10 Gambar Coban Tundo Malang, Alamat Wisata 1 Loro 2 Telu 3 Jawa Timur 2017

Posted on
Coban tundo malang telu 3 korban alamat jawa timur 1 loro 2 2017 tambakasri angker akses sidoasri tambak asri batu berita gambar htm instagram informasi info jolotundo jatim jalur kabupaten kota memakan dari kedalaman koordinat lokasi lewat dampit letak legenda maps nirwana pitu peta pantai peristiwa perjalanan rute review sumbermanjing wetan sumawe siji sukodono tiga tambaksari 7 waterfall wisata youtube air terjun tragedi
Coban Tundo (foto: kanalmalang.net)

Lokasi: Dusun Sidoasri, Desa Tambakasari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 65181
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000
Buka/Tutup: 07.00 – 17.00 WIB

Pemanfaatan wilayah hutan sebagai objek pariwisata terus dilakukan oleh PERUM PERHUTANI dan hingga tahun 2017 tercatat sebanyak 47 titik wanawisata yang tersebar di berbagai tempat di seluruh penjuru tanah air, salah satu diantaranya adalah Coban Tundo Telu yang lebih populer dengan sebutan Coban Tundo. Wisata air terjun ini memiliki alamat di Dusun Sidoasri, Desa Tambakasari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Keberadaan wisata air terjun ini sebenarnya masih belum lama dibuka untuk umum, tepatnya sejak September 2015. Namun sejumlah info dan review tentang Coban Tundo di berbagai media ditambah foto-foto yang diupload di media sosial seperti facebook, twitter, instagram serta yang lain, juga gambar video yang diunggah di youtube oleh wisatawan yang pernah berkunjung ke waterfall ini, membuat lokasi wisata tidak pernah sepi dari pengunjung.

Beningnya Air Coban Tundo (foto: liburmulu.com)

Keindahan yang disuguhkan Coban Tundo memang benar-benar istimewa, dan tidak ditemukan di tempat lain. Dalam satu lokasi wisata pengunjung bisa menyaksikan 3 air terjun yang masing-masing menyuguhkan nuansa yang berbeda. Ketiga air terjun tersebut hanya dipisahkan oleh tingkat atau ketinggian bukit dan karena itulah maka waterfall ini dinamai Coban Tundo Telu. Coban memiliki arti Air Terjun, Tundo artinya tingkat sedang Telu artinya tiga (3).

Keindahan yang berbeda itulah membuat Coban Tundo seolah menjadi magnet yang menarik perhatian para wisatawan untuk datang ke tempat wisata, meski perjalanan yang harus ditempuh untuk menuju ke lokasi cukup barat dengan medan yang lumayan ekstrim. Berita dan informasi tentang tragedi di lokasi air terjun yang telah memakan 4 korban dari 3 peristiwa sepanjang tahun 2016 juga tidak membuat wisatawan jerah untuk datang dan menikmati keindahan Coban Tundo.

Salah Satu Sudut Coban Tundo Loro (foto: W.Arief/HaloMalang)

Berkunjung ke Coban Tundo menjadi semakin menarik karena lokasi wisata ini berada di kawasan Malang Selatan, tepatnya di Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang dikenal memiliki banyak objek wisata alam yang memukau, seperti: Sendang Biru, Pantai Goa China, Pantai Tiga Warna, Pulau Sempu, Coban Kembar, Pantai Tamban, Pantai Mini, Pantai Perawan, Pantai Sendiki, Pantai Tambakasri, Pantai Clungup dan beberapa tempat wisata yang lain. Sehingga selain menikmati 3 air terjun di satu tempat, jika masih memiliki cukup banyak waktu, Anda juga dapat berkunjung ke objek wisata lainnya yang jaraknya cukup dekat.

Rute Perjalanan Menuju Coban Tundo

Dengan jarak sekitar 60 km dari Kota Malang, Coban Tundo dapat diakses, baik dengan menggunakan motor maupun mobil. Hanya saja, disarankan untuk menggunakan motor, karena jika menggunakan mobil harus dititipkan ke rumah warga karena tidak dapat digunakan untuk menyusuri jalan setapak yang sempit. Selanjutnya, perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki yang jaraknya masih cukup jauh atau mengendarai ojek dengan ongkos sekitar Rp.30.000 – Rp.50.000. Begitu juga dengan mereka yang mengendarai motor, usahakan untuk tidak menggunakan motor matic karena medan yang ditempuh cukup berat dengan jalan yang terjal.

Pintu Gerbang Desa Tambakasari (foto: verzamalang.wordpress.com)

Rute untuk menuju ke Coban Tundo dari kota Malang adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju ke Gadang berlanjut ke Kecamatan Bulu Lawang, Turen dan Dampit. Setelah Pasar Dampit dilewati, Anda akan menjumpai perempatan. Bawa terus kendaraan berjalan lurus hingga tiba di pertigaan dan arahkan kendaraan menuju ke arah Sukodono. Di sana nanti akan Anda temukan sebuah banner besar serta papan petunjuk arah menuju ke Coban Tundo.

Begitu melewati Balai Desa Sukodono jalan berubah menjadi beton dan harus menyusuri jalan yang diapit rumah penduduk. Di sinilah pengunjung yang membawa kendaraan roda empat harus menitipkan kendaraannya, karena setelah melalui kawasan perkampungan,  perjalanan harus melewati perbukitan dangan jalan yang sempit dan sangat terjal serta di kanan kirinya terbentang jurang yang cukup dalam. Meski butuh kesabaran tersendiri dan harus ekstra hati-hati, namun Anda akan dimanjakan oleh keindahan pemandangan alam di sepanjang perjalanan berupa bebukitan dengan pepohonan yang hijau serta view pantai selatan.

Jalur Setapak menuju Coban Tundo (foto: anomharya.com)

Usai melewati jalan yang lumayan ekstrim, Anda akan sampai di area parkir motor. Setelah menitipkan motor dengan gratis, Anda bisa membeli tiket masuk seharga Rp.5.000 perorang atau membeli jajanan di warung dan pedagang keliling yang ada di sekitar area parkir terlebih dahulu, sebelum melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke lokasi waterfall selama 5 – 10 menit.

Keindahan 3 Air Terjun Coban Tundo

Perjalanan panjang yang cukup melelahkan akan tertebus begitu sampai di lokasi wisata. Ketiga air terjun yang menjadi bagian dari Coban Tundo bakal memanjakan mata dengan pemandangannya yang memukau. Menariknya, antara air terjun yang satu dengan yang lain, menyuguhkan panorama yang berbeda sehingga sensasi yang dihadirkannya juga tidak sama.

1. Coban Tundo Siji

Keindahan Coban Tundo Siji (foto: wisataterindah.net)

Air terjun pertama dapat dijumpai pengunjung setelah berjalan kaki selama 5 – 10 menit dengan melewati kebun kopi. Coban Tundo Siji berupa air terjun setinggi 5 meter dengan kolam alami yang cukup luas dinaungi pohon-pohon besar dengan daunnya yang rimbun. Karena suasana sekitar yang teduh, membuat air terjun pertama ini sangat menyenangkan untuk digunakan mandi, berenang dan berendam.

Kedalaman dari kolam alami ini mulai kurang dari 1 meter sampai dengan 5 meter, sehingga cukup aman untuk dipakai beraktifitas, bahkan untuk mereka yang tidak bisa berenang sekalipun, selama tidak terlalu ke tengah. Jika masih merasa khawatir, Anda dapat menyewa ban pada penduduk setempat seharga Rp.5.000 yang dapat dipakai sepuas-puasnya.

2. Coban Tundo Loro

Salah Satu Sudut Coban Tundo Loro (foto: W.Arief/HaloMalang)

Setelah puas beraktifitas dan menikmati keindahan air terjun pertama, Anda dapat melanjutkan kunjungan ke Coban Tundo Loro, bahkan wajib, karena banyak yang mengatakan bahwa waterfall kedua ini menyuguhkan pemandangan yang paling indah dibandingkan 2 air terjun yang lain. Untuk sampai ke Coban Tundo Loro, Anda harus berjalan naik turun bukit selama kurang lebih 10 menit, karena jaraknya dari air terjun pertama memang tidak terlalu jauh. Begitu mendekati kolam alami air terjun, Anda harus turun sekitar 3 meter dengan menggunakan tangga.

Sambil menikmati keindahan pemandangan alam dari air terjun setinggi sekitar 12 meter, di sini Anda juga bisa mengisi perut dan menghilangkan dahaga karena ada beberapa pedagang makanan yang menawarkan dagangan mereka di beberapa sudut lokasi. Para pedagang  makanan tersebut juga menyewakan ban, bagi pengunjung yang ingin beraktifitas di cekungan atau kolam alami Coban Tundo 2.  Hanya saja kolam alam yang ada di sini khusus untuk mereka yang benar-benar bisa berenang, karena kedalamannya sekitar 7 – 15 meter.

Bagi mereka yang pandai berenang dan memiliki nyali besar, Coban Tundo Loro akan menyuguhkan aktifitas yang menyenangkan, karena pengunjung dapat berenang di luasnya kolam atau melakukan cliff jumping dengan memanjat batuan besar setinggi sekitar 5 meter lalu meloncat dari atas batu tersebut. Pengunjung juga bisa memanjat bebatuan kemudian bergelantungan pada ranting-ranting pepaohonan baru kemudian meloncat dari atas ketinggian 3 meter.

3. Coban Tundo Telu

Coban Tundo Telu yang Memukau (foto: liburmulu.com)

Untuk menuju lokasi Coban Tundo Telu, Anda harus melakukan tracking selama 10 – 15 menit. Pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup karena di lokasi air terjun paling tinggi dari 2 coban yang lain ini tidak ada satupun penjual makanan dan minuman. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati, karena air terjun ketiga yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter ini tidak ada yang mengawasi dan jarang dikunjungi wisatawan.

Berbeda dengan 2 air terjun sebelumnya, Coban Tundo Telu tidak memiliki kolam alami yang luas, namun hanya sebuah cekungan yang kecil dan dalam. Entah mengapa, meski di sekitar lokasi sudah ada larangan agar wisatawan tidak melakukan aktifitas di dalam air, namun masih saja ada yang nekad untuk mandi dan berenang. Risiko dari aktifitas yang dilakukan di dalam air di waterfall ketiga ini sepanjang tahun 2016 adalah hilangnya 4 nyawa pengunjung dari tiga peristiwa berbeda, akibat tersedot oleh arus air dan tersangkut di bebatuan yang berada di dalam cekungan air terjun.

Meski tidak bisa dipakai untuk mandi dan berenang, namun Coban Tundo Telu menawarkan pemandangan alam yang lebih natural dibanding 2 air terjun yang lain, karena lokasi coban ini memang paling sedikit dikunjungi wisatawan.

Tips Berkunjung ke Coban Tundo

Salah Satu Sudut Coban Tundo Telu (foto: W.Arief/HaloMalang)

Kemanapun tujuan Anda berwisata, yang dicari pasti adalah kesenangan, kegembiraan dan kebahagiaan. Karena itu, persiapkan dengan matang segala sesuatunya sebelum berangkat dan selama berada di lokasi wisata, agar apa yang Anda harapkan selama melakukan perjalanan wisata dapat terealisasi dan bukan malah sebaliknya. Terlebih untuk perjalanan wisata yang berbau adventure seperti kunjungan ke Coban Tundo. Karena itu, perhatikan beberapa tips berikut ini saat berkunjung ke Coban Tundo.

1. Usahakan agar tidak menggunakan kendaraan roda 4, karena perjalanan akan lebih fleksibel jika menggunakan motor. Selain itu, hindari menggunakan motor matic dan perhatikan betul kondisi kendaraan sebelum berangkat. Motor harus dalam kondisi prima, mulai dari bagian ban, rem sampai dengan mesin. BBM juga harus penuh, karena tidak ada penjual bensin eceran di sepanjang perjalanan, apalagi pom.

2. Karena perjalanan yang harus Anda tempuh saat menuju ke lokasi wisata dan selama berada di lokasi wisata cukup berat dan menantang serta cukup berisiko, usahakan tubuh dalam keadaan prima dan tidak melakukan kunjungan seorang diri. Dengan melakukan kunjungan bersama rombongan, jika terjadi sesuatu selama dalam perjalanan, Anda bisa saling membantu.

3. Berangkatlah sepagi mungkin, karena jarak Coban Tundo dari Malang Kota relatif jauh dengan kondisi jalan yang lumayan berat sehingga kendaraan tidak dapat dipacu dengan kencang. Dengan berangkat pagi, Anda juga bisa menghindari macet, menikmati udara segar dan dapat mengunjungi ketiga lokasi air terjun sepuas-puasnya.

Memacu Adrenaliun di Coban Tundo (foto: pantaimalang.com)

4. Jika ingin menikmati aktifitas di dalam air, ukur kemampuan Anda dalam berenang. Jika merasa kurang begitu pandai dalam berenang, cukup dengan berenang dan berkubang di Coban Tundo Siji dan jangan coba-coba bermain air di Coban Tundo Loro. Sepandai apapun Anda dalam berenang jangan mencoba untuk mandi dan berenang di Coban Tundo Telu, karena pusaran air yang ada di cekungan, datangnya tidak dapat diprediksi dan sangat membahayakan. Itu sebabnya pihak pengelola memasang papan larangan bagi siapapun untuk bermain air di cekungan Coban Tundo Telu.

5. Jangan lupa untuk membawa handuk dan baju ganti, karena yang Anda kunjungi adalah wisata air terjun, bukan mall atau themepark.

6. Usahakan untuk membawa bekal makanan dari rumah, karena meski di lokasi wisata banyak dijumpai para penjual makanan dan minuman, namun varian menunya sangat terbatas dan sederehana. Belum lagi harga makanan dan minuman yang dijual tidak sebanding antara rasa dengan harganya.

7. Pastikan untuk membeli apel dan salak di sekitar lokasi wisata, karena selain harganya murah, buah-buahan yang dijual di sini juga masih dalam kondisi segar. Menariknya, Anda juga dapat mencoba terlebih dahulu buah-buahan yang ditawarkan, sehingga tidak akan keliru dalam memilih.

Demikian beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum dan selama berkunjung ke Coban Tundo, agar perjalanan wisata Anda ke daerah Malang Selatan ini dapat lebih menyenangkan dan lebih berkesan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *