10 Gambar Istana Bogor, Dibuka Untuk Umum? Tiket Masuk Wisata + Sejarah Misteri Angker Tempo Dulu

Posted on
Istana bogor angker tempo dulu adalah jokowi angkernya kebun raya doeloe foto merupakan presiden dan wikipedia wisata white house wallpaper website wulung wudhu wonosobo wood woohoo email eksterior rusa rabbit rasa ratu pantai selatan akan di direnovasi pada tahun kapan ruangan rumah rute riwayat terletak terbuka untuk umum tiket masuk tampak depan tas tajur sejarah samping terkini batu tulis tour tujuan executive karaoke timur topi youtube gedung bersejarah yang terdapat dibuka indonesia interior image images open 2017 peta photography pajajaran nama zaman kolonial belanda penunggu penjaga puncak pusaka pindah kado pomad posisi lukisan lengkap letak laporan lambang legenda lelang luas lirik listrik lingkungan lokasi loker logo kunjungan kebobolan kepresidenan karpet kelinci kemerdekaan museum kucing balai kirti kisah kijang kota koleksi kontak jaman jam buka jawa barat oleh gubernur jenderal thomas raffles disebut juga dengan jitu jimbaran hari ini history helm herbal malam demo hantu alamat hewan humas gambar gratis galeri gereja gerbang guna gimana gitar goreng fungsi fakta fasilitas festival finance film foto2 didirikan dibangun dahulu bernama dari stasiun denah description durian sekarang soekarno satu arah sangkar siaga jalan sepatu sepeda sunda susu rm secara singkat silsilah artikel aksi apa atas asal mulai dipakai sebagai pemerintah sejak map misteri martabak merdeka mei toko musik mistik mitos miniatur motif bangunan negara nama sodong klapanunggal nilai nomor telepon no fax telp berdiri berapa boleh bahasa inggris ban batutulis berhantu yoga bintang biografi binatang boneka palace vector vs video vokal cipanas com coklat cikeas cafe cerita curug ciomas kedatangan obama republik enam historis kebudayaan fauna kenegaraan penyambutan
Istana Bogor, Foto: bogorent.wordpress.com

Lokasi: Jl. Ir.H. Juanda No. 1, Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat 16122
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: Senin-Kamis jam 09.00-14.00, Jum’at jam 09.00-11.00 & 14.00-16.00 WIB
Telepon: (0251)-832-1001 fax: (0251)-832-8172

Setelah menonton video di youtube mengenai pesawat wulung karya Indonesia, mendengar nama wulung tersebut mengingatkan saya dengan film kerajaan pajajaran yang sempat booming. Setelah mencari descrption sekaligus menyimpan berapa images & foto dari internet untuk wallpaper, rupanya rujukan yang muncul menuju pada kota dengan nama buitenzorg atau kota yang damai dalam bahasa belanda yang kini bernama Bogor, merupakan salah satu kota di jawa barat yang juga memiliki banyak tujuan wisata. Kota yang berdekatan dengan ibukota ini, tak hanya memiliki wisata dengan pemandangan alamnya yang cantik seperti puncak bogor. Namun ternyata memiliki istana kepresidenan, yakni istana bogor yang penuh dengan nilai historis.

Dibuka Untuk Umum, Foto: liputan6.com

Istana yang berada di pusat kota bogor ini, merupakan satu dari enam istana yang dimiliki oleh Negara Indonesia yang dipergunakan sebagai istana kepresidenan. Bila di Jakarta sendiri terdapat dua istana sekaligus yakni istana Negara & Merdeka, maka tiga istana lainnya berada di tiga daerah lainnya seperti istana cipanas, istana agung / Gedung Agung yang ada di Yogyakarta & yang terakhir berada di bali yakni istana Tampak siring. Dari keenam istana tersebut, lima di antaranya merupakan istana yang dibangun pada zaman pemerintah kolonial belanda sementara istana di bali ini merupakan buah tangan putra Indonesia pada masa pemerintahan presiden soekarno.

Istana bogor merupakan istana yang memiliki pemandangan yang indah, dengan model bangunan bergaya Eropa. Istana ini sendiri berdiri di atas denah dengan luas gedung yakni 14.892 m² dan halaman seluas 28,4 hektare yang dihiasi dengan kumpulan rusa di depan & sampingnya. Dilansir dari website Wikipedia, istana bogor ini dulu dipakai sebagai tempat peristirahatan & kediaman resmi para gubjen hindia belanda. Pembangunannya sendiri sebenarnya tak terlepas dari sejarah kota bogor yang pada awalnya diyakini merupakan ibukota dari kerajaan pajajaran yang kala itu memiliki pusat pemerintahan di bogor. Legenda asal mula kota bogor sendiri bila ditilik dari kisah silsilah kerajaan yang ada di Indonesia tempo doeloe, merupakan tempat berdirinya Kerajaan Hindu pada abad kelima yakni Tarumanagara. Namun sayangnya kapan eksistensi kerajaan itu sendiri, belum dapat dibuktikan secara otentik baik dari lokasi maupun situs-situs penting lainnya. Namun ternyata, ditemukan prasasti batu tulis yang menguatkan bahwa bogor pada jaman dahulu merupakan kerajaan sunda atau yang dikenal dengan nama pajajaran. Prasasti batutulis yang lokasinya tak jauh dari istana bogor ini konon merupakan lambang rasa hormat dari prabu surawisesa, bagi ayahnya yang bernama prabu siliwangi.

Pemkot dan Istana Bogor Bakal Gelar Istana untuk Rakyat, Foto: nusakini.com

Pada mulanya riwayat istana bogor yang didirikan pada 1744 ini, didirikan dengan fungsi sebagai tempat pertanian dan peristirahatan para gubjen yang kala itu terkesima dengan kedamaian didaerah ini. Namun sebelum direnovasi & masih berdiri menggunakan gaya arsitektur ala paladian palace, menurut history sempat tercatat juga bahwa istana bogor sempat mengalami renovasi besar pada tahun 1850 menggunakan gaya Eropa di abad 19 setelah luluh lantak pada 1834 akibat letusan gunung salak. Istana bogor ini juga menjadi saksi bagi ke 38 gubjen belanda & 1 gubjen inggris yang kala itu sempat menempati istana bogor pada rentang waktu 72 tahun, atau sejak 1870 hingga tahun 1942.

Bangunan ini memiliki bentuk 3 tingkat dengan gaya arsitektur serupa kediaman Duke Malborough, yang berada di oxford inggris yang dikenal dengan nama blehheim palace. Kemudian gedung bersejarah ini mengalami beberapa perubahan saat beralih guna menjadi tempat menjalankan pemerintahan hingga sampai pada penampilannya yang terkini, seiring dengan menjabatnya Herman Willem Daendels & Sir Stamford Raffles sebagai gubernur jenderal kala itu.

Sudut Lain Istana Bogor, Foto: wikipedia.org

Di Istana bogor ini, tak hanya memiliki nilai kebudayaan & history namun juga dapat menikmati keindahan flora & fauna yang masih terjaga. Terdapat beberapa hadiah dari negara – negara lain yang melengkapi kemegahannya. Untuk bagian eksteriornya, selain di isi dengan hewan herbivora yakni rusa atau kijang yang ternyata dibawa langsung dari Nepal & masih bertahan hingga kini. Ada juga dari swedia yakni patung hand of god & pegassus yang ada di antara pepohonan tua, serta Hercules perunggu dari pemahat polandia. Sementara untuk dekorasi interior istana, ada juga karya seni mancanegara yang masih bertahan & merupakan kado dari Thailand pada 1958, yakni tengkorak binatang yang merupakan bagian kepala dari harimau dengan lapisan peraknya, ada juga dari Persia yakni karpet langka dan tempat lilin dari cristal yang memiliki gaya Bohemian, keramik mewah dari Rusia pada 1960, serta marmer italia & crystal lamp cekoslovakia yang juga turut menambah keindahan interior istana. Beberapa karya anak bangsa juga turut menghiasi koleksi galeri milik istana bogor ini. Diantaranya adalah lukisan sebanyak 450 buah yang beberapa karyanya merupakan hasil Basuki Abdullah & pelukis Rusia yakni Makowski dan Ernest Dezentjé, 360 buah patung, dan yang terakhir yakni woodcraft hasil para pengrajin jepara.

Penuh Sejarah, Foto: jawapos.com

Setelah Republik Indonesia mendapat kemerdekaan, di tahun 1950 istana ini mulai dipergunakan untuk keperluan kepresidenan. Presiden Soekarno sendiri sempat merancang ranjang kayu khusus, dengan ukiran motif Padma berukuran ekstra besar & elegan khusus untuk Raja Saud dari Kerajaan Saudi Arabia. Selain itu, ditempat ini pula lah peristiwa dimana Presiden Soekarno berada dibawah aksi tekanan 3 jenderal, untuk menandatangani SP 11 Maret atau yang dikenal dengan peristiwa supersemar. Selepas pemerintahan jatuh ke tangan soeharto, pada tahun 1968 istana ini mulai terbuka untuk umum.

Selain bangunan induk istana yang megah yang biasanya digunakan untuk kegiatan kenegaraan, di sekeliling istana ini juga terdapat beberapa fasilitas, seperti bangunan yang berada di sayap kiri dengan enam kamar tidur biasa digunakan untuk menjamu kedatangan tamu dari negara asing. Sementara untuk sayap kanan tersedia gedung yang dibangun dengan empat kamar bagi para kepala negara yang tengah bertamu. Ada juga lima bangunan paviliun yang didirikan pada 1964 sebagai rumah beristirahat bagi presiden dan keluarganya, yang dinamai Dyah Bayurini. Sementara sisanya terdapat Kantor pribadi bagi Kepala Negara, Perpustakaan yang lengkap, Ruang makan, Ruang siding bagi para menteri & juga ruang untuk pemutaran film, tempat upacara resmi atau yang dikenal dengan nama Ruang Garuda, Ruang teratai yang merupakan tempat penyambutan tamu-tamu Negara & yang terakhir ialah ruangan kaca seribu.

Dari Arah Pintu Masuk, Foto: winnetnews.com

Meski sempat terjadi hiruk pikuk karena demo warga akibat pembongkaran prasasti batutulis, ledakan kabel listrik di kawasan istana, laporan kebobolan oleh pria yang diduga tengah stress hingga membuat siaga pihak istana & juga terungkapnya tempat prostitusi baru yakni warung sodong yang ada di klapanunggal. Namun di 2017 ini, istana bogor mendapat 3 kunjungan kenegaraan dari para kepala Negara. Selepas kunjungan King Salman, rupanya King Gustaf of Sweden juga turut mengunjungi istana ini pada 22 mei lalu. Kemudian disusul oleh orang nomor satu white house, yakni barrack Obama yang juga mengunjungi istana bogor bersama presiden jokowi, di sela-sela liburannya bersama keluarga dari jimbaran bali & juga Yogyakarta pada 30 juni.

Istana bogor juga sempat menjadi tempat berkumpulnya para pemenang hackaton pada agustus 2015 silam, yang penyelenggaraannya di adakan di Wonosobo. Festival Hackaton ini merupakan wadah berkumpulnya para project manager, programmer, ict researcher maupun enthusiast untuk coding dalam waktu 1 sampai 3 hari dengan tujuan membangun aplikasi hacking yang dapat digunakan untuk problem solving masalah-masalah dalam negeri.

Bertualang Menapaki Megahnya Istana Kepresidenan di Bogor, Foto: kompas.com

Berbicara mengenai cerita asal usul suatu tempat, tentunya tak luput dari mitos mengenai penunggu yang ada ditempat tersebut, ataupun misteri mengenai pusaka berhantu yang semakin membuat angkernya tempat tersebut terlebih lagi di malam hari. Rupanya istana bogor pun tak luput dari mitos mengenai hal-hal mistik, yang membuatnya terkesan angker. Beberapa di antaranya ialah, cerita mengenai hantu noni belanda, patung-patung yang pindah posisi dengan sendirinya, serta ratu pantai selatan yang kerap dikaitkan dengan beberapa fakta di biografi presiden soekarno. Meski demikian vector pengunjung yang kian melejit, membuktikan bahwa masyarakat tetap melirik istana bogor sebagai salah satu tempat wisata.

Selain istana bogor, kota ini juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menjadi penunjang finance kota bogor. Diantaranya yang letaknya berdekatan ialah, kebun raya bogor dengan bunga raflessianya yang terletak di timur istana bogor, museum balai kirti yang juga menjual beragam miniatur khas bogor, curug ciomas, warso farm yang terkenal dengan kebun durian, lingkungan kawasan tas tajur bagi mereka pecinta fashion. Bagi para pecinta rabbit, anda juga dapat mengunjungi kampung kelinci di tenjolaya. Bagi pecinta kuliner, tersedia martabak air mancur dengan kacang susu coklat kejunya yang legit, ayam & bebek goreng pak ndut, apa lagi kuliner di sepanjang surya kencana.Beberapa warga dari sekitar kota bogor, biasanya menggunakan trotoar yang mengelilingi istana sebagai sarana untuk jogging ataupun sepeda santai ataupun yoga bersama dikebun raya bogor di weekend, selain itu kebun raya pun di fasilitasi dengan masjid & tempat wudhu yang dapat anda gunakan beribadah.

Banyak Misteri yang Meliputi, Foto: liputan6.com

Selain destinasi wisata tersebut, kota ini rasanya akan menang bila vs kota lain soal jumlah istana. Karena selain istana bogor, ada juga istana cikeas yang berada di kabupaten bogor. Meski sebenarnya tempat ini merupakan kediaman bagi banyak mantan perwira TNI berpangkat tinggi & juga pak susilo bambang yudhoyono atau di singkat pak sby, namun bila melihat ketatnya penjagaan maka rasanya memang pantas untuk disebut demikian. Tak jauh dari istana bogor, terdapat pula istana musik yang merupakan sekolah vokal sekaligus toko peralatan musik lengkap seperti gitar & alat band lainnya. Istana music sendiri memiliki paket bundling dengan nilai bervariasi mulai dari 5 juta baik untuk di gunakan pada kantor, sekolah atau universitas, Hotel, Cafe maupun tempat karaoke. Beberapa tempat lainnya seperti istana herbal,  istana boneka, istana helm, istana ban, Istana Kucing, RM istana sunda bogor juga berdiri dikota ini.

Bagi anda yang berminat untuk mencari loker disini, dapat coba memperhatikan lelang pengadaan unit kerja yang biasanya di umumkan di situs setneg.go.id dengan logo bintang di atasnya siapa tahu dapat menjadi trik jitu untuk mendapat peruntungan.

Travelling ke Istana Bogor, Foto: republika.co.id

Bagi anda yang ingin mengunjungi istana bogor dari Jakarta, aksesnya pun sangat mudah tanpa perlu bantuan peta ataupun google map. Opsi pertama ialah menggunakan rute tol jagorawi dengan exit bogor, belok ke kiri hingga menemukan tugu kujang & ikuti jalur kearah pasar bogor & belok kanan setelah menemukan mall BTM hingga sampai tujuan. Sementara bagi yang menggunakan motor dari arah depok, dapat menggunakan jalur pondok rajeg hingga keluar di gang kancil. Kemudian melanjutkan jalan melalui pomad / terus menuju talang & keluar dijalan raya bogor. Dari situ lurus menuju perempatan warung jambu, belok kanan & ikuti rute hingga sampai tujuan. Sementara bagi pengguna kereta api, dapat turun di stasiun bogor kemudian exit kearah kiri & berjalan kaki melewati taman topi yang dipadati penjual sepatu, hingga bertemu jalan Ir.Hj. juanda.

Rusa Berkeliaran, Foto: tribunnews.com

Woohoo! Ada informasi menarik nih! Karena istana ini jauh dari image kaku / sangkar para penguasa & hanya untuk kalangan penting saja. Karena bagi yang ingin melakukan kunjungan kesini, boleh datang pada waktu open house yang dibuka untuk umum dengan berbusana sopan atau bergaya executive & melapor ke pos penjaga keamanan terlebih dahulu. Biasanya tour istana akan dibuka melalui gerbang 3 dekat gereja zebaoth. Namun bagi yang terlambat, sekarang dapat mencoba email ke tu.istanabogor@gmail.com paling lambat H-14 dari waktu yang diinginkan ditujukan bukan ke humas namun langsung ke Kepala rumah tangga dari istana kepresidenan. Sayangnya bagi yang gemar photography, 1 rombongan hanya boleh 1 orang yang memegang kamera untuk foto2 & mengambil gambar. Soal biaya? Tenang! Kunjungan ini tanpa biaya tiket masuk alias gratis! gimana? Tertarik untuk mengunjungi istana bogor? Silahkan telp ke nomor telepon ataupun no fax yang tertera dibagian kontak pada awal artikel lengkap dengan alamat & jam buka. Tunggu apalagi? Yuk visit bogor!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *