Kampoeng/Kampung Rawa Ambarawa, Harga Makanan + Wisata Apung Dekat Semarang, Salatiga dan Bawen

Diposting pada
Kampung rawa kampoeng bebek semarang johar baru salatiga ambarawa sawah bawen kudus tengah selatan badung penang ditutup wisata apung insiden berita taksi sejarah htm aren bekasi timur atug kelurahan jaya jakarta bengek tukang ojek pengkolan belong bugel jatinegara cempaka putih rawageni rawagede depok garut
Gapura depan Kampung Rawa Ambarawa yang beridir tegak (foto: parapemancing.blogspot.com)

Lokasi: Jalan Sarbini Km 03, Kelurahan Ambarawa, Bawen, Semarang, Jawa Tengah 50612, Indonesia
Koordinat:
Klik Di Sini
HTM:
Rp 90.000 (Senin – Jumat) dan Rp 100.000 (Sabtu, Minggu dan Hari Libur)
Jam Operasional:
08.00 – 19.00 WIB
Nomor Telepon:
0851 0017 0152

Di Semarang, Jawa Tengah siapa yang tidak tahu dengan tempat wisata yang satu ini. Wisata yang dibangun dengan kerja sama dan karya penduduk lokal membuat kebanggaan tersendiri. Tempat wisata ini memiliki nama Kampung Rawa Ambarawa, tempat ini wajib dijadikan sebagai salah satu destinasti yang harus dikunjungi saat pergi ke Semarang. Konsep tempat wisatanya cukup unik yaitu memadukan antara wisata yang dibuat oleh penduduk dengan karya Tuhan yang begitu indah. Terbentuklah wisata Kampoeng Rawa.

Warung apung yang ada di Kampung Rawa ini cukup unik yaitu mengapung diats air. (foto: parapemancing.blogspot.com)

Perpaduan antara kampung wisata buatan dengan ciptaan Tuhan menghasilkan wisata yang begitu mempesona yaitu kampung apung yang berdiri diatas rawa pening. Jadi saat kamu berada di atasnya maka akan terasa indahnya pemadangan yang terlihat. Hamparan rawa pening yang begitu luas serta ditambah dengan udara yang begitu sejuk.

Artikel kali ini kita akan mereview tempat wisata Kampung Rawa Ambarawa yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Untuk lebih jelasnya seperti bagaimana rute yang harus ditempuh serta berapa tarif masuk ke sana mari kita simak bersama.

Keindahan dan Potensi yang ada di Kampung Rawa Ambarawa di Semarang

Salah satu fasilitas permainan yang ada di Kampung Rawa Ambarwa adalah bebek air. (foto: yokoyobent.blogspot.com)

Di Kampung Rawa Ambarawa kamu akan melihat indahnya pemandangan persawahan dan rawa yang begitu luas. Perlu diketahui Kampung Rawa Ambarawa ini diapit oleh 5 gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Gajah Mungkur, Gunung Merapai, Telomoyo serta dataran tinggi yang bernama Ungaran. Bisa dibayangkan kan bagaimana keindahan yang diberikan oleh Kampung Rawa Ambarawa. Jika kamu datang pada saat suasana yang cerah maka pemandangan gunung ini akan terlihat dengan jelas.

Tempat ini adalah yang menjadi favorit anak-anak saat datang ke Kampung Rawa Ambarawa. Bermain di taman ini sangat menyenangkan karena banyak sekali permainan yang ada seperti patung naga dan ular. (foto: rfb-semarang.blogspot.com)

Penduduk lokal memanfaatkan sawah – sawah yang berwarna hijau segar ini dijadikan tempat wisata. Saat kamu pertama kali masuk melalui pintu depan maka akan melihat persawahan yang membelah begitu indah. Sawah ini setiap tahunnya ditanam sehingga selalu menghasilkan padi yang banyak. Saat berjalan dari pintu masuk kamu akan merasa berada di kaki gunung yang sedang mengapit kita.

BacaJuga:  6 Villa di Jepara, Harga Sewa Murah Mulai Rp.300.000
Patung wang kulit yaitu Semar adalah simbol yang dimiliki di tempat wisata ini. (foto: tripadvisor.com)

Setelah melewati persawahan yang hijau dan indah ini maka akan disambung dengan air yang luas bagaikan lautan. Ya, air ini bernama rawa pening kemudian akan diakhiri dengan pemidangan gunung yang menjulang besar. Ditambah lagi dengan udara yang sejuk dan sepoi – sepoi menambah lagi kenyamanan kita para pengunjung di Kampung Rawa Ambarawa. Tentu akan lebih pas jika suasananya sangat cerah karena panas yang ada di Kampung Rawa Ambarawa tidak akan terasa jika angin yang berhembus begitu dingin dan sejuk.

Saat kamu akan pergi ke Rumah Makan Apung ini harus menggunakan perahu rakit. Ini adalah salah satu keunikan yang ada di Kampung Rawa Ambarawa. (foto: yokoyobent.blogspot.com)

Sebetulnya jika kita bicara tentang Kampung Rawa, tentu saja banyak sekali di Pulau Jawa ini. Seperti di Bekasi Utara, Selatan dan Timur ada kampung Rawa Bebek, Atug jaya, Aren dan Bugel, lalu ada juga di Salatiga. Selain itu ada juga Kampung Rawa Kudus yang memiliki khas tempat ikan bakar yang enak kemudian juga ada Singkawang yang ada di Kalimantan Barat. Ada lagi seperti Kampung Rawageni di Depok, Rawagede di Karawang, di Garut juga ada lalu di cempaka putih, Badung di Jatinegara.

Nah yang sering terdengar seperti Kampung Rawa Johar Baru, Belong  dan Bengek di Jakarta. Kampung rawa johar baru ini sering terdengar di berita pada saat kepemimpinan Ahok yang mengalami beberapa insiden. Bahkan di negara tetangga seperti Malaysia juga ada yaitu Kampung Rawa Penang. Begitu banyak tempat dan daerah yang memiliki nama dengan sebutan Kampung Rawa, meski diantaranya memang bukan tempat wisata seperti di Kampung Rawa Ambarawa.

Sejarah berdirinya Kampung Rawa Ambarawa di Semarang

Kampung Rawa Ambarawa tentu saja memiliki cerita sejarah dibalik berdirinya yang indah hingga saat ini. Tepatnya Ambarawa adalah sebuah kota yang berukuran di kecil di awa Tengah. Dari kot Semarang memiliki jarak kurang lebih 30 km dan 60 m dari Yogyakarta.  Yang menjadi keunggulan lain adalah Ambarawa sendiri adalah tempat penampungan air untuk daerah sekitarnya. Airnya digunakan untuk mengaliri sawah di sekitarnya. Airnya berasal dari pegunungan yang mengitari Kampung Rawa Ambarawa.

Di Ambarawa terdapat sebuah danau yang alami dan penduduk sekitar biasa menyebut dengan nama Rawa Pening. Rawa Pening ini yang memiliki potensi wisata alam. Ukuran Rawa Pening terbilang cukup besar dengan segala yang dimilikinya. Di Rawa Pening terdapat banyak sekali ikan serta beberapa penduduk sekitar juga berprofesi sebagai nelayan. Bahkan di Rawa Pening juga banyak sekali penduduk yang membudidayakan ikan dengan memanfaatkan air bersih yang ada.

BacaJuga:  10 Penginapan Murah di Karimunjawa Dekat Pantai Mulai 80 Ribu
Salah satu tempat foto yang menjadi favorit pengunjung adalah di jembatan tengah rawa. (foto: hellosemarang.com)

Dengan kekayaan serta potensi yang ada di Rawa Pening maka kemudian keadaan ini dimanfaatkan oleh warga sekitar yang ada di Ambarawa. Berdirinya Kampung Rawa Ambarawa ini bekerja sama dengan Koperasi Simpan Pinjam Artha Prima yang sudah berjasa memberikan suntikan kredit terutama pada peternak ikan di sana. Dana kredit itu digunakan membuat karamba – karamba ikan. Dan tentu saja ikan tersebut sudah menghasilkan ekonomi yang cukup bagi bagi warga sekitar.

Dengan hasil ikan yang dihasilkan cukup bagus maka peternak ikan di Ambarawa mendirikan perkumpulan atau kelompok ternak ikan untuk bekerja sama membangun wisata Kampung Rawa Ambarawa. Maka dengan kesepakatan yang sudah dibuat terjadilah pembangunan tempat wisata yang hingga kini masih berdiri. Beridirnya Kampung Rawa Ambarawa tidak serta merta berjalan mulus, karena beberapa waktu yang lalu Kampung Rawa Ambarawa sempat ditutup karena cuaca yang kurang mendukung.

Fasilitas Yang Ada di Kampung Rawa Ambarawa

Suasana senja di Kampung Rawa Ambarawa. Tampak begitu indah dengan pemandangan gunung berwarna orange. (foto: panwis.com)

Banyak sekali fasilitas yang tersedia di Kampung Rawa Ambarawa, yang pertama yaitu adanya Rumah Makan Apung. Rumah makan ini memiliki konsep mengapung diatas air. Uniknya lagi sebelum masuk ke rumah apung ini kamu harus menyeberang dengan menggunakan perahu rakit. Tentu saja akan ada pendampingnya jadi kamu tidak perlu khawatir. Konsep ini membuat para pengunjung merasakan sensai yang berbeda sehingga mereka sangat antusias.

Fasilitas lain yang bisa kamu rasakan yaitu ada sebuah wisata tempat keluarga dan anak-anak. Beberapa permainan atau outbond bisa kamu temui di sini seperti ATV, Jetski, Perahu Karet, bebek air, becak air dan masih banyak yang lainnya. Kamu bisa merasakan permainan ini bersama keluarga. Tentu saja jika ingin merasakan permainan ini kamu harus membeli tiket lagi diluar dengan karcis masuk.

Tampak kejauhan Rumah Apung (foto: semarangplus.com)

Selain ada permainan keluarga, di Kampung Rawa Ambarawa juga bisa digunakan sebagai tempat pertemuan kantor karena juga disediakan sebuah ruang pertemuan. Ruang pertemuan di Kampung Rawa Ambarawa ini memiliki konsep joglo yaitu rumah adat khas Jawa. Kamu bisa melakukan banyak hal seperti rapat atau berkumpul dengan rekan kerja. Di sudut lain bisa kamu temui ada sebuah panggung hiburan di Kampung Rawa Ambarawa. Ya, beberapa kali di tempat wisata ini selalu diadakan hiburan seperti live musik. Tentu sangat menarik saat amu merasakan makanan yang lezat di tengah rawa dengan melihat hiburan musik.

Rute dan Jalan Menuju Kampung Rawa Ambarawa di Semarang

Kampung Rawa Ambarawa berlokasi di Jalan Sarbini Km 03, Kelurahan Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Untuk rute yang perlu dilalui sebetulnya sangat mudah. Banyak sekali petunjuk jalan yang akan membantu kamu ke sana. Tetapi untuk lebih jelasnya kami dari tim jejakpiknik.com akan membantu cara terbaik untuk dapat sampai ke Kampung Rawa Ambarawa dengan tanpa tersesat. Kamu juga bisa menggunakan transportasi umum seperti taksi atau ojek. Di sekitar daerah Ambarawa sudah tersedia beberapa titik tukang ojek pengkolan yang akan siap mengantar kamu ke Kampung Rawa Ambarawa.

BacaJuga:  10 Gambar Museum Ronggowarsito di Semarang, Tiket Masuk + Laporan Koleksi Sejarah

Kamu bisa melewati Jalan Lingkar Ambarawa kemudian langsung akan menemui tempat wisata ini. Kampung Rawa Ambarawa terlihat dari jalan raya yang akan kamu lewati nanti. Nah, dari jalan raya itu kamu bisa memarkir kendaraan di sana karena untuk masuk ke Kampung Rawa Ambarawa bisa dengan jalan kaki yang hanya memiliki jarak 200 meter saja. Sebagai tanda, di jalan raya tersebut akan terlihat gapura yang sangat besar. Gapura tersebut menandakan bahwa kamu sudah sampai di Kampung Rawa Ambarawa.

Tetapi jika kamu masih merasa bingung dengan rute yang sudah kami berikan, alternatif lain yaitu menggunakan titik koordinat di atas. Titik koordinat tersebut bisa langsung kamu akses dengan Google Maps di smarthphone. Secara langsung titik koordinat tersebut akan memberikan rute jalan menuju Kampung Rawa Ambarawa. Kamu tinggal mengikuti arah dan petunjuk yang ada di peta tersebut.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Kampung Rawa Ambarawa di Semarang

Gerbang utama Kampung Rawa (foto: youtube.com)

Untuk jam buka di Kampung Rawa Ambarawa tersebut yaitu mulai pagi jam 8 hingga malam hari jam 7. Setiap hari Kampung Rawa Ambarawa ini dibuka, bahkan di hari libur nasional dan keagamaan. Karena di hari libur tersebut justru membuat para pengunjung yang ke Kampung Rawa Ambarawa semakin banyak.

Untuk tiket masuknya juga memiliki variasi harga yaitu 90 ribu rupiah untuk hari Senin hingga Jumat lalu berbeda lagi jika saat weekend atau Sabtu, Minggu dan Hari Libur kamu perlu membeli tiket dengan harga 100 ribu rupiah. Harga tersebut tentu saja sebanding dengan semua yang akan kamu dapatkan. Selain pemandangan indah, kamu juga akan merasakan banyaknya fasilitas yang ada di Kampung Rawa Ambarawa.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.