10 Gambar Bukit Kosakora Gunung Kidul, Alamat Rute Dari Wonosari

Posted on
Bukit kosakora gunung kidul alamat rute dari wonosari pantai drini yogyakarta lokasi terletak di gunkid gk jogja camping puncak dimana peta letak jalan menuju gambar jalur tempat tinggi sunset harga tiket masuk wisata
Keindahan Sunset di Kosakora. Foto: duniapiknik.blogspot.com

Lokasi: Banjarejo, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: 2.000
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon: +62 822-8883-889

Mengisi liburan sembari melihat keindahan pemandangan dan panorama dari atas bukit tentu saja menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Dengan begitu kita bisa menikmati keindahan alam serta kuasa Tuhan yang menciptakan alam yang sangat indah dan menawan ini. Yogyakarta atau biasa disebut Jogja menjadi salah satu kota yang memiliki pesona tersendiri di kawasan wisata alam. Salah satunya adalah Bukit Kosakora yang letaknya berada di Pantai Drini, Gunung Kidul atau biasa disebut gunkid atau GK. Tentu saja Bukit Kosakora ini siap memanjakan para wisatawan

Eksotisme Puncak Kosakora. Foto: lihat.co.id

Mengenal Bukit Kosakora

Bukit Kosakora ini merupakan salah satu bukit tinggi yang letaknya diantara kawasan wisata pantai mulai dari Pantai Baron hingga Pantai Sundak, Gunung Kidul, Yogyakarta. Bukit ini sendiri letaknya berada di dekat Pantai Ngrumput dan berada di area timur dari Pantai Drini. Bukit Kosakora ini merupakan salah satu kawasan wisata alam baru yang ada di kota pelajar ini. Tidak heran jika akses menuju ke kawasan wisata ini masih cukup sulit

Bagi para wisatawan  yang memiliki jiwa petualang, tentu saja Bukit Kosakora bisa memberikan tantangan dan pengalaman tersendiri. Dari atas bukit ini para pengunjung siap dihadiahkan pemandangan dan panorama alam yang indah. Apalagi di atas sini keindahan deretan pesisir pantai di Gunung Kidul bisa terlihat dengan indah.

Padang rumput di Kosakora. Foto: kelambit.com

Sisi menarik dari Bukit Kosakora

Di Bukit Kosakora ini para wisatawan bisa menemukan banyak hal menarik yang bisa ditemukan. Apalagi letaknya yang berdekatan dengan Pantai Drini membuat jalur akses bisa lebih mudah walau jalannya masih kurang memuaskan. Alamat Bukit Kosakora yang berada di Gunung Kidul dan dekat dengan pantai Drini ini membuat jalur atau letak dari bukit ini cukup dekat, dimana lokasinya berada di sebelah timur dari pantai tersebut.

Ketika memasuki kawasan wisata alam ini para wisatawan akan diajak untuk melalui jalan setapak yang dipenuhi dengan pepohonan yang masih alami. Meski banyak pepohonan di sekitar jalan setapak, para wisatawan tidak perlu takut. Pasalnya tidak ada hewan liar yang hidup di sekitar area perbukitan. Dan jalan setapak ini sudah dilengkapi dengan beberapa tangga yang memudahkan untuk menuju ke arah puncak bukit.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Pok Tunggal Beach Wonosari Jogja 2018, Lokasi Alamat + Rute Dari Solo
Sunset di Bukit Kosakora. Foto: gotravelly.com

Eksotisme dari pemandangan di bukit pertama yang cukup tinggi ini bisa terlihat dengan jelas ketika berada di puncak. Para pengunjung bisa bersantai sejenak untuk melepas lelah dan melanjutkan perjalanan menuju ke bukit berikutnya. Dari bukit yang pertama ini para pengunjung akan diajak melanjutkan perjalanan dengan menuruni bukit. Di sini para pengunjung harap berhati-hati. Pasalnya jalur sedikit curam meski sudah sangat baik akses yang dibuat oleh masyarakat sekitar. Di sini para wisatawan bisa melihat keindahan padang rumput diantara bukit-bukit di sekitarnya.

Tidak jarang ada masyarakat sekitar yang menggembala kambing dan mencari rumput. Para pengunjung bisa istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan melewati beberapa bukit lagi. Di bukit kedua ini tidak terlalu tinggi. Dan medan perjalanan relatif lebih landai. Selama perjalanan, para wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Watu Bolong dengan adanya bebatuan karang yang ada di sekelilingnya

Eksotisme Sunset Kosakora. Foto: yopiknik.com

Dari bukit kedua ini para pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan melalu jalur di pinggir bukit guna menuju ke Bukit Kosakora dan juga Pantai Ngrumput. Dari sini sudah terlihat keindahan bukit dan juga pantai yang memmpesona. Para pengunjung bisa berhenti dan bersantai sejenak untuk melihat keindahan pantai Ngrumput. Pasir putih dan ombak yang tenang serta tebing yang ada di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri.

Di sini para wisatawan bisa camping atau berkemah. Ada masyarakat sekitar yang menyewakan peralatan kemah atau camping hingga charge HP. Tentu saja memudahkan para wisatawan di kala berlibur ke sini. Biasanya di pantai Ngrumput serta Bukit Kosakora ini para wisatawan bisa berkemah untuk menunggu waktu sunset.

Dari pantai Ngrumput ini para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Bukit Kosakora. Di pintu gerbang para wisatawan harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk untuk sekali masuk sebesar 2 ribu per orang. Cukup murah tentu saja. Dan sudah ada tangga yang disediakan masyarakat untuk mempermudah para wisatawan menuju ke kawasan wisata ini.

BacaJuga:  10 Foto Hutan Mangrove Kulon Progo, Harga Tiket Masuk Lokasi + Peta Rute Ke Alamat Bakau Yogyakarta
Bersantai di Kosakora. Foto: pinterest.com

Jalur Bukit Kosakora ini memang sangat menantang dan juga memiliki tanjakan. Sehingga para pengunjung harus berhati-hati. Tidak perlu khawatir ketika melalui jalur ini. Pasalnya sudah tersedia bambu yang bisa digunakan untuk pegangan kala melalui bukit tersebut. Tentu saja dari sini para wisatawan sudah bisa melihat pemandangan di bawah Bukit Kosakora.

Ketika berada di area puncak, para pengunjung bisa melihat keindahan padang rumput yang luas dan juga panorama alam yang indah nan menakjubkan. Ada beberapa bendera Indonesia yang membuat nuansa menjadi lebih patriotik. Di sini para pengunjung bisa melihat beberapa bukit-bukit yang menghiasi kawasan pesisir pantai dan juga samudra yang cukup luas. Tentu saja menjadi salah satu daya tarik untuk mengambil gambar atau foto di sini.

Hammocking di Kosakora. Foto: twitter.com

Tips berlibur ke Bukit Kosakora

Sebelum mengunjungi kawasan wisata Bukit Kosakora ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Yang pertama tentu saja kondisi badan harus fit. Usahakan meminum vitamin sebelum memulai perjalanan. Pasalnya perjalanan yang cukup panjang dan sedikit melelahkan akan dirasakan oleh para turis kala mengunjungi bukit ini.

Jangan lupa untuk mempersiapkan sandal, sepatu gunung atau sepatu yang enak dan nyaman digunakan untuk mendaki perbukitan. Lalu persiapkan pula penutup kepala seperti topi, bandana yang bisa melindungi dari panas. Apalagi jika berlibur di kala siang hari.

Keindahan Bukit Kosakora. Foto: tripadvisor.com

Luangkan waktu untuk beristirahat atau bersantai sejenak guna menikmati panorama di sekitar pantai dan bukit. Pasalnya perjalanan cukup panjang. Tentu saja tenaga yang dibutuhkan cukup banyak. Jangan terlalu tergesa-gesa. Dan tentu saja jangan lupa berdoa sebelum berangkat.

Signage Bukit Kosakora. Foto: atmosferku.com

Rute dan Lokasi Bukit Kosakora

Puncak Bukit Kosakora ini seperti yang sudah disebutkan berada di sebelah timur pantai Drini dengan jarak sekitar 2 km. Alamat dari bukit ini berada di desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul. Untuk menuju ke Bukit kosakora ini memang sangat sulit dan aksesnya belum memadai. Dan hanya ada 1 akses saja dengan melalui Pantai Drini. Sehingga para wisatawan harus melalui pantai Drini dengan jarak 2 km.

BacaJuga:  10 Foto Wisata Telaga Biru Semin Gunung Kidul + Rute Jalan Menuju Lokasi

Bukit Kosakora ini merupakan bukit hijau yang memiliki padang rumput yang indah dan asri. Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa Bukit Kosakora ini menyajikan pemandangan sunset yang aduhai. Tidak heran jika banyak para wisatawan menyewa tenda untuk berkemah dan menunggu senja tiba.

Berkemah di Kosakora. Foto: idlines.com

Untuk menuju ke Bukit Kosakora ini ada 2 jalur yang bisa dipilih. Bisa melalui jalur utara atau timur dari pantai Drini. Jika memilih jalur utaram para wisatawan bisa melewati jalan kawasan pantai hingga bertemu dengan Puncak Bukit Kosakora. Dari area parkir para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan melewati jalur atau jalan setapak yang sudah tersedia di sini.

Sementara jika memilih untuk melewati area timur, para wisatawan juga harus berjalan kaki dengan melewati jalan setapak. Kendaraan tidak bisa melewati jalur di sebelah timur ini. Para pengunjung harus berjalan kaki cukup jauh dan harus melalui beberapa bukit yang ada di sekitar pantai Drini. Meski cukup jauh, para pengunjung akan diberikan pemandangan yang indah dan menawan. Di sini para wisatawan bisa melihat pantai Watu Bolong dan juga pantai Ngrumput. Tentu saja menjadi salah satu aspek yang mendukung area tersebut.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

One thought on “10 Gambar Bukit Kosakora Gunung Kidul, Alamat Rute Dari Wonosari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.