5 Danau di Jawa Tengah Yang Terindah dan Terkenal

Diposting pada
Rate this post

Tidak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Masih banyak lokasi wisata bagus yang mungkin belum anda kunjungi tepatnya di jawa tengah.

Jika memang berkunjung ke pantai atau pegunungan membuat kita bosan, maka tidak dengan lokasi wisata berikut ini.

Bukan hanya menawarkan keindahan saja, namun juga ketentraman yang mungkin tidak didapatkan ditempat lain. Sangat cocok bagi kita yang senang dengan tempat-tempat sepi. Selain hemat budget, kita juga bisa merasa lebih dekat dengan alam.

1. Waduk Wadaslintang

foto by ksmtour.com

Alamat: Desa Sumberejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
HTM: Rp5.000/Orang
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Luas danau ini mencapai 2.626 ha, dengan berbagai keunikan dan keindahan yang ditawarkan untuk para pengunjung.

Salah satunya yaitu, ketika musim kemarau tiba, waduk wadaslintang akan kering dan memperlihatkan batu-batu berwarna putih dan berlubang.

Danau buatan ini pada awalnya ditujukan untuk menyuplai kebutuhan air masyarakat sekitar, namun seiring berjalannya waktu, banyak wisatawan yang tertarik untuk menjadikan tempat ini sebagai lokasi wisata baru mereka.

Bahkan kita bisa enjoy, santai memancing di danau ini dengan bebas.

2. Waduk Malahayu

foto by wartahub.com

Alamat: Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah
HTM: Rp5000/orang
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Salah satu danau terbesar di kabupaten brebes ini ternyata merupakan waduk peninggalan zaman belanda. Danau seluas 944 ha ini walaupun sudah berusia tua, namun keindahannya masih bisa dinikmati para wisatawan yang datang.

Walaupun fasilitasnya minim, hanya ada becak air, taman bermain mini untuk anak-anak, namun disini kita bisa menikmati hembusan semilir angina.

BacaJuga:  5 Daftar Studio Foto Terbaik di Purwokerto Harga Murah Mulai 15 Ribuan

Di bagian tepi danau juga disuguhi dengan pemandangan pegunungan lio serta perbukitan, dilengkapi juga dengan pepohonan dari hutan jati menambah kawasan jadi semakin sejuk dipandang mata.

3. Waduk Rawa Pening

foto by bbwspemalijuana.com

Alamat: Jl.Lingkar Selatan Km.3, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
HTM: Rp3.500/Orang
Jam Buka: 08.00-21.00
Map: Klik Disini

Danau yang berada di 4 kecamatan sekaligus (Bayubiru, Bawen, Tuntang, Ambarawa) ini disebut-sebut akan menjadi lokasi wisata dunia.

Pemerintah setempat sedang melengkapi fasilitas di rawa pening menjadi berstandar internasional, mulai dari penginapan, permainan air, rumah makan dan lain-lain.

Memang harus diakui, keindahan yang bisa kita nikmati di rawa pening ini sangatlah alami dan natural.

Airnya bersih, udaranya sejuk, rute serta jalur ke lokasi wisata ini sangatlah mudah. Itulah mengapa, banyak orang merekomendasikan tempat ini wajib dikunjungi apabila ke semarang.

4. Waduk Sempor

foto by ihategreenjello.com

Alamat: Gombong, Waduk Sempor, Kebumen, Jawa Tengah
HTM: Rp4.500/Dewasa Rp2.500/Anak-anak
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Wadu sempor sering disebut sebagai tempat wisata local yang murah meriah. Walau begitu tempatnya cukup untuk menghilangkan penat sejenak. Selain banyak lokasi yang bisa dijadikan spot foto, fasilitas di danau buatan ini sudah cukup lumayan lengkap.

Kita sudah bisa menjelajahi waduk dengan perahu kano, ada banana botany juga, serta ada perahu yang untuk rombongan keluarga.

Pemandangan bukit serta hijaunya pepohonan mampu membuat suasana disekitar waduk menjadi terlihat asri nan alami. Waduk ini cukup terkenal di jawa tengah.

5. Waduk Jatibarang

foto by dakatour.com

Alamat: Jalan Jatibarang, Kedungpane, Mijen, Semarang, Jawa Tengah
HTM: Rp4.000/Orang
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Waduk buatan seluas 189 ha ini sering dikaitkan dengan cerita mistis atau angker, namun jangan cepat percaya dengan mitos-mitos tersebut. Karena sampai saat ini waduk jatibarang masih tetap ramai dikunjungi wisatawan.

BacaJuga:  Bosen Dengan Tongkrongan Yang Gitu Aja? Coba Ke 10 Cafe Instagramable di Semarang Ini!

Ada gardu pandang yang bisa kita manfaatkan untuk spot foto. Kemudian ada goa yang juga dijadikan tempat wisata di tengah-tengah waduk. Hanya dengan 4000 rupiah, kita bisa menikmati 2 tempat wisata sekaligus.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.