10 Gambar Curug Cigumawang Banten, Tiket Masuk Wisata, Lokasi Alamat, Jam Buka, Sejarah Legenda + Nomer Telepon

Posted on
10 Gambar Curug Cigumawang Banten, Tiket Masuk Wisata, Lokasi Alamat, Jam Buka, Sejarah Legenda + Nomer Telepon
Rate this post

Lokasi: Desa Bugel, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten, Indonesia
MAP: KlikDisini
HTM: Rp 2.500/ orang
Buka/Tutup: Setiap hari (24 jam)
Telepon: N/A

foto by teluklove.com

Indonesia memang memiliki pesona alam yang luar biasa melimpahnya. Bahkan, masih banyak tempat-tempat di pelosok negeri yang belum dapat dieksplor secara maksimal. Beruntung bagi masyarakat Serang karena memiliki tempat wisata dengan keindahan alamnya.

Curug Gumawang menjadi salah satu aset bagi masyarakat Serang sebagai tempat wisata yang cocok untuk liburan Anda bersama keluarga dan teman-teman. Pemandangan alam yang dimilikinya akan membuat kita takjub.

foto by instagram.com/faishal78_/

Bagi Anda yang tinggal di Serang dan sekitarnya, wajib untuk datang berkunjung ke curug. Selain dapat menikmati pemandangan luar biasa ini, kedatangan ke tempat wisata lokal juga dapat melestarikan harta yang dimiliki oleh Indonesia, khususnya Banten.

Daya Tarik Curug Cigumawang

Tidak ada yang menyangkal jika tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang indah. Keindahan alam ini berasal dari air terjun berukuran kecil atau curug dengan pemandangan hijau di sebelah sumber air tersebut.

foto by banten.travel

Keadaan masyarakat sekitar curug juga membuat para wisatawan yang datang merasa nyaman. Masyarakat akan menyambut kita dengan ramah tamah sehingga kita akan merasa betah berada di tempat wisata tersebut sambil menikmati sejuknya udara di sana.

Objek wisata ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan sumber mata air dari Gunung Buntu. Jika kita menyusuri  mata air tersebut, kita akan menemukan batu sangat besar hingga menutupi sumber air sehingga terbentuk sungai kecil di mana aliran airnya melewati sebelah kanan curug.

BacaJuga:  12 Warung Bakso Paling Enak di Tangerang
foto by instagram.com/hennmosezz/

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini, jangan lupa mampir ke Banyumas, Ciomas, Kemawi, Pandeglang dan Somagede untuk melihat potensi alam yang dimilikinya. Anda tidak akan menyesal telah menyusuri daerah-daerah penuh dengan keindahan alam ini.

Jawa Tengah memang menjadi provinsi yang menyimpan berjuta keindahan alamnya. Jadi, bagi kita yang tinggal di sekitar daerah tersebut, patut untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut.

Kegiatan di Curug Cigumawang

foto by instagram.com/wesgowes.serang/

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan ketika berada di tempat wisata ini. Dengan pemandangan alam indah dan kesejukan udaranya, kita dapat bersantai di tepi atau di warung yang tersedia di sekitar curug. Istirahat sambil menikmati liburan di tempat menyenangkan.

Tidak lengkap rasanya jika berwisata di air terjun tapi tidak bermain air. Jadi, wajib bagi Anda untuk bermain air di curug ini, meskipun hanya bermain dengan kaki saja. Anda akan merasakan kesegaran dari air di curug ini dan dijamin Anda pasti akan betah. Jangan lupa untuk berfoto.

foto by instagram.com/azis_khiwuk075/

Ketika Anda membawa buah hati untuk bermain air di curug ini, pastikan mereka bermain dengan pengawasan Anda. Jangan biarkan mereka bermain air sendiri karena akan berbahaya bagi mereka.

Kegiatan lain yang sering dilakukan para wisatawan adalah outbond. Beberapa rombongan wisatawan menjadikan tempat ini sebagai arena outbond karena banyaknya tebing-tebing, pepohonan yang bisa dijadikan sebagai sarana outbond.

foto by instagram.com/nshela/

Anda juga bisa menginap dengan mendirikan camping di tepi-tepi curug. Suasana malam akan terasa sangat indah dan menyenangkan. Tidak ada salahnya jika Anda mengajak teman-teman atau keluarga untuk menghabiskan malam di tempat wisata ini.

Curug Gemawang juga menyediakan olahraga berupa panjat tebing. Terdapat tebing-tebing kokoh yang berada di kawasan tempat wisata. Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu sarana untuk berolahraga dengan menyenangkan dan aman.

BacaJuga:  Pantai Tanjung Lesung yang Masih Asyik Untuk Dikunjungi
foto by instagram.com/muhammad_saepi/

Asal Mula Nama Curug Cigumawang

Istilah Curug Cigumawang memiliki makna dan sejarah tersendiri. Sebelum datang ke tempat wisatanya, Anda perlu tahu terlebih dahulu bagaimana asal usul nama dari curug ini.

Nama Curug Cigumawang berasal dari bahasa sunda yang berarti bawang. Hal ini disebabkan, pada tahun 1970-an, masyarakat sekitar melihat debit air yang jatuh hingga membentuk seperti bawang. Jadi, masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Cigumawang.

foto by ksmtour.com

Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga memiliki kisah yang menarik untuk disimak. Konon, jika ada sepasang kekasih yang datang di tempat ini maka dipastikan mereka akan menikah. Jadi, tidak hera jika banyak pemuda yang mengajak kekasihnya berlibur ke tempat wisata ini.

Cerita lain yang berkaitan dengan curug adalah adanya kepercayaan bahwa air dari curug ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagi mereka yang percaya dengan hal ini, maka mereka akan meminum air tersebut di tempat atau bahkan membawanya pulang.

Fasilitas di Tempat Wisata

foto by instagram.com/genpibanten/

Tempat wisata cukup terkenal ini sudah menyediakan berbagai fasilitas menunjang kenyamanan kita sebagai wisatawan. Fasilitas yang tersedia sudah terjaga dengan baik sehingga kita tidak perlu khawatir ketika ingin menggunakannya.

Sesampainya di kawasan curug, Anda akan menemukan sebuah area yang berfungsi sebagai tempat parkir. Area parkir ini cukup luas sehingga memuat banyak kendaraan. Kita pun tidak perlu bingung memilih tempat untuk parkir karena sudah ada yang mengaturnya sendiri.

Selain itu, ada toilet dan tempat bilas bagi Anda yang bermain air. Setelah bermain air atau berenang, tentunya Anda haru bila dan berganti baju. Tersedia beberapa tempat bilas sehingga Anda tidak perlu antri terlalu lama untuk menggunakan fasilitas tersebut.

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Cangkir Tangerang, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul + Rute Jalan Menuju Wisata

Fasilitas lain yang sangat bermanfaat adalah adanya mushola. Jadi kita tidak perlu khawatir jika udah memasuki waktu sholat tertentu. Kita tinggal menuju mushola dan menunaikan ibadah sholat. Kita tidak perlu keluar kawasan untuk mencari masjid atau mushola sehingga kita bisa berlama-lama.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.