Coban Tumpak Sewu .

Sedangkan bila Anda datang dari arah Pasuruan , bisa menuju ke Coban Sewu dengan melewati Ngantang. Untuk lebih jelasnya, peta di Wikimapia akan memudahkan Anda selama perjalanan menuju ke lokasi wisata air terjun.

foto by instagram.com/endatriastutik/

Sejarah Singkat Coban Sewu

Air terjun Coban sewu letaknya ada di antara Lumajang dan kota Malang. Selain dikenal dengan nama Coban Sewu, tempat ini juga mendapatkan sebuah nama yaitu Coban Tumpak Sewu.

Terkadang juga disebut dengan nama Tumpang Sewu oleh warga sekitar. Nama tersebut diberikan lihat dari keadaan dan bagaimana sumber air di lokasi air terjun .

foto by instagram.com/annisafitriah96/

Nama Coban Sewu di dapatkan dari kata Coban yang berarti air terjun, dan Sewu yang berarti Seribu . Nama tersebut diberikan karena Coban Sewu seakan memiliki “seribu ” sumber air terjun berbeda. Tentu saja, jumlah sumbernya tak benar- benar ada seribu.

Sedangkan nama Coban Tumpak Sewu dan Tumpang Sewu diberikan karena air terjun yang ada di Coban Sewu seakan bertumpuk -tumpuk satu sama lain .

BacaJuga:  10 Gambar Sumber Ubalan Kediri, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Sejarah, Jam Buka + Rute Jalan Menuju Wisata

Air terjun yang ada disini memang tak berasal dari satu sumber aliran air dari atas yang jatuh ke bawah . Melainkan sumber air dari berbagai arah di sepanjang tebing. Sehingga bila dilihat , air terjun akan terlihat “tumpang” atau “tumpak ” menindih satu sama lain.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.