Ini Dia Suasana Kebun Binatang Bandung

Diposting pada
Ini Dia Suasana Kebun Binatang Bandung
5 (100%) 2 vote[s]
Kebun binatang bandung zoo bonbin ditutup terkini kota jawa barat wikipedia website tiket masuk weekend wahana waktu buka harga wudhu wujud wulan wisata objek wonosobo wonogiri wortel alamat email review ridwan kamil ragunan raya resmi rencana pemindahan tempat rekreasi rute angkot jalan ke riwayat rombongan tutup taman sari tamansari tahun terbaru tempo dulu terletak di jam berapa tujuan tidak terurus tour youtube yayasan pengelola penyiksaan orang utan yang ada lewat ular asal usul uang indonesia itb info informasi operasional oktober laporan observasi pindah peta pukul profil parkir panda tarif pemilik pendiri pintu poto lebak siliwangi lebaran lokasi latar belakang kunjungan letak luas lahan kotor 40123 karcis kasus keadaan kepemilikan kekurangan keterangan kunjung kualitas pelayanan jadwal kidul kita jelek jerapah jenis hewan juni juli jumlah pengunjung jurusan kebon jogja hari minggu htm harimau hantu daftar koleksi humas hitam hilang hotel dekat gratis gambar gajah google map geografis gula gunung gimana gigi gitar global foto fasilitas fungsi final flight dibuka dijual dago daerah data denah desember deskripsi kembali dokter dari cimahi saat ini sekarang sejarah satwa september suasana milik siapa singa situs solo soda soekarno agustus abad abadi artikel arah tentang awal awan awam aman ampuh ambon mini mall masalah menuju zoologi murah penginapan misteri mitos motor mobil november nama nasib no telepon negara neraka nusantara nilai nikah nii kontak hp beruang bayar baru berita biaya bogor bondowoso video vario vector vulkan vultur vowel von com cerita contact person cara call center mistis seram kawasan sungai cikapundung flora fauna kondisi 2019
Komentar @santi_gantini: Dadakan hari ini mampir ke Bandung Zoo lumayan bisa foto bareng sama Ara dan Aru. Kedua makaw ini sudah terlatih jadi jangan takut sama mereka. Bahkan ketika sesi foto dan di video pun, Ara dan Aru ambil posisi geser sana geser sini liat ke kamera. Keduanya sadar kamera. Mereka berpasangan. Di Bandung Zoo, terdapat 6 jenis Makaw, yang berbeda warna. Tertarik sama Ara dan Aru, yu tinggal mampir ke Bandung Zoo alias Kebun Binatang Bandung yang terletak di Jl. Tamansari Kota Bandung. Di lebaran tahun ini, pihak Bandung Zoo sudah menyiapkan wahana-wahana baru. Bahkan, beberapa titik kandang binatang banyak yang di renovasi. Seperti kandang ular, yang kini di setiap kandang disediakan shower untuk membersihkan ular. Nah, jangan lewatkan di liburan panjang ini yah untuk mampir kesini.

Lokasi: Jalan Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40123
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 40.000 per Orang
Buka Tutup: 07.00 – 17.00 WIB
Telepon: 022-2502770

Nusantara memiliki banyak legenda dan misteri yang menarik untuk di simak, seperti legenda Bandung bondowoso yang mengutuk roro jonggrang menjadi arca pelengkap candi, laut selatan yang konon memiliki penguasa mistis yakni Nyi Roro Kidul.

Hingga Tangkuban parahu di Bandung yang konon katanya merupakan perahu yang di tendang dan berada dalam posisi nangkub atau dalam bahasa indonesianya berarti telungkup oleh sangkuriang saat gagal mempersunting dayang sumbi dan lain sebagainya.

Peacock Merak, gambar by @lensade_sagitarius

Pesona kota Bandung, seakan tak pernah ada habisnya. Kota yang pernah mendapat predikat sebagai salah satu yang paling aman oleh Time magazine ini juga pernah menghebohkan dunia, berkat penemuan situs manusia purbakala di goa pawon.

Di luar mitos dan legenda nusantara, ibu kota jawa barat ini merupakan salah satu kota yang kerap kali menjadi destinasi favorit bagi para pelancong. Dengan letak geografis yang terletak di dataran tinggi pegunungan, tentunya udara sejuk menjadi nilai plus mengapa wisatawan betah berlama – lama di kota ini.

Terutama di hari sabtu, minggu dan hari – hari libur, kota yang memiliki sejuta pesona dengan suasana dan juga varian tempat rekreasi bagi para traveller ini, sangat cocok bagi anda yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kegiatan sehari – hari.

Baik itu dengan menikmati alam ataupun sekedar foto – foto di tempat ikonik nya.

Mulai dari taman bermain yang memiliki fasilitas lengkap, mall megah dan tempat berbelanja lain seperti jalan cihampelas dan cibaduyut, wisata alam yang memiliki pemandangan gunung dan kebon teh yang pastinya fotogenik di daerah dago, hingga tempat rekreasi keluarga seperti kebun binatang yang tak kalah dengan daerah daerah lain di Indonesia.

Gerbang Pintu Masuk, gambar by @monicafebrianty

Berbicara mengenai kebun binatang sendiri, apabila di kelola dengan pengawasan dan pemberian pangan yang baik tentunya dapat menjadi salah satu fungsi alternatif untuk mencegah kepunahan satwa seperti orang utan kalimantan, beruang madu, harimau sumatera, singa, jerapah, vultur atau yang lebih di kenal dengan burung bangkai.

Bahkan ular dan panda yang semua habitatnya rusak akibat keserakahan manusia, dan dijadikan tempat perkembang biakan flora dan fauna langka.

Di Negara kita sendiri khususnya kali ini di pulau jawa, sebenarnya cukup banyak zoo atau kebun binatang yang dapat anda jadikan tempat rekreasi bersama keluarga guna menambah wawasan si kecil mengenai zoologi.

Contohnya yakni ragunan di jakarta, taman safari yang berlokasi di puncak bogor, kebun binatang bandung, gembira loka di jogja, Taman satwa solo, Taman rekreasi marga satwa serulingmas atau biasa di singkat TRMS banjarnegara yang berjarak kurang lebih 1 jam dari wonosobo, bahkan waduk gajah mungkur yang berada di wonogiri turut mengadakan kebun binatang mini.

Tak cukup sampai disitu, hutan halong yang memiliki luas lahan sebesar 7 hektar pun di wacana kan akan menjadi kebun binatang bagi warga ambon.

Orang Utan, Foto: reportaseharga.com

Kebun binatang yang berada di kawasan lebak siliwangi ini memiliki latar belakang yang penuh sejarah, kawasan yang berada dekat dengan alur sungai Cikapundung dan juga TH te Bandoeng yang menjadi tempat belajar sang proklamator yakni bapak Ir. Soekarno atau yang lebih di kenal sekarang dengan nama ITB.

Berdasarkan data sejarah yang menjadi deskripsi dalam website Wikipedia, asal usul pelopor pendirian derenten atau dalam bahasa sunda sendiri dierentuin yang berarti kebun binatang ini adalah W. H. Hoogland, yang merupakan Direktur Bank Dennis bersama BZP atau Bandung Zoological Park atas rancangan Dr. W. Treffers yang merupakan cikal bakal penyatuan kebun binatang Cimindi dan juga Dago atas.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Sindangkerta Tasikmalaya, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Misteri Mitos + Penginapan di Sekitar Wisata

Kebun binatang ini di sah kan oleh Gubjen Hindia Belanda pada tempo dulu, sekaligus sebagai peringatan jubileum atau ulang tahun dari Ratu wilhelmina dan di namakan jubileum park.

photo by @min.photograph_ Angker

Ditempat ini pula, dulunya terdapat prasasti jubileum park yang saat itu dibangun pada area segitiga sudut selatan taman yang merupakan area belakang tempat pembibitan bagi tanaman hias.

Namun sayangnya, kurangnya perhatian jepang yang waktu itu menguasai Indonesia membuat kondisi objek wisata ini kurang di kelola dan kurang terurus dengan baik.

Setelah tahun 1950an, prasasti ini tidak di ketahui lagi keberadaannya alias hilang begitu saja. Pada tahun 1956 Bandung Zoological Park yang merupakan pendiri Kebun Binatang Bandung, akhirnya di bubarkan dengan inisiatif Rd. Ema Bratakusumah dan di ganti dengan Yayasan Margasatwa tamansari.

Kebun binatang ini juga pernah beberapa kali mendapat berita tengah terkena masalah, daftar informasi yang beredar seperti saat tersebarnya poto dan video penyiksaan orang utan di google & youtube.com pada desember 2011.

Naasnya nasib gajah yani yang saat kematiannya, kebun binatang ini harus ditutup dan baru dibuka 3 jam setelahnya untuk melakukan observasi oleh tim dokter dengan menggunakan metode nekropsi, tercatat beberapa masalah seperti radang di bagian paru dan hati serta terdapat bintil pada limpa.

Review gambar by @lyndha.daud

Hingga yang terakhir pada awal tahun 2019, kebun binatang ini juga sempat tersandung kasus dengan temuan video di youtube dari scorpion wild life trade monitoring yang menyatakan bahwa beruang madu di kebun binatang bandung nampak kurus.

Hewan berbulu hitam ini juga memiliki habitat yang jelek dan kotor. Serta kerap meminta makanan pada pengunjung yang ada di dekat kandangnya, bahkan hingga memakan kotorannya sendiri.

Alhasil, gunung gea yang merupakan direktur dari scorpion pun mengajukan laporan serta berunjuk rasa di hadapan gedung walikota bandung.

Akhirnya sejumlah pihak angkat bicara mengenai kasus ini, hal ini dibantah oleh Sudaryo selaku humas kebun binatang dan juga tony yang merupakan Sekjen PKBSI pun, menurutnya perilaku beruang tersebut wajar karena kardit, nama panggilan bagi beruang yang menjadi viral tersebut telah berusia diatas 23 tahun.

Hal ini juga diperjelas dengan keadaan gigi kardit yang telah keropos bahkan beberapa telah terlepas. Tetapi pendapat lain dari G. Frederiksson yang merupakan pakar spesies beruang madu menyatakan, kondisi memakan kotoran sendiri merupakan indikator dari kejenuhan.

Karena sejatinya, di alam liar beruang madu yang biasanya tinggal di lokasi vulkan atau pegunungan merupakan binatang yang sangat aktif. dan terbiasa memanjat, menggali dan mendapatkan makanan yang kaya protein seperti telur semut dan serangga lainnya di luar buah-buahan.

Beruang jenis ini juga terbiasa berada dibawah lindungan pepohonan dan aktif berkomunikasi dengan kelompoknya menggunakan short vowel atau berupa geraman, dengkuran dan lain sebagainya serta berada di area yang kontak langsung dengan tanah atau lahan rerumputan & bukan alas semen seperti yang didapati pada kebanyakan kandang.

Suasana Naik Gajah, Foto: mbandung.com

Walikota Bandung yakni ridwan kamil sendiri, sempat memberikan keterangan tentang kekecewaannya yang tak kunjung usai terhadap pihak pengelola, dengan masalah awal mengenai gajah yani yang belum lama redam, lagi – lagi kebun binatang bandung di sorot dunia akibat wujud beruang madu yang tampak kurus dan memakan kotorannya sendiri.

BacaJuga:  Dompet Tipis Tapi Pengen Kongkow? Mampir Ke 10 Tempat Nongkrong Paling Affordable Sejagad Bandung Ini!

Dirinya pun berujar sempat melakukan komunikasi dengan memberi penawaran untuk mengadakan pemindahan pengelola pada pihak ketiga atau pindah ke lokasi lain yang lebih baik. Hal ini di upayakan agar kualitas pelayanan, fasilitas, serta vektor kesehatan koleksi binatang juga menjadi lebih baik.

Berapa tiket masuk wahana? foto by @halimanadaniel

Namun tentunya hal ini bertabrakan dengan status kepemilikan, karena kebun binatang bandung sendiri merupakan milik swasta sehingga pemerintah kota bandung tidak memiliki kewenangan untuk campur tangan lebih jauh.

Pihak PKBSI sendiri kedepannya merekomendasikan pihak pemilik maupun pengelola untuk, memperbaiki segala kekurangan baik dari segi operasional maupun manajerial secara global guna meningkatkan kesejahteraan satwa.

Meski pada riwayat review google banyak yang menuliskan komentar miring tentang buruknya mengelola tempat ini, namun berbekal rasa penasaran saya akhirnya saya putuskan liburan kali ini untuk pulang ke Bandung dan mengunjungi salah satu kebun binatang yang ternyata telah berdiri sejak 1930an ini, yakni kebun binatang bandung.

Saya pun langsung booking tiket untuk flight dari jakarta, setelah sampai di rumah keesokan harinya dengan mengendarai sepeda motor vario kesayangan milik saya, kami pun berangkat menuju kebun binatang bandung dari rumah saya yang berlokasi di cimahi melalui rute pasir kumeli ke jalan gatot subroto.

Dari situ lanjut menggunakan Jl. Nasional III hingga pada akhir tujuan yakni Jl. taman sari. Bagi anda yang lewat jalan saritem, tentunya dapat lebih mudah untuk menuju kebun binatang bandung.

Setelah melewati von mustika kennel cukup berbelok menuju arah pasir kaliki, dan belok lagi di jalan pajajaran menuju cihampelas. Setelah itu gunakan jalan Dr. abdul rivai dan berputar menuju jalan cipaganti, dan lanjutkan perjalanan melalui jalur layang pasupati hingga sampai di jalan tamansari untuk sampai tujuan.

Setelah parkir, sambil meneguk minuman soda kesukaan saya, langsung saja nih kita masuk ke kebun binatang yang berdiri di tanah seluas 13,5 hektar ini, memiliki 1600 lebih koleksi satwa yang terbagi menjadi 218 jenis spesies.

HTM terkini untuk masuk ke Kebun Wisata Bandung pun kini mengalami kenaikan yang signifikan, dari yang semula dijual hanya 25 ribuan saja untuk tiket masuk kini untuk periode libur lebaran juni, juli, hingga agustus melonjak menjadi 40 ribuan per-orangnya.

Jadwal buka kebun binatang bandung sendiri, mulai dari jam tujuh pagi hingga pukul lima sore.

Wahana Rekreasi Bonbin, Foto: ragamtempatwisata.com

Di kebun binatang ini, selain dapat menambah edukasi tentang jenis – jenis hewan kita juga dapat mengajak anak – anak turut serta dalam memberi pakan hewan. Tentunya dengan menggunakan wortel ataupun panganan lain yang memang di perbolehkan oleh pihak kebun binatang ya!.

Fasilitas yang tersedia seperti tempat wudhu bagi anda yang hendak sholat di masjid, shelter, toilet serta beragam wahana tergolong cukup lengkap dan bersih.

Di area kebun dan café nya sendiri, kebun binatang bandung juga menyelipkan panggung teater besar yang dapat di fungsikan sebagai pagelaran seni budaya. Tentunya hal ini di maksudkan, agar anak – anak dan generasi penerus dapat mengetahui dan kembali melestarikan budaya daerah.

Beberapa email pun saya terima dari teman kantor yang penasaran dengan tempat ini, terutama soal berita mengenai kenaikan tiket masuk. Namun bagi saya, kenaikan ini ternyata juga di ikuti dengan serangkaian perubahan, seperti yang semula menggunakan karcis, kini diganti dengan gelang digital.

Pengunjung pun bebas menggunakan semua wahana, tanpa biaya tambahan alias gratis dibandingkan saat menggunakan tarif lama. Jumlah pengunjung saat ini terhitung mendapat lonjakan yang signifikan, baik di weekend dan saat libur seasonal seperti lebaran kemarin.

BacaJuga:  15 Resort di Bandung Harga Murah Mulai Rp.290.000, Bagus Untuk Keluarga

Menurut data resmi yang dipublish BPS bandung untuk tahun 2016, di tri wulan semester ke dua 2015 yakni pada bulan September, oktober, dan November, jumlah pengunjungnya mengalami peningkatan meski sempat ada penurunan.

Pada bulan September sendiri, jumlah pengunjungnya sebesar 38.822 yang bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya terdapat kenaikan 3548 pengunjung dari jumlah sebelumnya yang hanya 35.274.

Berlibur di Bandung, tak puas rasanya bila hanya mengunjungi satu tempat wisata saja. Bagi anda yang masih memiliki cukup waktu berlibur, di sekitar kebun binatang bandung pun terdapat banyak pilihan tempat wisata.

Seperti TH Raya Juanda, yang merupakan taman hutan seluas 590 hektar dengan pesona alam dan Goa jepangnya yang biasanya di kaitkan dengan cerita seram soal hantu. Goa jepang yang telah ada berabad – abad ini, sebenarnya adalah cikal bakal benteng untuk bertahan pasukan jepang.

Namun sayangnya pengerjaannya tidak sampai final dan terhenti karena terlanjur kalah dari sekutu, konon katanya arwah ratusan tentara dari pihak jepang dan pekerja romusa masih menghuni tempat ini secara abadi, karena apabila melanggar pantangan dengan mengucap kata lada bisa mengalami kesialan atau kejadian mistis.

Masih di daerah TH Juanda, terdapat spot favorit yang tengah digandrungi banyak orang yakni Tebing Keraton.

Tebing yang berada tepat di atas TH juanda ini, memiliki pemandangan yang seolah bila neraka merupakan tempat kelam dan hukuman bagi para pendosa, maka saat berada di tempat ini mungkin anda akan membayangkan seperti inilah “surga mini” yang pemandangannya begitu menyejukan mata.

Apalagi bila anda datang sebelum matahari terbit, menikmati sunrise dengan segelas kopi, gula dan petikan gitar, ditambah dengan hijaunya pemandangan hutan dan lapisan kabut menjadikan anda seolah berada di atas awan, siapa tahu dapat menjadi hal yang ampuh dan romantis untuk mengajak pasangan anda nikah saat berada disini!

Tenang, selama anda tidak pecicilan dan berada di belakang pagar pembatas, tentunya aman untuk berwisata disini.

gambar by @halimanadaniel

Bagi anda yang berencana untuk bermalam di sekitar kebun binatang bandung, jangan khawatir kantong akan bolong! karena disini, tersedia beberapa pilihan penginapan dan hotel dengan biaya murah namun dekat.

Seperti The palais, hotel de Batara, hingga amaris hotel yang semuanya dapat anda nilai sendiri sesuai dengan profil kesukaan anda dan berapa banyak uang yang anda miliki.

Untuk harga permalam, gambar dan denah hotelnya, anda dapat menggunakan beberapa cara seperti memanfaatkan aplikasi advisor ternama dan cocokan alamat lengkapnya pada google map agar lebih memudahkan anda memilih jurusan mobil angkot ataupun rute menggunakan kendaraan pribadi.

Gimana? Tertarik untuk turut serta melestarikan flora dan fauna? sekedar info nii, bagi anda yang mempunyai rencana melakukan kunjungan ke Kebun Binatang Bandung dan membawa rombongan tour namun masih awam dan tidak memiliki contact person pengelola untuk mendapat info tarif terbaru, jangan khawatir !

Anda dapat kontak langsung baik menggunakan telepon rumah maupun hp ke no call center yang telah saya sediakan di awal artikel.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Ini Dia Suasana Kebun Binatang Bandung

  1. kurus2 beruangnya. ini foto diambilnya kapan? itu yg nunggang gajah juga..mahout nya bawa bullhook. so disturbing..
    saya baru tau kalau ini milik swasta. sia2 dong mau ngetwit ke kang emil juga?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.