10 Gambar Gembok Cinta di Indonesia: Tegalalang Bali, Bandung, Malang, Jogja, Mirip Paris dan Korea

Posted on
Gembok cinta tegalalang bandung korea selatan gambar paris indonesia malang foto harga farmhouse lembang lokasi taman balai kota jogja bali wisata hongkong tenggarong yogyakarta sukabumi bjbr ambarawa ancol ampang adalah ala samarinda ada dimana animasi aliando prilly banyuwangi banjarnegara banyubiru bogor blitar china puncak cemara cologne sumbar cerita sawahlunto eropa filosofi gianyar
Gembok Cinta, Foto: dwiyana94.blogspot.com

Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar tentang ‘gembok cinta’ atau ‘tradisi gembok cinta’ yang dipercaya sebagai lambang dari ‘keabadian cinta’. Tradisi unik ini mulai ada sejak tahun 2000an. Tradisi gembok cinta ini biasanya adalah sebuah ritual pemasangan gembok yang telah bertuliskan inisial nama masing-masing pasangan dan telah di kunci di pagar jembatan yang kemudian kuncinya dilemparkan ke sungai. Ritual tersebut dipercaya oleh sebagian orang akan membuat cinta mereka abadi kekal karena perasaan cintanya telah terkunci selamanya. Sebagian orang mungkin tidak percaya dengan mitos tersebut, mereka hanya sekedar ‘lucu-lucuan’ saja atau untuk membuat feed instagramnya keren.

Fenomena gembok cinta ini sebenarnya tidak hanya terjadi di luar negeri seperti Paris dan Korea saja atau negara-negara lain, di beberapa kota di Indonesia pun banyak yang sengaja membuat gembok cinta. Kota-kota di Indonesia yang memiliki spot Gembok Cinta yang terkenal diantaranya Tegalalang Bali, Bandung, Malang, dan Jogja.

Berikut ini ada beberapa informasi mengenai lokasi dimana Gembok cinta tegalalang bandung sampai korea selatan termasuk gambar dari gembok cinta paris. Di indonesia, malang juga tidak mau kalah hits dengan peletakan gembok cintanya, Anda dapat foto dan berselfie ria. Ada pula info harga farmhouse lembang yang merupakan lokasi gembok cinta Bandung selain taman balai kota. Di jogja, bali, terdapat juga wisata gembok cinta tidak mau kalah dengan hongkong. Kota-kota lainnya seperti tenggarong, yogyakarta, sukabumi, bjbr, ambarawa ancol, ampang, merupakan tempat destinasi favorit ala khas nusantara termasuk samarinda juga ada serta dimana letaknya yang ada gembok cinta. Ada gambar animasi bahkan artis aliando prilly juga pernah mengunjunginya. Selain kota-kota tersebut di banyuwangi, banjarnegara, banyubiru, bogor, blitar, china, puncak cemara, cologne, sumbar kemungkinan ada tempat gembok cinta serta cerita dibaliknya baik sawahlunto sampai eropa atau filosofinya dan juga gianyar.

Gembok Cinta Tegalalang Bali

Lokasi: Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561
Map: Klik Disini
HTM: Free
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: –

Gembok Cinta Tegalalang Bali, Foto: kapahjumah.com

Tidak mau kalah dengan ‘Namsan Tower Korea’, Tegalalang Gianyar Bali pun memiliki destinasi wisata gembok cinta. Tempat ini ramai didatangi para pengunjung terutama para muda-mudi. Dengan background pegunungan dan pemandangan persawahan, gembok cinta ini menawarkan tempat wisata yang unik. Tempat ini mulai terkenal di awal tahun 2017. Banyak sekali pengunjung yang datang tidak hanya dari Bali saja, banyak juga yang datang dari luar Bali.

Sebagian orang yang datang tidak mempercayai mengenai mitos keabadian cinta yang berada dibalik ritual gembok cinta. Mereka hanya datang karena ingin berfoto atau berselfi di panggung yang memiliki bentuk gembok setinggi 3 meter. Panggung ini berada ditengah-tengah persawahan dan ada simbol love besar berwarna-warni.

Pilihan Wisata Instagrammable Baru di Bali, Foto: kintamani.id

Tempat yang baru saja dibuka ini memang unik dan menarik. Suasana tenang, sejuk karena dekat dengan area pegunungan menambah indah panorama gembok cinta disini. Serta, tidak hanya keindahan pemandangan sawah terasering akan tetapi aktivitas budaya para petaninya. Karena petani-petani didaerah ini masih menggunakan cara tradisonal untuk menggarap lahan pertanian mereka. Spot gembok cinta Tegalalang Bali juga menyediakan rumah makan dengan desain bangunan bergaya Bali tradisional. Selain itu, menu makanan yang ditawarkan rumah makan ini juga tradisional diantaranya tipat santok, kelapa muda, es cendol, rujak, dll. Tidak hanya makanan dan minuman, disini disediakan juga berbagai jajanan khas tradisional Bali.

BacaJuga:  30 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Wajib Dikunjungi Terbaru Indah Bagus Dekat Dengan Stasiun Pelabuhan Ratu

Menurut penjelasan sang pemilik tempat Gembok Cinta Tegalalang Bali bernama , I Wayan Sugiartha bahwa dahulu beliau berniat ingin menjual area ini dengan harga jual yang tinggi. Namun setelah melalui beberapa pertimbangan karena area ini merupakan satu-satunya peninggalan nenek moyang beliau akhirnya tercetuslah ide membuat tempat wisata kekinian yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Digital Heart ‘Gembok Cinta’ Jogja

Tempat: Jl. Margo Mulyo/Jl. A. Yani No.9, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta 55122
Google Maps: Klik Disini
HTM: Free
Jam Operasional: 24 jam

Gembok Cinta Jogja, Foto: cahyogya.com

Selain Bali, Jogja pun memiliki spot tembok cinta yang berada di titik nol kilometer Jogja. Romantisme dari titik nol kilometer berbentuk Digital Heart merupakan tempat untuk memasang gembok-gembok yang telah diberi nama masing-masing pasangan dan di kunci di media seni instalasi ini. Karena bentuknya hati dan juga telah terpasang gembok-gembok sebagai lambang cinta dengan pasangan, para wisatawan pun menyebut seni instalasi Digital Heart tersebut sebagai Gembok Cinta. Penciptanya bernama I Made Arya Palguna.

Digital heart tercipta dari pengalaman pertama kali beliau bertemu dengan sang istri di kawasan titik 0 kilometer. Dahulu kala saat melewati kawasan ini, beliau pernah dipalak oleh preman. Kebetulan I Made tidak membawa sepeser uang pun dan mengumpulkan seluruh keberaniannya untuk meminjam sejumlah uang kepada seseorang yang sedang berdiri dibelakang pengamen yang letaknya tidak jauh dari lokasi beliau dipalak. Gadis itu memberikan uang dua ribu rupiah dan I Made memberikannya kepada pemalak. Namun sebelum mereka berpisah beliau menulis alamat si gadis agar bisa membayar hutangnya. Beliau benar-benar tidak mengenalnya dan tidak pernah bertemu sebelumnya dengan gadis itu.

Digital Heart, Foto: dwijayantiw.wordpress.com

Setelah kejadian tersebut, beliau bertemu dengan si gadis untuk mengembalikan uang dan pertemuan-pertemuan selanjutnya pun berlanjut. Selang beberapa waktu kebersaman mereka, akhirnya beliau membuat keputusan untuk membuatnya sebagai teman hidup dan teman berkarya seumur hidupnya.

Instalasi seni Digital Heart ini memiliki pesan khusus dari sang penciptanya yaitu supaya di jogja tidak terjadi lagi kekerasan seperti yang pernah beliau alami. Pembuatan Digital Heart di titik nol kilometer Jogja ini terinspirasi dari kenangan beliau saat berjumpa dengan jodohnya pada tahun 1996. Digital Heart ini memiliki kesan mendalam bagi beliau yaitu ingin mengenang kembali peristiwa saat pertemuan pertama kali dengan istrinya. Yang menarik adalah ternyata tanggal lahir beliau dan istrinya itu sama. Instalasi seni ini mempunyai dimensi ketinggian mencapai 3 meter sedangkan lebarnya adalah 4 meter. Setelah ditaruh digital heart dikawasan ini, kemudian ada beberapa pasangan yang menaruh gembok terkunci dengan tujuan cinta mereka abadi. Belum diketahui secara pasti yang memiliki inisiatif memasangkan gembok ditempat ini, akan tetapi keberadaanya saat ini menjadi ikon baru area ujung jalan Malioboro ini.

Gembok Cinta Balai Kota Bandung

Alamat: Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kota Bandung, Jawa Barat 40117
Peta: Klik Disini
HTM: Free
Jam Buka: 06.00-20.00

BacaJuga:  10 Gambar Omah Kayu Batu Malang, Rute Alamat, Harga Sewa + Tiket Masuk Lokasi Wisata
Gembok Cinta Balai Kota Bandung, Foto: panduanwisata.id

Jika Gembok Cinta di kota-kota lain berada di tempat atau kawasan wisata berbeda dengan Bandung. Di Bandung Gembok Cinta berada di Balai Kota dan yang meresmikan adalah Pak Wali tercinta, Ridwan Kamil. Bapak Walikota sendiri yang memprakarsai konsep dan ide pembuatan Gembok Cinta tersebut. Menurut bapak Ridwan Kamil, karya tersebut terinspirasi dari beberapa bangunan di seluruh dunia yang mempunyai ide serupa seperti Huangshan (China), Pont de l’Archeveche (Paris, Perancis), Cologne (Jerman), Jembatan Luzhkov (Moskow, Rusia) dan juga yang terkenal Namsan Tower (Korea Selatan).

Jadi, Apa sebenarnya tujuan diletakkannya ‘Gembok Cinta’ di kawasan Balai kota Bandung? Menurut penuturan pak wali sang empunya ide yaitu bagi kawan-kawan yang telah memiliki pasangan dipersilahkan untuk berkunjung ke balai kota dengan pasangannya kemudian menggantungkan gembok cintanya di sini. Gemboknya ini diharuskan membawa sendiri-sendiri. Syaratnya adalah punya pasangan dan punya gembok tidak boleh punya cinta tapi tidak punya gembok atau punya gembok tapi tidak punya cinta namanya juga gembok cinta jadi harus ada cinta beserta gemboknya.

Tujuan Anak Muda, Foto: kunjungimynews.blogspot.com

Gembok Cinta di Balai Kota Bandung ini terletak di tengah-tengah taman. Bangunannya terbuat dari besi serta kawat ram yang membentuk prisma setinggi kurang lebih 2 meter dan berukuran kurang lebih 2,5 meter2. Di atas konstrusi prisma ini dipasang rangkaian huruf ‘LOVE’ yang berwarna merah. Gembok Cinta ini jika malam semakin indah karena telah dihias dengan aneka warna lampu sehingga memberi kesan romantis dan hangat.

Di tempat lain di Bandung selain Balai Kota juga ada spot Gembok Cinta. Disini adalah destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia yaitu Lembang, Bandung. Lokasi tepatnya berada di Farm House Lembang, ada spot terkenal tempat para wisatawan dapat menggantungkan gembok cintanya. Panorama disekeliling Gembok Cinta ini benar-benar indah dan instagramable. Oleh karena itu banyak sekali wisatawan dari berbagai penjuru negeri berbondong-bondong datang kesini menghabiskan hari libur mereka. Selain spot Gembok Cinta, Farm House Lembang Bandung juga memiliki spot-spot keren lainnya. Oleh karena itu tempat ini selalu ramai terutama weekend dan libur sekolah tiba.

Gembok Cinta ‘Ngalam, I’m in Love’ Malang

Letak: Jl. Veteran, Klojen, Malang, Jawa Timur 65145
Maps: Klik Disini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24 jam

Gembok Cinta Malang, Foto: merdeka.com

Malang selalu memiliki tempat-tempat keren yang jangan sampai terlewati, salah satunya Gembok Cinta. Tempat ini berlokasi di Taman Veteran dengan konstriuksi bangunan berbentuk persegi berukuran 2,5×2,5 meter. Ditengah-tengah konstruksi persegi ini terdapat jaring-jaring, sebagai tempat untuk mengantungkan gembok terdapat bentuk hati serta tulisan ‘Ngalam, I’m in Love’. Tulisan tersebut berwarna pink neon yang nampak indah dan menarik. Menurut penjelasan pemeririntah setempat khususnya Abah Anton bahwa bangunan tersebut sebenarnya tidak bermaksud menjadikannya sebagai ‘gembok cinta’. Filosofi sesungguhnya dari pembangunan konstruksi persegi di Taman Veteran ini adalah untuk para generasi muda agar tumbuh rasa cintanya terhadap kota Malang serta mengajak mereka untuk lebih peduli kepada lingkungan sekitar.

Ngalam, Im in Love, Foto: liputan6.com

Pembangunan konstruksi ‘Ngalam, I’m in Love’ atau populer sebagai Gembok Cinta mendapat banyak kritikan terutama dari KH Baidlowi Muslich selaku Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Malang. Beliau menuturkan bahwa membangun Gembok Cinta seakan mambawa masuk budaya barat ke Indonesia dan dapat mempengaruhi serta mengarahkan para anak-anak muda utuk melakukan hal-hal ke arah negatif. Disamping itu, ini tidak selaras dengan karakter kota Malang yang merupakan kota Pendidikan. Akan tetapi, semua telah dijelaskan oleh Abah Anton terkait filosofi sesungguhnya dibalik konstruksi persegi yang sekarang beralih fungsi sebagai spot ‘Gembok Cinta’ yang adalah inisiatif dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Malang kepada KH Baidlowi Muslich.

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Kangean Madura Jawa Timur Sumenep, Jalan Peta, Sejarah, Keajaiban Bahasa & Wisata Jembatan Ajaib

Lokasi Gembok Cinta di Seluruh Belahan Dunia

Prancis
Paris merupakan kota yang sangat populer akan romantisme yang ditawarkan serta sebagai simbol cinta. Ketika berjalan mengelilingi Paris, Anda akan melihat jembatan Pont des Arts dan Pont de l’Archeveche yang penuh dengan ratusan gembok cinta berbagai ukuran, bentuk serta warnanya yang mengantung menghiasi kedua jembatan. Jembatan-jembatan ini berada diatas sungai Seine. Meskipun pemerintah kota setempat seakan menentang kegiatan ini, namun para pemuda pemudi kota Paris dan para wisatawan yang datang dari berbagai belahan dunia tetap melakukan tradisi sebagai bentuk cinta abadi mereka. Mereka ingin cintanya bersatu kekal abadi dengan kesaksian kota paris yang romantis.

Italia
Para muda mudi kota Italia mendapatkan inspirasi dari scene yang ada di sebuah novel. Scene tersebut menggambarkan penyatuan cinta sepasang kekasih di Ponte Milvio. Para pasangan kekasih ini mengukir inisial nama masing-masing di sebuah gembok dan mengunci gembok tersebut di pagar jembatan kemudian kuncinya mereka lemparkan ke sungai Tiber supaya kota Roma yang indah ini menjadi saksi atas penyatuan cinta mereka. Tradisi Gembok Cinta ini menyebar luas hingga  beberapa jembatan lainya di Venice, Milan, Florence, dan naples. Di jembatan-jembatan tersebut juga ditemukan banyak gembok-gembok terpasang dengan aneka bentuk dan warna.

Gembok Cinta Italia, Foto: cleo.co.id

Rusia
Jika di Prancis pemerintah setempat terkesan menentang, beda halnya di Moskow, Rusia. Pemerintah mendukung sepenuhnya keberadaan tradisi gembok cinta. Mereka membuat dan meletakkan pohon dari besi di hampir sepanjang jembatan di kawasan Vodootvodny Canal. Peletakan konstruksi pohon dari besi ini bertujuan sebagai media meletakkan gembok-gembok cinta para pasangan yang datang.

Taiwan
Di Taiwan juga terdapat Gembok cinta yang terletak di jembatan kota Fengyuan. Di jembatan tersebut juga populer sebagai wish locks. Terdapat cerita yang berkembang dimasyarakat sekitar bahwa ketika kereta melintas di kawasan sekitar jembatan akan menghasilkan medan magnet yang membuat energi dalam kunci dan kemudian dapat mengabulkan harapan sang pemilik gembok. Sebenarnya pihak berwenang di kota Taiwan sudah mencoba membersihkan pagar jembatan dari gembok-gembok ini beberapa kali, namun terus saja muncul gembok-gembok baru lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *