10 Makanan Khas Thailand Yang Enak dan Ekstrim, Nomor 4 Berani Coba?

Diposting pada

Bila pada artikel sebelumnya telah dibahas makanan khas lokal dari beberapa kota seperti Jakarta, Jogja, Semarang dan Bandung, pada kesempatan kali ini JejakPiknik akan mengulas dari Thailand.

Pasalnya, negara Thailand tidak hanya menawarkan keindahan pantai Phuket dan wisata Krabi saja, Negeri Gajah Putih ini juga disukai wisatawan karena memiliki kuliner enak yang wajib buat dicoba.

Thailand sendiri terbagi menjadi 4 daerah ada utara, selatan, timur laut dan tengah. Ke-4 bagian ini  memiliki makanan tradisional yang enak dengan ciri khas masing-masing.

Penasaran apa saja makanan khas Thailand? Berikut JejakPiknik telah merangkum daftar menunya secara lengkap mulai dari resepnya, sejarahnya beserta cara pembuatannya.

1.Pad Thai

Foto By liputan6.com

Bagi Sahabat JejakPiknik pecinta mie, pad thai adalah sajian khas Thailand yang wajib dicoba. Sekilas dilihat dari foto ataupun gambarnya, kuliner ini mirip dengan kwetiau.

Kuliner halal tersebut berbahan dasar mie yang terbuat dari tepung beras dan biasanya disajikan bersama kuah, kucai, tahu kuning, tauge, udang, kepiting serta daging ayam atau sapi.

Dan satu nama tempat paling terkenal akan kuliner cepat saji ini adalah Thipsamai di 313 315 Maha Chai Road, Khwaeng, Samran Rat, Khet Phra Nakhon, Krung Thep Maha Nakhon, Thailand.

Tempat makan ini buka mulai pukul 17.00-02.00 dini hari dan mengenai harga, seporsi pad thai disini dibanderol 90THB atau sekitar 41 ribuan.

2.Tom Yum

Foto By fimela.com

Mendengar nama kuliner kedua ini pasti sudah tidak asing lagi bukan? Pasalnya, menu tradisional khas Thailand tersebut sudah sangat terkenal di berbagai negara.

Yup, Tom yum adalah salah satu jenis masakan berkuah yang disajikan dengan bermacam-macam bahan contoh udang, ikan ataupun aneka seafood lainnya.

Selain cara membuatnya mudah, resep bumbu untuk tom yum sendiri termasuk sederhana hanya diperlukan lengkuas, serai, jahe, bawang putih, daun jeruk, kecap asin dan lainnya.

Dan salah satu tempat terbaik untuk menikmati tom yum adalah Jeh O Chula di Ban That Trhong Rd, 113 Charat Muang Rd, Pathumwan, Bangkok. Disini harga seporsinya dibanderol mulai 120-800THB atau sekitar Rp.54.000-Rp.365.000, tergantung toppingnya.

3.Manggo Sticky Rice

Foto By his-travel.co.id

Sesuai namanya, jajanan pinggir jalan berbahan utama mangga tersebut adalah sejenis puding yang kerapkali dijadikan sebagai menu dessert atau pembuka.

Jajanan tradisional bercitarasa manis ini sangat nikmat, apalagi jika dikombinasikan dengan ketan hangat yang dimasak bersama santan kental.

Nah, buat yang penasaran akan kuliner ini, silahkan mampir ke Mango Tango di  Siam Square Soi 3, Khwaeng Pathum Wan, Krung Thep Maha Nakhon, Bangkok. Di tempat jajanan dessert ini harga menu tersebut dibanderol sekitar 160THB(Rp.73.000) per porsinya.

4.Balut

Foto By travel.tribunnews.com

Buat kaum penggemar kuliner unik nan ekstrim, mungkin mencoba makanan aneh yang terbuat dari telur bebek setengah berkembang ini bisa menjadi pengalaman paling berkesan.

Balut atau Kai Yiew Ma sebenarnya makanan khas Filipina namun kuliner ini juga cukup populer di Thailand. Untuk membuat penganan tersebut tidak begitu sulit dimana telur diawetkan dalam campuran tanah liat, garam, abu, kapur serta sekam padi.

Penganan ini banyak dijual di Warorot Market di Wichayanon Rd, Tambon Chang Moi, Amphoe Mueang Chiang Mai, Thailand. Dan harganya dipatok sekitar 12-15THB(5-7 ribuan) per butirnya.

5.Fried Bugs

Foto By shutterstock.com

Tidak berbeda jauh dari cemilan Indonesia, di Thailand juga ada snack ringan yang terbuat dari serangga, namanya adalah fried bugs. Kudapan ini sangat mudah dibuat cukup dengan digoreng saja sampai kering

Cemilan kaki lima ini dapat ditemukan dengan mudah di jalan Khao San atau di Weekend walking street  Chiang Mai. Untuk harganya dibanderol kisaran 20-30THB(Rp.9.000-Rp.13.000) seporsinya.

6.Khaeng Phet

Foto By culturally-confused.blogspot.com

Nah, khaeng phet bercitarasa pedas ini adalah salah satu kuliner paling digemari banyak orang baik itu masyarakat Thailand sendiri ataupun wisatawan.

Khaeng phet ini terbuat dari daging sapi, ayam atau babi yang kemudian dimasak dengan santan kental serta bumbu kari.

Bila dilihat dari gambar, kuliner tersebut mirip gulai, bedanya  khaeng phet ini dilengkapi aneka macam bahan lain seperti terung, rebung, labu, sosis, tahu serta blewah.

Dan salah satu tempat terbaik untuk menikmatinya adalah Krua Khaeng Phet di 17/4 Moo 3, Soi Pattana Prasert 8, Choeng Noen, Rayong, Thailand. Disini, seporsi menu tersebut  dibanderol sekitar 190THB(Rp.86.000)saja.

7.Som Tum

Foto By kumparan.com

Som Tum adalah salah satu kuliner khas Thailand yang bisa dijadikan sebagai makanan penutup atau pencuci mulut. Penganan ini terbuat dari pepaya muda dan berbagai macam sayuran.

Olahan yang diberi bumbu khusus ini citarasanya ada asam, manis dan pedas. Tak heran, som tum pun berada di urutan ke-46 dalam daftar “50 Makanan Paling Lezat di Dunia” oleh CNN Go.

Makanan kaki lima ini sangat mudah ditemukan di setiap sudut Thailand dan harganya pun cukup terjangkau hanya 25-35THB(Rp.11.000-Rp.15.000) seporsinya.

8.Khao Tom

Foto By freepik.com

Bubur ayam ala Negeri Gajah Putih ini tidak berbeda jauh dari kuliner khas Indonesia, hanya saja di di Thailand ada banyak versi, bisa menggunakan daging ataupun aneka hasil laut.

Bubur ini sangat cocok disantap saat udara dingin ataupun sedang sakit, sebab penganan tersebut diolah menggunakan bumbu yang bisa menghangatkan badan.

Dan Khao Tom Pla Kimpo di Charoenkrung Rd, Wat Phraya Krai, Bangkok adalah tempat terbaik buat menikmatinya. Seporsinya biasanya dibanderol 40-150THB(Rp.18.000-Rp.68.000) saja.

9.Kalamae

Foto By jamiesinz.com

Kalamae adalah salah satu jenis permen khas Thailand bercitarasa manis dan bertekstur lengket yang terbuat dari ketan, gula pasir atau santan.

Penganan  berukuran kecil yang dibungkus dalam plastik ini kerap dibeli untuk dijadikan sebagai oleh-oleh buat keluarga tercinta. Kalamae dapat dengan mudah ditemukan di Koh Samui dan soal harganya termasuk  ramah dikantong.

10.Loog Choob 

Foto By flickr.com

Nah, terakhir ada loog choob, sejenis kue yang dibuat menyerupai buah-buahan atau sayur-sayuran berukuran kecil dan berwarna terang.

Kue ini terbuat dari pasta kacang hijau yang dicelupkan dalam gelatin. Loog choob tersebut sangat cocok dijadikan teman santai sembari ditemani minuman segar-segar.

Loog choob sendiri banyak dijumpai di pasar-pasar malam di Thailand dan harganya pun dibanderol sangat  bersahabat.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.