10 Foto Air Terjun Lematang Indah Palembang, Lokasi Alamat, Wisata Pagar Alam, Sumsel + Mudah Dijangkau Wisatawan Belum ada Bintang

Diposting pada

Lokasi: Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan 31521
Map: Klik Disini
HTM: Rp2.000-4.000,-
Buka/Tutup:
Telepon:

foto by noos.co.id

Bumi Sriwijaya tidak hanya terkenal akan ragam budaya dan tradisinya, tapi juga keindahan alam nan luar biasa. Salah satu buktinya bisa dilihat di kota yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Lahat, yakni Pagaralam.

Sejak dahulu, ia memang dikenal sebagai destinasi wisata yang keindahan panorama alamnya tak terbantahkan. Dari Palembang bisa ditempuh selama 6,5 jam perjalanan dengan jarak 279,5 km.

Kontur Pagar Alam sendiri berbukit-bukit akibat dihimpit oleh dua gunung, yaitu Dempo dan Bukit Barisan. Itu menjadikannya sebagai kabupaten di Sumatera Selatan yang kaya akan air terjun.

foto by indonesiawonder.com

Salah satu curug yang berkarakter unik adalah Cughup Embun. Berada di Desa Pematang Bango, penderesan tersebut memiliki pancuran paling tinggi di Kota Bunga, mencapai 100 meter.

Tapi, volumenya tidak terlalu besar, sehingga saat air tercurah dari ketinggian akan berubah menjadi embun begitu sampai di bawah.

Kondisi alamnya masih bagus, apalagi sebelum tiba di lokasi, pengunjung harus melakukan perjalanan melalui hutan dan kebun kopi warga dengan akses jalan yang sudah baik.

Lalu, ada Cughup Maung yang mempunyai beberapa barisan air terjun nan indah karena berdampingan di sisi kiri dan kanannya. Lokasi curug tersebut sedikit tersembunyi, sehingga disarankan untuk mempersiapkan fisik dan mental guna melakukan trekking.

Dibutuhkan waktu sekitar 6-7 jam untuk sampai di Air Terjun Maung, Pagaralam. Tapi, sangat layak dikunjungi, apalagi wisatawan bisa mengambil foto dengan latar belakang penderesan yang cantik.

Selain itu, di antara Lahat dan Pagaralam, ada dua gerojokan yang masing-masing mempunyai tinggi 40 meter lebih, yaitu Ndikat dan Lematang Indah. Air terjun yang terakhir menjadi andalan di kota tersebut. Sebab, ia menghadirkan lansekap yang tidak kalah menarik dari objek wisata serupa di daerah lainnya.

BacaJuga:  10 Gambar Pagoda Pulau Kemaro Palembang, Sejarah, Fungsi + Mempunyai Daya Tarik

Keindahan Air Terjun Lematang Indah

Berbagai air terjun di Pagaralam, termasuk Lematang Indah, menjadi primadona bagi para pengunjung yang ingin merasakan suasana alam dan udara khas pegunungan nan masih sejuk.

Curug di Kota Seribu Air Terjun itu memang masih perawan karena dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan yang melimpah.

foto by tripadvisor.com

Segarnya angin yang berhembus ditambah kicauan burung-burung yang hinggap dari pohon ke pohon bakal membuai pengunjung dan membuat mereka betah berlama-lama di sana.

Sebagaimana yang telah disebutkan, ketinggian Cughup Lematang Indah hanya 40 meter, tidak seberapa bila dibandingkan dengan Air Terjun Sipiso-Piso. Sedangkan tinggi pancurnya sekitar 20 meter.

Tapi, panorama di sekitarnya amat memanjakan mata serta menyejukkan jiwa. Apalagi kebersihan lingkungannya sangat terjaga.

foto by wisatajawatimur.xyz

Saat sampai di lokasi, pengunjung akan disambut dengan beberapa anak tangga yang menuju ke dasar air terjun. Tapi, hati-hati ketika menuruninya karena cukup licin, terutama bila musim hujan. Begitu sampai di bawah, percikan air dari atas akan terasa sangat menyegarkan.

Tepat di bawah gerojokan, mengalir Sungai Air Baru yang begitu jernih dan dihiasi bebatuan besar. Ia juga sering digunakan oleh wisatawan serta para pecinta alam untuk melakukan kegiatan arung jeram.

foto by lifestyle.liputan6.com

Jarak sungai yang dipakai untuk melaksanakan aktifitas tersebut sepanjang 50 meter dengan Lematang Indah sebagai garis akhirnya.

Penderesan itu mempunyai karakter yang cukup unik. Sebab, airnya langsung mengucur ke kali yang berarus deras dan berkedalaman lebih dari 2 meter. Ini membuatnya berbeda dari sebagian besar cughup di Kabupaten Pagaralam.

foto by adipurarent.com

Pihak pengelola tidak mengizinkan pengunjung untuk mandi di sungai tersebut karena dalam dan derasnya aliran sungai.

Lokasi Air Terjun Lematang Indah

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Mahitam di Bandar Lampung, Biaya Masuk + Cara Jalan Ke Lokasi Alamat

Alamat Curug Lematang Indah ada di Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Pagaralam, Sumsel. Letak gerojokan tersebut tidak terlalu jauh dari pusat kota karena hanya berjarak kurang lebih 10 km atau menghabiskan waktu sekitar 20 menit perjalanan.

Dari Kota Palembang sendiri, bisa ditempuh sejauh 298 km. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau karena keberadaan penderesan tersebut dapat ditemui di tepi jalur Pagaralam-Lahat.

Infrastruktur menuju ke sana juga sudah beraspal dan dalam kondisi baik, tapi cukup banyak tikungan dan lika-liku. Perjalanan tidak akan membosankan karena pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan sekitar yang amat menawan.

Meski terlihat dari jalan raya, untuk mencapai air terjun, perlu bantuan perahu ban guna menyebrangi sungai. Satu perahu mampu menampung 4 orang dengan tarif Rp10.000,- untuk pergi dan pulang.

foto by hellopalembang.com

Tapi, ada pula di antara mereka yang hanya memandangi curug dari jalan raya. Padahal HTM (Harga Tiket Masuk) ke kawasan wisata tergolong murah, yakni sebesar Rp4.000,-/orang.

Fasilitas yang disediakan juga sudah lengkap, termasuk kamar mandi, tempat peristirahatan dan warung-warung yang menjual aneka makanan serta minuman.

Bila memasuki akhir pekan atau musim liburan, banyak masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar kota yang memadati lokasi Air Terjun Lematang Indah. Mereka ingin mengistirahatkan pikiran dari penatnya pekerjaan dan hingar bingar perkotaan.

foto by kompasiana.com

Dengan merasakan suasana curug yang masih asri tentu beban mereka akan lebih berkurang. Tidak cuma berguna untuk menghilangkan stress, tapi destinasi wisata tersebut juga mampu memuaskan para pecinta alam dan petualangan. Jadi, tunggu apa lagi?

Selain Lematang Indah, sempatkan untuk berkunjung ke cughup lainnya di Kota Pagaralam, seperti Air Terjun Rimau, Kincir, Namling, Pancar, Cungkuh 7 Tingkat, Tujuh Kenangan, Basemah, Muara Tenang, Alap-alap, Kasih Bunda, Muara Siban, Padu Rasa, Talang Keling, Talang Martam dan sebagainya.

BacaJuga:  Yuk, Intip 15 Sewa Kost Harian di Palembang Yang Terjangkau Mulai Rp.50.000

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.