Tour Keluarga ala Backpacker Ke Bali? Ikuti 10 Tips Berikut Ini!

Posted on
Tour Keluarga ala Backpacker Ke Bali? Ikuti 10 Tips Berikut Ini!
3.5 (70%) 2 votes
foto by instagram.com/johannaauguste

Mengahabiskan waktu bersama keluarga merupakan hal paling itunggu-tunggu saat long weekend. Rutinitas sehari-hari terkadang cukup membuat penat, pantas saja membuat kita ingin ber-quality time bersama keluarga.

Bisa dibilang berlibur bersama keluarga itu moodbooster banget. Kesibukan masing-masing membuat kita mungkin jarang bercengkerama bersama keluarga.

Sedang merencanakan untuk berlibur bersama keluarga di penghujung tahun 2018 ini, tapi masih sulit menentukan where to go, Pulau Bali adalah pilihan yang cocok.

Pulau yang ditengah-tengahnya terbentang beberapa pegunungan, diantaranya ada Gunung Agung. Yang merupakan Gunung tertingi di Pulau Bali, terletak di Kec Rendang, Kab Karangasem, Bali, Indonesia.

Tujuan wisata,keindahan alam, dan keunikan seni budaya nya lah yang membuat siapapun tidak akan pernah bosan untuk berwisata ke sini. Jadi tidak heran kalau pulau ini menjadi primadona pariwisata Indonesia yang paling diincar oleh wisatawan lokal maupun asing.

Nah ini dia panduan family trip ala backpacker ke Pulau Dewata, Bali walau hanya dengan budget minim. Simak yuk jangan sampe terlewat yaa!

1. Buatlah Sebuah Itinerary

foto by nationalgeographic.grid.id

Itinerary adalah sebuah catatan rencana perjalanan yang disusun secara sistematis, gunanya agar liburanmu dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Selain itu juga agar kita bisa memiliki rincian estimasi budget.

Point ini sangat penting dalam list para backpackers, karena dengan membuat itenary akan lebih mudah mereka dalam mengetahui urutan atau langkah mana yang harus dijalankan dahulu saat melakukan perjalanan wisata.

Kita bisa tentukan kapan akan berangkat,berapa lama waktu untuk berlibur, tujuan wisata yang hendak dikunjungi. Sesuaikan menurut kebutuhan liburan kalian masing-masing.

2. Kereta Api, Moda Transportasi Tepat Untuk Family Trip

foto by tripzilla.id

Karena kali ini agendanya pergi bersama rombongan keluarga, ada baiknya untuk menggunakan transportasi yang tidak memakan biaya banyak. Well, kereta api adalah transportasi jalur darat paling bijaksana.

BacaJuga:  Perjalanan Ke Pantai Atuh Beach Nusa Penida Bali, Lokasi Kabupaten Klungkung

Mulai dengan naik Kereta Api Ekonomi Probowangi dari stasiun Gubeng Surabaya dengan tujuan Stasiun Banyuwangi Baru. Tarifnya cukup murah yaitu Rp 56.000, dengan waktu tempuh kurang lebih 7,5 jam.

Sesampainya di Stasiun Banyuwangi Baru,gunakan bus jurusan Terminal Ubung Denpasar,Bali. Tapi, sebelumnya kamu harus ke Pelabuhan Ketapang dulu untuk menemukan bus tersebut. Tarif bus sekitar Rp 50.000.

Jarak Stasiun Banyuwangi-Pelabuhan Ketapang itu sekitar 300 M,untuk sampai disana bisa berjalan kaki. Kita akan melanjutkan perjalanan via jalur laut menggunakan kapal Fery!Wooh bakal jadi pengalaman seru untuk anak-anak nih.

Waktu tempuh menuju Pelabuhan Gilimanuk kira-kira 45 menit. Dan untuk sampai di Terminal Ubung, akan menempuh waktu sekitar 2-3 jam. Tur ini memang memakan waktu lama.

Bagi yang tidak begitu suka dengan perjalanan lama, bisa menggunakan air accomodation atau pesawat terbang. Kamu bisa take off dari Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, Semarang, Malang dan landing di Bandara Ngurah Rai.

3. Buatlah Sebuah Luggage Packing List!

foto by eurotrip-matatita.com

Persiapkan perlengkapan travelingmu sebaik mungkin. Buatlah sebuah list barang yang hendak dibawa. Sesuaikan dengan lama waktu dan tujuan wisatanya.

Membawa banyak barang saat backpacker-an sangat tidak dianjurkan. Maka dari itu kita harus bijak dalam memilih perlengkapan traveling, pilih mana barang penting dan tidak penting. Dan sesuaikan dengan lama waktu liburanmu.

Pastikan agar tidak ada barang yang tertinggal dan tercecer saat packing. Ada baiknya sisakan sedikit ruang kopermu untuk barang oleh-oleh yang akan dibeli nanti ya.

4. Bawa Perbekalan Untuk Dijalan

foto by vonvon.id

Mengingat waktu tempuh perjalanan untuk sampai di Bali itu sangat lama. Apalagi jika kita membawa anak-anak, mereka mungkin akan rewel dan merasa tidak nyaman.

Untuk itu, membawa bekal makanan,snack,minuman itu sangat penting. Bawalah camilan favorit anak-anak kamu.
Gunakan satu tas khusus, isi camilan, makanan, dan minuman. Jangan sampai tercampur dengan tas pakaian ya. Langkah ini tepat supaya memudahkan kita saat mencari perbekalan yang dibutuhkan.

5. Isi Gadget Kamu Dengan Musik Dan Film Menarik

foto by nextren.grid.id

Menghabiskan waktu di perjalanan dengan berdiam diri itu akan terasa membosankan. Mendengarkan musik atau menonton film adalah solusi yang mengasyikan.

Isi gadgetmu dengan musik dan film-film yang menarik untuk didengarkan dan ditonton. Mendengarkan lagu favorit sembari melihat keindahan pemandangan bakal bikin kamu semakin menikmati perjalananmu.

BacaJuga:  20 Penginapan Murah di Bali Dibawah 100 Ribu dan 200 Ribu Dekat Pantai

6. Pastikan Space Memory Handphone atau Kamera Kamu Cukup!

foto by pricebook.co.id

Berlibur tanpa foto-foto itu rasanya pasti hambar banget. Mengabadikan setiap momen-momen spesial saat berlibur itu penting juga loh. Selain untuk kebutuhan memori, aktivitas ini juga sering dilakukan untuk kebutuhan sosial media.

Ketika sedang asyik berfoto-foto, momen itu seketika ancur saat ada peringatan bahwa memori penyimpanan di handphone atau kameramu penuh. Wah hal seperti ini moodbreaker banget nih.

Alih-alih mau berlibur,malah sibuk menghapus data-data untuk mengosongkan memori penyimpanan, mengganggu kenikmatan ajanih. Maka dari itu sebelum berangkat berlibur, pastikan kalau space memory kamu cukup untuk menyimpan semua foto liburanmu ya!.

7. Cari Penginapan Yang Familiable

poto by instagram.com/blisssurferhotel

Mau cari hotel,hostel,home stay,resort, bahkan villa dengan konsep family room di Bali nggak akan sulit. Banyak pilihan yang bisa diambil, dari harga paling murah sampai termahal.

Walaupun macamnya banyak, harus pintar-pintar dalam memilih penginapan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Untuk waktu 3 hari 2 malam tidak usah terlalu pedulikan fasilitas. Perhatikan saja faktor kenyamanan dan pertimbangan budgetnya. Pastikan juga kalau penginapan itu memiliki lokasi strategis dan terjangkau kemana saja.

Sebagai referensi kamu bisa menginap di Pondok Sari Kuta, Airon Hotel, Harris Hotel, Villa M&K, harganya berkisar mulai dari 500ribu.

8. Cari Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Keluarga

foto by instagram.com/legacy.holiday

Bali memang terkenal dengan surganya pantai-pantai. Disana banyak pantai dengan panorama keindahan-keindahan alami. Spot-spot foto yang instaworthy juga menambah antusiasme kita saat mengunjungi tempat-tempat itu.

Berhubung kali ini tema liburan kamu family time. Pastikan tujuan wisata kali ini cocok untuk dinikmati bareng keluarga. Bali sangat kaya dengan destinasi wisata keluarga menarik untuk dikunjungi lho.

Seperti Uluwatu, Ubud, Pantai Lovina, Danau Beratan Bedugul,New Kuta Green Park,Temega Tree House,Charlys Chocolate,Taman Nusa Gianyar.

Atau ingin melihat penyu,hiu karang, ikan pari, serta indahnya terumbu karang di bawah air laut?. Cobalah wisata selam Jemeluk di teluk Amed. Yaitu teluk yang berada di timur laut Pulau Bali.

Dan jika sempat, cobalah untuk berkunjung ke pulau-pulau kecil yang ada disekitaran Bali seperti Pulau Nusa Penida,Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan,Pulau Menjangan.

9. Sewa Mobil atau Motor Untuk Explore Bali

foto by sewamobilbali.net

Mencari transportasi umum saat berlibur di Bali memang cukup sulit. Kita membutuhkan transportasi yang dapat menjangkau tempat-tempat tujuan kita.

BacaJuga:  10 Mall Yang Bagus di Bali dan Dekat Bandara, Ada Apa Saja?

Rental mobil adalah cara explore yang recommended, apalagi bawa rombongan keluarga, kamu bisa menyewa mobil untuk mengantar jalan-jalan keliling Bali. Sewalah sesuai kebutuhan dan muat menampung semua anggota keluarga.

Untuk info mengenai penyewaan mobil, kamu bisa akses beberapa situs online seperti khrisnabali.com,balicheapcars.com,balii.net,swittransbalimatic.com.Atau bisa juga tanyakan kepada pihak hotel tempatmu menginap mengenai hal tersebut.

Ongkos sewanya cukup beragam, mulai dari Rp 250.000 – Rp 600.000 per harinya. Tarif tersebut belum termasuk sewa,driver,dan BBM. Tapi adapula yang sudah termasuk fasilitas tersebut.

Maka pandailah dalam memilih rentalan mobil dengan worthy price. Namun, jika ingin pergi keliling sendiri, sewa saja motor. Ongkos sewanya mulai dari 50ribu/hari.

10. Beburu Oleh-Oleh Di Tempat Hits Ini

Time is over! Gak berasa waktu liburanmu akan segera berakhir. Selain kenangan, hampa rasanya kalo kita pulang ngga bawa apa-apa.

Berburu oleh-oleh di Bali itu wajib banget. Baik itu makanan,pakaian,asesoris,atau bahkan kerajian sekalipun. Bali terkenal dengan Joger dan Krisna sebagai pusat oleh-olehnya. Tapi siapa sangka ada beberapa pusat oleh-oleh lain yang tak kalah menarik.

Berikut referensi pusat oleh-oleh menarik untuk bisa kamu kunjungi selain Joger dan Krisna, seperti Toko Emporium,Biasa Boutique,Threads Of Life,Jewel Rocks,Havainas Bali.

Nah gimana nih tips-tips diatas, semakin bikin tambah semangat buat cepet-cepet liburan kan? Ayo tentukan kapan akan pergi, cek hari libur anak-anak, dan segera pesan tiket kereta dari sekarang. Ukir pengalaman berkesanmu bersama keluarga !

Atau pengen backpacker-an sama pacar juga boleh. Atau mau sedirian? Gaspolin aja gengs!

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.