6 Air Terjun di Nganjuk Ini Pas Banget Buat Basah-Basahan

Diposting pada
Rate this post

Yang namanya liburan, memang paling enak bila diisi dengan traveling ke berbagai tempat menarik baik itu wisata alam, budaya, kuliner ataupun lainnya.

Berbicara tentang destinasi wisata alam, selain pantai, air terjun adalah kawasan yang paling bagus buat dikunjungi. Apalagi buat mereka yang senang mengeksplor keindahan surga tersembunyi.

Nah, di Nganjuk sendiri ada sederet air terjun cantik yang bisa kita jadikan sebagai destinasi liburan. Lantas apa saja nama curug terindah di sekitar daerah tersebut? Berikut daftar lengkapnya.

1. Singokromo

foto by wisatalengkap.com

Alamat: Area Hutan, Ds.Ngliman, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jatim
Map: KlikDisini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Gratis

Berlokasi tidak jauh dari grojogan Sedudo dan curug Srigunting, ada satu surga tersembunyi yang menawarkan panorama terindah dihiasi dengan pepohonan hijau rindang dan air sangat sejuk.

Walaupun perjalanan menuju lokasi harus penuh perjuangan menyusuri hutan tapi area tersebut menyajikan spot foto yang sangat bagus buat hunting gambar-gambar kece.

2. Watu Lawang

foto by lelungan.net

Alamat: Area Hutan, Ngliman, Kec.Sawahan, Nganjuk Regency, East Java
Map: KlikDisini
Jam Buka: 07.00-16.00
HTM: Free

Spot bernama Watu Lawang ini terkenal sebagai air terjun tertinggi di kota Nganjuk karena terdiri dari 7 tingkat dan kawasan tersebut bukanlah destinasi wisata baru.

Air terjun bertingkat yang berada di wilayah lereng gunung Wilis tersebut sangat cocok dijadikan sebagai tempat refreshing karena lokasinya jauh dari bisingnya kehidupan di kota.

3. Sumbermanik

foto by arcakediri.com

Alamat: Area Sawah, Ds.Blongko, Ngetos, Kab.Nganjuk, Jawa Timur
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Tempat basah-basahan bagus selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi bisa ditemukan di daerah Blongko, wilayah Ngetos, namanya yakni Curug Sumbermanik.

BacaJuga:  5 Rental Sewa Kamera Mojokerto, Harga Mulai Rp.25.000

Area tersebut memiliki pemandangan terbilang cukup unik dimana airnya seakan merambat ke arah dinding tebing. Namun karena termasuk destinasi wisata terbaru, jalan menuju lokasi ini pun masih sangat terjal.

4. Ngebleng

foto by sinyoureh.blogspot.com

Alamat: Ds.Pule, Kec.Jatikalen, Kab.Nganjuk, Jawa Timur 64392
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang gemar melakukan wisata ekstrim, coba saja berkunjung ke air terjun cantik nan ekstosis Ngebleng di kecamatan Jatikalen, Nganjuk.

Tak hanya menyuguhkan wisata menantang, area tersebut juga menyajikan panorama sumber mata air mirip seperti Niagara waterfall di luar negeri.

5. Sedudo

foto by travelingyuk.com

Alamat: Jln.Sedudo, Area Hutan, Sawahan, Kab.Nganjuk
Map: KlikDisini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Rp.5.500-Rp.10.500

Menjadi ikon wisata di kota Nganjuk, siapa tak kenal dengan air terjun Sedudo ini. Salah satu curug yang tidak hanya sarat legenda namun juga cukup populer di kalangan wisatawan.

Walau tanah di sekitar kawasan tersebut pernah longsor dan juga sempat ada penampakan tapi spot ini tetap menjadi destinasi wisata nomor satu di hati para pengunjungnya.

6. Grojogan Putri Ayu

foto by wisatasenibudaya.com

Alamat: Area Hutan, Sambikerep, Kec.Rejoso, Kab.Nganjuk
Map: KlikDisini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Rp.5.000

Penemuan objek wisata bernama Grojogan Putri Ayu ini bisa dikatakan memang masih terbilang sangat baru, namun begitu spot tersebut sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Tak hanya untuk sekedar basah-basahan, kawasan tersebut juga banyak dilirik oleh mereka pecinta dunia fotografi dan yang suka eksis di sosial media.

Nah, itu dia 6 daftar air terjun terbaik di Nganjuk. Namun selain info diatas masih ada sederet macam curug menarik lainnya yang menarik buat dikunjungi di sekitar daerah tersebut, seperti:

BacaJuga:  Air Terjun Suwono, Surga Air Tersembunyi di Ngawi

– Curug Sumbermiri, Lengkong
– Air Terjun Selo Leter(Tetes Embun), Bendolo
– Curup Bidadari, Ngetos
– Curug Dolo
– Grojogan Duwur
– Curup Gedangan
– Air terjun Jurang Gatuk, Pace
– Curup Jeruk
– Grojogan Ngelayangan
– Curug Roro Kuning
– Watu Gundul Ngluyu
– Watu Lumbung
– Coban Tretes
– Curug Pacoban
– Tirto Panji, Tritik dan
– Sendang Putri Wilis

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.