10 Gambar Danau Mawang Makassar, Lokasi Alamat, Misteri Mitos, Villa di Sekitar Wisata + Akses Jalan Menuju ke Sana

Diposting pada

Lokasi: Mawang, Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup:
Telepon:

foto by saskiasyam.wordpress.com

JejakPiknik.com. Makassar merupakan surga bagi para pecinta wisata. Tidak hanya wisata bahari yang sangat terkenal seperti Pantai Losari, serta pulau pulau eksotis dengan koleksi biota lautnya yang menakjubkan hingga wisata sejarah. Jika Anda belum tahu ingin menghabiskan liburan dimana, Makassar adalah jawaban yang tepat.

Anda dapat berkeliling Makassar dan menjelajahi pesona wisata kota ini. Anda tidak akan menyesal berwisata di Makassar karena destinasi wisata dari air, pegunungan, sejarah hingga kulinernya benar-benar istimewa. Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Danau mawang.

Lokasi

foto by kompasiana.com

Danau Mawang merupakan sebuah danau berukuran lumayan kecil yang berada kurang lebih sekitar 7 kilometer dari kota Sungguminasa dan 15 kilometer sebelah tenggara Kota Makassar.

Danau ini secara administrativ masuk kawasan Kel. Mawang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Luas Danau Mawang sekitar 50 hektar dengan panjang 1,4 kilometer dan lebar sekitar 200 hingga 450 meter.

Sejarah

Dikutip dari majalah mitos danau yang memiliki panorama alam yang indah ini menyimpan kisah misteri dan legenda yang sangat populer terutama masyarakat Kabupaten Gowa. Tempat ini seakan menjadi saksi mengenai cerita 3 ulama tersohor di Sulsel pada waktu itu.

foto by instagram.com/allank90/

Kisah ketiga ulama ini adalah Dato Paggentungan, Lo’mo Ri Antang dan Syekh Yusuf. Beliau bertiga pergi mancing bersama di Danau Mawang. Cerita dimulai dari I Dato Paggentungang yang ketika itu mendengar cerita jika di Danau mawang ada banyak sekali ikan.

I Dato Paggentungang sangat gemar memancing dan seketika itu langsung menuju kesana mengajak Lo’mo Ri Antang dan Syekh Yusuf (berusia 16 tahun). Ketika mereka sedang memancing tiba-tiba cuaca memburuk dan turun hujan lebat sekali.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Akkarena Makassar, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Misteri Mitos + Rute Jalan Menuju Wisata
foto by mapio.net

Karena merasa kedingingan, Dato Paggentungang hendak merokok, namun tak ada yang bawa korek api. Dato memintatolong kepada Lo’mo Ri Antang untuk mendapatkan api di rumah kebun letak nya cukup dekat di lokasi mereka memancing.

Lomo tidak menemukan api di rumah itu dan kembali tanpa ada yang dibawa. Akhirnya dengan ilmunya, Dato Paggentungang sengaja meletakkan rokoknya dibawah capingnya agar terkena air hujan dan rokonya dapat menyala.

foto by porosmaju.com

Kejadian ajaib ini dilihat langsung oleh Lo’mo Ri Antang dan Syekh Yusuf. Lo’mo merasa malu jika minta api ke Dato karena ia adalah kakak spiritual keagamaannya. Lo’mo hanya duudk sambil menunggu petir agar dapat membakar rokoknya dan petir datang rokoknya dapat menyala. Mereka berdua tidak menyadari jika diam-diam Syekh Yusuf mengamatinya.

Syekh Yusuf juga ingin merokok namun diurungkannya karena keduanya merupakan gurunya. Kemudian Syekh Yusuf menyimpan pancingnya dan memilih melangkahkan kaki berjalan di atas danau. Kemudian, Syekh Yusuf meletakkan tangannya kedalam air sampai pangkal lengan sambil memangang rokok.

foto by instagram.com/hardisypt.m/

Setelah itu, tangannya ditarik ke muara dan rokoknya tersulut api tanpa basah. Kedua guru Syekh Yusuf melihat apa yang dilakukannya dan tersenyum bangga atas pencapaian kesempurnaan ilmu hakikinya.

Fasilitas

Tidak hanya sebagai spot memancing, danau ini juga digunakan untuk pembudidayaan ikan air tawar terbesar di Kec. Somba Opu. Oleh karena itu Anda jangan kaget jika terdapat pemandangan nelayan dengan perahu rakitnya berlayar di tengah danau mengambil ikan.

Fasilitas pendukung lainnya adalah adanya sebuah taman rekreasi hijau – Taman Mawang. Lokasinya cukup dekat dengan pintu masuk ke danau tepatnya berada di arah selatan Danau Mawang.

foto by instagram.com/hardisypt.m/

Disekitar danau juga terdapat bberapa penginapan termasuk villa seperti Villa Danau Mawang di Jalan Tun Abdul Razak, No. 04, Paccinongang, Makassar, Kabupaten Gowa. Tidak ada fasilitas khusus jika Anda berwisata kemari. Tempat ini bahkan jauh dari kata terawat.

BacaJuga:  Keindahan Danau Tempe dengan Kekayaan Alam yang Menawan

Danau ini sebenarnya jika dikelola dengan baik dapat menjadi salah satu daya tarik dari Kab. Gowa. Namun, tempat wisata ini kurang mendapat perhatian dari pemda setempat. Menurut kabarnya pada tahun 80an, danau ini kerap dijadikan sebagai lokasi perlombaan dayung dan kegiatan pariwisata lainnya.

foto by instagram.com/qiqiii__/

Namun, kondisi Danau Mawang kini tidak terpelihara dengan baik dan cukup memperihatinkan. Tanaman enceng gondok tumbuh subur dan menutupi hampir separuh permukaan danau. Di samping itu, terdapat sedimentasi mencapai 5 hingga 7 hektar.

Di tahun 80an, konon di Danau ini sering di adakan lomba dayung dan kegiatan-kegiatan wisata lainnya, namun sekarang kondisinya lumayan memprihatinkan dan tampak tidak terurus. Enceng gondok hampir menutup setengah dari luas danau ini, selain itu juga terjadi sedimentasi sekitar 5-7 Ha dari bagian danau Mawang.

foto by instagram.com/piant16/

Ada sebuah wacana jika Bupati Gowa hendak mengubah tempat ini menjadi destinasi wisata menarik. Semoga saja segera terealisai karena sangat disayangkan tempat sebagus ini dibiarkan tak terurus.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.