10 Gambar Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Solo, Harga Tiket Masuk Wisata + Asal Usul Sejarah

Posted on
Air terjun grojogan sewu tawangmangu solo asal usul sejarah malang kulon progo wisata waterfall karanganyar gambar foto tulungagung misteri harga tiket masuk lokasi video pujon jogja blitar pandaan dari atas adalah nama ampelgading alamat arti buka jam
Air Terjun Grojogan Sewu, Foto: karanganyarpunyawisata.blogspot.com

Lokasi: Tawangmangu, Kab.Karanganyar, Jawa Tengah 57792
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 17.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00-17.00 WIB
Telepon: +62-271-697-051

Pesona keindahan dari sebuah Waterfall atau Air terjun sebagai destinasi wisata memang tak terelakkan keindahannya, suara gemericik jatuhan air ditambah dengan cuacanya yang biasanya memiliki hawa sejuk & juga keindahan alam di sekitarnya mampu menentramkan hati & juga melepas penat bagi siapa saja yang berada di dekatnya.

Wisata Unggulan Grojogan Sewu, Foto: reservasi.com

Beruntung bagi kita yang tinggal di Indonesia, karena di negeri nan indah ini terdapat banyak sekali air terjun yang memiliki pemandangan-pemandangan eksotis yang tak kalah cantiknya dengan air terjun yang ada di luar negeri. Bisa jadi masih terdapat banyak sekali air terjun di luar sana khususnya di alam Indonesia yang belum tereksplorasi oleh manusia.

Keindahan Alam Air Terjun Grojogan Sewu, Foto: tempatwisatamu.com

Beberapa di antaranya yang mungkin sudah tak asing & banyak dikenal oleh para wisatawan, seperti Sibolangit waterfall yang terkenal dengan 2 gradasi warnanya, kemudian ada juga Benang kelambu waterfall di kaki rinjani, serta sipiso-piso yang letaknya tak jauh dari danau toba. Keindahan alam di pulau jawa khususnya pada daerah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni daerah tawangmangu memang seolah tiada habisnya.

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, Foto: brobali.com

Beberapa destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik seperti Gunung lawu, air terjun pringgodani, air terjun jumog, Camping Ground Sekipan, telaga sarangan, curug parang ijo, dan sebagai icon wisata utamanya yakni Air terjun Grojogan sewu. Di daerah jawa tengah & jawa timur sendiri terdapat keunikan dalam penamaan curug, yang ternyata memiliki nama yang sama namun berada pada lokasi yang berbeda.

Wisata Alam Air Terjun Grojogan Sewu, Foto: lihat.co.id

Satu nama dengan beragam lokasi

Nama curug yang di maksud yakni Grojogan sewu, yang setelah saya telusuri beberapa info dari mbah google ternyata memiliki beberapa lokasi yang diantaranya yakni Grojogan sewu yang berada di daerah kulon progo, jogja ada juga grojogan sewu di daerah tulungagung atau yang lebih dikenal dengan alas kandung, lalu yang letaknya tak jauh dari kota blitar ada coban grojogan sewu di daerah pujon, serta grojogan atau coban tumpak sewu yang berada di ampelgading malang.

Air Terjun Yang Indah, Foto: reservasi.com

Sementara untuk anda yang berada di wilayah pasuruan, ada juga sumber air grojogan sewu yang lokasinya sendiri berada di daerah pandaan. Terakhir yang konon katanya lebih dulu dikenal dan memang tengah hits saat ini yakni yang ber alamat pada Kec.tawangmangu Kab.karanganyar yang masih berada pada wilayah solo.

Eloknya Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu, Foto: youtube.com

Keindahan Grojogan Sewu

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai Grojogan sewu yang lokasinya berada di tawangmangu ini. Setelah berselancar di dunia maya untuk mencari info seputar air terjun sewu, mulai dari mbah google dengan segudang fotonya hingga video-video yang justru malah semakin menggugah keinginan saya untuk mengunjungi tempat yang keindahannya luar biasa ini.

Nama grojogan sewu ini sendiri memiliki arti yakni air terjun seribu, namun meski demikian air terjun yang ada di kawasan ini tetap hanya satu, hanya saja tinggi & derasnya air yang berjatuhan kesegala penjuru mungkin menjadi rujukan penamaan tempat yang satu ini. Sementara menurut info lainnya penamaan air terjun ini konon mengarah pada satuan pengukuran di jaman dahulu yang menggunakan satuan pecak (1 telapak kaki orang dewasa), yang mungkin bila diperkirakan ketinggiannya berkisar seribu pecak & dijadikan rujukan untuk penamaannya.

Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 80 meteran ini, memiliki debit air yang sangat deras yang berasal dari kaki gunung lawu. Selain memiliki debit air yang deras, panorama vegetasi & juga pepohonan di sekitarnya menjadikan air terjun ini begitu mempesona bagi siapa saja yang tengah berkunjung disini. Selain itu ditempat ini anda juga akan melalui anak tangga yang jumlahnya sesuai dengan penamaan tempat ini, yakni kurang lebih berjumlah 1250 anak tangga.

Mengunjungi Grojogan Sewu, Foto: katalogwisata.com

Namun meski demikian, nampaknya banyaknya jumlah anak tangga tersebut tidak menyurutkan minat para wisatawan untuk tetap berkunjung & memburu panorama indah dari air terjun yang satu ini. Terbukti dari banyaknya wisatawan yang berkunjung di setiap harinya, terutama pada penghujung minggu yang akan membuat tempat ini begitu dipadati pengunjung.

Terlepas dari beragam cerita tersebut, tentunya pemandangan & panorama sekitar yang tersaji tentu sangat sayang untuk dilewatkan khususnya bagi anda yang memang menggemari wisata di alam-alam terbuka. Sesampainya di tempat ini, pengunjung akan menemui sebuah papan penunjuk yang bertuliskan lokasi dari Taman Wisata Grojogan sewu yang berada tak jauh dari area parkir.

Ditempat ini pula anda akan “disambut” oleh penghuni tempat ini, yakni kumpulan kera yang memang sengaja dibiarkan hidup liar ditempat ini, jumlahnya pun cukup banyak & tak takut-takut untuk berinteraksi didekat para pengunjung. Meski tidak ada laporan mengenai serangan dari binatang ini, namun ada baiknya bagi anda yang datang kesini untuk tetap waspada & menghindari membawa tentengan bila tidak ingin dicegat & berebut kantong dengan kumpulan kera.

Lokasi wisata ini juga sangat terkelola dengan baik oleh KSDA, hal ini dapat dilihat dari rapihnya jalanan menuju air terjunnya yang sudah berupa cor-coran yang ditambah dengan handle untuk berpegangan & pembatas agar lebih safety. Di Grojogan sewu ini selain asik untuk pengambilan gambar dengan latar belakang air terjunnya, bisa juga untuk melakukan video blogging atau vlogging yang saat ini tengah hits di beragam jejaring social.

Apalagi bagi anda yang memiliki drone yang dilengkapi kamera, tentunya dapat mengambil foto dengan pemandangan dari atas yang akan semakin memaksimalkan hasil jepretan anda untuk di pamerkan. Meski demikian, jangan mencoba untuk bermain ataupun mandi pada bagian bawah grojogan langsung.

Sebab menurut para pengawas sendiri, hal ini dikarenakan aliran air yang sangat deras dari atas dapat membahayakan bila terkontak langsung dengan bagian tubuh. Apalagi bila ternyata pada aliran tesebut terdapat bebatuan ataupun kerikil, sekecil apapun tentu ada baiknya untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

Suasana Alam Masih Terasa, Foto: tripadvisor.com

Cerita legenda & Mitos Grojogan sewu

Bila di tilik dari cerita sejarah barathayuda sendiri, konon tempat ini adalah tempat bagi Prabu Baladewa melaksanakan perintah dari Kresna untuk melakukan pertapaan, meski sebenarnya perintah ini diberikan hanya agar sang prabu terhindar dari perang yang tengah berkecamuk saat itu karena di anggap terlalu sakti hingga tak satupun yang sanggup menandingi.

Konon di lokasi ini pula, terdapat sebuah mitos yang di percaya segelintir orang pada area jembatannya. Jembatan yang dinamai dengan sebutan Kretek Pegat ini, disinyalir akibat pengalaman-pengalaman empirik yang terjadi pada beberapa pasangan yang mungkin tengah kurang harmonis. Sebab katanya, bila melalui jembatan ini dapat berakibat putusnya hubungan.

Di jembatan itulah konon terdapat sebuah misteri mengenai sering terjadinya penampakan seorang kakek, yang dipercaya merupakan lelembut dari golongan andhahan dari penguasa Grojogan sewu yang dikenal dengan nama Kyai Baladewa. Entah dari mana asal usul mitos tersebut, namun tentunya selama kita dapat mawas diri & menjaga sikap, tentunya berlibur dimanapun sah-sah saja untuk dilakukan.

Beragam fasilitas & Harga tiket masuk

Selain itu anda juga dapat menikmati beragam fasilitas penunjang lainnya yang juga tersedia di kawasan taman wisata ini, beberapa diantaranya seperti Flying fox, kemudian ada juga Mini waterboom dengan kolam renangnya, serta mini rafting dan area untuk bermain bagi anak-anak.

Selebihnya tempat ini juga memiliki fasilitas outbound yang cocok bagi sekolah-sekolah maupun instansi-instansi yang akan melaksanakannya di tempat yang satu ini. Bagi anda yang ingin berkunjung ketempat yang satu ini, menurut info yang kami dapat untuk harga tiket masuk per 2017 sendiri mengalami kenaikan dikisaran 30% dari sebelumnya, yakni seharga 17 ribuan perorangnya. Meski demikian, panorama & juga fasilitas yang tersaji tentunya menjadi nilai lebih tersendiri yang masih tergolong worthed untuk dikunjungi.

Grojogan Sewu ini, memiliki jam operasional yang dimulai sejak pukul 7 wib untuk jam bukanya & tutup pada pukul 5 wib di sore hari. Selain memiliki fasilitas penunjang tersebut, ditempat ini juga tersedia tempat istirahat, toko makanan & buah-buahan, toko souvenir, mushola, toilet, serta taman binatang hutan.

Sajian kuliner unik di Grojogan sewu

Selain itu ditempat ini juga tersedia kuliner yang unik & sedikit ekstrim, yakni sate kelinci yang rasanya tak kalah lezat dengan sate yang menggunakan olahan daging lainnya. Berani mencoba? Hahaha. Jangan khawatir! Karena sate yang terbuat dari daging kelinci ini dan memiliki kandungan gizi yang sangat menyehatkan untuk di konsumsi, diantaranya mampu menurunkan kolesterol, rendah kadar lemak, obat untuk asma, bahkan konon katanya mampu mengatasi penyakit mandul.

Kolam Renang di Kawasan Air Terjun, Foto: tempatwisatamu.com

Rute menuju Grojogan sewu

Untuk menuju ke lokasi ini pun cukup mudah, bagi anda yang ingin menuju ke tempat ini dari semarang dapat berkendara melalui jalur solo, menuju Karanganyar kota melewati palur. Dari Karanganyar kota anda akan melalui terminal tawangmangu & sampai di tempat tujuan. Di kawasan wisata ini, jalan yang akan anda lalui berupa jalur menanjak & juga menurun dengan alur berkelok-kelok.

Sementara bagi anda yang ingin menuju ketempat yang satu ini menggunakan transportasi umum seperti bus, dapat menaiki bus dengan tujuan terminal tawangmangu & disambung menggunakan ojek maupun angkot hingga sampai di tujuan. Bagi anda yang kemalaman atau memang sengaja ingin bermalam ditempat ini, tak perlu khawatir kesulitan menemukan penginapan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk kunjungi air terjun yang memiliki keindahan & keunikannya tersendiri dibandingkan air terjun lainnya ini dan bagikan momen kunjunganmu ditempat ini menggunakan media social guna meningkatkan debit kunjungan destinasi wisata lokal. Yuk visit tawangmangu!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *