6 Air Terjun Terdekat Dari Madura Yang Pesonanya Sungguh Menakjubkan

Diposting pada
Rate this post

Madura adalah sebuah pulau seluas 5.168 km yang berada di timur laut provinsi Jatim dan letaknya pun masih sangat dekat dengan kota Surabaya.

Walaupun pulau tersebut tidak dikelilingi pegunungan namun daerah ini memiliki beberapa tempat wisata yang sangat menarik buat dikunjungi bersama keluarga maupun teman.

Dan salah satu objek wisata yang menarik buat dikunjungi di pulau Madura ini selain pantai adalah air terjun. Karena menurut wisatawan sejumlah curug di sekitar daerah tersebut memiliki panorama sangat indah.

Lantas, apa saja nama air terjun di sekitar pulau tersebut dan dimanakah letak keberadaannya? Biar tidak penasaran, langsung saja yuk kita simak 6 daftar grojogan terindah yang ada di Madura berikut ini.

1. Toroan

foto by wisatajatim.info

Alamat: Ds.Ketapang Daya, Talabang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur
Map: KlikDisini
Jam Buka: 06.00-18.00
HTM: Gratis

Tempat wisata yang terletak di kawasan pantai Nepa ini sudah sangat terkenal di Jawa Timur. Tak hanya menyajikan keindahan panorama tapi spot tersebut juga menyuguhkan keunikan.

Airnya yang jatuh mengalir langsung ke laut membuat curug Toroan ini tampak sangat eksotis dan sangat disayangkan bila Sahabat JejakPiknik tidak mengabadikan keindahan lokasi tersebut lewat foto ataupun gambar.

Walaupun airnya langsung di alirkan ke laut namun dibawah grojogan tersebut terdapat sebuah kolam alami yang bisa Sahabat JejakPiknik gunakan buat berenang.

2. Kokop

foto by wisatamadura.or.id

Alamat: Ds.Koalla, Durjan, Kokop, Kab.Bangkalan, Jawa Timur
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Walau termasuk destinasi wisata terbaru di Bangkalan, namun keindahan air terjun 3 tingkat setinggi 10 meter yang berada di kawasan terpencil ini sangat layak buat di eksplor lho.

BacaJuga:  Yuk Berkunjung ke Makam Raja Tersohor Majapahit di Candi Ngetos Kabupaten Nganjuk

Pasalnya, objek tersebut menghadirkan keindahan air terjun yang masih sangat alami juga asri. Bila ingin mencari ketenangan dan kedamaian, spot ini paling recommended buat dikunjungi.

3. Baturaja Manitan

foto by ksmtour.com

Alamat: Ds.Runggarung, Banyubunih, Galis, Kab.Bangkalan
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Sesuai namanya, di kawasan air terjun Manitan ini Sahabat JejakPiknik memang akan disuguhi batu-batu besar di sekitarnya. Namun bebatuan tersebut terbilang cukup aman karena tidak ditumbuhi oleh lumut.

Disamping itu, kawasan wisata satu ini juga memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan dihiasi air jernih alami dan pepohonan rindang di sekitarnya.

4. Campur Arosbaya

foto by traveljaya.com

Alamat: Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Kab.Bangkalan
Map: KlikDisini
Jam Buka: 09.00-17.00
HTM: Rp.5.000

Di bukit kapur Arosbaya ini, Sahabat JejakPiknik tidak hanya disuguhi spot instagramable saja namun kawasan tersebut juga menyajikan keindahan air terjun yang tiada duanya.

Walaupun tidak begitu tinggi tapi air terjun Campur Arosbaya ini cukup menarik buat menghilangkan kepenatan dari setumpuk aktivitas sehari-hari.

5. Basoka

foto by radarmadura.jawapos.com

Alamat: Dsn.Lenteng, Ds.Basoka, Rubaru, Kab.Sumenep
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Selain air terjun Tambelangan di Sampang, curug bernama Basoka di kabupaten Sumenep ini juga menjadi salah satu destinasi wisata terbaru di Madura.

Tak hanya menyajikan panorama indah mirip Niagara waterfall dengan seribu sumber mata air, spot Basoka ini juga menyuguhkan kawasan yang bagus buat menyalurkan hobi Climb Jump.

6. Ahatan

foto by lelungan.net

Alamat: Ds.Duko, Tlontoraja, Pasean, Kab.Pamekasan
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Buat Sahabat JejakPiknik yang ingin sekedar mencari tempat wisata dengan pemandangan eksotis namun berudara sejuk, coba saja datang ke air terjun Ahatan di daerah Pasean kab.Pamekasan.

BacaJuga:  10 Gambar Teluk Hijau di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur + Tiket Masuk Lokasi

Menurut review dari para pengunjung, tempat tersebut masih sangat terjaga kelestariannya dan bisa dibilang termasuk objek wisata perawan yang belum terjamah oleh sentuhan modern.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.