Wana Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu Karanganyar + Harga Tiket Masuk Lokasi Kalisoro Kampung Halloween

Posted on
Bukit sekipan tawangmangu karanganyar wisata wana tiket masuk kampung halloween lokasi kalisoro hotel villa harga alamat rute biaya wisma jawa tengah solo outbound night kabupaten htm gambar camp dimana 2018 sarangan daerah mana sekipang denah foto letak magetan perkemahan penginapan
Area Sekipan Camp di Bukit Sekipan. Foto: tripadvisor.com

Lokasi: JL. Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah 57792
Maps: Klik Disini
HTM: Rp. 20.000 (Senin – Jumat), Rp. 25.000 (Sabtu – Minggu)
Buka/Tutup: 08.00 – 17.30 WIB (Senin – Jumat), 08.00 – 22.00 WIB ( Sabtu – Minggu)
Telepon: (0271) 696036

Tawangmangu menjadi salah satu lokasi di daerah Karanganyar Solo yang sekarang ini kerap diincar oleh para wisatawan. Hal ini memang cukup wajar mengingat kawasan wisata ini sudah sangat dikenal dengan keindahan alam dan juga pesona keindahan alam yang masih asri dan juga alami. Tentu saja kawasan wisata air terjun Grojokan Sewu menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin menghindar dari hingar bingar kota.

Kawasan wisata dan juga daerah Kabupaten Karanganyar  ini letaknya berada di kaki Gunung Lawu. Oleh sebab itu para wisatawan bisa melihat dan menikmati keindahan panorama pegunungan dan juga bisa menghirup udara yang sangat sejuk dan juga masih fresh. Guna menarik minta para wisatawan, tentu saja ada banyak destinasi wisata alam yang baru dan bisa mengundang minat para wisatawan.

Beberapa destinasi wisata lain yang bisa dinikmati seperti banyu anyep dan juga Bukit Sekipan menjadi salah satu daya tarik dan juga nilai jual dari dunia pariwisata di Tawangmangu dan juga Karanganyar. Kawasan wisata Bukit Sekipan sekarang ini menjadi incaran para wisatawan dan juga backpacker guna menikmati keindahan alam di daerah Tawangmangu dan Solo.

Villa dan Guest House di Bukit Sekipan. Foto: dilokasi.com

Mengenal Bukit Sekipan

Kawasan wisata Bukit Sekipan ini letak dan juga lokasinya berada di daerah Kalisoro yang berdekatan dengan Telaga Sarangan serta kota Magetan. Wana Wisata Bukit Sekipan ini sendiri dikelola secara swasta dimana Bapak Joko Sutrisno menjadi pengelola dari kawasan wisata alam di Karanganyar, Tawangmangu tersebut.

Dengan keindahan alam yang disajikan, kawasan wisata alam yang diresmikan pada tahun 2015 atau tepatnya pada bulan Juli ini sudah menjadi primadona baru. Tidak heran jika di tahun 2018 ini banyak para wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata alam tersebut.

Menurut sejarahnya, kawasan wisata yang beralamat di Jl. Sekipan Kalisoro ini pada jaman dahulu merupakan tempat untuk latihan militer. Pada masa penjajahan Belanda, kawasan wisata Bukit Sekipan ini memang sudah terkenal. Dahulu digunakan oleh tentara Belanda guna tempat latihan militer dalam menghadapi perlawanan para tentara dan juga pejuang Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, Bukit Sekipan ini memang tidak diolah. Hanya dibiarkan saja sehingga memberikan nuansa alam di sekitar bukit ini menjadi lebih alami dan juga natural. Baru di tahun 2015 lalu akhirnya Bukit Sekipan di bangun dan juga didirikan untuk mendukung dunia pariwisata di Karanganyar dan juga Solo. Tentu saja dengan kehadiran Bukit Sekipan ini membuat banyak para travelers dan juga para wisatawan baik lokal maupun luar negeri mulau melirik ke kawasan wisata alam tersebut.

Oubound di Bukit Sekipan. Foto: kodimkaranganyar.blogspot.com

Sisi menarik dari Bukit Sekipan

Kawasan wisata alam Bukit Sekipan ini bisa dimasukkan ke dalam kawasan wisata terpadu. Hal ini terlihat dengan banyaknya fasilitas dan juga permainan yang menarik dengan banyaknya wahana permainan di kawasan wisata ini. Para pengunjung bisa menikmati berbagai macam permainan seperti outbound dan juga wahana permainan air di mini waterboom. Ada pula rumah halloween dan tidak lupa pula area play ground yang sangat menyenangkan untuk anak-anak.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Teluk Awur Jepara, Lokasi Peta Wisata Sejarah + Keindahan Sunset

Kawasan wisata Bukit Sekipan ini memang sudah mempersiapkan beberapa fasilitas yang tidak kalah dengan kawasan wisata lainnya di Solo dan juga Indonesia. Tentu saja ingin bersaing dengan kawasan wisata yang sudah cukup menjamur saat ini. Di kawasan Bukit Sekipan ini juga sudah menyediakan area selfie corner dengan tampilan yang unik dan juga sangat pas untuk digunakan berfoto atau mengambil gambar. Lalu ada pula miniatur landmark dunia dan juga alat transportasi jaman dulu.

Patung Hewan di Bukit Sekipan. Foto: brobali.com

Fasilitas di Bukit Sekipan

Kawasan wisata Bukit Sekipan Karanganyar Jawa Tengah ini sudah memberikan aneka macam fasilitas. Dan tentu saja salah satunya adalah berbagai macam wahana permainan yang seru dan tentu saja sudah siap memanjakan para wisatawan yang datang. Bagi para pengunjung yang datang bersama anak-anak dan keluarga, bisa mengunjungi area Waterboom.

Di kawasan Waterboom ini sudah banyak aneka permainan air yang sangat menyenangkan. Meskipun bukan waterboom besar seperti Atlantis di Ancol akan tetapi sudah sangat menyenangkan bagi para pengunjung. Di wahana waterboom mini para wisatawan yang datang ke Bukit Sekipan sudah siap dimanjakan dengan aneka permainan air.

Dan bukan hanya anak-anak saja, di kawasan waterboom ini juga sangat pas dikunjungi oleh kalangan muda. Yang membuat kawasan wisata ini sangat menarik adalah area lokasinya yang sangat pas di bawah kaki Gunung Lawu. Tentu saja para pengunjung bisa menikmati aneka permainan air yang sangat dingin dan juga segar. Tidak heran jika waterboom mini ini menjadi tempat yang sangat difavoritkan oleh para pengunjung.

Selain waterboom, para wisatawan akan dimanjakan dengan adanya taman yang berada di sekitar kawasan wisata Bukit Sekipan. Di sini sudah ada taman mini dengan adanya beberapa fasilitas penunjang yang sudah bisa digunakan oleh para pengunjung dari kawasan wisata alam ini. Dan taman ini bisa digunakan untuk bersantai dan juga nongkrong bersama teman-teman atau keluarga. Ditambah lagi dengan suasana alam di sekitar Bukit Sekipan yang sangat asri dan alami.

Miniatur Landmark di Bukit Sekipan. Foto: ngetripyuk.com

Salah satu fasilitas dan juga wahana permainan yang bisa dijumpai di Bukit Sekipan ini adalah Rumah Halloween. Wahana permainan ini menjadi salah satu spot yang sangat populer di kalangan para wisatawan yang datang ke Bukit Sekipan tersebut. Rumah atau Kampung Halloween ini memberikan pengalaman yang berbeda.

Wahana ini bukanlah wahana rumah hantu seperti yang sudah ada sebelumnya seperti di Dufan dan juga kawasan wisata lainnya. Di Rumah Halloween ini memang tidak terlalu menyeramkan seperti Rumah Hantu. Di sini para pengunjung hanya akan melihat patung-patung dengan pakaian dan juga gaya khas hantu seperti Kuntilanak dan juga pocong. Semua pengunjung bisa menikmati dan mengunjungi wahana permainan tersebut.

Bagi yang ingin menikmati permainan Outbond, Bukit Sekipan juga sudah menyediakan beberapa fasilitas Outbound yang sangat menyenangkan. Di kawasan wisata Bukit Sekipan ini sudah ada beberapa wahana permainan seperti trampolin Para pengunjung bisa mencoba bermain trampolin yang sangat menyenangkan. Tidak ketinggalan pula adanya jembatan goyang. Dan tentu saja wahana flying fox juga sudah bisa ditemukan di sini. Sebuah fasilitas yang komplit.

Salah satu wahana dan juga fasilitas outbound yang sangat menarik adalah adanya Outbund Islami dengan adanya miniatur Ka’bah dan juga tempat untuk melempar jumrah atau jamarot. Dan ada pula tempat untuk Sa’i Kain Ikhrom. Hal ini tentu saja untuk melatih para pengunjung melakukan manasik haji. Sebuah kegiatan liburan yang bernuansa keagamaan nan kental.

BacaJuga:  Jalan Menuju Bukit Gantole Wonogiri, Lokasi Menara + Pemandangan Indahnya Sunset Sunrise

Di area Outbound ini juga sudah disediakan fasilitas sepeda air yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Lalu ada pula Polo Air dan juga Goa Hantu. Di wahana Goa Hantu para pengunjung akan diberikan kejutan dengan adanya hantu-hantu yang siap menggoda para wisatawan. Bagi yang ingin bersantai dan rileks bisa mengunjungi area terapi ikan.

Waterboom Mini di Bukit Sekipan. Foto: visiter.com

Selain wahana permainan air dan juga Outbound, di Bukit Sekipan ini para wisatawan bisa mengunjungi kawasan Spot Selfie. Di area ini para pengunjung bisa berfoto dan juga selfie di beberapa miniatur landmark dunia seperti menara Pisa, Menara Eiffel, hingga Ka’bah. Lalu ada pula spot selfie aneka transportasi kuno yang bisa dinikmati di Bukit Sekipan tersebut.

Di area Spot Selfie ini juga sudah tersedia Replika Presiden yang bisa menjadi tempat yang pas untuk selfie. Seolah sedang berfoto dengan para presiden aslinya. Sementara Kampoeng 3D akan memberikan pengalaman selfie dengan latar belakang gambar 3 dimensi yang seolah tampak asli dan alami. Di area Spot Selfie ini juga sudah ada aneka macam Patung Hewan yang bisa memberikan sisi edukasi kepada para pengunjung anak-anak.

Welit Super Camp di Bukit Sekipan. Foto: brobali.com

Aktifitas menarik di Bukit Sekipan

Selain menikmati berbagai macam fasilitas yang sudah disediakan oleh kawasan wisata Bukit Sekipan ini, para wisatawan juga bisa melakukan berbagai macam aktifitas yang menarik. Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan adalah paintball. Di sini para pengunjung bisa bermain tembak-tembakan bersama teman dan juga keluarga. Lalu ada pula aktifitas trekking yang sudah siap memberikan kepuasan kepada para pengunjung.

Di Bukit Sekipan ini sudah ada jalur joging yang sangat luas. Tentu saja para turis yang datang ke Bukit Sekipan bisa joging di area joging track yang sudah disediakan. Kawasan wisata ini letaknya berada di kaki lereng gunung Lawu. Praktis dari Bukit Sekipan ini sudah ada jalur hiking yang bisa digunakan oleh para pendaki.

Bagi yang gemar berkuda, Bukit Sekipan sudah menyediakan beberapa kuda yang bisa disewa oleh para wisatawan. Dan tentu saja kuda-kuda ini sudah siap membawa para pengunjung berkeliling di sekitar kawasan wisata Bukit Sekipan tersebut. Kawasan wisata alam ini juga sudah menyediakan kawasan penginapan dan juga bumi perkemahan. Para wisatawan bisa berkemah atau camping di sekitar area yang sudah disediakan.

Para pengunjung bisa melakukan night camp di kawasan Welit Super Camp. Konsepnya cukup mirip dengan konsep Apache Camp yang ada di Malang dan juga Mongolian Camp di Bogor. Para wisatawan akan diajak untuk berkemah di tenda yang memiliki bentuk seperti rumah suku ala Indian. Tentu saja sebuah pengalaman yang menarik.

Rumah ala suku Indian ini mempunyai bentuk kerucut yang memiliki tinggi sekitar 120 cm. Sementara atapnya sendiri terbuat dari bahan rumbia. Rumah ini hanya bisa diisi maksimal 3 orang. Dan setiap rumah dikenakan biaya sebesar Rp 200 ribu/malam. Ditambah lagi dengan adanya Totem toem, tentu saja membuat suasana di Welit Super Camp ini tak ubahnya seperti kawasan perkampungan Indian. Dan tentu saja menjadi tempat yang pas untuk berfoto.

BacaJuga:  10 Foto Punthuk Setumbu Magelang, Tiket Masuk Wisata + Harga Hotel Homestay Penginapan
Kampung Halloween di Bukit Sekipan. Foto: wisatasenibudaya.com

Harga Tiket Masuk ke kawasan wisata Bukit Sekipan

Kawasan wisata Bukit Sekipan ini bisa menjadi salah satu pilihan ketika musim liburan tiba. Apalagi dengan biaya tiket yang sangat murah. Bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Bukit Sekipan ini bersama keluarga, bisa membayar tiket masuk dengan harga sekitar Rp 20 ribu / orang. Harga ini berlaku untuk hari Senin hingga Jumat.

Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu atau akhir pekan serta hari libur nasional dikenakan biaya sebesar Rp 25 ribu. Sayangnya tiket masuk ini tidak termasuk dengan wahana permainan yang ada di sekitar Bukit Sekipan tersebut. Sehingga para wisatawan yang ingin menikmati aneka permainan harus membayar tiket lagi.

Untuk jam operasional dari Bukit Sekipan ini pada jam 8 pagi sudah bisa diakses untuk umum. Sementara jam 17.30 WIB kawasan wisata Bukit Sekipan ini sudah ditutup untuk umum. Jam operasional tersebut hanya berlaku untuk hari Senin sampai Jumat. Sementara di akhir pekan dan hari libur nasional, jam operasional adalah jam 8 pagi hingga 10 malam WIB.

Kolam Renang di Bukit Sekipan. Foto: travelingyuk.com

Rute Dan akses ke Bukit Sekipan

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan wisata ini, sudah ada akses dan rute yang mudah. Kawasan wisata Bukit Sekipan yang terletak di daerah Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar ini bisa ditempuh dari pusat kota Solo dengan jarak sekitar 44 km. Kira-kira membutuhkan waktu hanya 1,5 jam saja dari pusat kota Solo ke Bukit Sekipan ini.

Bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Bukit Sekipan ini bisa menggunakan kendaraan prbadi atau angkutan umum. Jalur utama adalah jalan raya Solo – Tawangmangu yang sudah sangat mudah untuk diakses. Dari sini para wisatawan bisa menemukan Pasar Tawangmangu. Dari ara pasar para pengunjung lurus saja menuju ke arah Sarangan. Kemudian sekitar 600 meter akan bertemu dengan kantor Kelurahan Kalisoro. Dari kantor Kelurahan tersebut, ambil jalur ke arah kanan. Setelah itu jalan terus sekitar 500 meter. Bukit Sekipan sudah bisa dikunjungi. Bisa juga menggunakan aplikasi Google Map yang akan menunjukkan denah dan peta ke kawasan wisata ini.

Pintu Masuk Bukit Sekipan. Foto: brobali.com

Penginapan di sekitar Bukit Sekipan

Meski sudah memiliki kawasan perkemahan Welit Super Camp, tidak menutup kemungkinan adanya hotel, villa, wisma hingga guest house yang bisa dipilih ketika hendak mengunjungi kawasan wisata Bukit Sekipan tersebut. Apalagi sudah banyak penginapan yang memiliki fasilitas seperti hotel berbintang. Harga dan juga tarifnya sendiri bervariasi. Pilih sesuai budget dan juga dana liburan. Letak penginapan tersebut rata-rata tidak jauh dari kawasan wisata Bukit Sekipan. Tentu saja bisa memberikan kemudahan akses kepada para wisatawan.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *