10 Air Terjun di Gianyar Yang Wajib Banget Buat Kamu Jejaki

Diposting pada

Bertandang ke pulau Dewata Bali, tak melulu harus mengunjungi pantai-pantai di sekitar Kuta atau Badung. Sekali-kali menapakkan kaki di air terjun juga patut untuk dicoba.

Pasalnya, yang namanya air terjun kebanyakan kawasannya menyuguhkan sensasi sangat berbeda dengan akses masih sangat tersembunyi sehingga hawa di sekitarnya pun cenderung terasa sejuk.

Berbicara soal air terjun, bukan hanya kabupaten Buleleng saja yang menjadi surganya, Gianyar juga punya beberapa curug dengan pemandangan tak kalah indah dibanding di daerah lainnya di Bali.

Nah, biar tidak penasaran langsung aja ya kita simak 10 daftar air terjun terindah yang ada di sekitar daerah Gianyar referensi terbaru dari tim JejakPiknik berikut ini.

1. Tegenungan Waterfall

foto by swedishnomad.com

Alamat: Jln.Ir.Sutami, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali,Indonesia
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.30-18.30 WITA
HTM: Rp.15.000
No.Telp: 0812 3830 0228, 0857 3781 8549

Objek wisata bernama Tegenungan ini sudah sangat sohor di kabupaten Gianyar, jadi buat Sahabat JejakPiknik yang bertandang ke wilayah tersebut, jangan lupa menjejakkan kaki disini ya.

Sempat di sorot oleh My Trip My Adventure, membuat lokasi keren yang kerap disebut Blangsinga ini semakin memikat banyak wisatawan, tak heran lokasi tersebut pun kian ramai setiap harinya.

Air terjunnya yang cantik dihiasi dengan pepohonan hijau rindang di sekitarnya membuat spotnya semakin tampak sangat alami dan sedap dipandang mata.

Namun jika hendak ke lokasi ini, Sahabat JejakPiknik harus siap ya untuk menyusuri hutan, tepian sungai atau tukad dan juga menuruni ratusan anak tangga.

2. Kanto Lampo

foto by kintamani.id

Alamat: DesaBeng, Kab.Gianyar, Bali
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-17.00 WITA
HTM: Rp.5.000

Dengan panorama cukup unik dimana ada susunan batu acak dan tak beraturan di sekitar lokasi membuat artistik air terjun Kanto Lampo ini jadi terlihat berbeda dari curug lainnya.

foto by traveltriangle.com

Tak heran jika lokasi ini pun menjadi incaran favorit bagi mereka para penggemar dunia fotografi yang suka berburu foto-foto dan gambar keren.

Tak cukup hanya menyajikan keindahan aliran airnya yang menyegarkan, tempat ini pun siap untuk memanjakan pengunjungnya lewat sederet fasilitasnya seperti kamar bilas ataupun toilet bersih.

3. Goa Rang Reng Waterfall

foto by baleudang.com

Alamat: Ds.Bakbakan, Kab.Gianyar, Bali
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-18.00
HTM: Rp.5.000
No.Telp: 0852 3838 4430

Penamaan spot satu ini ternyata asal-usulnya cukup sederhana dimana di bagian atasnya terdapat sebuah goa sakral yang dikenal dengan nama Rangreng.

Nah, karena tempat ini termasuk kawasan sakral, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh pengunjung diantaranya berbusana sopan serta menjaga sikap dan perkataan.

Sementara bagi perempuan yang sedang datang bulan atau menstruasi, sebaiknya hindari untuk tidak datang ke kawasan suci ini ya.

4. Petanu

foto by rentalmobilbali.net

Alamat: Banjar Sumampan, Ds.Kemenuh, Kec.Sukawati, Gianyar, Bali
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Sama dengan air terjun pada umumnya, curug bernama Petanu di dusun Banjar Sumampan ini juga populer karena memiliki panorama alam yang sangat indah dan masih alami.

Eksotisme air terjun nampak indah karena dihiasi bebatuan besar dan pepohonan rindang yang tumbuh subur berwarna hijau sehingga membuatnya terlihat sangat alami.

Tidak hanya itu saja, air terjun Petanu juga dikenal karena memiliki karakter debit yang cukup deras dan termasuk sebagai salah satu destinasi wisata murah.

5. Manuaba waterfall

foto by picgra.com

Alamat: Ds.Kenderan, Tegallalang, Kab.Gianyar
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Destinasi bernama Manuaba waterfall tersebut termasuk sebagai salah satu tempat wisata baru di kabupaten Gianyar, Bali.

Dan spot ini dikenal karena memiliki daya tarik tersendiri dengan keunikan dimana air terjunnya mengalir diantara celah tebing bebatuan kemudian jatuh ke dalam kolam kecil alami dibawahnya.

Dengan menyuguhkan air yang sangat jernih, kolam alami di lokasi tersebut pun kerap dijadikan sebagai lokasi untuk berenang paling nyaman.

6. Gitgit Waterfall

foto by rentalmobilbali.net

Alamat: Jln.Raya Bedugul-Singaraja, Ds. Gitgit, Kec.Sukasada, Kab.Buleleng, Bali Utara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Melepir sedikit ke daerah Buleleng, kita juga bisa menemukan satu air terjun cantik yang lokasinya masih sangat dekat dengan Gianyar yakni Gitgit waterfall.

Terkenal sebagai curug tertinggi di Bali, Gitgit waterfall ini pun menghadirkan panorama yang tak kalah indah dengan air terjun di daerah lainnya di Buleleng.

Bahkan spot tersebut menyajikan dua air kembar tertinggi dengan panorama eksotis alam yang sangat sejuk khas daerah pegunungan.

7. Aling-Aling waterfall

foto by journeyera.com

Alamat: Jln.Raya Desa Sambangan, Kec.Sukasada, Kab.Buleleng
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Rp.5.000
No.Telp: 0877 6253 1292

Dengan ketinggian mencapai 35 meter, air terjun bernama Aling-Aling tidak kalah pamor dengan curug Tibumana di Bangli, Bali.

Aliran airnya yang terdiri dari dua bagian dan disekelilingnya banyak ditumbuhi pepohonan serta tumbuhan hijau, sehingga tak heran bila suasana di sekitar area tersebut sangat sejuk juga segar.

8. Apit Aungan Pejeng

foto by google.com/maps/place/Air+Terjun+Apit+Aungan+Pejeng

Alamat: Jln.Raya Pejeng, Tampak Siring, Kab.Gianyar
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-18.00
HTM: Gratis
No.Telp: 0812 3753 5678

Walau namanya tak setenar air terjun di daerah Ubud, tapi pesona panorama curug Apit Aungan di daerah Pejeng ini layak untuk dipertimbangkan sebagai salah satu destinasi terindah di Bali.

Meskipun tidak tinggi dan memiliki debit air kecil tapi spot tersebut cukup layak lho buat dijadikan sebagai lokasi untuk sekedar basah-basahan memanjakan keluarga.

9. Sumampan

foto by picgra.com

Alamat: Ds.Kemenuh, Kab.Gianyar, Bali
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Terletak di desa Kemenuh, air terjun Sumampan ini termasuk salah satu objek wisata yang baru dibuka untuk khalayak umum. Dan akses menuju lokasi spot tersebut juga masih sangat sederhana.

Dibalik jalannya yang cukup menantang, area ini menyajikan keindahan air terjun setinggi 10 meter dan dihiasi dengan batu padas menjulang tinggi. Pecinta wisata ekstrim, wajib banget mengeksplor objek tersebut.

10. Titi Gong Gang

Alamat: Jln.Raya Bukit Jati, Kab.Gianyar, Bali
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Bila Sahabat JejakPiknik kebetulan sedang bertandang ke waterboom Bukit Jati, jangan lupa untuk mampir barang sebentar ya ke air terjun Titi Gonggang.

Meski tak sepopuler Sebatu Waterfall dan belum masuk dalam peta Bali, tapi kawasan wisata baru ini siap untuk memanjakan Sahabat JejakPiknik melalui keindahan air terjun serta pemandangan alam di sekitarnya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.