10 Gambar Bukit Tranggulasih Purwokerto, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Rute Jalan Menuju ke Sana + Menikmati Pesona Keindahan Wisata?

Posted on
Siap-Siap | Foto: piknikyok.com
Siap-Siap | Foto: piknikyok.com

Lokasi: Windujaya, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152
MAP: Klik Disini
HTM: Rp. 5.000
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

Keindahan alam Indonesia jika dihitung memang tidak ada habisnya. Setiap wilayah bahkan sudut kecilnya memiliki tempat-tempat unik dan menarik yang dapat dijelajahi oleh para wisatawan. Yap, tidak dapat dipungkiri jika Indonesia dijuluki sebagai Heaven Eart karena kekayaan dan keindahan alamnya sungguh luar biasa.

Sangat beruntung bagi kita, warga negara Indonesia dapat menikmati anugerah terindah sang Maha Pencipta secara cuma-cuma. Tidak perlu repot mengurus passport dan visa ataupun mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati panorama serta asyiknya berwisata bersama keluarga.

Sunrise Nih | Foto: paminbellet.blogspot.co.id
Sunrise Nih | Foto: paminbellet.blogspot.co.id

Salah satu tempat populer menikmati sunrise maupun sunset yang teman-teman bisa masukkan dalam list tujuan wisata kali ini adalah Bukit Tranggulasih Jawa Tengah.       

Lokasi

Bukit Tranggulasih terletak di wilayah Puwokerto, tepatnya beralamat di RT 03 RW 05 Desa Windujaya Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Wilayah ini berbatasan dengan Kecamatan Baturaden, sehingga jangan bingung ketika ada beberapa orang lebih mengenal tempat wisata ini sebagai Bukit Tranggulasih Baturaden.

Sunset | Foto: paminbellet.blogspot.co.id
Sunset | Foto: paminbellet.blogspot.co.id

Letak tempat wisata ini berada di bawah kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 750 mdpl. Jadi dapat dibayangkan bagaimana sejuknya udara yang dapat kita nikmati di Bukit Tranggulasih. Lokasinya juga sudah tersedia gambarnya di peta online.

Keindahan Alam

Sebelum dikenal masyarakat, dahulu Bukit Tranggulasih diperkirakan merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh offroader atau crosser (hobi motor cross atau trail) untuk memacu adrenaline dengan menyusuri area ini.

Hal ini diperkuat dengan bukti beberapa jejak motor cross yang terdapat di sekitar kawasan. Sekarang, lokasi wisata ini sangat populer di Purwokerto bahkan wisatawan dari luar kota.

BacaJuga:  Pesona Keindahan Air Terjun Girimanik Wonogiri dan Upacara Susuk Wangan Warga Setren
Sejuk | Foto: banyumasnews.com
Sejuk | Foto: banyumasnews.com

Di kawasan tersebut sebenarnya memiliki 4 macam bukit dengan penggolongan tingkatannya, yakni  Bukit Datar, Bukit Cinta Suramenggala, Bukit Tinggi, dan Bukit Tranggulasih. Dimana, Bukit Tranggulasih sendiri merupakan bukit puncak pada kawasan tersebut.

Jangan ditanyakan lagi, bagaimana pemandangan yang bisa kita lihat di Bukit Tranggulasih. Kita dapat menikmati lima sisi pemandangan dari area ini. Pertama, di bagian utara berupa deretan lereng Pegunungan Slamet.

Kedua, dari sisi timur berupa pemandangan matahari terbit. Ketiga, di bagian timur laut terdapat Bukit Cendana. Keempat, di bagian barat berupa pemandangan matahari terbenam. Sedangkan yang terakhir yaitu di bagian selatan berupa pemandangan laut.

Spot Foto Instagram Nih | Foto: piknikyok.com
Spot Foto Instagram Nih | Foto: piknikyok.com

Ditambah lanskap Kota Pwt yang terlihat indah dari bukit. Pemandangan yang paling terkenal dan ditunggu para wisatawan di bukit ini adalah keelokan sunrise dan sunset-nya. Bagaimana tidak, cahaya kuning kemerahan dari matahari menyatu dengan langit dan hijaunya pohon di bukit.

Camping dan Spot Unik

Di malam hari pun, tempat wisata di Baturaden, Jawa Tengah terus memancarkan pesonanya. Para wisatawan yang ingin melihat sunrise dan memanjakan mata lebih lama dapat berkemah dan bermalam di kawasan ini.

Saat langit cerah, maka pengunjung dapat menikmati terangnya sinar rembulan dan gemerlap bintang. Tidak lupa indahnya lampu dari kota Purwokerto juga dapat dilihat dari atas sini.

Mungkin suasana tersebut hanya dapat dinikmati di serial drama maupun film romantis layar kaca, namun dengan mengunjungi Bukit Tranggulasih pengalaman menjadi pemeran film tersebut dapat teman-teman rasakan.

Asli Keren Sih | Foto: merdeka.com
Asli Keren Sih | Foto: merdeka.com

Berkemah di kawasan wisata ini dapat dikatakan cukup aman, sebab lokasinya cukup dekat dengan kawasan pemukiman warga, selain itu terdapat basecamp pengelola Bukit Tranggulasih, dan biasanya terdapat penjaga yang berkeliling di sekitar perkemahan.

Tidak hanya itu,  banyak spot foto unik dan trendy bagi kaum “ter-update” seperti frame lingkaran dari akar, frame berbentuk love dari kayu, jembatan kayu, dan spot lain. Hal tersebut tentu cocok bagi para wisatawan untuk berfoto ria dan memposting foto- fotonya di media sosial sebagai bukti “kekinian” dan “kenangan manis” berwisata (^^).

BacaJuga:  10 Gambar Curug Kembar Purwokerto, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Rute Jalan Menuju Wisata

Rute

Berjarak kurang lebih 15 km dari pusat kota, lokasi wisata ini dapat ditempuh sekitar 30-40 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Dikutip dari wisatabanyumas.com, jalan menuju lokasi wisata ini dapat diakses melalui tiga jalur, yaitu melalui :

  1. Kecamatan Kedungbanteng – Keninten – Melung – Windujaya
  2. Baturraden – Curug Bayan (Desa Ketenger) – Desa Melung – Desa Windujaya
  3. Desa Karangnangka – Kutaliman.
Epik | Foto: merdeka.com
Epik | Foto: merdeka.com

Sedangkan untuk menuju lokasi, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil ataupun kendaraan umum.

Namun akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi, karena butuh dua kali oper untuk masuk lokasi wisata dengan kendaraan umum, yaitu angkutan kota jurusan Terminal Bulupitu – Baturaden.

Lalu dilanjutkan menggunakan jasa ojek/ taksi Baturaden – Bukit Tranggulasih sekitar 5-7 km perjalanan. Setelah sampai di lokasi, pengunjung diharuskan berjalan kaki lagi sekitar 200 m dari tempat parkir untuk mencapai area wisata ini.

Fasilitas

Pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas yang terdapat di sektar kawasan bukit Tranggulasih, yakni berupa :

  1. Tempat Parkir kendaraan
  2. Tempat Ibadah/ Musholla
  3. Kamar mandi umum
  4. Warung
  5. Penginapan
Santai Dulu | Foto: merdeka.com
Santai Dulu | Foto: merdeka.com

Jadi jangan khawatir, khususnya jika panggilan lapar mengganggu teman-teman menikmati indahnya pemandangan di bukit Tranggulasih ini. Cukup datang ke warung yang menyediakan makanan serta berbagai minuman. Harga yang ditawarkan pun juga cukup terjangkau.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Bukit Tranggulasih buka mulai pukul 00.00 hingga 24.00 artinya tidak ada kata tutup alias buka 24 jam. Tempat wisata hits Jawa Tengah ini sangat ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota saat hari libur, jadi bersiaplah untuk berangkat di pagi hari agar menikmati keindahan dengan tenang dan nyaman.

BacaJuga:  Jam Buka Candi Umbul Grabag Magelang + Asal Usul Wisata Pemandian Air Panas Belerang

Adapun beberapa biaya di obyek wisata Bukit Tranggulasih dikutip dari explorewisata.com per Desember 2017 antara lain :

Tiket masuk    : Rp   5.000

Parkir motor    : Rp   5.000

Parkir mobil     : Rp 10.000

Sewa Tenda    : Rp 50.000/ malam (kapasitas 3-4 orang)

(Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu)

Wisata Sekitar Bukit Tranggulasih

Karena berada di kaki Gunung Slamet, tidak heran jika bukit ini diapit oleh beberapa air terjun atau dikenal dengan istilah curug. Adapun curug tersebut seperti Curug Bayan, Curug Gede, Curug Jenggala, Curug Gomblang, dan Curug Lima Kedungbanteng.

Tak kalah dengan keindahan bukit, curug-curug tersebut juga memiliki pesona tersendiri. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mengunjungi beberapa obyek wisata sekaligus.

Malah Harinya | Foto: banyumasnews.com
Malah Harinya | Foto: banyumasnews.com

Setelah mengenal lebih dalam terkait Bukit Tranggulasih ini, pastinya teman-teman sudah yakin untuk berwisata kesini bukan?. Jangan hanya mengurung diri dirumah, menonton drama korea, bermain game, maupun nongkrong tidak berfaedah di warung internet selama berjam-jam. Luangkan waktu untuk liburan bersama keluarga maupun sahabat.

Jomblo Menikmati Pemandangan | Foto: banyumasnews.com
Jomblo Menikmati Pemandangan | Foto: banyumasnews.com

Selain mempererat hubungan kekeluargaan, berwisata juga akan menyegarkan hati serta pikiran. Eits ada satu lagi nih, dengan memposting foto liburan teman-teman ke media sosial itu artinya kita turut berkontribusi dalam mempromosikan obyek wisata tersebut, salah satunya juga Bukit Tranggulasih ini.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Efek promosi tersebut bukan hanya sampai di kawasan kota atau luar kota, tapi juga mancanegara lho. Nah, maka dari itu yuk isi liburan kita dengan berwisata yang bermanfaat ke Bukit Tranggulasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.