Bukit Cinta Gunung Gajah Bayat Klaten, Ini Rute Jalan Menuju Lokasi

Diposting pada
Bukit cinta bayat klaten cawas gunung gajah jalan menuju rute gambar watu prahu prau
Ini adalah Bukit Cinta yang berada di Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. (foto: explorewisata.com)

Lokasi: Jalan Raya Bayat, Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57462, Indonesia
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
08.00 – 18.00 WIB
Nomor Telepon:

Tempat wisata ini tergolong baru dikalangan para pecinta alam. Ya, karena wisata ini sendiri baru di resmikan pada bulan Maret 2019 ini. Sejak pada saat dibuka, wisata ini sangat di padati oleh pengunjung.

Nama wisata ini adalah Bukit Cinta Bayat Gununggajah. Karena berada di kawasan gunung maka wisata ini berada diatas ketinggian. Untuk dapat mencapai lokasi ini jalan yang dilalui sudah cukup bagus.

Ada sebuah tempat yang unik di sini yaitu Gembok Cinta. Ditempat ini banyak sekali pasangan yang datang dan menyatakan cinta. Maka dari itu diberi nama Gembok Cinta. (foto: youtube.com)

Kali ini kami akan membawa kamu pergi ke Bukit Cinta Bayat Gununggajah yang ada di Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Ada juga yang memanggil tempat wisata ini dengan sebutan Bukit Cinta Bayat Cawas.

Jika kamu sedang berada di Klaten maka wajib untuk datang langsung melihat betapa indahnya pemandangan yang ada di sana.

Kamu bisa melihat dari ketinggian semua sisi Kltaen yang luas. Di artikel ini kita akan mereview semua tentang Bukit Cinta Bayat mulai dari rute jalan hingga apa saja yang ada di sana. Mari kita lihat bersama-sama.

Keindahan dan Potensi

Bahkan di Bukit Cinta ini bukan hanya para muda – mudi yang datang. Terlihat beberapa kali rombongan dari sebuah kantor kedinasan sedang berlibur dan menghabiskan waktu di sini. (foto: kabarepiye.com)

Dari ketinggian diatas bukit ini selain kamu dapat melihat indahnya pemandangan kota juga terlihat candi yang sudah terkenal di Jawa Tengah yaitu Prambanan.

Ya, candi Prambanan bisa kamu lihat maka jangan lupa untuk berfoto ya. Wisatawan yang datang ke Bukit Cinta Bayat tentu saja terdiri dari berbagai kalangan.

Selain dari warga lokal dan luar daerah, di Bukit Cinta Bayat sering kali didatangi oleh bule atau turis asing dari luar negeri.

BacaJuga:  10 Gambar Candi Sukuh Karanganyar, Sejarah Misteri Peninggalan Kerajaan + Letak Lokasi Dari Solo Tawangmangu

Selain kamu dapat merasakan kesejukan suasana yang ada, hal lain yang bisa dilakukan adalah melihat pemandangan kota Klaten. Ada sebuah gardu dibangun di bukit ini dan memiliki nama gardu pandang.

Dari gardu ini kamu bisa melihat luasnya kota Klaten langsung dengan kedua mata kamu. Gardu ini dibuat dengan bahan kayu yang memiliki ukuran diameter 3 meter.

Pemandangan dari atas menggunakan kamera drone terlihat sebuah gardu yang berbentuk Love ini lah yang menjadi tujuan utama para pengunjung. (foto: sieradmu.com)

Gardu ini berada di tepian bukit untuk kamu yang ingin beristirahat duduk setelah menghabiskan waktu foto. Ya, karena di Bukit Cinta Bayat tentu saja memiliki spot untuk mengambil gambar yang bagus.

Beberapa foto yang dihasilkan dari tempat wisata ini sering kali menjadi trending topic di media sosial karena memiliki keindahan yang luar biasa.

Berfoto di tempat yang memang menjadi unggulan dari Bukit Cinta Bayat. Jika ingin berfoto di sini harus rela mengantri ya. (foto: explorewisata.com)

Selain itu, hal unik lain yang dimiliki di Bukit Cinta Bayat adalah spot foto dengan background payung warna – warni. Banyak sekali payung yang mengelilingi Bukit Cinta Bayat ini.

Tentu ini adalah salah satu tempat favorit pengunjung untuk berfoto bersama teman, keluarga dan rombongan.

Ya, karena yang datang ke Bukit Cinta Bayat tidak hanya kalangan anak muda saja tetapi orang tua serta rombongan pegawai.

Terlihat beberapa waktu yang lalu di tempat ini juga dijadikan tempat pengangkatan 48 kepala desa se Kabupaten Klaten.

Yang menjadi unik lagi yaitu di dasar bukit ini ada sebuah batu yang sangat besar. Batu ini memiliki nama watu prau. Ukuran batu ini kurang lebih panjangnya 30 meter sedangkan lebar 6 meter.

Konon ceritanya batu ini adalah sebuah perahu yang pernah dinaiki oleh Joko Tuwo saat dulu melamar Roro Denok. Tetapi sayangnya saat tiba untuk melamar, tiba – tiba perahu yang dinaiki ini terguling lalu kemudian berubah menjadi batu.

Hiasan dengan payung warna warni (foto: klatentv.com)

Beberapa waktu sebelumnya memang keadaan dari batu ini sangat tidak terawat tetapi masyarakat sekitar melakukan gotong royong membersihkannya.

BacaJuga:  Alasan Kenapa Klenteng Sam Po Kong Semarang Wajib Dikunjungi? Simak 10 Foto ini

Setelah bersih dari kotoran yang melekat ternyata memang benar bahwa batu ini menyerupai perahu.

Maka saat datang ke Bukit Cinta Bayat banyak sekali pengunjung yang ingin sekali melihat batu ini. Tentu saja gratis bagi para pengunjung yang ingin datang melihat watu prau ini.

Berfoto dengan pasangan saat senja datang (foto: upnesia.blogspot.com)

Untuk kamu yang sedang merencanakan liburan alam di Jawa Tengah, maka pergi ke Klaten adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan pas untuk dijadikan moment romantis bagi para pasangan dan keluarga.

Bahkan, beberapa kali di tempat ini juga dijadikan tempat pengambilan foto prewedding oleh calon pengantin.

Selain menjadi tempat bagus pengambilan foto, Bukit Cinta Bayat tentu sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata untuk menyegarkan pikiran dari penatnya kota dan perkerjaan.

Jalan Menuju Lokasi

Gubuk Kasmoro (foto: sieradmu.com)

Untuk lokasi Bukit Cinta Bayat ini tepat berada di Desa Gununggajah, Kecamatan Bayat, klaten. Dari pusat kota sendiri ke Bukit Cinta Bayat memiliki jarak sekitar kurang lebih 20 km.

Untuk menemukan rute jalan menuju Bukit Cinta Bayat memang sedikit susah karena masih belum ada petunjuk arah. Mungkin karena merupakan tempat wisata baru jadi masih susah.

Tetapi kamu jangan khawatir karena kami akan memberikan titik koordinat yang bisa kamu hubungkan langsung dengan Google Maps.

Tinggal mengunduh aplikasinya maka secara otomatis kamu akan mendapatkan rute jalan. Atau bisa langsung di ketik tujuan dengan nama Bukit Cinta Bayat maka kamu bisa mendapatkan rutenya.

Terdapat sebuah spot untuk melihat pemdangan dari atas. Tempat ini berada di atas pohon sehingga kamu perlu menaiki tangga agar bisa ke atas (foto: sieradmu.com)

Sedikit kami berikan petunjuk untuk kamu yang sudah membaca artikel kami. Dari kantor polsek Bayat kamu ambil arah menuju utara. Setelah mengikut jalan besar kamu akan menemukan pertigaan lalu ambil belok ke kanan.

Kembali ikuti arah jalan dan maka akan menemukan papan nama besar dengan tulisan Kawasan Wisata Prau. Atau jika belum paham maka bisa menanyakan pada warga sekitar karena semua pasti sudah mengetahuinya.

BacaJuga:  Air Terjun Sikarim Wonosobo, Wisata Alam Eksotis Dibalik Kekokohan Bukit Sikunir

Jam Buka

Tak hanya muda-mudi yang datang, tempat wisata ini juga sering kali datang dari keluarga yang membawa anak-anaknya. Karena perasaan cinta bisa kita berikan untuk semua orang. (foto: proyekwisata.blogspot.com)

Untuk jam buka tempat wisata ini tentu saja tidak sepenuhnya dalam waktu 24 jam. Tepatnya di buka pada pagi hari jam 8. Sedangkan ditutup pada sore hari yaitu jam 6 sore.

Mengapa tidak dibuka hingga malam karena fasilitas penerangan di Bukit Cinta Bayat ini masih terbilang kurang, meski sebenarnya melihat pemandangan malam juga tidak kurang indahnya.

Hanya saja petugas yang ada di Bukit Cinta Bayat lebih mementingkan keamanan para pengunjungnya.

Harga Tiket Masuk

Sedangkan untuk tarif atau harga tiket masuk ke Bukit Cinta Bayat sendiri tidak dikenakan biaya atau gratis. Hanya saja dikenakan biaya parkir kendaraan untuk motor atau mobil kamu.

Di area parkir Bukit Cinta Bayat ini tentu saja ada petugas yang berjaga sehingga kamu tidak perlu khawatir saat berwisata. Biaya restribusi parkir ini untuk motor sebesar 2 ribu rupiah sedangkan mobil 5 ribu.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Bukit Cinta Gunung Gajah Bayat Klaten, Ini Rute Jalan Menuju Lokasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.