Lokasi Al Quran Al Akbar Palembang, Harga Tiket Masuk, Jam Buka + Museum Qur’an Terbesar Didunia Belum ada Bintang

Posted on

Alamat: Jalan Moh. Amin, Kecamatan Gandus, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, kode pos: 30149
Peta Online (Google Maps): KlikDisini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp5.000
Jam Buka-Tutup:

foto by tandapagar.com

Sobat traveling, berwisata adalah salah satu kebutuhan sebagian besar manusia hari ini. Selain memiliki tujuan untuk menghibur diri, berwisata juga bisa bermanfaat untuk menambah wawasan dan melihat kearifan lokal yang perlu dijaga dan dikembangkan.

Dalam perkembangan dunia saat ini, keragaman wisata yang ditawarkan makin beragam. Wisata dapat membawa orang luar untuk mengunjungi suatu tempat dan memahami berbagai keindahan di beragam daerah dunia.

Salah satu jenis wisata yang tidak hanya memanjakan mata tetapi juga meneduhkan hai adalah wisata religius. Belakangan ini jenis wisata religi memang memiki rating tinggi dalam hal jumlah pengunjung. Oleh karena itu daerah-daerah mulai mengembangkan potensi wisata religius.

foto by instagram.com/mainkesumsel/

Salah satunya adalah Wisata religi di Bayt AlQuran Al Akbar, wisata religi baru, berada di Palembang. Wisata ini tidak hanya menawarkan wisata hiburan, tetapi juga memberikan pengetahuan dan meningkatkan kecintaan umat Muslim kepada Al-Quran.

Lokasi

Bait Al-Qur’an Al-Akbar adalah rumah wisata religi. Di dalam gedung ini terdapat sebuah Al-Qur’an dari ukiran kayu terbesar di dunia dan berada di Kota Palembang. Lokasi ini adalah suatu museum bagi Al Quran terbesar di dunia yang pernah dibuat.

foto by jurnalmaman.com

Lokasi wisata religi ini tidak jauh dari Jembatan Musi II, yaitu di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus di Jalan Pangeran Sido Ing Lautan Lrg Budiman, Kelurahan 36 Ilir , Kecamatan Gandus Palembang, No 1009. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari Jembatan Musi II.

Daya Tarik

Proses pembuatan karya Al-Quran terbesar ini membutuhkan waktu yang cukup lama kawan, yaitu sekitar 7 tahun. Sebelum dipublikasikan kepada dunia, Al-Quran tersebut memang sengaja di pajang dalam ruang pamer Masjid Agung Palembang selama kurang lebih tiga tahun.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Palembang Lepas Kunci 24 Jam Harga Murah Dengan / Tanpa Supir

Pemajangan di ruang pamer tersebut dimaksudkan supaya Al-Quran yang telah dibuat mendapat koreksi dari seluruh umat. Hingga pada akhir tahun 2011, Al-Quran ini telah dinilai siap untuk dipublikasikan.

Tepatnya pada hari Senin, 30 Januari 2012, Presiden Indonesia ke-6, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, meresmikan Al-Quran tersebut sebagai Al-Quran terbesar di Indonesia dan dunia yang telah dicetak di atas lembaran kayu.

foto by kaganga.com

Al Quran raksasa dengan ukiran berciri khas kota Palembang ini ternyat adibuat oleh Kiagus Syofwatillah Mohzaib. Pembuatannya baru dimulai stelah beliau menyelesaikan pemasangan kaligrafi pintu serta ornament Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II.

Setelah menyelesaikan karyanya tersebut, beliau berpikir untuk membuat sebuah Al Quran raksasa dari kayu. Pemikiran tersebut akhirnya tertuang pada tahun 2002 atau menurut penanggalan Hijriah adalah pada 10 Ramadhan 1422 H.

Apa yang ada dalam Al Quran terbesar ini kawan? Di dalamnya terdapat 30 juz ayat yang dipahat dengan ukiran khas Palembang. Karya raksasa ini ternyata membutuhkan sekitar 40 m3 kayu Trembesi lho.

foto by merahputih.com

Kayu Trembesi adalah kayu khas, asli dari Palembang. Kondisi ini juga sekaligus meningkatkan promosi wisata bagi kebudayaan asli Palembang sehingga banyak pengunjung daerah lain yang mengenal keindahan sejarah dan budaya Provinsi Sumatera Selatan.

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat karya raksasa ini juga tidak murah, yaitu sekitar Rp2.000.000.000. Bila kalian menghitung sendiri, ukuran halamannya adalah sekitar 177 cm x 140 cm x 2,5cm dengan ketebalan total hingga 9 m.

foto by instagram.com/wahhyu_r/

Al Quran Al Akbar ini memiliki total 630 halaman dan dilengkapi pula dengan Tajwid serta doa khataman. Tiap ukiran ayat dibuat dengan latar belakang warna dasar coklat kayu dan ditulis dengan huruf embose kuning.

BacaJuga:  10 Gambar Benteng Kuto Besak Palembang, Sejarah Wisata, Alamat + Kondisi Bangunan

Untuk melihat secara keseluruhan dari atas hingga bawah, kalian tidak perlu kesulitan. Tiap lembar halaman dipajang berderet begitu rupa sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat satu per satu lembar halaman.

foto by tribunnews.com

Fasilitas

Kawan, untuk menikmati liburan religi ini, ternyata tidak harus membayar biaya mahal lho. Pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp5.000 per orang di loket masuk. Di tempat ini juga menyediakan beragam jenis cenderamata khas Palembang.

Di dalam gedung tempat Al Quran Al Akbar ini berada, terdapat lima lantai yang masing-masing lantai memiliki keunikan sendiri-sendiri. Lantai pertama adalah tempat dimana terdapat lembaran uang kertas yang disimpan di ruang berkaca dan dikunci. Uang ini adalah uang infak.

foto by ganaislamika.com

Di lantai atas gedung juga terdapat mushola yang memungkinkan pengunjung untuk menunaikan ibadah di kawasan liburan ini. Kalian juga bisa menikmati pemandangan indah serta corak arsitektur asli dari Palembang dengan mendatangi tempat ini.

Sayangnya, lokasi gedung yang menyimpan Al Quran raksasa ini tergolong cukup kecil bila dibandingkan dengan apa yang terdapat di dalamnya. Namun, tidak bisa disangkal bahwa keseluruhan lokasi liburan ini adalah sebuah bentuk karya seni yang memiliki nilai estetika tinggi dan juga layak untuk dipromosikan.

foto by kompasiana.com

Tidak perlu khawatir lapar juga karena di sekitar tempat wisata juga terdapat beberapa warung tenda kecil yang menjajakan makanan sehingga bisa menolong wisatawan kalau-kalau merasa lapar ataupun haus.

Nah, bagaimana kawan sedikit profil wisata kita kali ini? Semoga bisa memberikan inspirasi bagi kalian untuk berlibur selanjutnya ya. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan serta keindahan tempat liburan yang kalian kunjungi.

Silakan juga untuk membagikan momen-momen indah kalian ketika berwisata dalam bentuk gambar, foto, video. Namun tetap perhatikan privasi ya kawan.

BacaJuga:  10 Gambar Prasasti Palas Pasemah Lampung, Peninggalan Kerajaan, Apa Isi Nya, dan Ditemukan di Daerah?
foto by travelerien.com

Akhir kata, selamat berlibur dan salam traveler.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.