10 Gambar Modoinding Manado, Lokasi Alamat + Penginapan Hotel di Sekitar Wisata

Posted on

Alamat: Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. Kode pos: 95958
Peta/Map Online: Klik DiSini
Harga Tiket Masuk (HTM):
Jam Buka-Tutup Operasional: 24 jam

foto by instagram.com/fetnietitjo/

Destinasi wisata di negara kita tidak musti harus lokasi alam ataupun wisata sejarah. Tidak perlu juga mengeluarkan harga yang mahal untuk bisa mendapatkan pengalaman wisata menarik serta tak terlupakan. Yuk, simak berita terkini tentang profil wisata kita ini.

Lokasi Wisata

Kali ini kita sedang membicarakan tentang salah satu tempat di bagian Provinsi Sulawesi Utara, yaitu Modoinding. Modoinding sebenarnya adalah suatu kecamatan yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan.

Kecamatan Modoinding ini memiliki luas wilayah kira-kira 66,4 km² dengan kepadatan jumlah penduduk sekitar 213 jiwa per kilometer perseginya. Wilayah kecamatan Modoinding ini berada di dataran tinggi, yaitu dengan ketinggian sekitar 1600 mdpl.

Daya Tarik Wisata

foto by instagram.com/marshallrambitan/

Begitu banyak potensi wisata di daerah Sulawesi Utara, termasuk dengan banyaknya keunikan di masing-masing wilayahnya. Modoinding adalah salah satu wilayah yang sangat terkenal akan potensi wisatanya.

Bukan hanya sekedar agrowisata, namun masyarakat juga bisa menikmati budaya, sejarah, serta interaksi langsung dengan penduduk kawasan Minahasa Selatan. Kawasan ini dikenal sebagai penghasil tanaman hortikultura.

Modoinding juga sudah sejak lama menjadi pemenuh kebutuhan sayuran untuk area Sulawesi Utara ataupun juga ke luar wilayah. Tanaman seperti wortel, kol, serta kentang yang dihasilkan oleh para petani Modoinding sudah mencapai kota Manado, Makassar, Palu, serta Gorontalo.

foto by instagram.com/meidy0707/

Beberapa hasil perkebunan ini juga digunakan untuk mencukupi kebutuhan di kawasan Ternate, Ambon, atau bahkan di Papua dan Kalimantan. Penyaluran sayuran ini rupanya rutin dilakukan setiap bulannya. Bukan hanya petani yang mengurusnya, pemerintahpun turut ambil bagian.

BacaJuga:  10 Gambar Manado Tua Sulawesi Utara, Lokasi Alamat + Hotel di Sekitar Wisata

Petani di Modoinding memang bukan orang-orang yang baru di bidangnya. Banyak dari mereka sudah menekuni bidang pertanian ini lebih dari sepuluh tahun. Banyak dariantara mereka sudah memiliki pelanggan tetap serta juga area untuk menyebarkan hasil panennya.

Dataran tinggi Modoinding sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata bagi kalian yang jenuh dengan panas serta sibuknya udara perkotaan. Di tempat ini, kalian bisa menikmati hijaunya tumbuhan. Jarak untuk mencapai Modoinding juga tidak jauh dari ibukota Sulut.

foto by instagram.com/enalkembuan/

Ada pendapat yang mengatakan bahwa hidup di desa jauh lebih tentram daripada di perkotaan. Nampaknya pendapat ini bisa diterapkan untuk mengambil waktu rehat sejenak dari kesibukan. Wilayah di Modoinding terdiri dari dataran perbukitan sehingga wheater cukup sejuk.

Rekan-rekan bisa menikmati hamparan luas ladang yang ditanami beragam jenis sayuran seperti tomat, wortel, bawang, kol, sawi, lombok,serta kentang. Petani di Modoinding juga terkenal memilih menanam kentang jenis Super John, suatu bibit unggul.

foto by instagram.com/ay_u20/

Kalian bisa nih kawan, berlibur di sini sekalian mempelajari bagaimana proses bercocok tanam dari para petani ini. Tentu bila kalian menginginkan oleh-oleh untuk dibawa pulang, kalian bisa membeli langsung dari para petani. Mereka dengan senang hati menjual hasil tanah mereka.

Karena hal inilah kawan, daerah Kecamatan Modoinding juga disebut-sebut sebagai ‘dapurnya Indonesia Timur’. Ya karena dari tempat inilah sekitar 70% kebutuhan masyarakat Indonesia bagian Timur dicukupi. Nah, lihat bukan betapa besarnya jasa para petani?

foto by instagram.com/danny_ryuzaki/

Modoinding ini memiliki total 10 desa dengan beragam potensi wisata di masing-masing wilayahnya. Contohnya adalah Desa Mokabang. Letaknya paling dekat dengan kota Manado, merupakan wilayah penghasil rumah panggung, hunian tradisional Minahasa.

Di Desa Mokabang juga terdapat Danau Mokabang. Bagi rekan-rekan yang ingin menikmati peninggalan sejarah bisa meluncur ke kawasan Desa Wulurmaatus. Gabungan antara hijaunya lahan pertanian serta batuan saksi sejarah akan kalian temukan di sini.

BacaJuga:  14 Wisata Goa Jepang di Indonesia: Mojoagung Jombang Bantul Kaliurang Jogja Bandung Wonosalam Lhokseumawe Bukittinggi
foto by instagram.com/itobilly/

Terdapat pula desa Makaaruyen yang banyak dikenal masyarakat akan klarinetnya. Di tempat inipun terdapat beragam makanan yang bisa kalian cicipi, mulai dari menu yang ‘aman’ atau ‘standar’ hingga jenis makanan yang ‘ekstrim’.

Sebut saja beberapa contoh seperti daging ular, kodok, anjing, serta beberapa makanan dengan bahan baku yang cukup unik dibandingkan tempat lainnya. Salah satu spot menarik untuk melihat keindahan Kecamatan Modoinding ada di Danau Moat.

foto by instagram.com/popojitabal/

Danau Moat berada di Desa Sinisir, dimana danau ini juga sekaligus adalah sumber perairan bagi tanah yang ada di wilayah kecamatan tersebut. Desa Sinisir inilah lokasi yang paling subur diantara kesepuluh desa di Kec. Modoinding kawan.

Rupanya, terbentuknya kesuburan tanah di kawasan ini juga adalah berkat letusan vulkanis dari Gunung berapi Soputan. Letaknya memang tidak begitu jauh kawan, sehingga kalian yang mengambil beberapa gambar serta foto pasti akan mendapatkan momen ini.

foto by instagram.com/angelkuhu_/

Hal ini berdampak baik bagi kawasan sekitar seperti Desa Pinasungkulan, Kakenturan, serta daerah lainnya. Di tempat ini juga terdapat pasar, kapolsek. Angka kecelakaan atau kebaran pun tidak banyak kawan. Sejara sinister sangat minim.

Bila rekan-rekan berkunjung ke Modoinding, jangan lupa untuk pergi ke Bukit Doa ya. Di puncak bukit juga ada rumah Belanda yang memungkinkan kalian untuk menikmati seluruh pemandangan lembah dalam 360 derajat keindahannya.

foto by instagram.com/priscaasupit/

Tidak perlu memusingkan penginapan. Di tempat ini juga tersedia persewaan kamar, hotel, ataupun homestay. Salah satunya adalah Modoinding Lodge yang bisa kalian akses melalui aplikasi liburan, kawan.

Bagaimana kawan? Tanah bangsa kita memang sangat fantastis dan perlu dilestarikan bukan? Jangan ragu-ragu lagi untuk datang ke Sulut dan menikmati segala keelokannya. Jangan lupa untuk terus menjaga alam kita ya. Salam traveler.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.