10 Foto Mata Air Senjoyo Salatiga, Lokasi Alamat, Jam Buka + Keindahan di Sekitar Area? Belum ada Bintang

Posted on

Alamat: Jalan Senjoyo IV, Kadipurwo, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Kode Pos: 50743
Peta/Map Online: Klik DiSini
Harga Tiket Masuk (HTM):
Jam Buka-Tutup Operasional: 24 jam

foto by instagram.com/untung.as/

Kali ini kita akan sedikit menilik destinasi wisata yang berada di ketinggian. Tepatnya adalah di kawasan pegunungan Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi

Letak Mata Air Senjoyo adalah di kawasan Tingkir, Salatiga. Lokasinya memang berada di ujung kota Salatiga kawan, tapi tenang, udaranya masih sangat sejuk kok. Tepatnya adalah di kawasan Desa Gedongan, Kecamatan Tingkir, Salatiga, Provinsi Jateng.

Rekan-rekan, bila mencari lokasi wisata ini melalui Google Maps, terkandang mungkin akan muncul juga lokasi Sendang Senjoyo di kawasan Desa Tegalwaton, Kabupaten Semarang. Jangan sampai salah alamat ya.

Rute Perjalanan

foto by instagram.com/frengkyndaomanu/

Rekan-rekan yang kesulitan untuk mendapatkan lokasi beserta juga dengan arah rute wisata, bisa klik link Google Maps yang sudah tersedia di atas. Rekan-rekan yang berasal dari sekitar Salatiga serta Ungaran, mungkin tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai lokasi.

Kalian bisa datang menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Bila menggunakan transportasi umum seperti bus, rekan-rekan bisa menaiki bus arah Semarang-Solo ataupun Jogja-Semarang.

Sobat tinggal memutuskan untuk turun di Terminal Bus Tingkir, Salatiga. Selanjutnya, dari terminal tersebut, sobat bisa mencari angkuta atau ojek yang akan mengantar kalian hingga ke destinasi wisata. Biayanya pun tidak begitu mahal kok. Untuk bis, rata-rata adalah Rp20.000.

Daya Tarik Wisata

foto by instagram.com/dina_restu_setyowati/

Destinasi wisata kita kali ini adalah lokasi liburan yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat, baik ketika hari libur ataupun juga ketiga weekdays. Tempatnya indah dengan pemandangan alami, membuat siapapun bisa menikmati rehat sejenak dari beragam kegiatan sehari-hari.

BacaJuga:  Tiket Masuk Brown Canyon Semarang Pucang Gading + Lokasi Alamat Map Letak Wisata

Mata air alami yang berada di perbatasan Kabupaten Semarang dan Salatiga ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati beragam permainan, terutama bermain air. Bila rekan-rekan datang ketika sore hari, pengunjung akan jauh lebih banyak.

foto by instagram.com/pindeusindra/

Para fotografer juga dapat memanfaatkan lokasi ini sebagai salah satu spot untuk mengabadikan beragam momen. Tentu menilik matahari terbit, sunrise, serta sunset di kawasan ini sangat indah. Dengan dihiasi oleh pemandangan pengunungan Ungaran serta kemilau air.

Sebenarnya, lokasi liburan kita kali ini masih termasuk dalam kawasan lereng Gunung Merbabu bagian timur. Daerah ini adalah kawasan resapan porus yang memiliki luas total sekitar 40 km2. Daerah ini menyimpan resapan air selama musim penghujan.

foto by instagram.com/alfalestary/

Hasil dari resapan tersebut keluar melalui Sendang Senjoyo. Jadi, bisa dipastikan bahwa air yang ada di kawasan ini masih sangat bersih dan murni kawan, tentunya juga memiliki kesegaran luar biasa bila dibandingkan dengan water yang berasal dari PDAM.

Warga serta pemerintah sekitar biasanya juga memanfaatkan Sendang Senjoyo untuk beragam keperluan mereka. PDAM yang berada di sekitar wilayah wisata pun menggunakan mata air ini sebagai sumber pemenuhan kebutuhan seperti mandi, minum, dan lain-lain.

Cerita Misteri

foto by instagram.com/daniel_nasmoco/

Beberapa pihak, terutama mereka yang masih melakukan atau menganut kejawen, menyatakan bahwa Mata Air (atau juga sering disebut sebagai Sendang) Senjoyo ini memiliki khasiat mistis. Sejarahnya, beberapa orang pernah bertapa atau bersemedi di kawasan ini.

Menurut kisah asal usulnya, hal tersebut juga dilakukan dengan berendam semalam suntuk. Apa tujuannya? Macam-macam tentunya kawan. Biasanya mereka bertujuan untuk ngalap berkah atua meminta berkat dari sosok-sosok penunggu wilayah.

Jangan takut dengan kisah cerita seperti jenglot ya kawan. Satu lagi mitos yang sering dan berkembang di kalangan masyarakat (terutama biasanya merupakan kisah legenda dalam bahasa Jawa) adalah tentang Raden Mas Karebet.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Wonosobo Dieng Lepas Kunci Harga Murah
foto by instagram.com/taufik_mt99/

Cerita tersebut masih masuk dalam kategori legenda karena mengisahkan tentang asal usul suatu tempat. Lain bila nama ataupun tokohnya adalah hewan seperti kuda poni, biasanya akan disebut sebagai fabel.

Namun, kisah mengenai Raden Mas Karebet tersebut biasanya digunakan ketika menjabarkan tentang Sendang Senjoyo yang ada di kawasan Semarang, bukan Salatiga. Sendang tersebut memang dipercaya pernah menjadi lokasi pemandian raja-raja Jawa.

foto by instagram.com/zain_kagawa/

Bila menilik kisah Sendang Senjoyo tersebut, di sana terdapat seorang juru kunci yang bertugas untuk menjaga atau mengelola kawasan wisata. Area tersebut dipercaya sebagai lokasi singgah dari Raden Mas Karebet atau Joko Tingkir, pendiri Kerajaan Pajang.

Fasilitas

Seperti selayaknya destinasi wisata lain, pengelola wisata di Sendang Senjoyo sudah memberikan kelengkapan fasilitas wisata untuk menunjang liburan pengunjung. Diantaranya adalah area parkir yang luas sehingga pengunjung tidak perlu berdesakan.

foto by instagram.com/ivandzulfiar_w/

Di sekitar objek sudah terdapat mushola, kamar mandi ataupun toilet, serta juga warung makan untuk menyediakan aneka macam kuliner khas Salatiga. Bila rekan-rekan datang dari wilayah atau kota yang jauh, bisa juga untuk memilih menginap di sekitar lokasi.

Di sana sudah terdapat beragam penginapan dengan variasi harga. Mulai dari yang murah hingga hotel berbintang sudah bisa kalian temukan dengan sangat mudah. Kawasan ini juga tidak jauh dari treetop, taman, adventure park, serta the Atlantic Dreamland.

foto by instagram.com/henryaf75/

Rekan-rekan juga bisa sekaligus berlibur ke Kopeng, menikmati outbound ataupun camping ground, atau bisa juga menikmati bioskop dengan melihat jadwal terlebih dahulu.

Bila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, bisa kok untuk mencari di mesin pencarian dengan menggunakan keywords serupa hari ini, raprika, singkat, satiga, serta ada baru.

Bagaimana rekan-rekan? Apakah kalian sudah memutuskan kapan akan mengunjungi lokasi menyegarkan ini? Jangan sampai ketinggalan dengan teman-teman yang lain ya. Siapkan diri dan perbekalan kalian segera. Tetap jaga kebersihan wilayah ya kawan.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Pasir Kebumen, Lokasi Alamat, Villa di Sekitar + Jalur Menuju Wisata

Selamat berlibur dan salam traveler.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.