10 Makanan Khas Ciamis Yang Paling Recommended Buat Dicicipi

Diposting pada

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat, kota Ciamis yang terdiri dari 30 kecamatan ini memiliki banyak sekali kuliner enak dan sangat menggugah selera.

Tak heran, jika sejumlah makanan dari daerah Ciamis tersebut pun menjadi incaran bagi mereka para pecinta kuliner Nusantara.

Nah, jika Sahabat JejakPiknik penasaran  apa saja makanan top yang menjadi ciri khas Ciamis, berikut kami telah sajikan 10 daftar menunya lengkap beserta dengan resep dan cara membuatnya.

1. Galendo

Foto By travel.tempo.co

Galendo adalah makanan khas Ciamis pertama yang wajib buat dicoba. Penganan tradisional ini bahan dasarnya terbuat dari sari pati atau santan kelapa.

Pengolahan galendo sendiri yaitu dengan cara merebus santan kelapa sampai membentuk cairan minyak dan menghasilkan endapan.

Endapan tersebut kemudian dikeringkan dan setelah itu siap dipotong-potong buat disajikan atau dikemas sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Dalam era modern ini, galendo sudah dimodifikasi dengan berbagai varian rasa mulai dari original, lemon, apel, strawberry, coklat dan susu.

Penganan ringan satu ini banyak ditemui di toko oleh-oleh di sekitar kota Ciamis dan soal harganya dibanderol sekitar Rp.70.000/kg. Masih sangat terjangkau bukan?

2. Pindang Gunung

Foto By gotravelly.com

Makanan khas Ciamis kedua yang akan kita bahas adalah Pindang Gunung, salah satu hidangan ikan berkuah dengan sensasi rasa asam dan pedas.

BacaJuga:  5 Objek Wisata di Puncak ini Jadi Tujuan Libur Lebaran

Ikan yang digunakan untuk hidangan tersebut bisa berupa Kakap, tongkol, mangmung ataupun carwang. Untuk bumbunya sendiri terdiri dari kemiri, cabe, jahe, terasi, garam dan rempah lainnya.

Untuk menikmati Pindang Gunung ini kita hanya perlu merogoh kocek Rp.15.000 saja untuk satu porsinya dan menu tersebut banyak dijual di depot makanan di sekitaran pantai Pangandaraan.

3. Sale Pisang

Foto By primarasa.co.id

Jajanan tradisional khas Ciamis berbentuk seperti keripiki panjang dan terbuat dari Pisang tersebut memang termasuk salah satu penganan paling populer khususnya bagi warga Banjarsari.

Tak hanya menjadi makanan favorit masyarakat Banjar, Sale Pisang juga salah satu kuliner Indonesia yang sudah tembus ke luar negeri.

Bagi yang ingin berburu jajanan tradisional ini, satu tempat yang bagus buat dikunjungi adalah Sale Pisang Sukasenang di Jln.Raya Ciamis, Cijeunjing. Disini, kita hanya perlu merogoh kocek 5-10 ribu saja untuk mendapatkan satu bungkusnya.

4. Mie Golosor

Foto By travelingyuk.com

Mendengar nama kuliner satu ini mungkin masih sangat asing di telinga kita ya. sebenarnya, menu tersebut diberi cukup unik karena tekstur mie-nya begitu licin sehingga sangat mudah diseruput.

Hidangan satu ini bahan dasarnya terbuat dari tepung kanji yang dibentuk menjadi mie  dan memiliki warna kuning serta terkesan sangat licin.

Banyak orang bilang kalau penganan tersebut bentuknya mirip perpaduan potongan panjang rumput laut yang diberi pasta spaghetti. Bagi warga Ciamis, kuliner ini kerap disajikan sebagai mie bakso.

Penasaran kan bagaimana rasanya? Nah, satu tempat terbaik untuk mencicipinya adalah Mie Bakso H.Oding di jln.Ir.H.Juanda No.147, Kab.Ciamis. Warung yang beroperasi sejak tahun 1955 tersebut mematok harga hanya sekitar Rp.13.000-Rp.20.000/porsinya, tergantung campurannya.

5. Dendeng Sapi

Foto By sajiansedap.grid.id

Makanan yang bahan utamanya terbuat dari olahan daging sapi ini merupakan kuliner khas Ciamis. Penganan tersebut biasanya disajikan untuk berbagai acara-acara spesial seperti syukuran.

BacaJuga:  Menikmati Sejuknya Taman di Tengah Belantara Kota, Eco Art Park Sentul City

Dendeng tersebut dikemas dalam bentuk kering yang diberi bumbu rempah khusus agar dapat tahan lama dan siap disantap kapanpun. Penganan ini biasanya sangat nikmat bila disajikan dengan nasi putih hangat.

Bagi yang ingin berburu Dendeng Sapi, silahkan datang ke jln.Raya Ciamis-Banjar ya. Di toko oleh-oleh Rajawali ini harga makanan pendamping tersebut hanya dibanderol mulai Rp.27.000-Rp.100.000/bungkusnya, tergantung dari ukurannya.

6. Abon Sapi

Foto By tokopedia.com

Makanan ringan khas Ciamis berikut ini bahan dasarnya terbuat dari olahan daging sapi yang disuwir sampai lembut dan kemudian dicampur dengan bumbu rempah pilihan.

Abon sapi tersebut cukup terkenal karena teksturnya lebih lembut dan memiliki bumbu yang begitu terasa, sehingga sangat wajar jika penganan ini menjadi salah satu lauk favorit bagi warga Ciamis.

Sama seperti Dendeng, Abon Sapi ini juga bisa didapatkan di toko oleh-oleh Rajawali di jln.Raya  Ciamis-Banjar. Disini harganya biasanya hanya dibanderol mulai Rp.30.000-Rp.100.000/bungkusnya.

7. Gula Aren

Foto By tokopedia.com

Sekilas tampak dari gambar, penganan khas Ciamis satu ini bahan utama dan bentuknya tidak jauh berbeda dari gula aren yang ada di daerah lain.

Gula aren yang terbuat dari cairan nira tersebut biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Namun begitu, penganan tradisional ini juga bisa dijadikan sebagai bingkisan oleh-oleh lho.

Gula aren ini banyak dijual di sekitar pasar tradisional dan untuk harganya biasanya sangat ramah dikantong, tidak sampai membuat kantong kita bocor.

8. Surabi

Foto By kulinerjawabarat.wordpress.com

Surabi atau serabi adalah salah satu kuliner khas Jawa Barat yang cukup populer di Ciamis. Hidangan ini memiliki rasa sangat gurih serta manis dan  paling nikmat bila ditemani minuman seperti kopi.

Di Ciamis sendiri, surabi sudah semakin dimodifikasi menjadi berbagai varian rasa dengan beraneka toping dimana ada serabi sosis, durian, keju, abon dan masih banyak lagi.

BacaJuga:  7 Tempat Rental Motor Terbaik di Daerah Cimahi dan Sekitarnya

Bagi yang ingin menikmatinya, kuliner ini banyak ditemui di sekitar pasar tradisional dan harganya hanya dikenai kisaran 5 hingga 15 ribu per porsinya, tergantung rasanya.

9. Saroja

Foto By cookpad.com

Camilan ringan berwujud kue ini bentuknya cukup unik menyerupai bunga bulat berdaun dan terbagi menjadi beberapa ruang. Soal rasa, Saroja tersebut menyuguhkan citarasa luar biasa gurih juga enak.

Kue tradisional ini biasanya disajikan pada saat pernikahan atau acara khitanan. Dan Saroja tersebut adalah salah satu camilan pendamping paling enak sembari menyeruput kopi.

Kue ini termasuk langka namun Sahabat JejakPiknik bisa menemukannya di pasar tradisional Rancah  dan untuk harganya dipatok sekitar  Rp.2.000/bungkus dengan isi 10 biji.

10. Opak

Foto By akato.id

Opak adalah salah satu camilan ringan dari Sunda yang sering ditemukan di Ciamis. Jajanan tersebut bahan dasarnya terbuat dari ketan dan memiliki bentuk bulat.

Jajanan tradisional ini banyak ditemui di daerah Cikoneng ataupun pasar tradisional dan mengenai harga biasanya hanya kisaran 20 ribuan saja per bungkusnya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.