10 Tips Backpackeran Ke Bandung Selama 2 Hari 1 Malam

Posted on
10 Tips Backpackeran Ke Bandung Selama 2 Hari 1 Malam
5 (100%) 1 vote
foto by instagram.com/bandoengapartemen

Ingin menghabiskan waktu akhir pekan tanpa harus jauh-jauh keluar negeri dan menghabiskan banyak biaya? Kenapa nggak coba pengalaman baru untuk backpacking ke Bandung aja? Dijamin weekend mu akan lebih berwarna dan seru !

Berlibur dengan cara backpacker kini sudah mulai menjamur dikalangan muda mudi Indonesia. karena dengan konsep low cost nya, dianggap bisa membuat momen liburan lebih ekonomis. Dan liburan tanpa paket tour seperti ini dianggap lebih leluasa juga.

Ditambah lagi biaya hidup di Bandung tidak semahal Jakarta atau Bali, jadi cocok banget dijadiin alternatif wisata murah. Apalagi kalau dari Jabodetabek, Bandung cukup dekat kok. Ataupun kamu yang tinggal di Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang juga bisa main-main ke Bandung.

Nah kali ini, JejakPiknik.com akan kasih beberapa tips untuk backpacker-an di Kota Kembang. Walaupun biaya dengan biaya terbatas. Tips seperti apa yang akan kami berikan? Simak sampai habis ya!

foto by instagram.com/ayokehostel

1. Pergi Ke Bandung Dengan Transportasi Darat

Karena Bandung kota strategis, atau bisa dibilang berada ditengah-tengah. Maka untuk sampai kesana pun sangat mudah. Banyak transportasi bisa dijadikan sebagai alternatif. Seperti pesawat terbang,kereta api, bis, mobil, motor.

Namun,setelah kami telusur. Bahwa menggunakan transportasi darat untuk berkunjung ke Bandung adalah pilihan paling tepat. Lebih tepatnya adalah Kereta Api. Yaps ! gunakan saja transportasi darat ini.

Menggunakan transportasi umum untuk perjalanan backpacking merupakan hal yang selalu dipilih oleh para backpacker tanah air. Karena selain lebih hemat, kamu nggak akan kelelahan karena harus mengemudi kendaraan sendiri. Irit biaya bahan bakar juga guys!.

Bagi yang mengawali perjalanan dari Jabodetabek, untuk menuju Bandung bisa menggunakan kereta api kelas ekonomi Serayu dengan harga tiket Rp 63.000, jurusan stasiun pasar senen – Kiaracondong.

BacaJuga:  Rekomendasi 7 Tempat Makan Mie Ayam Enak di Bogor

Sedangkan dari rute Surabaya-Jogja-Bandung, bisa menggunakan kereta api ekonomi Pasundan, dengan harga tiket Rp 94.000.

2. Tentukan Kawasan Lokasi Wisata Yang Ingin Dikunjungi

foto by instagram.com/bandoengapartemen

Sebelum memutuskan untuk pergi, ada baiknya tulis dulu list lokasi wisata yang akan dikunjungi saat di Bandung. Tentukan kemana saja kamu akan explore kota Kembang ini.
Bandung memiliki banyak sekali kawasan wisata murah tapi tetap menyenangkan untuk dikunjungi. Seperti Bandung Kota, Lembang, Dago.

3. Pilih Tempat Wisata Yang Murah

foto by instagram.com/traveling_bandung_

Seperti yang kami katakan di awal, bahwa Bandung kaya akan wisatanya. Dari wisata alam,wisata buatan,hingga wisata bersejarah.
Jika ingin berwisata murah di Bandung, kami sarankan agar memilih wisata-wisata yang tidak memungut biaya tiket tidak terlalu mahal atau bahkan kalo bisa gratis.

Contoh saja nih, kamu bisa mengunjungi Taman Hutan Ir. Juanda, Museum Geologi Banfung, The Lodge Maribaya, Farmhouse Lembang, Dago Pakar, Tebing Keraton, Orchid Forest Cikole, Kawah Putih Ciwidey.

Nah ada satu spot juga nih yang ngga boleh ketinggalan untuk dikunjungi, apalagi disaat malam hari, yaitu Bukit Moko. Apalagi jika kamu liburan bareng pacar wajib dikunjungi juga nih.

Dari Bukit Moko kamu akan melihat keindahan kota Bandung dihiasi oleh kerlap-kerlip lampu bercahaya. Serta ribuan bintang yang memenuhi langit kota Bandung saat malam hari.

Tips ini wajib dilakukan, agar dapat menyesuaikan dimana penginapan yang akan kamu pilih untuk bermalam. Selain itu, untuk mengestimasi berapa keperluan biaya untuk pergi dan masuk ke tempat wisata tujuanmu.

4. Pesan Hotel Dekat Tempat Wisata

foto by nstagram.com/hotelvid

Walaupun penginapan di Bandung itu bejibun. Bahkan banyak, dengan harga di bawah Rp 100.000. tapi untuk lebih memudahkan kamu, lebih baik pilih tempat bermalam terdekat dengan lokasi wisata tujuanmu.

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, setelah menentukan tempat wisata yang hendak dikunjungi. Alangkah lebih baiknya bersegeralah untuk memesan kamar di hotel dikawasan tempat wisata tujuan.

Mengapa harus hotel di dekat kawasan wisata tujuan? Supaya kamu bisa menghemat waktu dan biaya transportasi.

Maka dari itu, cobalah untuk mencari kamar penginapan mulai dari sekarang melalui situs online seperti pegipegi.com,airyrooms.com,agoda.com. Biasanya jika memesan secara online melalui situsnya, kamu bisa dapet diskon lho.

5. Gunakan Transportasi Umum Saat Berada Di Bandung

foto by instagram.com/jordiiman

Saat berpergian di Kota Bandung ada baiknya agar naik transportasi umum. Untuk dapat mencari transportasi di sini tidaklah sulit. Karena saat ini Bandung sudah menjelma menjadi kota yang maju dan modern.

BacaJuga:  30 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Wajib Dikunjungi Terbaru Indah Bagus Dekat Dengan Stasiun Pelabuhan Ratu

Jadi angkutan umum di kota ini sangat beragam dan mempunyati rute yang cukup luas. Jika kamu ingin mengelilingi kota Bandung, bisa naik TransBandung atau angkot. Bila ingin berpergian agak jauh ke Lembang atau Ciwidey, bisa naik bus.

Atau ingin mencoba berkeliling kota Bandung sambil membakar kalor-kalori jahat? Cobain naik sepeda boseh aja!

6. Wisata Kuliner Di Kaki Lima

foto by instagram.com/igabakar_sibohay/

Selain jalan-jalan ke tempat wisata, kamu juga bisa sambil food hunting. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke paris van java ini tanpa mencicipi kuliner khas dari kota ini.

Sebagai seorang backpacker,buang jauh-jauh untuk makan di restoran atau cafe-cafe hits. karena harus menghemat pengeluaran. Dan terkadang, biaya konsumsi bisa jadi faktor membengkaknya anggaran jika kamu tidak pandai dalam mengelolanya.

Makanan atau jajanan kaki lima di Bandung itu rasanya lebih enak dari cafe atau resto lho. Karena kebanyakan, resto atau cafe tersebut terinspirasi dari makanan yang dijajakan dengan grobak ini.

Wilayah yang bisa kamu kunjungi untuk mendapati pedagang kaki lima adalah Gedung Sate. Banyak macam makanan asal Bandung yang bisa diicip disini seperti cuangki,cilok,siomay,batagor,hingga seblak.

7. Berburu Pakaian Murah Di Factory Outlet

foto by tribunnews.com

Bagi para shopaholic pasti tidak asing dengan Factory Outlet. Factory Outlet adalah sebuah tempat dijualnya berbagai macam pakaian trendy dengan harga yang jauh dari departement store atau butik-butik.

Dan saat ini kamu berkunjung ke tempat yang tepat. Paris van java ini memang terkenal dengan banyaknya Factory Outlet. Kamu bisa menemukan Factory Outlet ini di berbagai wilayah di Bandung.
Salah satunya di sepanjang Jalan LL RE Martadinata. Kamu akan menemukan banyak Factory Outlet disana. Walaupun banyak, tapi kamu tetap harus pintar dalam memilih Factory Outlet mana yang akan dikunjungi.

Pasalnya, masing-masing Factory Outlet menawarkan harga variatif, jadi harus bisa mencari celah dimana yang sedang memberikan diskon. Sehingga kamu bisa puas windows shopping dengan lebih hemat budget.

8. Tetap Hemat Meskipun Berbelanja Oleh-oleh

foto by sebandung.com

Walaupun trip kali ini kamu harus memperhitungan benar-benar pengeluaranmu, bukan berarti tidak bisa membawa oleh-oleh untuk kerabat,keluarga,ataupun rekan kerja kan?.

Tips hemat untuk belanja oleh-oleh kali ini, kamu bisa mengunjungi tempat berikut ini. seperti Pasar Baru,Cihampelas,Cibaduyut,hingga pasar kaget di Gasibu.

BacaJuga:  10 Foto Curug Luhur Bogor Jawa Barat, Harga Tiket Masuk + Penginapan di Lokasi Wisata

Barang-barang dagangan disana cukup bagus dan murah lho. Dengan kualitas yang tak kalah dengan mall-mall, bisa kamu dapatkan hanya dengan ongkos minim.

9. Bawa Baju Hangat Dan Obat-obatan

Bandung adalah sebuah perkotaan di dataran tinggi hampir sama dengan Bogor, sehingga udara nya cukup sejuk bahkan dingin. Apalagi jika kamu berencana untuk pergi ke Lembang atau Ciwedey. Kostum wajib yang harus kamu bawa adalah jaket dan baju hangat.

Selain kostum, barang wajib lainnya yang harus dibawa adalah obat-obatan. Karena bukan tidak mungkin kamu akan kelelahan dalam aktivitas backpackermu. Sehingga kamu membutuhkan vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak tumbang.

Tips ini tidak boleh tertinggal dari serangkaian petualanganmu karena supaya tidak ada hambatan yang dapat mengganggu liburanmu.

10. Siapkan ATM atau Kartu Kredit

foto by banksentral.com

Serapih apapun kita merencanakan sesuatu bukan hal yang tidak mungkin jika semua yang sudah dipersiapkan dapat melenceng dari perkiraan, bukan?

Maka dari itu sebagai plan B nya, bawalah atau siapkan credit card atau ATM mu. Untuk berjaga-jaga jika dalam aktivitas berliburmu ada pengeluaran tak terduga.

Nah bukan berarti sudah persiapan kartu kredit dan ATM kamu bisa seenaknya beli ini itu ya. Kamu harus cermat dalam memilih pengeluaran mana yang penting dan tidak. Pakailah kedua benda tersebut hanya untuk keadaan mendesak.

Itulah beberapa tips sebagai panduanmu dalam melakukan travelling to Bandung City, West Java. Sebelum memutuskan untuk berlibur ala backpacker, susunlah rincian itenary terlebih dahulu.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.