Hutan Mangrove Semarang Edupark, Alamat Wisata + Tiket Masuk Lokasi

Diposting pada
Hutan Mangrove Semarang Edupark, Alamat Wisata + Tiket Masuk Lokasi
5 (100%) 1 vote[s]
Hutan mangrove semarang edupark alamat wisata bakau tapak sayung tugurejo tugu mangkang demak biaya masuk daerah kondisi kerusakan denah jalan menuju lokasi letak maron morosari mangunharjo maerokoco marina pantai tiket peta rute tempat
Hutan Mangrove, Foto: kesimpulan.com

Lokasi: Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50182
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: –

Satu lagi tempat wisata unik di kota Semarang yang wajib Anda kunjungi yaitu Maron Mangrove Edupark. Pantai maroon sendiri adalah tempat wisata pantai yang ada di Tugurejo kec. Tugu, Semarang. Yang menarik darisini bukan pantai namun tempat wisata hutan mangrove nya.

Menjelajahi Alam Melalui Ekowisata Hutan Mangrove, Foto: kompasiana.com

Maron Mangrove Edupark adalah objek ekowisata hutan mangrove yang kini populer sekali di kota Semarang. Pemandangan yang ditawarkan tempat ini menjadi magnet tersendiri untuk para wisatawan yang ingin berkunjung.

Selain itu, ada background pesawat terbang yang memang lokasi wisata ini dekat sekali dengan bandara Ahmad Yani Semarang. Itulah sebabnya banyak sekali pesawat yang melintas kawasan ini. Jadi, moment tersebut dapat dimanfaatkan sebagai background mengambil gambar.

Tempat ekowisata ini dibawah pengelolaan PT Phapros dan Penerbad. Dari awal pembangunan kawasan ekowisata hutan mangrove telah mendapat bantuan dari konsultan Mangrove yang biasa disingkat menjadi KeSEMAaT.

Selain latar pesawat terbang yang unik , disini terdapat pula menara dengan tinggi mencapai 10 meter. Menara tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengambilan view dari atas sehingga jepretan yang dihasilkan akan memiliki kualitas gambar yang baik dan juga artistik.

Mangrove Edupark Semarang, Foto: lihat.co.id

Rute Jalan Menuju Hutan Mangrove Semarang Edupark

Hutan Mangrove Semarang Edupark cukup dekat dengan pusat kota sehingga tidak sulit menemukannya. Ini bisa jadi alternatif lokasi berlibur Anda. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pilih saja rute yang mengarah ke barat Kota Semarang.

Ada dua jalur yang dapat diakses para pengunjung yang ingin datang kemari yaitu dari Perumahan Graha Krapyak atau Bandara Ahmad Yani. Dari dua jalur ini hanya membutuhkan jarak sekitar tiga kilometer saja dari jalan raya saja untuk masuk ke kawasan wisata mangrove.

Kira-kira waktu yang digunakan dengan menggunakan kendaraan pribadi adalah 10 menit. Sedangkan jika ingin berjalan kaki saja dari Perumahan Graha Krapyak membutuhkan waktu sekitar setengah jam-an.

BacaJuga:  7 Alasan yang Membuat Kita Ingin Pergi ke Goa Kreo Semarang

Lokasi Hutan Mangrove Semarang Edupark berbeda dengan pantai Maron. Dua tempat ini satu kawasan namun berbeda lokasi.

Keindahan Hutan Mangrove Semarang Edupark

Tempat Ekowisata Hutan Mangrove adalah kawasan kehutanan pembudidayaan mangrove oleh warga sekitar Pantai Maron. Niat awal penanaman pohon mangrove adalah untuk mencegah terjadinya abrasi serta upaya untuk menjaga ekosistem pantai.

Namun, semakin lama tempat ini memiliki pesona tersendiri sehingga warga sekitar dibantu dengan pemerintah daerah setempat mengembangkannya sebagai tempat wisata dan menatanya agar pengunjung betah berlama-lama disini.

Tempat ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal melainkan juga wisatawan mancanegara ketika datang ke Semarang turut menyempatkan berkunjung kesini.

Tempat wisata Hutan Mangrove Edupark terbilang baru namun cukup menarik minat wisatawan untuk berkunjung kemari. Selain panorama luar biasa yang disuguhkan, udara disini sejuk tidak panas membuat pengunjung nyaman dan betah disini.

Cuaca yang tidak terlalu panas ini dikarenakan sebagian besar area ditutupi daun-daun yang berasal dari pohon bakau. Cobalah datang kesini saat sore hari, Anda akan melihat indahnya pemandangan matahari terbenam dari kawasan hutan mangrove.

Panorama yang disuguhkan akan lebih indah jika Anda datang antara bulan Juli hingga September.

Obyek Wisata Alam di Semarang, Foto: amaliasawdy.blogspot.com

Jepretan-jepretan  indah akan Anda hasilkan jika hunting foto kesini. Terdapat spot-spot foto kece dan menarik bagi para pecinta photography. Tempat ini juga menjadi lokasi prewed favorit para calon mempelai.

Ada spot favorit para pengunjung saat berkunjung kesini yaitu di jembatan Batu. Itulah kenapa banyak orang yang terus berdatangan kesini bahkan banyak yang datang berkali-kali kemari.

Tidak hanya keindahan panorama disekeliling Maron Mangrove Edupark dan kesejukan udaranya, ada pula pemandangan tambak laut sebagai tempat budidaya ikan. Anda dapat menemukan tambak-tambak ini hampir disepanjang Pantai Maron. Suasana seperti ini belum tentu ditemukan ditempat lain.

BacaJuga:  Wisata Watu Congol dan Kisah Menginspirasi Dibaliknya
Wisata Mangrove Semarang Kian Diminati, Foto: tmpo.co

Tiket Masuk Lokasi Hutan Mangrove Semarang Edupark

Harga tiket  masuk lokasi Hutan Mangrove Semarang Edupark sangat terjangkau. Harga tiket masuk tempat ini tidak akan membuat kantong Anda kosong.

Harga tiket masuk hanya sebesar Rp. 5000,- /orang. Selain itu dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2000,- untuk segala jenis kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.

Wisata Alam di Semarang, Foto: kosemisme.blogspot.com

Fasilitas Hutan Mangrove Semarang Edupark

Meskipun tempat Ekowisata Maron Mangrove ini terbilang baru, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas yang mungkin masih akan tersu dikembangkan demi kenyamanan para wisatawan.

Fasilitas-fasilitas Maron Mangrove Edupark yang telah tersedia adalah toilet, warung makan yang menjajakan aneka ragam jenis makanan dan minuman serta area parkir yang cukup.

Terdapat pula penyewaan perahu mengelilingi hutan mangrove oleh nelayan setempat. Fasilitas keliling hutan pastinya memiliki tarif harga tersendiri tidak jadi satu dengan tiket masuk.

Pesona Hutan Mangrove di Sudut Kota Semarang, Foto: piknikasik.com

Pantai Maron

Pantai yang dekat dengan hutan mangrove ini adalah pantai maron. Memang mereka masih dalam satu kawasan tetapi berbeda letaknya. Dari Hutan Mangrove, Anda bisa langsung datang ke pantai ini menikmati indahnya panorama langit tanpa batas.

Ombak dipantai Maron tidak terlalu besar seperti ciri khas pantai-pantai Utara. Tidak seperti pantai Selatan yang memiliki gelombang ombak cukup tinggi.

Jadi dipantai ini cocok sekali untuk aktivitas air seperti berenang, tanpa takut akan ada ombak besar. Ada penjual kelapa muda disepanjang bibir pantai. Saat Anda lelah bermain air atau berjalan-jalan dapat sejenak duduk sambil minum es kelapa muda ditemani deburan ombak dan semilirnya angin.

Berkeliling Hutan, Foto: nineteendys.blogspot.com

Pantai ini memiliki pasir hitam bukan putih namun menghabiskan waktu disini cukup menyegarkan dan menenangkan. Menurut warga sekitar, dahulu pantai maron sering dijadikan tempat sepak bola pantai.

Tempat ini memiliki bentuk dan ukuran sempurna untuk melakukan aktivitas tersebut karena jarak pantai hingga hutan bakau mencapai 30 meter lebih. Namun, kegiatan seperti itu tinggal kenangan.

BacaJuga:  10 Daftar Kedai Nasi Goreng Pinggiran di Kota Semarang Yang Super Enak

Tempat yang biasa digunakan bermain sepak bola pantai beralih menjadi tenda atau warung-warung para pedagang. Ada banyak warung-warung yang berdiri dibibir pantai menjual berbagai macam makanan dan miuman.

Yang sangat disayangkan juga dari pantai ini adalah banyaknya sampah yang berada dipantai. Dahulu pantai Maron sangat bersih dan jernih namun sekarang banyak sampah.

Hal tersebut bisa juga dikarenakan kesadaran para pengunjung yang datang akan bahayanya membuang sampah terutama sampah plastik ke laut itu kurang.

Ini harus menjadi fokus pemerintah daerah setempat untuk tidak hanya menggalakkan promosi wisata namun para warga diedukasi juga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Tidak hanya laut menjadi kotor dan pemandangannya jadi jelek namun limbah plastik tersebut dapat termakan oleh ikan-ikan dan ikan-ikan tersebut dimakan oleh kita. Bayangkan saja kalau ikan tersebut telah tercemar sampah plastik dan kita konsumsi, yang rugi kan kita sendiri.

Wisata Hutan Mangrove di Semarang Menjamur, Foto: brilio.net

Tempat wisata Hutan mangrove semarang edupark memiliki alamat yang dekat dengan bandara dan wisata pantai maron. Pohon-pohon bakau yang tumbuh disini sangat subur sehingga membuat cuaca lebih sejuk.

Bagi para pengunjung yang datang dari tapak sayung, tugurejo, tugu, mangkang, demak, biaya masuk tetap sama tidak berbeda dari yang berasal daerah semarang sendiri.

Kondisi tempat wisata hutan mangrove Semarang ini cukup bagus, tidak ada kerusakan apapun. Semoga informasi denah, jalan menuju lokasi, letak pantai maron yang tak kalah indah dengan pantai morosari atau mangunharjo.

Tempat ini juga dekat dengan puri wisata maerokoco, pantai marina, pantai maron, serta tiket dan peta rute tempat menjangkaunya telah dijelaskan diatas.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.